Curug Maribaya Lembang, Keindahannya Terangkum Dalam 10 Potret Berikut ini 5/5 (1)

Posted on
Curug maribaya kabupaten bandung jawa barat 40391 queen quest quresi omas taman wisata waterfall wedding website wulan wonosono wonogiri review rute raja rasulullah radio tiket masuk tempat terjun tutup toyota togel today yogyakarta yoyo yang bagus yellow yerrest yogurt usul indonesia desa cibodas jl peta padang putus puncak pura pintar portugal pontianak lembang lodge alamat lokasi lagu legenda lucu luka lirik liban keluarga kecil kuning kuningan king kidul kirana jalan menuju ke jam buka jerawat juli juni jiban jiwa jodoh johor jogja harga hewan hujan husband hutang hijab hidup hot hotel gambar gedung gede guntur gunting gunung gimana golongan foto facebook fares feres futbol full finance di ditutup dunia duka duduk sejarah sakit surabaya subang singkat solo song akses ajaran adalah angkot map maps mitos misteri murah muda natural negara net nike niat nikah nova beban belajar biaya bogor video vape vedeo vegetarian vulgar vultures vurul voli ciomas cacing cebu cemburu cuci conjuring code consulting zakat bahasa utara timur air panas pemandian kawasan spring the hutan cigulung berenang
photo by instagram.com/marielouie6557

Lokasi: Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Map: KlikDisini
HTM: Rp.35.000/orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: (022) 82228

foto by instagram.com/tiaicut

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat wisata, salah satunya Carug Maribaya. Di mana Carug Maribaya adalah sebuah air terjun yang terdiri dari beberapa curug yang berada di satu lokasi.

Jadi curug ini sangat disarankan bagi anda yang ingin melepas penat sejenak dari kesibukan kesibukan pekerjaan, lokasinya mudah di jangkau hanya sekitar 15 km dari pusat kota bandung.

Dulu Curug Maribaya sebelum di renovasi di kelola seadanya oleh para warga sekitar, namun sekarang berubah setelah perenovasian yang di lakukan pada tahun 2015.

Lokasi wisata ini sekarang menjadi lebih cantik dan lebih bersih dari biasanya, lokasinya juga dekat dengan jalur wisata wista seperti The Lodge, De Ranch dan bersebelahan dengan Taman Ir Juanda.

Tempat parkirnya sangatlah luas sehingga anda tidak perlu repot – repot untuk memarkirkan kendaraaan. Di Carug Maribaya setelah di renovasi di tambahi beberapa area wisata yaitu seperti mini zoo dan ada beberapa hewan di dalamnya, seperti kelinci dan ayam.

Banyak fasilitas juga di dalamnya seperti Toilet dan banyak lainnya yang di sediakan.

Foto: jabarekspres.com

Untuk masuk ke dalam Curug Maribaya anda harus merogoh kocek Rp 35.000 /orang dan jika anda ingin masuk ke dalam lokasi seperti kolam air panas dan kolam pancing dll.

Harus membayar karcis lagi yang berbeda harganya, namun harga yang anda harus bayar sangatlah setimpal dengan pelayanan yang di berikan karna memang sedikit lebih mahal.

Area yang ada juga bisa anda gunakan untuk pre wedding ada beberapa spot – spot yang di sediakan dan bagi ada yang suka dengan fotografi ini bisa memuaskan gairah anda tentang memotret.

Ada beberapa kasalahan pengunjung ketika menyusuri curug yaitu dengan adanya jembatan yang melintasi sebuah curug, para pengunjung banyak yang salah lokasi cerug berada di bawah curug maribaya namun sebetulnya lokasinya berada di Curug.

Seru Nih: Kampung Gajah Wonderland Punya 20 Lebih Wahana Seru Yang Wajib Dicoba

Lokasi curug omas memang dekat dengan maribaya, namun berbeda lokasi. Curug omas berada didalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda, bukan di kawasan maribaya. Anda pun harus membeli tiket lagi untuk masuk ke kawasan hutan raya Juanda.

Bila sudah sampai di Maribaya, Anda bisa melihat air terjun dan menimati dinginnya udara Maribaya sambil menikmati lezatnya jagung bakar atau ketan bakar.

Tempat ini sangat cocok buat rehat bersama keluarga, lokasinya dingin, sejuk dan dibawah rindangnya vegetasi Maribaya. Ada pemandangan unik ketika anda dalam perjalan ke Cerug Maribaya anda akan melewati banyak tempat – tempat goa peninggalan belanda dan jepang sisa penjajahan dahulu.

Asal Usul Curug Maribaya

Asal Usul, Foto: parisvanjava.web.id

Maribaya berasal dari nama seorang perempuan sangat cantik yang menjadi sumber kehebohan bagi laki-laki. Membuat banyak laki – laki terpesona oleh kecantikannya, pemuda-pemuda di kampungya saling berlomba lomba untuk mendapatkanya sehingga sewaktu-waktu bisa terjadi pertumpahan darah.

BacaJuga:  10 Gambar D Mall Depok, Daftar Restoran Spa Starbucks , Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Hotel di Sekitar + Nomer Telepon

Sejak mulai dikembangkan tahun 1835 oleh Eyang Raksa Dinata, ayah Maribaya, objek wisata itu berhasil mengubah kehidupan Eyang Raksa Dinata yang sebelumnya hidup miskin, menjadi berkecukupan.

Bikin Males Pulang: Menikmati Suasana Pedesaan Di Sapu Lidi, Resort Dengan Konsep Persawahan dari Lembang Bandung

Banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut. Mereka tidak hanya datang untuk berekreasi menghirup udara segar alam pengunungan dan perbukitan, tetapi juga untuk berobat dengan berendam di air hangat.

Eyang Raksa Dinata yang sebenarnya hanya ingin menghindari pertumpahan darah di kampungnya, malah mendapat berkah kekayaan setelah mengelola sumber air panas mineral yang dapat dipergunakan untuk pengobatan itu. Keluarga Maribaya memperoleh penghasilan dari para pengunjung yang datang berduyun-duyun

Rute menuju Cerug Maribaya

Wisata di kolam air panas, Foto: static.initempatwisata.com

Bagi anda pekerja kantoran yang sering di sibukan tugas – tugas kantor yang menyita waktu sehari hari, Curug Maribaya adalah solusi yang tepat untuk menghilangkan stres

Bisa juga menyehatkan mata karena melihat banyaknya pepohonan yang hijau serta percikan percikan halus air yang terkena batu menambah suasana menjadi sejuk.

Tempat ini sangat enak untuk di nikmati bersama keluarga apalagi udara yang masih segar bisa membantu menyehatkan setelah beberapa hari menghirup udara kota yang padat dan tercemar.

Anda juga bisa menambah rasa kebersamaan bersama keluarga ketika berlibur bersama radio sehingga rasa kekeluargaan menjadi solid maka sangat cocok untuk berwisata di cerug ini.

Sedang Kekinian: Salah Satu Tempat Wisata Alam Terbaru Yaitu Farmhouse Susu Lembang (Kuliner, Edukasi dan Sightseeing)

Lokasi Air terjun, Foto: teluklove.com

Curug Maribaya berlokasi di Taman Wisata Maribaya. Curug Maribaya di bagi menjadi tiga bagian terdiri dari Curug Cikawar, Curug Cigulung dan satunya lagi Curug Cikoleang.

Ketiga tiganya pun sama – sama memiliki ketinggian 15 M curug – curug tersebut memiliki sumber yang sama yaitu dari sungai Cigulung dan sungai cikawari.

Diantara ketiga curug tersebut kebanyakan pengunjung biasanya bermain air di Curug Cikawari, di karenakan Curug Cikawari memiliki kedalaman dasar air yang cukup dangkal dibandingkan dengan Curug – Curug lain.

Sehingga tidak terlalu berbahaya ketika parawisatawan ingin bermain. Namun ada lagi curug yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Curug Maribaya yaitu Curug Omas yang berada di Kawasan Hutan Raya H. Juanda dan Curug Omas sendiri memiliki ukuran lebih besar di bandingkan Curug Maribaya.

Pemandangan di sekitar tempat wisata, photo: proyectotendales.blogspot.co.id

Kawasan Curug Maribaya sempat di tutup karena di renovasi pada tahun 2015 dengan konsep yang berbeda lebih moderen dengan nama maribaya resort, sekarang banyak sekali area dan sport – spot bagus yang di sediakan bangi anda pengemar foto.

Ada pula sky bridge, Sky bridge tapak halimun merupakan platform berupa jembatan yang berada di sebelah kiri area, dari sini anda bisa leluasa melihat sebagian besar area maribaya resort.

Tempat ini juga jadi salah satu spot favorit untuk berfoto ria karna sangat terlihat pemandangan hijaunya.

Tiket masuk ke Curug Maribaya adalah 35 ribu cukup murah bukan karna anda akan mendapat kenyaman yang lebih dan lebih bersih dan segar, wisata Curug Maribaya hanya buka pada hari jumat – sabtu –minggu mulai buka pukul 08.00 – 20.00.

BacaJuga:  16 Restoran Tempat Makan di Cirebon Yang Enak Murah Terkenal Favorit Romantis Paling Bagus

Suasana Asri: Kampung Daun Bandung, Restoran Keluarga Nuansa Alam Yang Eksotis di Lembang

Bagi anda yang malas berbasah basahan namun hanya ingin menikmati pemandangan dan bersantai tenang saja ada Twig Café yang berada persis di sisi Curug, setelah di renofasi terdapat pula food court lalang buana yang berada di persis didepan di luar gerbang komplek.

Disini anda dapat menemui berbagai makanan dan minuman yang bisa anda nikmati. Tetapi jika anda ingin menikmati makanan di foot court ini, anda tidak perlu membeli tiket masuk.

Ada pula spot yang khusus di sediakan dan bisa anda sewa. Spot ini sangat luas dan sangat cocok untuk acara seperti pernikahan, fun gathering perusahaan dan banyak lainya. Area ini bisa menampung sekitar 200 orang sekaligus.

Ada Kolam Telaga giri yang merupakan arena kolam pancing dan tangkap ikan. Di sini kita bisa mengajak anak anak untuk melatih kesabaran dengan memancing ikan.

Karena yang di tawarkan adalah sensasi ketika memancing dan menangkap ikan, maka biaya yang harus anda keluarkan adalah Rp. 20.000/ 30 Menit Untuk Kolam Pancing dan Kolam Tangkap Ikan Rp. 15.000/ 15 Menit.

Pemandian Air Hangat

Gambar: plus.google.com

Carug Maribaya berada di sebelah utara kota Bandung, lebih tepatnya berada di sebelah timur lembang kawasan ini dahulu terkenal adanya pemandian air panasnya. Tapi sekarang alamnya yang asri dan menyatu dengan kawasan Taman Hutan Raya Juanda.

Jalan untuk menuju ke Curug Maribaya cukup  banyak. Anda bisa lewat dari arah kota Bandung atau memilih dari arah kota Subang (Jalur alternatif) namun di sarankan dari subang, jadi anda bisa ke tangkuban perahu terlebih dahulu, pemandangannya indah dan enak untuk di pandang.

Berikut jalur alternative yang bisa di gunakan,  jalur tol Cikampek – Cipularang – keluar di Sadang. Dari Sadang – Subang – Ciater – Lembang. Jalur ini biasanya menjadi jalur alternatif ke Bandung, selain lewat tol Cipularang langsung ke Bandung.

Rute ini sangat penting ketika akhir pekan ataupun saat libur panjang, karena saat siang di pastikan jalanan macet. Namun waktu akan lebih lama, karena jalan lebih kecil dan berkelok kelok.

Keindahan Alam Sekitar, image: hotelgeulisbandung.com

Jika anda ingin memangkas waktu sebaiknya anda berangkat pagi – pagi ketika waktu masih senggang jadi anda akan cepat sampai dan terhindar dari kemacetan.

