10 Gambar Curug Muara Jaya Majalengka, Harga Tiket Masuk, Rute Jalan Menuju Wisata, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Sejarah Asal Usul

Posted on
10 Gambar Curug Muara Jaya Majalengka, Harga Tiket Masuk, Rute Jalan Menuju Wisata, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Sejarah Asal Usul
Rate this post

Lokasi : Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Map : KlikDisini
HTM : Rp. 6000 + Rp. 2000 (parkir) + Rp. 3500 (berkemah) / Orang sekali masuk
Buka/Tutup : Setiap hari
Telepon :

foto by instagram.com/inimajalengka/

Ada banyak sekali lokasi wisata air terjun atau yang lebih populer dikenal dengan istilah curug di daerah jawa barat, salah satunya ialah curug muara jaya yang telah lama menjadi objek wisata favorit bagi warga jawa barat, khususnya warga majalengka dan sekitarnya.

Curug muara jaya ini tepatnya berada di lereng gunung ciremai. Lokasi ini masuk ke dalam wilayah administratif desa Argamukti, kecamatan agrapura, kabupaten majalengka jawa barat.

Lokasinya yang berada di daerah pegunungan inilah yang membuat air terjun muara jaya begitu mempesona dan sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tujuan wisata saat mengisi waktu libur.

foto by instagram.com/ayodolan/

Daya tarik curug muara jaya

Selain dikenal dengan nama curug muara jaya, para wisatawan juga sering menyebut air terjun ini dengan nama curug amuy. Hal ini karena banyaknya pohon pisang amuy yang tumbuh di desa argamukti yang merupakan lokasi curug muara jaya.

Ya. Di desa argamukti memang terdapat banyak sekali pohon pisang amuy. Pisang jenis amuy ini adalah golongan pisang istimewa dengan rasa manis dan lembut. Jadi setelah menikmati liburan di curug muara jaya, jika ingin, anda juga bisa berburu pisang amuy sebagai oleh-oleh.

foto by instagram.com/faizu_09/

Kembali ke objek curug.

Curug muara jaya memiliki dua tingkatan air terjun. Yang mana jika ditotal, ketinggian kedua tingkatan tersebut terhitung mencapai 73 meter.

BacaJuga:  10 Foto Puncak Darma Ciletuh Sukabumi Ciwaru, Dimana Jalur Jalan Menuju Lokasi?

Tingkatan pertama yang merupakan air terjun utama, memiliki ketinggian 60 meter. Sedangkan tingkatan kedua jauh lebih rendah dengan ketinggian hanya 13 meter.

Selain menyaksikan dentuman air yang jatuh dari ketinggian, anda juga dapat bersantai menikmati sejuknya udara khas pegunungan yang menyelimuti curug muara jaya.

foto by instagram.com/bram1899/

Ditambah view sekeliling air terjun yang ditumbuhi beragam tumbuhan sayur mayur dan palawija, membuat kawasan curug ini semakin berwarna.

Pada waktu-waktu tertentu, di lokasi curug anda bahkan bisa menyaksikan upacara adat masyarakat setempat yang dinamakan upacaya pereresan. Upacara ini biasanya diadakan setelah dilakukannya panen raya.

Fasilitas di lokasi wisata

Tidak mengherankan apabila curug muara jaya berhasil menjadi salah satu yang terkenal diantara sekian banyak curug lainnya. Karena selain daya tarik curugnya yang luar biasa, fasilitas di tempat ini juga terbilang sudah cukup lengkap.

foto by instagram.com/aditpw23/

Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya ialah adanya sejumlah warung penjual makanan dan minuman yang bisa anda datangi dikala perut sudah lapar dan perbekalan sudah habis.

Atau pun jika anda ingin meeting dengan teman sekantor dalam suasana yang berbeda. Di Curug muara jaya juga sudah tersedia tempat yang bisa dijadikan ruangan meeting santai berupa balai pertemuan.

Selain kedua fasilitas di atas, beberapa fasilitas pendukung lainnya yang ada di sekitar curug muara jaya ialah :

foto by instagram.com/rizalcaesar111/

• Ruang camping ground
• Musholla
• Taman bermain anak
• Kamar mandi
• Area parkir
• penginapan

Lokasi curug muara jaya dan rute menuju ke sana

Sebelumnya telah dituliskan bahwa curug muara jaya terletak di desa argamukti, kecamatan argapura kabupaten majalengka jawa barat.

Jika diukur dari pusat ibu kota majalengka, maka jarak tempuh yang harus dilalui adalah sekitar 23 km. Perjalanan dari kota majalengka ke lokasi curug, bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

BacaJuga:  Tiket Masuk Situ Wanayasa Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, Misteri Asal Usul Danau
foto by instagram.com/wildanabdirahman/

Mengenai rute yang bisa dilalui jika datang dari majalengka dengan menggunakan kendaraan roda dua ialah rute kota majalengka –> kota kecil kecamatan maja –> desa argalingga –> desa argamukti –> lokasi curug.

Secara keseluruhan keadaan jalan menuju desa argamukti bisa dikatakan cukup bagus. Hanya di 2 km akhir sebelum sampai di desa argalingga, jalanan yang akan anda tempuh agak sedikit sempit, berkelok dan menanjak.

Aspal yang menutup badan jalan juga sudah mulai terkelupas, hanya tersisa bebatuan serta lubang di kanan-kiri jalan. Harap berhati-hati dan waspadalah ketika melewati kawasan ini.

foto by instagram.com/asrohmat/

Selain memakai kendaraan pribadi, berkunjung ke curug muara jaya juga bisa dilakukan dengan menggunakan angkutan umum.

Anda bisa memanfaatkan beberapa angkutan umum bertype elf atau L-300 yang memang biasa beroperasi melewati rute yang sama dengan rute sebelumnya.

Jam buka tutup dan harga tiket masuk

Lokasi wisata curug muara jaya saat ini dibuka setiap hari baik hari kerja ataupun hari libur. Untuk bisa memasuki lokasi curug, sebelumnya anda harus membayar tiket masuk yang tersedia di loket karcis samping pintu masuk.

Harga tiket masuknya terbilang cukup murah. Anda hanya perlu membayar Rp. 6000 per orang ditambah Rp. 2000 untuk biaya parkir.

foto by instagram.com/taufik_hoerudin/

Sedangkan apabila anda ingin bermalam dengan berkemah di dekat air terjun. Maka anda akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp. 3500 per orang.

Jadi jika ditotal, untuk dapat menikmati semua wahana wisata serta fasilitas di dalam curug. Maka anda hanya cukup mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 9500 saja.

Tentu harga ini sangatlah murah jika membandingkan dengan kepuasan yang akan anda dapatkan setelah berada di dalam lokasi air terjun.

BacaJuga:  10 Gambar Kampung Naga Tasikmalaya, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Misteri Mitos + Penginapan di Sekitar Wisata

Saran dan tips berlibur ke curug muara jaya

foto by instagram.com/anukmau/

Agar liburan anda ke curug muara jaya berjalan lancar dan lebih berkesan. Maka anda patut mempertimbangkan beberapa saran dan tips berlibur berikut ini :

• Pilihlah waktu liburan yang tepat. Ini berkaitan dengan cuaca saat liburan. Saran kami, pilihlah waktu liburan ketika cuaca sedang cerah. Karena ketika musim hujan, debit air terjun akan sangat tinggi, kotor dan kadang terjadi banjir.

• Jangan lupa untuk memeriksa kondisi fisik dan kesehatan anda sebelum berangkat. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika dalam perjalanan dan saat tiba di lokasi wisata.

• Persiapkan semua bekal seperti makanan dan minuman, perlengkapan kesehatan, kebersihan dan juga alat telekomunikasi.

• Terakhir jangan lupa juga untuk membawa kamera. Karena di lokasi curug akan anda temukan banyak sekali spot menarik untuk berfoto.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.