Jalan Menuju ke Curug Cipeuteuy Majalengka

Diposting pada
Asik Sekali | Foto: Instagram @deni_kumbala
Asik Sekali | Foto: Instagram @deni_kumbala

Lokasi: Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45474
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000 Anak Anak dan Rp.15.000 Dewasa
Buka Tutup: –
Telepon: –

Kabupaten Majalengka merupakan kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini menyimpan surga wisata air terjun. Beberapa wisata air terjun tersebut adalah curug Muara Jaya, Curug Sawe, Curug Sempong, Curug Tonjong, Curug Baligo, Curug Cipeutey, Curug Leles, Curug Emas, dan Curug Santang.

Salah satu objek wisata air terjun tengah populer dengan perairan super biru dan pemandangan alam indah yaitu Curug Cipeuteuy.

Curug Cipeuteuy dijamin bikin pengunjung betah dan ingin terus bermain air, karena memang udara di tempat wisata Majalengka ini bbegitu sejuk, air memiliki air jenih dan super biru. Berikut merupakan ulasannya :

Lokasi dan Akomodasi

Curug Cipeuteuy berlokasi di Jalan Dukuh Pasir, Desa Bantaragung, Kecematan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat 45474, nomor telefon 0895-2520-2911.

Lokasi Curug Cipeuteuy dekat dengan beberapa toko makanan dan penginapan. Selain itu, lokasi dekat dengan beberapa tempat wisata alam yang lain yaitu Situ Cikuda dan Terasering Ciboer. Ketika pengunjung ingin menuju tempat wisata alam yang lain, penjung dapat menuju lokasi wisata terdekat.

Letak Curug Cipeuteuy | Foto: maps.google.com
Letak Curug Cipeuteuy | Foto: maps.google.com

Pengunjung dimudahkan dengan akses jalan menuju ke lokasi, karena sebagian besar jalan sudah diaspal. Pengunjung tidak direkomendasikan membawa mobil jika pertama kali disini dan baru bisa mengendari mobil.

Jalan sempit dan tanjakan curam hanya cukup dilalui oleh satu mobil. Sangat direkomendasikan membawa motor standard, bukan motor metik, karena jalanan disini curam dan berbelok belok.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Sayang Heulang Beach Garut, Lokasi Pameungpeuk Jawa Barat

Spesifikasi mobil yang dibutuhkan adalah mobil yang kuat dalam jalan tanjakan. Beberapa reviewers dari google maps menyarankan untuk menggunakan mobil jeep atau sejenisnya. Sepanjang jalan perjalanan menuju lokasi, pengunjung dimanjakan dengan udara segar dan hijaunya hutan di kaki Gunung Ciremai.

Ketika pengunjung telah sampai ke lokasi. Pengunjung dapat langsung memarkir kendaraanya di tempat parkir. Lokasi tempat parkir menuju Curug Cipeuteuy tidak begitu jauh, sekitar 0,5 km saja.

Rute Menuju Lokasi

Jika pertama kali ke tempat wisata ini dapat mengakses google maps untuk mendapatkan panduan perjalanan. Jika terkendala dengan sinyal, sehingga tidak dapat mengakses internet, maka dapat mencatat rute ini.

Rute diawali melaui jalur jalan raya Majalengka, kemudian menuju sumber, Desa Sindangwangi, terakhir ke Desa Bantaragung. Ketika sudah kebingungan mencari rute tersebut, tanyalah kepada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata Curug Cipeuteuy terjangkau dan harganya bervasiasi tergantung usia anda. Berikut merupakan daftar harga :

  1. Anak-anak (umur 1-4 tahun) 5.000
  2. Remaja (umur 5-16 tahun) 15.000
  3. Dewas a 15.000

Biaya parkir adalah sebagai berikut

  1. Mobil 15.000
  2. Sepeda motor 8.000

Penginapan Terdekat

Pengunjung dari luar kota, biasanya memilih berbagai penginapan dengan lokasi dekat tempat wisata indah ini untuk beristirahat karena perjalannya lumayan jauh. Salah satu penginapan terdekat di objek wisata Curug Cuepeuteuy adalah penginapan Buper Cidewata.

Letak Buper Cidewata | Foto: maps.google.com
Letak Buper Cidewata | Foto: maps.google.com

Jika ingin menginap ditempat ini bisa memesan melalui aplikasi android seperti traveloka dan agoda.

Buper cidewata menawarkan pemandangan alam nan indah, nyaman untuk kegiatan camping, jumlah kamar mandi banyak dan bersih. Harga penginapannya pun terjangkau mulai dari 50 ribu per malam. Harga berubah tergantung periode kebijakan Buper Cidewata.

Letak Fitria Hotel | Foto: maps.google.com
Letak Fitria Hotel | Foto: maps.google.com

Namun jika ingin menginap dengan fasilitas yang lebih eksklusif dapat menuju FITRA Hotel Majalengka yang berlokasi di Jl. K.H.Abdul Halim No.88, Munjul, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

BacaJuga:  Berapa Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor 2019? Ini Daftarnya

Sebelum menginap di FITRA Hotel Majalengka dapat memesan melalui hotels.com, booking.com, dan agoda. Biaya penginapan per malam adalah 370 ribu, sesuai dengan fasilitas.

