10 Foto Curug Luhur Bogor Jawa Barat, Harga Tiket Masuk + Penginapan di Lokasi Wisata

Posted on
Curug luhur bogor jawa barat harga tiket masuk sukabumi ciapus sentul lokasi wisata 2017 alamat cibodas penginapan indah surade foto cianjur selatan sagaranten villa ujung genteng peta tegal ciambar garut kuningan angker nangka akses air arah bumijawa 16370 bandung babakan madang cigangsa cinangneng ciampea cimanggu dari stasiun daerah mana dimana desa tuwel tanjungkerta pengantin fasilitas gunung salak bunder tanjung guci pancar gede
Curug Luhur, Foto: rempasboy.blogspot.com

Lokasi: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 40.000
Buka/Tutup: 07.00-17.00
Telepon: –

Ada satu lokasi wisata di Bogor yang perlu Anda kunjungi juga saat memiliki waktu libur atau saat sedang berlibur dikota ini. Tempat wisatanya bernama Curug Luhur. Tempat wisata tersebut memiliki jarak 22 km dari Kebun Raya Bogor tepatnya di Des. Ciapus, Kec. Ciomas, Kab. Bogor, Prov. Jawa Barat. Ini merupakan objek wisata alam yang berada di kaki Gg. Salak yang tingginya sekitar 624 mdpl dari permukaan air laut.

Nama objek wisata Curug Luhur diambil dari Bahasa Sunda  yang artinya ‘air terjun yang tinggi’. Kata curug artinya ‘air terjun’ sedangkan kata luhur berarti ‘tinggi’ jika digabungkan maknanya demikian. Nama Curug Luhur sesuai sekali dengan keadaan dan kondisinya yang memang benar-benar tinggi hingga mencapai sekitar 62 M dari muka tanah.

Air Terjun Di Lereng Gunung Salak, Foto: sobatpetualang.com

Wisata Alam Curug Luhur Bogor

Banyak orang akan sependapat jika berwisata alam merupakan salah satu cara menghilangkan stess terbaik. Banyak sekali lokasi wisata alam seperti pegunungan, pantai, perbukitan, hutan wisata, air terjun atau curug yang mudah dijangkau dan harganya pun terjangkau. Salah satu tempat wisata alam yang patut Anda datangi saat sedang libur adalah Curug Luhur Bogor. Bagi warga Bogor dan sekitarnya, tempat ini termasuk menjdai destinasi wisata alam populer di kota hujan ini.

Yang menarik dari Curug Luhur adalah air terjun kembarnya ditambah suasana alam dengan panorama indah serta sejuknya udara yang berhembus. Semua kombinasi tersebut menciptakan alat penghilang penat termanjur. Saat  badan dan pikiran sedang capek berkunjung ke Curug Luhur Bogor ini akan jadi salah satu terapi penghilas stress terbaik. Badan dan pikiran akan terasa segar kembali. Lokasi wisata curug berada cukup jauh dari hiruk pikuk ibukota.

Curug Luhur Bogor, Foto: flickr.com

Curug yang berlokasi di Desa Gunung Malang memiliki jarak kurang lebih 5 Km dari pertigaan yang mengarah ke Curug Bunder dan Curug Nangka. Anda bisa melewati jalur dari Ciapus dan juga dari Cikampak. Jika melewati jalur Ciapus menuju Curug Luhur, medan jalannya naik turun dan lumayan berkelok-kelok. Namun, panorama selama perjalanan sungguh menyejukkan mata terdapat hamparan sawah, birunya bukit-bukit dan aliran air sungai. Sedangkan jika melewati jalur Cikampek, medan jalannya lumayan lempeng tidak berkelok seperti melewai jalur Ciapus.

Saat berada di kawasan wisata alam Curug Luhur, ada pemandangan keberadaan sebuah kolam renam. Kolam renang disini terbilang lumayan luas. Potrait kolam renang sudah nampak saat berjalan menuju ke sudut kolam Curug Luhur tersebut. Kolam renang pun dibagi menjadi dua kategori yaitu dewasa dan anak-anak. Jadi, jika ingin mengajak turut serta keluarga akan sangat menyenangkan juga. Para orangtua tidak perlu khawatir terhadap dalamnya kolam karena sudah distandarkan untuk para anak-anak agar leluasa berenang atau bermain air. Air kolam renang yang ada di Curug ini lumayan jernih dan tentu bersih. Siapapun yang gemar berenang akan merasa nyaman berada didalam kolam. Selain itu para pengunjung juga dapat menikmati sejuknya air pegunungan yang sangat menyegarkan.

Adapula kolam air tepat dibawah Curug namun jalur untuk mencapai area ini dibuat menurun dan lumayan melingkar. Tetapi, panorama yang disuguhkan sungguh indah jadi tidak akan terasa sama sekali rintangan yang dilalui. Jika tidak mau melewati medan yang tidak mulus, ada jalur pintas untuk mencapai area tersebut yaitu dari restaurant. Nampak tidak terlalu jauh dari kawasan ini sebuah curug yang ukurannya tidak sebesar Curug Luhur juga. Adapula beberapa kolam renang lagi di area wisata alam Curug Luhur ini.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur Bogor, Foto: hargatiketmasuk.info

Tidak hanya ada air terjun, kolam atau kolam renang saja disini melainkan adapula perosotan di beberapa titik kolam renang. Curug ini memiliki fasilitas berbeda jika dibandingkan dengan curu-curug yang terletak di kompleks Taman Nasional Halimun Salak. Tiketnya pun tergolong jauh lebih mahal dari tempat wisata alam curug-curug yang ada disini. Ini bisa saja dikarenakan Curug Luhur dibawah pengelolaan perusahaan swasta. Jadi, fasilitas yang ditawarkan pun berbeda sehingga mempengaruhi tarif yang harus dibayar oleh para pengunjung yang datang kemari.

Akan tetapi berwisata alam ke Curug Luhur dapat memperoleh beberapa kelebihan yang tidak ditemukan di tempat wisata sejenis yang terdapat di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Disini telah disediakan tempat beribadah, warung-warung, kolam renang dan sebagainya. Tempat area parkir yang tersedia juga lumayan luas sehingga memudahkan pengunjung untuk berleluasa memarkir kendaraan pribadinya. Lokasi area parkir yang lumayan sangat dekat dengan kawasan Curug Luhur merupakan sekian kelebihan yang dimiliki kawasan wisata alam ini.

Air Terjun Indah, Foto: balibackpacker.blogspot.com

Ada aliran air tejun dengan ukuran lebih kecil mengalir ke sebuah kolam renang mengindikasikan bahwa sirkulasi air dari sumber mata air  kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak relatif besar. Pada saat musim kemaraupun, air yang mengalir ke curug tetap lancar. Hal ini membuat aktivitas di curug tetap lancar dan perawatannya akan jauh lebih terjangkau dibandingkan jika airnya tidak dapat selalu mengalir lancar.

Diarea sebelah kanan Curug Luhur terdapat sebuah restoran yang memiliki dua lantai. Di restoran ini, Anda dapat menjadikannya sebagai area pandang sambil menyantap menu makanan dan minuman yang disediakan. Di bagian lantai bawah terdapat toilet juga. Ini akan jadi tempat yang lumayan menyenangkan untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga Anda.

Jika terjadi hujan deras di kawasan ini, air kolam tetap berwarna jernih dan bersih. Tidak seperti keadaan di Curug Omas, Maribaya dan Curug Dago, Bandung ketika hujan lebat melanda yang airnya menjadi agak keruh karena berasal dari aliran Sungai Cikapundung. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat musim hujan jika air menjadi keruh karena itu tidak terjadi disini. Bogor memang memiliki intensitas hujan yang sering seperti julukan yang disematkan untuknya – kota hujan.

Curug Luhur memiliki ketinggian kurang lebih 50 Meter sedangkan kolamnya memiliki kedalaman kurang lebih 15 Meter. Namun, kedalaman ini adalah kondisi sebelum dimasukkananya material hingga berton-ton sebagai upaya peningkatan keamanan untuk pengunjung yang lebih tinggi. Kolam Curug Luhur sekarang hanya memiliki kedalaman kurang lebih 7 Meter. Disebelah kolam adapula sebuah air terjun berukuran kecil. Air terjun kecil tersebut bukan asli dari alam namun air terjun buatan. Penduduk sekitar Curug Luhur yang sengaja telah membuatnya.

