Keindahan Curug Sentral Sukabumi, Tempat Wisata di Kabandungan Jawa Barat

Posted on

Lokasi: Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat 43368
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5.000
Buka/Tutup: Senin-Minggu 07.00-17.00 WIB.
Telepon:

foto by instagram.com/exploresukabumi/

Salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki luas wilayah terkecil adalah Sukabumi.

Letak Kota Sukabumi berada di bagian selatan tengah Jawa Barat, serta berada di kaki gunung gede dan gunung pangrango. Suhu di kota ini paling tinggi bisa mencapai 290 C.

Sukabumi terkenal dengan makanan khasnya yaitu bolu pisang, bandros, surabi, soto mie, roti priangan tradisional, nasi uduk ungu.

Dan bubur ayam sukabumi, serta yang paling dikenal di kalangan masyarakat umum yaitu mochi.

foto by resepbuntik.com

Tak hanya makanannya saja yang terkenal, melainkan wisata alamnya pun tak kalah terkenalnya. Wisata yang dimiliki oleh Kota Sukabumi sangat menarik dan juga asri.

Wisata alam di Sukabumi salah satunya yaitu adanya berbagai pantai dengan pemandangan dan fasilitas berbeda-beda. Selain pantai ada juga curug dengan air yang dikeluarkannya sangat menyegarkan mata.

Salah satu wisatanya yaitu bernama Curug Sentral yang berada di Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat. Curug ini memiliki pemandangan alam sangat asri dan indah.

foto by inisukabumi.com

Curug Sentral ini sangat cocok sebagai destinasi wisata untuk liburan bersama keluarga dan sahabat di liburan berikutnya.

Keindahan Curug Central di Sukabumi

Curug Sentral merupakan sebuah Obyek Wisata yang berlokasi di Jalan Jayanegar Indah, atau lebih tepatnya berada di Kampung Pondok Beurem, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Wisata ini juga bisa digunakan sebagai temat foto preweding dengan latar pemandangan alam yang sangat asri dan indah.

foto by buzensky.wordpress.com

Curug Central ini memiliki 7 buah curug dalam satu aliran sungai yang sama dan disetiap curug dinamakan dengan angka yaitu Curug Sentral 1, Curug Sentral 2, Curug Sentral 3 dan seterusnya hingga sampai ke Curug Sentral 7.

BacaJuga:  10 Foto Kolam Renang Darmawangsa Bekasi, Harga Tiket Masuk + Alamat Lokasi

Curug satu dengan lain ada yang memiliki jarak dekat dan jauh. Tetapi untuk Curug Sentral 1 dan Curug Sentral 2 memiliki jarak yang cukup dekat. Sehingga jika mengunjungi Curug Sentral 1 tak ada salahnya untuk berkunjung ke Curug Sentral 2.

Curug Sentral 1 dan Curug Sentral 2 memiliki tekanan air yang berbeda. Apabila di Sentral 1 pengunjung harus berhati-hati saat bermain air. Dan juga tak bisa berenang dibawahnya, karena air yang mengalir cukup deras dan tidak direkomendasikan untuk bermain dibawahnya.

Sedangkan di Sentral 2, pengunjung dapat bermain-main air serta berenang, karena air terjunnya tak terlalu deras. Dan dilokasi ini juga terdapat sebuah kolam yang dapat digunakan untuk berenang.

foto by lihat.co.id

Tetapi walaupun demikian, saat bermain anda dan keluarga juga harus berhati-hati. Dan bagi pemula yang tak bisa berenang, jangan berenang terlalu tengah, karena di tengah-tengah kolam airnya cukup dalam.

Awal mulanya diberikan nama Curug Sentral, karena pada masa penjajahan kolonial Belanda daerah wisata ini dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA.

Dan pada saat masa jayanya PLTA dikenal dengan nama pembangkit listrik sentral. Sehingga penduduk sekitar sering sekali menyebut tempat ini sebagai sentral, maka hingga saat ini wisata tersebut dinamakan Curug Sentral.

foto by inisukabumi.com

Fasilitas di Obyek Wisata

Fasilitas dan juga pelayanan yang terdapat di Sentral Kabandungan ini sudah cukup memadai seperti terdapatnya area parkir khusus bagi pengunjng yang membawa kendaraan pribadi.