Kamar Fitria Hotel | Foto: booking.com
Kamar Fitria Hotel | Foto: booking.com

FITRA Hotel Majalengka menawarkan berbagai fasilitas yaitu ruangan yang bersih, tersedia ruangan merokok dan tidak merokok, pelayanan terbaik, dan terdapat beberapa hiburan seperti TV dan musik. Namun, beberapa pengunjung dari FITRA Hotel mendapapatkan masalah koneksi internet yaitu masih kurang bagus.

Air Terjun Bersih dan Indah

Curug memiliki air bersih dan segar dengan warna kebiruan. Air terjun Curug tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter saja namun karena air sengaja di bending untuk kolam, pengunjung jadi lebih bebas menikmati kesegaran air dengan arus air yang tenang.

Eksotis | Foto: tempatwisatakotamajalengka.blogspot.co.id
Eksotis | Foto: tempatwisatakotamajalengka.blogspot.co.id

Pihak pengelola telah menyediakan ban bagi pengunjung. Beberapa tumbuhan diberi nama, sehingga dapat menjadi wisata edukasi alam bagi pengunjung.

Konservasi Elang Jawa

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan spesies elang berukuran sedang yang endik di Pulau Jawa. Elang yang identik dengan lambang negara Indonesia ini telah diambang kepunahan karena perburuan manusia dan habitatnya yang telah rusak.

Namun, pengunjung air terjun Curug Cuepeuteuy dapat melihat secara langsung keindahan dari Elang Jawa di habitatnya. Pengunjung dapat mencoba mengamati dengan mata telanjang maupun dengan teropong pada spot pengamatan hewan yang telah disediakan pihak pengelola.

Jepret-Jepret | Foto: Instagram @idrusjamaulel
Jepret-Jepret | Foto: Instagram @idrusjamaulel

Pengunjung dapat memfoto dan mengabadikan Elang Jawa, namun jangan sampai menggangu apalagi memburu Elang Jawa untuk kepentingan pribadi atau tanpa seizin pemerintah, karena Elang ini dalam status dilindungi oleh pemerintah.

Fasilitas Yang Ada

Pengunjung dapat merelaksasikan otot-otot yang tegang selepas bekerja. Pengunjung dapat menaruh barang bawaan di Gazebo. Gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola mempunyai rooftop atau atap sehingga pengunjung dapat terlindung dari panas matahari serta guyuran hujan.

Setelah berenang di kolam, pengunjung dapat membilas tubuh di toilet. Kondisi toilet bersih dan air yang digunakan toiler jernih dan besih, karena menggunakan air yang bersasal dari sumber mata air.

BacaJuga:  Keindahan Tradisional Bersama Kampung Cireundeu
Ngapain? | Foto: instagram @maul_kelana
Ngapain? | Foto: instagram @maul_kelana

Pengunjung yang tidak bisa berenang dan tidak ingin berenang dapat berkeliling ke kawasan konservasi di sekitar Curug Cipeuteuy yang menyuguhkan wisata alam yang hijau. Pengunjung seperti dibawa kesuasana hutan hujan tropis yang harmonis dengan udara yang segar dan sejuk, jauh dari polusi.

Pengunjung dapat menikmati jatuhnya air mancur di kolam terapi. Kolam tersebut tidak diperkenankan untuk mandi. Kolam terapi dipercaya dapat membuat tubuh menjadi rilek dan awet muda. Beberapa pengunjung membawa air dari kolam terapi ini untuk disimpan dan dikonsumsi di rumah.

Warna biru air Curug Cieputeuy merupakan warna khas curug seperti warna air pada danau biru. Pengunjung yang ingin mengabadikan momen indah, dapat memfoto dari tempat lebih tinggi untuk menghasilkan gambar menawan.

Pihak pengelola menyediakan berbagai pelampung untuk pengunjung. Sehingga pengunjung dapat bersantai diatas air sambil menikmati keindahan hutan konservasi.

Eksis Dulu | Foto: Instagram @nuamoorea.imy
Eksis Dulu | Foto: Instagram @nuamoorea.imy

Beberapa pengunjung yang tidak ingin bermain air dapat mengabadikan foto di jembatan Curug Cipeuteuy. Jembatan yang terbuat dari beton tersebut kuat dan berada diatas air terjun buatan yang indah. Pengunjung dapat mengabadikan momen bersama keluarga dan kekasih disini.

Panorama yang indah tidak dapat membohongi kebahagian pengunjung. Mayoritas pengunjung disini bahagia dan merasa lega saat berwisata ditempat ini. Jadi, tidak usah berfikir panjang, segera atur jadwal kosong untuk berlibur di wisata surge yang tersembunyi di Curug Cipeuteuy.

Berendam Dulu | Foto: tradanatransmajalengka.wordpress.com
Berendam Dulu | Foto: tradanatransmajalengka.wordpress.com

Mungkin pengujung di sini banyak berasal dari daerah lain, seperti Bogor, Cianjur, Ciapus, Cirebon, Karawang, Kecamatan kuningan, Rajagaluh, Tapos, Tenjolaya dan tempat lainnya yang memiliki sejarah.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.