10 Foto Curug Putri Kencana Bogor Sentul, Harga Tiket Biaya Masuk + Akses Menuju Jalur Ke Air Terjun

Posted on
10 Foto Curug Putri Kencana Bogor Sentul, Harga Tiket Biaya Masuk + Akses Menuju Jalur Ke Air Terjun
4 (80%) 1 vote

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810
Map: Klik Disini
HTM: Rp15.000,-/orang
Buka/Tutup: 07.00-18.00
Telepon: 021-8794-4243 / 0812-8468-3295

foto by inapex.co.id

Saat mendengar Kota Bogor disebut, pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah Puncak Cisarua dan Sentul City. Tidak heran karena puncak masih menjadi destinasi wisata favorit, terutama bagi para warga Jakarta.

Terbukti dengan seringnya terjadi kemacetan di jalur puncak setiap liburan tiba. Mereka yang memadati jalan tersebut berusaha untuk mencapai Puncak Cisarua demi menikmati pemandangan dan sejuknya udara khas pegunungan bersama keluarga.

Demikian dengan Sentul City, sebuah kota pegunungan yang terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Daerah tersebut dibangun sebagai hunian sekaligus objek wisata. Banyak pelancong dari Jakarta dan sekitarnya yang menghabiskan waktu berlibur di sana.

foto by anekahotelmurah.com

Tidak begitu jauh dari situ, terdapat air terjun yang akhir-akhir ini dibanjiri oleh wisatawan dari berbagai kota. Curug Putri Kencana, begitu sebutannya, adalah gerojokan alami yang menampilkan aliran sungai nan jernih dan berbatu.

Istimewanya, penderasan tersebut membentuk beberapa curug dan leuwi. Banyak yang beranggapan bahwa wahana ini sangat berpotensi dan layak dikembangkan.

foto by infotempatpariwisata.blogspot.com

Menikmati Pemandangan di Curug Putri Kencana

Tak dipungkiri kegiatan sehari-hari terkadang membuat sebagian orang bosan dan ingin segera lari untuk menyegarkan pikiran. Oleh karena itu, setiap hari libur tiba mereka selalu merencanakan untuk pergi ke suatu tempat yang dapat melepaskan kepenatan.

Salah satu wahana wisata yang direkomendasikan adalah Curug Putri Kencana. Dalam Bahasa Sunda, curug berarti air terjun, sementara leuwi adalah cekungan atau bagian terdalam dari sungai di penderasan itu sendiri.

Objek wisata tersebut dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang dibentuk oleh masyarakat di dalam atau sekitar hutan dan Perhutani, Badan Usaha Milik Negara di Indonesia yang mempunyai wewenang dalam menyelenggarakan, merencanakan, mengurus, mengusahakan serta melindungi hutan di wilayahnya.

Alam di Curug Putri Kencana ini masih asri dan terjaga kelestariannya. Pepohonan tumbuh dengan rimbun dan suasana pedesaan melekat di tempat tersebut. Begitu sampai di lokasi, pengunjung akan dibuat terpukau oleh panorama air terjun yang alirannya berasal dari Sungai Sadon itu.

foto by tripsantai.com

Terdapat lima air terjun di kawasan Putri Kencana, yakni Curug Leuwi Parluk, Leuwi Demang, Leuwi Balung, Leuwi Panjang dan Curug Love. Letak penderasan yang terakhir paling jauh dari gerojokan utama. Butuh waktu 40-60 menit untuk sampai di sana dengan cara berjalan kaki melewati hutan bambu.

BacaJuga:  35 Tempat Wisata di Subang Jawa Barat Yang Bagus Murah Terbaru Menarik Terindah 2018

Masing-masing riam mempunyai kedalaman yang bervariasi. Putri Kencana sendiri memang kecil dan tidak terlalu tinggi. Kedalamannya mencapai 5 meter, jadi untuk yang tidak bisa berenang sebaiknya bermain di tepian saja.

foto by backpackerjakarta.com

Curug tersebut memiliki kolam-kolam yang tercipta dari susunan bebatuan dengan beragam ukuran. Aliran airnya berwarna tosca dan sangat jernih, seolah mengundang para pengunjung untuk segera mendekat.

Anda bisa berenang atau menikmati sensasi melompat dari atas jembatan bambu dan bebatuan yang berada di dekat area kemping ke kolam itu. Tinggi loncatannya sekitar 10 meter dan biasanya pengunjung akan memilih titik tertentu yang dinilai aman.

foto by youtube.com

Pihak pengelola juga terus mengingatkan agar mereka yang ingin melakukan cliff jumping tetap memperhatikan keselamatan.

Aktifitas di Curug Putri Kencana

Objek wisata ini memberi banyak pilihan aktifitas outdoor yang lengkap, mulai dari yang biasa sampai memacu adrenalin. Misalnya, jelajah wahana yang paling diminati pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Selama menyusuri alam, wisatawan akan disuguhi panorama yang membuat mata enggan berkedip. Instruktur akan memandu perjalanan menuju lokasi.

foto by waterfalladventurebekasi.blogspot.co.id

Ada pula river tubing atau lebih dikenal dengan body rafting. Aktifitas ini cukup menantang karena Anda akan diajak menelusuri sungai dengan ban karet. Selain itu, pengunjung bisa memilih paket adventure camp yang tidak kalah seru dari jelajah wahana.

Di sini, Anda harus melewati bukit, sawah serta hutan pinus yang merupakan jalur dimana area camping berada. Kegiatan lain yang bertujuan untuk membangun karakter, komunikasi, leadership, empaty, trust dan teamwork juga dapat dilakukan.

foto by curugkencana.com

Sehingga, paket tersebut sangat cocok untuk Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS.

Bagi yang ingin melakukan Tracking, River Tubing, Waterfall Climbing dan Camping harus menghubungi pihak pengelola di nomor 0812-8468-3295 atau 0816-3225-9555. Seluruh reservasi akan dilayani pada jam kerja, yakni pukul 08.00-18.00 WIB.

foto by infotempatpariwisata.blogspot.com

Mitos Curug Putri Kencana

Setiap tempat tentu mempunyai sejarah, tak terkecuali dengan Air Terjun Putri Kencana yang diselimuti mitos menarik. Menurut cerita warga setempat, setiap malam Jum’at mereka sering mendengar suara wanita di sana.

Bahkan tak jarang yang melihat seorang wanita berbusana ala kerajaan, lengkap dengan perhiasan. Itulah yang menjadi asal usul diberikannya nama Curug Putri Kencana pada air terjun tersebut.

BacaJuga:  Sumber Air Panas Ciracas Purwakarta, Tempat Wisata Alam Yang Wajib Dikunjungi

Tempat yang dulunya sering digunakan oleh Prabu Kencana untuk bertapa ini juga memiliki aura mistis. Bulan November lalu, Ekspedisi Merah ANTV, yakni acara petualangan yang memburu mitos-mitos di Indonesia dan mencari kebenarannya, sempat mengunjungi curug di Desa Karang Tengah itu. Mereka menelusuri kisah noni

Belanda yang diketahui memiliki dendam sehubungan dengan kematiannya yang tidak wajar.

Kemunculan none tersebut sangat meresahkan warga dan membuat kawasan Curug Putri Kencana menjadi terkesan angker. Tidak cuma masyarakat sekitar yang pernah melihatnya, pengunjung pun demikian. Tapi, terlepas dari suasana seram dan horror yang terasa, curug di West Java Province ini layak untuk dieksplore lebih jauh karena keindahannya.

Supaya Anda dapat berwisata dengan nyaman, patuhi aturan yang ada, sering-seringlah berdoa dan ingat bahwa alam ini tak hanya dihuni oleh manusia.

Rute Menuju Curug Putri Kencana

Alamat Air Terjun Putri Kencana ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke sana, yaitu:

Dari Jakarta. Arahkan kendaraan Anda ke Kota Bogor melewati Tol Jagorawi. Setelah keluar di gerbang Tol Sentul City, beloklah ke kiri untuk memasuki jalan utama menuju Jungle Land. Sebelum sampai di pintu gerbang wahana wisata tersebut, silakan belok kanan melalui jalan perkampungan. Jika tiba di pertigaan, belok kiri dan ikuti jalan hingga bertemu papan petunjuk Curug Putri Kencana sesuai peta.
Dari pertigaan sampai area parkir air terjun kira-kira memakan waktu perjalanan 30 menit. Di perjalanan, Anda akan melewati jembatan dari kayu dan puncak lembah yang mana memperlihatkan hamparan sawah nan hijau. Di sini banyak pengunjung yang mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

Dari Bojong Gede. Silakan menuju Pemda Cibinong dan belok kanan pada pertigaan lampu merah di depan Cibinong City Mall. Ikuti jalan yang mengarah ke sirkuit Sentul sesuai maps, lalu bila sudah sampai belok kanan arah Babakan Madang. Lurus saja dan ketika masuk ke Sentul City, setelah Giant akan ada jalan menurun ke bawah arah pertigaan Polsek Babakan Madang dan Rainbow Hills Golf.
Belok kiri ke arah polsek dan ikuti jalan hingga bertemu pertigaan menuju Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Anda bisa belok ke kanan sampai pertigaan, lalu ambil kiri dan papan bertuliskan nama lokasi akan terlihat di sebelah kanan.

foto by kaskus.co.id

Akses menuju lokasi masih belum begitu mulus, terutama yang dari Bojong Gede. Jadi, butuh kendaraan yang kondisinya fit dan telah diservis.

BacaJuga:  10 Gambar Saung Ranggon Bekasi Cikarang, No Telepon + Tiket Masuk Wisata

Tapi, belum lama ini pemerintah setempat telah memperbaiki infrastruktir di Babakan Madang. Jadi, yang dulunya tidak beraspal dan dipenuhi bebatuan, kini sudah mulus. Bahkan telah dibuat jembatan penghubung antar desa dengan ukuran yang lebih lebar serta kuat.

Biaya Masuk ke Curug Putri Kencana

HTM (Harga Tiket Masuk) objek wisata yang buka dari pukul 07.00 pagi ini adalah Rp15.000,-. Selain itu, pengunjung dikenai biaya parkir Rp5.000,-/motor dan Rp10.000,-/mobil. Setelah mengurus retribusi parkir dan tiket masuk, Anda bisa menuju lokasi dengan trek sepanjang 500 meter. Perkampungan warga dan persawahan di sekitarnya akan menemani selama perjalanan.

Di titik-titik tertentu terdapat tanah merah yang licin ketika musim penghujan tiba. Sehingga disarankan untuk berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang sesuai.

Jika hendak bermalam, pengunjung bisa berkemah di area campground yang telah disediakan. Jangan khawatir karena tempatnya cukup luas, bersih dan memiliki fasilitas berupa mushola, toilet serta listrik. Untuk mendirikan tenda pun hanya dikenai tarif Rp25.000,-.

Di sekitarnya juga terdapat beberapa warung yang menyediakan aneka makanan untuk melengkapi logistik. Ada pula warung yang memiliki balai-balai bambu dengan view air terjun. Dijamin Anda bisa bersantai dengan khusyuk di sana.

Apabila ingin ke Curug Putri Kencana, berangkatlah lebih pagi dan bukan pada hari libur supaya bisa puas bermain air. Sebab, kalau sudah siang biasanya banyak pengunjung yang datang. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan gambar pemandangan atau berselfie ria dengan background air terjun.

foto by curugputrikencana.com
Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.