Berikut rutenya jika ingin ke maribaya lembang yaitu dengan melewati dago pakar. Jalan yang simpel tidak membuat anda bingung walau pertama kali ke Maribaya. Tetapi jika anda menggunakan angkutan umum maka anda akan melewati banyak goa – goa peninggal belanda dan jepang di jalan sepanjang sekititar arah ke maribaya.

Keindahan Cerug Maribaya

Tiket Masuk Ke tempat wisata, Foto: jabarekspres.com

Selain keindahan alam dan panorama hijau nya pepohonan yang indah membuat anda betah berlama lama untuk berlibur menghabiskan waktu di dalam wisata Cerug Maribaya.

Apa lagi setelah mengalami renovasi menjadi lebih teratur sehingga anda dan keluarga lebih nyaman jika mengunjungi wisata Carug Maribaya. Terdapat pemandian air panasnya yang dahulu terkenal dan sangat ramai akan pengunjung yang ingin melepas lelah dari pekerjaan yang menumpuk

BacaJuga:  10 Gambar Kebun Raya Kuningan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Akses Jalan Menuju Wisata + Jam Buka Tutup

Selain wisatawan domestik banyak juga wisatawan mancanegara yang ingin mengunjungi pemandian air panas, udara yang sejuk di tambah pepohonan yang rindang di kombinasikan dengan air panas yang bisa jadi nilai jual yang tinggi.

Karena jarang sekali tempat wisata di dataran yang tinggi menyajikan keunikan air panas apalagi ini adalah wisata alam buatan yang harus di manfaatkan oleh masyarakat setempat.

Pemandian air panasnya selain untuk berendam bisa juga di manfaatkan untuk kesehatan tubuh karna bisa merenggangkan otot – otot yang tegang dan air panasnya juga di percayai bisa menyembuhkan asma dan beberapa penyakit kulit. Jadi selain untuk rekreasi tapi juga bisa untuk kesehatan.

Kolam rendam air panas yang tinggi akan kadar belerang ini berubah total setelah di renovasi pada tahun 2015. Kolam renangnya di bagi bagi menjadi beberapa kategori seperti ada kategori Deluxe Pool harga tiket masuknya Rp 75.000/Orang.

Sedangkan Vip poolnya harga tiket masuknya Rp 150.000/orang sudah termasuk handuk, bandrek dan ikan bakar. Vip pool yang kolam rendamnya berbeda sekali dengan yang lainnya. Vip Pool ini lebih bagus dan cantik.

Ada Foot Spa, ini adalah kategori yang khusus di buatkan untuk anda yang malas untuk berbasah – basahan jadi anda tinggal merendam kaki di air. Tarif masuknya Rp 30.000/ orang.

Ada juga Kamar berendam private Tirta Raga yang di siapkan untuk anda yang melindungi privasi dan menambah kenyamanan sebagai penggunjung, harga tiket masuknya sekitar Rp.90.000/ orang.

Keindahan Alam Kawasan Hutan Raya. Foto: i.ytimg.com

Jika anda mencari tempat untuk di jadikan foto Pre-wedding maka tempat wisata cerug maribaya ini sangat cocok untuk anda karna disini pemandangnya sangat indah. Harganya pun juga sangat terjangkau di bandingkan dengan hasil yang di dapat.

Harga yang di patok pun cukup murah yaitu Rp. 1.500.000 untuk empat orang dan anda mendapatkan makanan, ruang ganti, tiket masuk ke tempat rekreasi dan untuk masuk ke dalam kolam rendam tentu sangat mudah bukan, jika di bandingkan dengan hasil yang anda dapat

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Wisata yang udah di jangkau dan mudah di akses selain itu dapan menambah wawasan bagi anda yang memiliki anak. Banyak pula fasilitas di dalam nya ada beberapa taman – taman untuk bersantai dan beristirahat bersama keluarga.

Ada pula taman yang di lengkapi dengan mainan sehingga anak anda bisa sekaligus bermain. Tenang saja banyak fasilitas seperti toilet, mushola yang cukup besar jadi cukup menampung wisatawan, areal parkir yang besar dan ada tempat informasi yang siap melayani anda.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

One thought on “Curug Maribaya Lembang, Keindahannya Terangkum Dalam 10 Potret Berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.