Dan terdapat juga sebuah mushola yang layak untuk digunakan bagi para orang islam untuk beribadah dengan nyaman dan aman

Tersedia kamar mandi atau MCK untuk para pengunjung yang ingin membuang air atau sekedar mencuci muka.

Bagi anda yang ingin bermalam disini, maka dapat menyewa tempat penginapan yang sudah terdapat di sekitar area.

BacaJuga:  10 Gambar Kolam Renang Paragon Depok, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Hotel Villa di Sekitar + Nomer Telepon

Harga Tiket Masuk Curug

Tempat Wisata ini kini sudah dikelola sehingga jika pengunjung ingin memasuki area ini maka harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 perOrang.

foto by fatahilaharis.wordpress.com

Dan untuk parkir kendaraan beroda dua dikenai biaya tambahan lagi sebesar Rp 2.000 perkendaraan. Mengapa dikenai biaya parkir, sebab kendaraan yang berada di area parkir selalu djaga oleh petugas parkir dengan aman.

Apabila ingin melakukan foto preweding di lokasi ini anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 150.000 rupiah.

Rute Perjalanan Menuju Obyek Wisata Sentral

Apabila ingin mengunjungi Curug Sentral anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik beroda dua maupun empat.

Jika berpusat di daerah bogor maka anda harus menuju ke Parungkuda setelah itu menuju jalur Bojonggenteng kemudian kearah Kalapanunggal.

foto by teluklove.com

Dan ketika sudah tiba terminal Angkot Kabandungan, anda hanya perlu tanya saja kepada warga sekitar, karena posisi wisata tersebut berada dekat dengan Chevron.

Ada juga yang dari arah bogor melalui jalur yang sama namun tidak berhenti di Parungkuda melainkan tetap lanjut hingga sampai Cibadak.

Setelah sampai Cibadak anda meuju arah ke Cikidang dan apabila telah sampai di Wisata Buru maka anda harus munuju Kalapanunggal maka setelah itu anda akan sampai di Kabandungan

Apabila anda dari arah Sukabumi maka anda harus berhenti di Cibadak lalu mengambil jalur kearah Cikidang setelah itu maka anda akan sampai di Wisata Buru.

Setelah sampai Wisata Buru anda lanjutkan jalan menuju Kalapanunggal lalu ikuti saja jalur kearah Kabandung, maka anda akan sampai.

Dan jika dari arah Palabuhan Ratu anda hanya Cukup meunju Cikidang lalu ke arah Kalapanunggal, kemudian Kabandungn maka tidak jauh dari tempat tersebuat maka anda akan tiba di Curug Sentral 1.

BacaJuga:  35 Tempat Wisata di Cianjur Selatan Dekat Stasiun : Cipanas, Pantai Arfa, Jayanti, Kota Bunga, Curug Citambur DLL

Dan bila anda ingin mengunjungi Curug Sentral 2, anda tak perlu khawatir untuk rutenya. Karena tempat yang anda tuju berada di atas Curug Sentral 1.

Anda hanya perlu berjalan kaki menaiki sebuah tangga tanah dengan pegangan bambu yang memang sudah tersedia untuk akses ke Curug berikutnya.

Tetapi saat berjalan menaiki tangga pengunjung juga harus berhati-hati, karena tangganya cukup curam. Apabila saat musim hujan pun tangga akan licin.

foto by instagram.com/jay_sebastian93/

Tips dan Saran yang Harus Diperhatikan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum berangkat, anda jangan lupa untuk membawa perlengkapan kebersihan dan kesehatan. Dan diusahakan untuk membawa kotak P3K agar bila terjadi sesuatu saat bermain anda tak perlu repot mencari pengobatan.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Dan anda saat bermain di curug diingatkan untuk selalu berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *