Curug Panganten Pangalengan Dari Cimahi Bandung + 10 Foto Air Terjun Kembar Yang Eksotis

Posted on
Curug pengantin tegal cariu kalipagu bumijaya central java air terjun trailer thailand taipo tawangmangu terbaru terletak dimana tube tujuh tiket masuk penganten cimahi cawitali ciamis cast cerita cuplikan cilacap ciuman com kalibaru karawang kapanlagi kuningan kiss scene kisah korea koplo jonggol jawa barat jepara jogja timur jamus jurang jilbab jingga jitu jogorogo hot foto hantu hargomulyo hewan hujan hijau hijab guci garut ganool gunung kidul gambar gemuk gitar ginjal gigi gojek film full movie free download facebook felm part 1 2 wikipedia di bandung banyumas bogor dailymotion daerah mana dua ngawi semprot sentul sukabumi sinopsis seksi season situbondo soundtrack ajibarang adegan hot artis buka bukaan mp3 mp4 malang mandi magetan madiun medan mula mitos misteri movies nama pemain no sensor negeri negara tni ad banjar behind the bucket biru video videos versi vaksin palsu vuclip ziddu wangon wiki wonosari watch online wecker wisata ending english review ramadhan ramayana rute rozzan roma romania youtube yogya yutub yang bagus una indowebster imdb indonesia in phuket pwt pangalengan purwokerto purbalingga pemalang pelakon puchet pic lumbir loji lokasi lombok lagu legenda letak link ketenger 40551
Suasana Indah di Curug Penganten. Foto: infobdg.com

Lokasi: Desa Padaasih, Kec. Cisarua, Padaasih, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: 5.000 / orang
Buka/Tutup: 07.00 – 18.00
Telepon: +62 22 7273209

Ramadhan dan Lebaran sudah lewat. Meski begitu suasana liburan masih saja terasa. Bagi yang memiliki waktu liburan cukup panjang, tentu saja menghabiskan waktu di rumah saja sembari menikmati musik mp3, mp4 atau menonton film drakor hasil dari download bukan kegiatan yang menyenangkan. Cukup sehari atau dua hari saja menikmati hal tersebut dengan dibumbui browsing di internet dan membuka medsos seperti facebook, twitter dan instagram. Selebihnya tentu saja liburan akan merasa bosan saja jika diisi kegiatan yang itu-itu saja.

Liburan ke alam bebas dan juga menikmati suasana yang asri menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan. Boleh saja berdiam diri di rumah. Tapi alangkah baiknya menggerakkan kaki dan badan untuk menikmati suasana alam yang mempesona.

Air terjun di Curug Panganten. Foto: audrysonya.blogspot.com

Jika berada di Jakarta, ada banyak kawasan wisata alam yang masih asri di pinggir ibukota. Selain itu para wisatawan bisa mengunjungi kawasan Jawa Barat yang menyajikan suasana alam yang mengasyikkan. Biasanya kawasan wisata alam sekarang ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini tentu saja disebabkan beberapa faktor seperti keindahan alamnya dan juga cerita sejarah serta mitos yang melatarbelakangi kawasan wisata tersebut.

Contohnya seperti kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu. Kawasan wisata ini memiliki kisah dan sejarah tersendiri berupa cerita Sangkuriang yang mencintai ibu kandungnya. Selain Tangkuban Perahu, Indonesia memiliki kawasan wisata alam yang menyajikan budaya dan juga cerita rakyat yang cukup tenar di telinga masyarakat. Tentu saja hal ini menjadi salah satu bumbu agar kawasan wisata tersebut menjadi incaran para wisatawan.

Panorama Curug Penganten dari atas bukit. Foto: panduanwisata.id

Mengenal Curug Penganten

Di wilayah Jawa Barat sendiri memiliki cerita legenda dan juga mitos yang masih cukup dipercaya di kalangan masyarakat sekitar. Salah satu kawasan wisata alam  yang memiliki mitos cukup terkenal adalah Curug Penganten. Nama kawasan wisata ini mirip dengan kawasan wisata Curug Penganten di Bogor dan juga Banyumas  yang sudah cukup terkenal. Kawasan wisata Curug Panganten ini berada di kota Bandung bagian barat. Kawasan wisata ini berupa air terjun yang berada di ketinggian sekitar 1050 mdpl (meter di atas permukaan laut). Curug Panganten memiliki tinggi sekitar ± 50 m. Kawasan wisata Curug Panganten tersebut menyajikan keindahan pemandangan alamnya yang eksotis. Ditambah lagi air terjun ini berada di area lembah hijau yang menyejukan dan juga asri.

Di kawasan wisata alam Curug Panganten ini menyajikan keindahan 2 air terjun yang letaknya berdampingan. Air terjun utama di kawasan wisata alam ini memiliki arus yang cukup deras dan juga alirannya yang cukup besar. Sementara air terjun yang satu lagi berada di sebelahnya dengan ukuran lebih kecil dan arus yang tidak terlalu deras.

Eksotisme Curug Panganten. Foto: roberni.com

Eksotisme Curug Penganten

Jika ingin berlibur dan menikmati keindahan serta eksotisme dari kawasan wisata Curug Panganten ini disarankan ketika musim penghujan tiba. Pasalnya ketika musim hujan debit air yang ada di aliran air terjun ini sangat deras. Tentu saja membuat pemandangan akan lebih indah dan asir. Sayangnya ketika musim hujan air di sekitar air terjun ini akan berwarna coklat. Hal ini bukan disebabkan polusi yang sering dilihat di sungai-sungai di Jakarta. Akan tetapi air terjun ini bercampur dengan tanah. Sehingga warna air menjadi coklat.

Jika ingin menikmati keindahan air terjun dan kejernihannya, disarankan para wisatawan untuk datanga pada saat musim kemarau. Meski debit air yang mengalir di air terjun ini tidak terlalu deras, akan tetapi kejernihannya bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Pemandangan di Curug Panganten. Foto: pulasinn.com

Eksotisme kawasan wisata Curug Penganten ini memang tiada duanya. Keindahannya bisa memberikan suasana yang romantis. Tentu saja bagi penggemar film-film romantis, suasana di kawasan wisata ini sangat pas. Bagi yang ingin mengajak pasangan, kawasan wisata Curug Penganten sangat pas untuk dikunjungi berdua. Akan tetapi harap berhati-hati dengan jalurnya. Berfoto berdua dengan latar belakang air terjun seperti scene dari film korea yang romantis.

Air terjun di Curug Panganten. Foto: ksanaksini.com

Cerita dan Mitos Sepasang Pengantin

Hampir semua kawasan wisata di Bandung memiliki cerita dan juga mitos tersendiri. Sama halnya dengan kawasan wisata Curug Panganten ini. Di kawasan wisata alam ini juga menyajikan cerita tersendiri yang cukup dipercaya oleh masyarakat sekitar. Penamaan Curug Panganten ini konon kabarnya disebabkan adanya sepasang kekasih yang baru saja menjadi pengantin. Meski begitu ada banyak cerita berbeda yang timbul di kawasan wisata ini.

Kisah lainnya yang menceritakan mengapa dinamakan Curug Panganten ini disebabkan adanya dua air terjun yang saling berdampingan satu sama lain. Akan tetapi aliran air di kedua air terjun ini berbeda. Yang satu memiliki aliran yang deras. Sementara yang satu lagi memiliki debit dan aliran air yang kecil. Dan ketika musim kemarau tiba, aliran air yang memiliki ukuran lebih kecil tidak terlalu mencolok.

Berfoto di Curug Panganten. Foto: roberni.com

Sementara kisah yang berbeda dan menjadi latar belakang dari nama air terjun Curug Penganten ini adalah adanya kisah sepasang pengantin yang dahulu mengunjungi kawasan wisata ini usai mereka menikah. Akan tetapi disebabkan sebuah kejadian akhirnya sepasang kekasih ini terjatuh dan hanyut ke dalam sungai yang disebabkan derasnya air terjun ini. Ada juga yang menyebutkan bahwa kedua pengantin ini bunuh diri ke dalam sungai.

Cerita dan mitos ini terus berkembang hingga saat ini. Dan sangat populer di kalangan masyarakat sekitar dan juga di kalangan para wisatawan. Akan tetapi cerita ini belum bisa diketahui kebenarannya. Meski begitu kisah cerita ini menjadi salah satu aspek pendukung mengapa Curug Penganten menjadi cukup terkenal di kalangan para wisatawan.

Mengabadikan momen di Curug Panganten. Foto: tripcanvas.co

Fasilitas Curug Panganten

Kawasan wisata Curug Penganten ini sayangnya masih memiliki fasilitas yang sangat minim dan belum dikelola dengan baik oleh pemerintah pusat. Sehingga sarana dan prasarana di kawasan wisata alam ini tidak terawat dan sebagian sudah rusak. Di kawasan wisata Curug Panganten ini sendiri tidak memiliki fasilitas toilet dan juga saung. Jika para wisatawan ingin menggunakan toilet harus berjalan kaki terlebih dahulu ke Wisata Alam Katumiri yang letaknya cukup jauh dari Curug Penganten.

Eksotisme di Curug Panganten. Foto: pinterest.com

Tiket Masuk Curug Panganten

Jika para wisatawan ingin menikmati dan juga melihat semua keindahan alam di kawasan wisata Curug Panganten ini, diwajibkan membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah/orang. Sementara bagi para pengunjung yang masuk dari kawasan Wisata Alam Katumiri ini diwajibkan menambah tiket sekitar 6.000 rupiah/orang untuk menikmati keindahan Curug Penganten. Sementara tiket parkir tidak termasuk ke dalam tiket masuk.

Berfoto di Curug Panganten. Foto: twitter.com

Lokasi Kawasan wisata Curug Panganten

Kawasan wisata Curug Panganten ini terletak di Jalan Raya Cihanjuang Km 5,6. Kawasan air terjun ini berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Rute untuk menuju ke kawasan wisata alam ini memang cukup mudah. Para wisatawan bisa mengunjungi kawasan Cimahi. Dari pusat kota Cimahi sendiri hanya berjarak sekitar ± 7 Km yang mengambil arah ke daerah Parongpong. Curug Panganten ini  letaknya tidak jauh dari kawasan perumahan dan juga kawasan Wisata Alam Katumiri Parongpong. Jarak antara Curug Panganten dan Wisata Alam Katumiri ini sekitar 2 Km. Dan para wisatawan akan menelusuri jalan setapak.

2 thoughts on “Curug Panganten Pangalengan Dari Cimahi Bandung + 10 Foto Air Terjun Kembar Yang Eksotis

  1. Beberapa foto yang anda tampilkan bukanlah foto curug penganten melainkan curug malela, curug omas maribaya, dan curug batu templek. Harap menampilkan foto yang relevan agar tidak membuat pembaca bingung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *