Keindahan Curug Maribaya, Wisata Alam Cantik di Bandung

Diposting pada
Keindahan Curug Maribaya, Wisata Alam Cantik di Bandung
4.1 (82.5%) 8 vote[s]
Curug maribaya kabupaten bandung jawa barat 40391 queen quest quresi omas taman wisata waterfall wedding website wulan wonosono wonogiri review rute raja rasulullah radio tiket masuk tempat terjun tutup toyota togel today yogyakarta yoyo yang bagus yellow yerrest yogurt usul indonesia desa cibodas jl peta padang putus puncak pura pintar portugal pontianak lembang lodge alamat lokasi lagu legenda lucu luka lirik liban keluarga kecil kuning kuningan king kidul kirana jalan menuju ke jam buka jerawat juli juni jiban jiwa jodoh johor jogja harga hewan hujan husband hutang hijab hidup hot hotel gambar gedung gede guntur gunting gunung gimana golongan foto facebook fares feres futbol full finance di ditutup dunia duka duduk sejarah sakit surabaya subang singkat solo song akses ajaran adalah angkot map maps mitos misteri murah muda natural negara net nike niat nikah nova beban belajar biaya bogor video vape vedeo vegetarian vulgar vultures vurul voli ciomas cacing cebu cemburu cuci conjuring code consulting zakat bahasa utara timur air panas pemandian kawasan spring the hutan cigulung berenang
photo by instagram.com/marielouie6557

Alamat: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Map: Klik Disini
Jam Buka: 09.00-18.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp:

Harga Tiket Masuk

  • HTM: Rp 25.000,- (Weekdays), Rp 35.000,- (Weekend)
  • Parkir Motor: Rp 5.000,-
  • Parkir Mobil: Rp 20.000,-
foto by instagram.com/tiaicut

Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki aset kekayaan alam melimpah. Banyak sekali curug di Bandung yang patut dijadikan destinasi wisata beberapa diantaranya Curug Cimahi, Curug Dago, Curug Jompong, Curug Maribaya, dll.

Curug Maribaya sendiri menjadi salah satu curug yang paling favorit di Lembang. Meskipun sudah sangat terkenal hampir di seluruh penjuru Bandung, Lembang dan wisatawan luar kota juga, namun Curug Maribaya ini bisa dinikmati dengan kocek yang cukup terjangkau lho.

Untuk weekdays, kamu akan dikenai tarif sebesar 25ribu sedangkan weekend 35ribu. Curug Maribaya ini bukan hanya menawarkan panorama alam air terjun semata lho, tetapi memiliki fasilitas berupa Kolam Rendam Air Panas Tirta Sawarna Maribaya.

Kocek yang perlu dikeluarkan untuk menikmati sensasi berendam air panas di Curug Maribaya pun bermacam2 tergantung dengan jenis kolam yang dipilih. Terdiri dari empat kolam, yaitu Deluxe Pool, VIP Pool, Foot Spa, Kamar Berendam Private Tirta Raga.

Tarif untuk masing2 dari keempatnya yakni 75ribu (Deluxe Pool), 150ribu (VIP Pool), 30ribu (Foot Spa), 90ribu (Kamar Berendam Private Tirta Raga). Selain kolam air panas, ada Kolam Telaga Giri juga yang tarifnya 20ribu (Kolam Pancing) dan 15ribu (Kolam Tangkap Ikan).

Foto: jabarekspres.com

Akses Jalan ke Lokasi

Curug Maribaya berlokasi di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda, lebih tepatnya di Maribaya Hot Spring. Akses jalan menuju Curug Maribaya pun cukup mudah, karena lokasinya berdekatan dengan tempat wisata The Lodge Maribaya.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Karawang Harga Murah Syarat Mudah

Dari Kota Bandung, letak Curug Maribaya Lembang ini pun hanya berjarak 15 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam. Nah untuk mencapai lokasi wisata ini pun alternatif rute yang bisa dipilih pun cukup beragam.

Lokasi Air terjun, Foto: teluklove.com

Jika berasal dari Jakarta, kamu bisa gunakan rute via Tol Cikampek-Cipularang-Cipali-Kalijati. Setelah exit tol Kalijati, lanjutkan perjalananmu menuju Subang-Ciater-Tangkuban Perahu-Lembang. Buat kamu yang mengawali perjalanan dari arah kota Bandung ada beberapa rute yang bisa dipilih.

Dari Terminal Dago Atas kamu akan menjumpai persimpangan tiga, ambilah arah ke kiri menuju kawasan Dago Giri. Dari situ kamu cukup jalan lurus terus sampai ke daerah Lembang dan Maribaya. Sepanjang jalan terdapat papan petunjuk, jadi kamu tidak perlu khawatir nyasar.

Rute selanjutnya adalah dari Dago menuju Ciumbeleuit yang akan dilanjutkan menuju Punclut-Lembang. Sesampainya di Lembang, kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan menuju Maribaya. Berikutnya dari arah Dago menuju Jl. Setiabudhi-Lembang-Maribaya.

Wisata di kolam air panas, Foto: initempatwisata.com

Fasilitas Curug

Nggak cuman akan menyuguhkanmu pemandangan indah nan cantik, Curug Maribaya ini juga menawarkan beberapa fasilitas penunjang yang lengkap. Beberapa diantaranya seperti area lahan parkir yang luas serta aman, mushola, kamar bilas dan toilet bersih.

Tak hanya itu saja, buat para pengunjung yang merasa lapar dan berkeinginan untuk wisata kuliner, di area Curug Maribaya juga terdapat Cafe serta Resto lho, ada Twig Cafe, Maribaya Barbeque Riverside dan Food Court Langlang Buanam .

Ketiganya menyuguhkan panganan yang lezat, beraneka macam dan harganya pun lumayan terjangkau. Setelah lelah bermain air di curug atau beberapa wahana yang ada, disini juga terdapat sebuah gasebo dan taman2 lengkap dengan kursi kayunya, bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk sekadar leha2 atau istirahat.

BacaJuga:  Kolam Renang Bukit Golf Cibubur Buka Jam Berapa?
Asal Usul, Foto: parisvanjava.web.id

Sejarah dan Legenda

Awal mula Curug Maribaya ini adalah hanyalah sebuah pemandian air panas yang terkenal dengan keindahan dan kealamian suasannya. Wisata Alam Maribaya ini pun masuk dalam lingkungan Hutan Konservasi yakni Taman Hutan Raya Juanda.

Kawasan Maribaya ini pernah ditutup dan mengalamai proses renovasi pada tahun 2015. Setelah di renovasi, hadirlah Maribaya Natural Hot Spring Resort yang didalamnya ada Curug Maribaya. Hasil renovasinya pun mampu membuat kawasan ini menjadi lebih menawan, cantik, dan terlihat terawat.

Keindahan Alam Sekitar, image: hotelgeulisbandung.com

Asal muasal Curug Maribaya ini sendiri adalah berasal dari nama seorang wanita cantik yang kala itu menjadi primadona di kalangan pemuda2. Saking cantiknya, wanita ini mejadi rebutan banyak pemuda di kampungnya. Latar belakang keluarga Maribaya pun hanya dari kalangan yang pas2an.

Eyang Raksa Dinata, ayah dari Maribaya tampak khawatir dengan banyaknya pemuda yang memperebutkan anak gadisnya itu. Sehingga pergilah Sang Ayah Maribaya itu ke sebuah hutan untuk melakukan semedi.

Tujuan semedi tersebut adalah agar diberikan sebuah petunjuk supaya kehidupan keluarganya bisa menjadi berkecukupan dan penuh berkah. Setelah itu, Sang Ayah pun mendapatkan petunjuk bahwa ia dianjurkan untuk pulang ke kampung asalnya dengan tujuan mengelola sebuah pemandian air panas.

Pemandangan di sekitar tempat wisata, photo: proyectotendales.blogspot.co.id

Berkat kegigihan Eyang Raksa Dinata mengembangkan pemandian air panas ini sejak tahun 183, kini kehidupan keluarganya menjadi lebih baik dari sebelumnya dan serba berkecukupan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang ke pemandian air panas hasil kelolanya itu.

Karena pemandian air panas ini bukan hanya menawarkan nuansa alam yang segar dengan pemandangan alam berupa pegunungan dan perbukitan, tetapi air hangatnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Gambar: plus.google.com

Curug Maribaya sendiri memiliki tiga kumpulan curug kecil yaitu Curug Cikawari, Curug Cikolelang, dan Curug Cigulung. Namun curug yang diperbolehkan untuk berenang hanyalah Curug Cikawari. Ketinggian maksimum dari Curug Maribaya ini mencapai 15 meter.

BacaJuga:  12 - 20 Destinasi Wisata Alam, Pantai dan Curug di Cirebon Yang Bagus Indah

Keindahan Wahana

1. Ampitheatre Bale Pinton

Buat kamu yang pengen ngadain acara ulang tahun, pernikahan, family gathering atau acara2 resmi lainnya dengan suasana alam, disini ada fasilitas Ampitheatre Bale Pinton nih. Tempat ini bisa menampung orang kurang lebih 200 kepala.

2. Sky Bridge Tapak Halimun

Untuk bisa mencapai ke titik lokasi air terjun Curug Maribaya ini, kamu tidak perlu khawatir badanmu basah karena terguyur kucuran airnya. Karena disini sudah tersedia fasilitas Jembatan yang dinamai Sky Bridge Tapak Halimun.

Dari sisi Sky Bridge ini kamu bisa melihat keindahan Curug Maribaya serta sebagian area resort Maribaya. Banyak pengunjung yang memanfaatkan Sky Bridge ini untuk dijadikan spot foto kewren untuk diupload ke sosial media masing2.

Keindahan Alam Kawasan Hutan Raya. Foto: i.ytimg.com

3. Trekking Taman Hutan Raya Juanda

Jika ingin melakukan aktivitas lain selain bermain air di Curug Maribaya, kamu pun bisa menjajal trekking area Taman Hutan Raya Juanda ini guys. Berjalan kaki sambil melihat pemadangan sekitar resort yang dikelilingi dengan pohon rindang nan asir.

4. Children Playground

Buat kamu yang kesini bareng keluarga, ada area khusus untuk anak2 bermain nih namanya Children Playground. Disini banyak wahana bermain yang bisa digunakan untuk anak2 usia 3-7 tahun, seperti Rumah Hobbit, Papan Seluncur, Ayunan, dan Jungkat Jungkit.

Tiket Masuk Ke tempat wisata, Foto: jabarekspres.com

Penulis: Vaya, Editor: Widi

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “Keindahan Curug Maribaya, Wisata Alam Cantik di Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.