Ada kolam renang buatan ada juga kolam tepat di bawah air terjun, lengkap sekali disini. Tapi, Anda wajib hati-hati ketika sedang berendam, berenang, bermain air atau apapun dikolam bawah air terjun. Hal ini disebabkan Curug Luhur memiliki pusaran air yang sangat kuat sehingga pernah ada pengunjung yang jadi korban. Jadi harus berhati-hati sekali terutama anak dibawah umur harus diawasi dengan ketat jika berada di kolam bawah curug.

Jarak lima meteran dari lokasi kolam curug yaitu sebelah kanannya ada sebuah warung. Pengunjung yang datang dapat duduk bersantai sambil menyantap kopi hangat dengan suguhan pemandangan sekitar Curug Luhur. Meskipun di Curug Luhur keindahan panorama alaminya hampir terkikis dikarenakan adanya bangunan-bangunan yang didirikan disekeliling tidak tertata rapi. Namun, Tempat Wisata Alam Curug Luhur ini dapat menjadi alternatif berwisata alam tanpa butuh perjalanan jauh untuk sampai dititik lokasi utama terutama bagi yang ingin praktis karena disini juga disediakan kolam renang.

Tempatnya Sejuk, Foto: indoplaces.com

Harga Tiket Masuk Curug Luhur Bogor

Harga tiket masuk ke Tempat Wisata Alam Curug Luhur lumayan tinggi yaitu Rp. 40.000,-/ orang. Dikenakan tambahan tarif parkir yaitu Rp. 20.000,- /mobil dan Rp.8000,-/motor. Harga tiket ini merupakan yang termahal jika membandingkannya dengan tempat wisata air terjun serupa di area Gunung Halimun Salak, Bogor. Mungkin yang ingin berjalan kaki bisa lebih menghemat karena tidak perlu membayar parkir. Terkadang dikenakan tarif tambahan bukan dari pengelola Curug Luhur Bogor melainkan pihak-pihak tertentu.

Rute Menuju Curug Luhur Bogor

Dari pusat kota Bogor menuju tempat wisata alam Curug Luhur memiliki jarak kurang lebih 24 kilometer yang setara dengan satu setengah jam perjalanan menggunanakan motor. Jika Anda menggunakan mobil jarak yang ditempuh kemungkinan lebih lama daripada menggunakan kendaraan roda dua.

Untuk yang ingin datang ke Curug Luhur dari arah atau kota manapun pastikan Anda sampai di pusat kota Bogor. Dari sini ambil jalur yang menuju ke Bogor Trade Mall atau biasa disebut BTM. Dari BTM teruskan perjalanan yang mengarah ke Ciapus dan sampailah Anda di kawasan wisata alam Curug Luhur.

Berwisata di Curug Luhur, Foto: merdeka.com

Untuk pengunjung yang menggunakan alat transportasi umum khususnya angkutan dapat menunggu didepan Museum Zoologi atau dapat juga di depan Bogor Trade Mall. Dari kedua tempat tersebut pilih angkutan bernomor 03 dengan tujuan Ramayana, Ciapus. Namun, dari Ciapus menuju lokasi Curug Luhur belum tersedia angkutan umum atau tukang ojek. Biasanya para supir angkot bersedia untuk mengantarkan ke lokasi tetapi pasti ada biaya tambahan. Dari Ciapus menuju Curug Luhur kurang lebih berjarak 7 km.

Selain lewat Ciapus, Anda juga dapat lewat jalur Leuwiliang. Perjalanan dari pusat kota Bogor, ambil jalur yang mengarah ke Leuwiliang. Dari sini teruskan perjalanan hingga sampai di Daerah Tenjolaya kemudian terus saja sampai akhirnya tiba di kawasan wisata alam Curug Luhur.

Fasilitas Curug Luhur Bogor

Dahulu Curug Luhur Bogor hanya memiliki satu air terjun kemudian warga sekitar berinisiatif membuat air terjun buatan itulah kenapa banyak yang bilang tempat ini memiliki air terjun kembar. Fasilitas di tempat wisata ini cukup memadai seperti kolam renang dan waterboom. Tidak heran jika pengunjung yang datang lumayan banyak.

Lengkap Fasilitasnya, Foto: bundafathi1.wordpress.com

Ada pula mushola, toilet, kamar mandi, beberapa spot area untuk duduk bersantai dan lain-lain. Saat perut lapar, ada restauran dengan aneka menu khas Bogor dan lainnya yang pasti memanjakan lidah para pengunjung. Sebagaimana tempat-tempat wisata alam, panorama yang dihadirkan membuat hati nyaman dan tenang. Moment-moment seperti inilah yang juga perlu untuk diabadikan sebagai kenang-kenangan karena tidak bisa setiap hari datang ketempat ini. Anda dapat mengambil foto terbaik dan mengunggahnya ke sosial media sebagai upaya turut mengembangkan kekayaan wisata daerah agar terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi dunia.

Selain itu area parkir yang lumayan luas juga telah disediakan berjarak sekitar 150 m dari Curug. Saat Anda melintasi jalan menuju Curug Luhur, jarak 1 kilometeran sebelum mencapai lokasi utama terdapat warung-warung warga sekitar yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Sedangkan area parkir menjadi satu kawasan dengan warung-warung tersebut.

Jalan yang dilalui dari tempat parkir menuju Curug telah ditata dengan rapi. Terdapat tlunda – tlundakan yang terbuat dari semen sampai ke lokasi air terjun. Jika ingin menginap atau menghabiskan beberapa hari di tempat ini, terdapat pula vila-vila di sekitar Curug yang nyaman dan tentunya bersih.

Wisata Air Terjun, Foto: endangkusman.com

Tips Jika Berwisata Alam ke Curug Luhur Bogor

Hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung kemari tentunya badan yang fit karena jika tidak dalam kondisi fit pasti tidak bisa menikmati liburan dengan maksimal. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah membawa baju renang atau pakaian yang nyaman untuk bermain air. Kemudian jika tidak membawa baju khusus bermain air, bawalah baju ganti karena dipastikan Anda akan tergoda untuk nyebur ke kolam.

Jika ingin lebih menghemat, Anda dapat membawa bekal makanan berat dari rumah karena ditempat ini banyak sekali yang menjajakan makanan-makanan ringan. Kalau tidak ingin bawaan menjadi berat, cukup bawa badan dan uang yang mencukupi karena semua telah tersedia dari makanan berat hinga ringan di temapat wisata alam Curug Luhur ini.

Tempat Wisata Alam Sekitar Curug Luhur, Curug Nangka

Berbeda dengan akses menuju Curug Luhur yang cukup mulus, jalan menuju Curug Nangka tidak terlalu mulus. Di Bogor memang terdapat banyak sekali air terjun atau curug namun beberapa diantaranya memiliki akses yang tidak terlalu mudah dijangkau. Banyak diantaranya juga yang memiliki medan cukup ekstrem karena berada jauh di area pedalaman. Curug Nangka ini lumayan membutuhkan perjuangan untuk bisa mengaksesnya.

Jika dari pusat kota menuju pintu utama Curug Nangka jalan sangat mudah diakses. Anda dapat menggunakan baik mobil pribadi, kendaraan bermotor atau naik angkutan umum. Jika sudah sampai dipintu masuk inilah yang menjadi kendala karena Anda harus jalan kaki  sampai di lokasi utama Curug berada. Akan tetapi inilah yang seru dari tempat tersebut. Bagi para traveller hal seperti ini pasti sepele namun bagi yang tidak biasa pasti lumayan capek.

Infromasi Lengkap Curug Luhur, Foto: wisataterindah.net

Curug Nangka berada tepatnya di desa Warung Loa, kec. Tamansari, kab. Bogor, Prov. Jawa Barat. Rute menuju tempat ini seperti yang sudah dijelaskan sangat mudah. Jika naik angkot sama seperti pergi ke Curug Luhur yaitu menunggu di BTM dengan tujuan Ramayana-Ciapus. Membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit atau 25 kilometer untuk sampai dipertigaan terdekat area gerbang masuk. Dari sini, pilih jalur kiri untuk sampai dipintu masuk kurang lebih berjarak 1 kilometer. Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda dapat menggunakan jasa tukang ojek yang pangkalannya ada didekat pertigaan. Sampai dipintu masuk masih harus berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer lagi.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit dari pusat kota Bogor sampai ke pintu masuk kawasan Curug Nangka. Namun, harus tetap melanjutkan berjalan kaki. Medan jalan sampai ke lokasi utama lumayan membutuhkan tenaga ekstra. Selama perjalanan ada panorama alam sekitar yang akan menghibur rasa lelah seperti pemancingan dan sesekali ada beberapa ekor monyet yang lewat di pohon. Karena udara yang lumayan dingin, rasa kekelahan tidak begitu terasa. Yang perlu Anda perhatikan adalah saat melintas di daerah tebing. Perhatikan langkah kaki Anda dengan baik sepanjang perjalanan melintasi medan ini.

