10 Gambar Curug Jenggala Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Posted on
Luar Biasa | Foto: narisakti.blogspot.co.id
Luar Biasa | Foto: narisakti.blogspot.co.id

Lokasi: Dusun Kalipagu, Kelurahan Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152
MAP: Klik Disini
HTM: Rp.5.000
Buka/Tutup: 08.00 – 18.00
Telepon:

“As you grow older, you learn a few things. One of them is to actually take the time you have allotted for vacation” –John Battelle

John Battelle adalah seorang jurnalis, pengusaha, dan penulis kenamaan dari Amerika Serikat. Dalam salah satu wawancaranya, dia pernah berkata demikian. Seiring bertambahnya usia, kita akan belajar banyak hal dalam kehidupan.

Salah satunya adalah dimana kita bisa benar – benar meluangkan waktu yang kita miliki untuk liburan. Sepertinya akan banyak pembaca setuju ya?. Tentu liburan yang dimaksud disini bisa berbeda – beda “penafsiran” nya menurut para pembaca.

Mungkin ada pembaca menafsirkanliburan cukup hanya dengan bermalas – malasan di kamar sambil menonton TV, membacabuku novel favorit, pergi ke mall bersama sahabat, bermain game di PC atau konsol gamesepanjang hari, atau bagi yang memiliki jiwa petualang bisa menggunakan hari santai nyauntuk mengeksplorasi tempat – tempat baru di Indonesia.

Selamat Datang | Foto: narisakti.blogspot.co.id
Selamat Datang | Foto: narisakti.blogspot.co.id

Untuk pembaca yang gemar dengan pilihan terakhir, ada tempat di Jawa Tengah yang bisa digunakan sebagai referensi untuk menghilangkan penat dari ramainya pikiran karena pekerjaan. Sebut saja Curug Jenggala.

Curug Jenggala terletak di Baturaden, Purwokerto. Baturaden sendiri terletak di sebelah utara Kota Purwokerto dan berada tepat di sebelah selatan Gunung Slamet. Baturaden juga merupakan daerah wisata yang biasanya banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama pada hari minggu dan hari libur nasional.

Sangat Bagus | Foto: datawisata.com
Sangat Bagus | Foto: datawisata.com

Perlu diingat dari Baturaden juga terdapat legenda rakyat yang terkenal, yaitu cerita lutung kasarung. Kombinasi antara udara sejuk dan panorama alam yang mempesona menjadi nilai tambah tersendiri bagi wilayah Baturaden. Salah satunya adalah Curug Jenggala ini.

Surga tersembunyi yang terletak di wilayah Baturaden ini masih terbilang baru dan asri. Tidak heran Air Terjun Jenggala menjadi primadona wisata alam baru di Baturaden.

BacaJuga:  Tiket Masuk OHD Museum Magelang Oei Hong Djien, Jam Buka + Letak Alamat Lokasi

Daftar isi

Akses dan Lokasi Curug Jenggala

Bagi para wisatawan luar kota mungkin akan asing ketika mendengar Curug Jenggala. Bisa diwajarkan sebab air terjun ini masih terbilang baru di kawasan Baturaden. Posisi tepatnya Curug Jenggala berada pada Dusun Kalipagu, Kelurahan Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah.

Si “Primadona” ini masih dalam satu kawasan yang sama di kawasan lahan Perhutani KPH Banyumas Timur dan tidak jauh dari Kebun Raya Baturaden. Dusun Kalipagu dikenal dengan air terjunnya yang sangat mempesona dan dapat memanjakan mata.

Sehalus Sutra | Foto: dolanbae.web.id
Sehalus Sutra | Foto: dolanbae.web.id

Sehingga para pembaca tidak perlu khawatir jika ingin berlama – lama di dusun ini, karena di Dusun Kalipagu ini juga terdapat Curug lainnya, seperti Curug Bayan, Curug Penganten, dan Curug Gedhe.

Akses menuju Curug Jenggala dapat dibilang cukup mudah. Jika dari Kota Purwokerto cukup ikuti arah menuju Taman Wisata Baturaden. Papan penunjuk dari Kota Purwokerto ke Taman Wisata Baturaden sudah cukup banyak terpampang di sudut jalan dan sangat memudahkan.

Jika sudah sampai di Baturaden, pembaca dapat menuju Curug Bayan. Di sebelah homestay, terdapat akses jalan sempit untuk mengarahkan pembaca ke Curug Jenggala. Apabila telah sampai di tempat parkir, pembaca masih perlu berjalan lagi kurang lebih 500 meter menuju Curug Jenggala.

Bebas | Foto: kompasiana.com
Bebas | Foto: kompasiana.com

Tapi perlu diperhatikan dan berhati-hati, jalan menuju Jenggala masih berlapis tanah, jadi apabila hujan jalan menjadi licin. Banjir di Curug Jenggala juga pernah terjadi pada Oktober 2017 menyebabkan air menjadi sangat deras dan berubah menjadi coklat.

Tapi jangan khawatir, “Si Cantik” dari Jawa Tengah ini akan siap membayar rasa penasaran dan memanjakan para pembaca ketika sudah sampai di tujuan.

BacaJuga:  Hutan Mangrove Semarang Edupark, Alamat Wisata + Tiket Masuk Lokasi

Asal Usul Curug Jenggala

Curug Jenggala memiliki keunikan tersendiri dari asal – usulnya. Pada awal mulanya,air terjun bukanlah bernama Curug Jenggala melainkan Curug Tempuan. Hal tersebutdisebabkan karena air terjun Jenggala adalah pertemuan dari beberapa sungai menjadi satu.

Jangan Ditiru Nih | Foto: piknikyok.com
Jangan Ditiru Nih | Foto: piknikyok.com

Curug ini memiliki tiga aliran air terjun dengan ketinggian sama. Dengan air terjun utama yang berada di tengah memiliki arus air paling deras. Menurut warga setempat, Jenggala memiliki arti yaitu Ksatria Piningit atau ksatria utama.

Curug Jenggala diapit dengan dua bukit dan jika digabungkan dari masing – masing namanya memiliki arti yaitu air surga. Sungai pada Curug Jenggala merupakan pertemuan antara dua sungai, yaitu Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu yang bersatu. Kemudian ditengah antara Banjaran dan Mertelu terdapat situs bernama “Batur Semendeh”.

Harga Tiket Masuk

Curug Jenggala merupakan tempat wisata alam yang terbilang masih baru di Jawa Tengah. Untuk menikmati keindahan Curug Jenggala, para pengunjung akan dikenakan biaya terbilang murah yaitu hanya sebesar Rp. 5000 untuk sekali masuk.

Ini Aja Ditiru | Foto: instagram.com @wahyumhdrizki
Ini Aja Ditiru | Foto: instagram.com @wahyumhdrizki

Tetapi biaya tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Dengan harga yang murah tersebut, pengunjung sudah dapat dimanjakan dengan suasana sejuk dan asri khas Baturaden. Dana tersebut kemudian akan dikelola oleh warga setempat untuk meningkatkan fasilitas yang ada di Curug Jenggala.

Jam Operasional dan Akomodasi

Jam operasional tempat wisata dekat Baturraden ini dibuka pada pukul 08.00 dan ditutup pukul 18.00 setiap harinya. Terkait dengan akomodasi, wisatawan tak perlu khawatir terkait penginapan di sekitar Curug Jenggala.

Terdapat beberapa penginapan di sekitar lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat atau sekedar ingin menikmati suasana asri dari tempat tersebut, mulai dari homestay maupun hotel.

Keindahan yang Dapat Dinikmati

Masih bingung dengan apa yang bisa didapat dengan harga Rp. 5000? Sebagai salah satu lokasi yang sudah terkenal di mana – mana, tidak heran Baturaden menjadi “primadona” bagi warga sekitar.

BacaJuga:  10 Gambar Benteng Pendem Cilacap, Sejarah Misteri Wisata + Asal Usul Obyek Dunia Lain

Dengan perpaduan antara suasananya yang terbilang sejuk dan asri akan menjadi nilai tambah sendiri. Salah satunya adalah Curug Jenggala, wisata alam yang terbilang masih baru tapi mulai ramai diperbincangkan karena keindahannya.

Alami | Foto: instagram.com @dwisetyo_aji
Alami | Foto: instagram.com @dwisetyo_aji

Salah satu yang ramai menjadi pembicaraan banyak orang adalah lokasi spot foto yang ada di Curug Jenggala. Keberadaan desk selfie yang terbuat dari kayu dan bebentuk hati menjadi spot favorit di lokasi tersebut.

Desk selfie berada tepat didepan air terjun. Hal tersebut akan menjadi kombinasi yang mempesona dengan udara sejuk dan hijaunya pepohonan disekitar. Tetapi perlu dicatat untuk menggunakan area foto tersebut, pengunjung dilarang menggunakan alas kaki agar kebersihan dan fasilitas di Jenggala ini tetap terjaga.

Bahkan,pihak pengelola akan mengawasi dengan ketat aktivitas yang dilakukan oleh para pengunjungguna meminimalisir pelanggaran.

Santai Aja | Foto: Instagram.com @arifdollbf
Santai Aja | Foto: Instagram.com @arifdollbf

Harmonisasi antara kesejukan yang didapat dari air terjun, asri nya lingkungan dan hijaunya pemandangan sekitar menjadi kombinasi yang menarik dan menenangkan dari Curug Jenggala sebagai lokasi berlibur bersama pasangan ataupun keluarga.

Curug Jenggala,meskipun kawasan terbilang baru, tetapi dapat menarik banyak wisatawan dengan pesonauniknya. Dengan berbagai keindahan tersebut, Air Terjun Jenggala dapat diperhitungkanuntuk dijadikan sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi saat hari libur datang.

Langsung Kesini Aja | Foto: dolanbae.web.id
Langsung Kesini Aja | Foto: dolanbae.web.id

Bagaimana? Sudah siap menghilangkan penat dari sibuknya pikiran dengan berpergian ke salah satu “primadona” baru di Jawa Tengah ini?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.