Saat tiba di lokasi utama Curug Nangka, semua rasa lelah sesaat sirna terbayar dengan pemandangan dan keindahan curug. Curug ini ada di ketinggian 750 mdpl dari permukaan tanah. Area ini cukup tinggi sehigga udaranya pun lumayan menusuk. Ketika siang hari suhu udara sekitar 220 namun saat mulai menjelang malam hari udara akan semakin menusuk tulang. Air yang mengalir di curug nangka datang dari kaki Gg. Salak. Yang unik dari air terjun disini adalah air yang turun ada tiga bagian. Tinggi ketiganya ini kurang lebih hingga 20 meter.

Harga tiket masuk ke Curug Nangka jauh sekali lebih murah daripada Curug Luhur yaitu hanya Rp. 4000 per orang. Akan ada biaya tambahan parkir seharga Rp. 2000 per kendaraan. Sangat terjangkau sekali untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Jika di Curug Luhur pengelolanya adalah swasta sedangkan Curug nangka dikelola sendiri oleh pemerintah daerah Bogor sendiri sehingga tiket masuknya sangat terjangkau. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. Disini telah disediakan pondok, toilet, beberapa penjual makanan dan minuman, ruang informasi, gardu pandang dan tentunya rumah makan. Jangan khawatir masalah keamanan karena telah disediakan juga pos penjagaan.

Yang tidak kalah menyenangkan dari tempat wisata Curug Nangka adalah Camping Ground. Tidak hanya sebagai tujuan wisata namun sering sekali area di sekitar Curug nangka sebagai Bumi Perkemahan. Camping Groung disini memiliki suasana yang sangat alami serta tempatnya yang strategis. Selain tempat berkemah, kawasan ini juga sangat cocok dijadikan treck untuk kegiatan hiking. Jika Anda merasa Curug Luhur agak kemahalan, mungkin pergi ke Curug Nangka juga bisa jadi alternatif lain.

Perlu diperhatikan juga saat berkunjung ke Curug Luhur terdapat beberapa oknum selain dari pengelola resmi. Oleh karena itu Anda harus waspada jika bertemu oknum-oknum tersebut. Biasanya pengunjung dimintai uang parkir lagi atau uang keamanan. Terlebih lagi jika Anda datang saat musim liburan, pengunjung yang datang juga akan membludak tidak seperti biasanya. Hal seperti inilah yang biasa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab. Jadi, Anda harus waspada.

Curug luhur bogor jawa barat memiliki harga tiket masuk yang lumayan mahal dibandingkan dengan tempat wisata sejenis di area Jawa Barat seperti sukabumi, ciapus, sentul, dll. Namun lokasi wisata menuju tempat ini lumayan bagus jika dibandingkan dengan lainnya. Sejak beberapa tahun lalu hingga 2017 alamat ke tempat wisata Curug Luhur masih sama termasuk jalan yang ingin datang dari arah cibodas. Anda tak perlu khawatir jika ingin menginap karena terdapat beberapa penginapan yang indah.

Ada juga tempat wisata lain yang terletak tidak jauh dari Curug Luhur yang cukup terkenal  yaitu terletak di kota Sukabumi seperti di daerah surade. Foto- foto dan informasinya dapat Anda temukan di internet. Curug Luhur juga tak kalah dari tempat wisata di cianjur selatan atau sagaranten, villa ujung genteng, dll. Informasi peta sudah dijelaskan diatas. Siapa saja dapat dengan mudah menemukan tempat ini baik yang datang dari tegal, ciambar, garut, kuningan, dan banyak lainnya. Ada yang mengatakan tempat ini angker dan dekat dengan curug nangka. Tempat ini memang dekat sekali dengan curug nangka. Akses memperoleh air cukup mudah. Anda dapat menemukan tempat ini dari arah bumijawa 16370, bandung, babakan, madang, cigangsa, cinangneng, ciampea, cimanggu, dari stasiun daerah mana pun. Beberapa informasi terkait dimana desa tuwel, tanjungkerta, air terjun pengantin, fasilitas yang disediakan beberapa kawasan wisata area gunung salak, bunder, tanjung, guci, hingga pancar gede dapat Anda cari di search engine seperti google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *