10 Foto Curug Silawe Kaliangkrik Magelang + Alamat Arah Lokasi Rute Dari Wonosobo Pekalongan Semarang Temanggung

Posted on

Lokasi: Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang, Jawa Tengah, 56163
Map: KlikDisini
HTM: Rp 6000
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: 085741969796

foto by eksapedia.com

Magelang selain terkenal sebagai negeri candi, juga memiliki banyak lokasi wisata menyenangkan serta menyejukkan. Seperti lokasi wisata air terjun. Di Magelang, terdapat lokasi wisata air terjun bernama Curug Silawe. Tempatnya benar-benar masih alami, asri dan sejuk. Belum banyak pengunjung mengetahui tempat menyegarkan ini.

Walaupun memiliki pemandangan alam mempesona siapapun, curug silawe masih belum menjadi tujuan favorit para wisatawan. Tempat ini masih kalah terkenal dengan objek wisata ketep pass dan sesama lokasi wisata air terjun, kedung kayang. Keduanya masih berada dalam wilayah Magelang, tepatnya daerah Sawangan.

foto by magelangonline.com

Alasannya adalah untuk menempuh rute perjalanan sampai pada kedua lokasi tersebut sangat mudah. Selain itu juga, kondisi tempatnya sudah tertata rapih dan sangat memungkinkan dijadikan tujuan wisata ramah keluarga.

Meskipun ketep pass dan air terjun kedung kayang letaknya saling berdekatan dengan curug silawe, pengunjung masih jarang menuju tempat wisata paling alami dan asli di sekitar lokasi tersebut.

Curug Silawe sendiri berada di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang. Tepatnya dari arah Barat alun-alun Magelang sekitar 20 kilometer. Desa Sutopati ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo.

Bila menempuh perjalanan dengan rute searah Candi Borobudur, kemudian jalan terus hingga melewati jalan penghubung antara Salam dan Purworejo. Dari jalan tersebut masih terus hingga persimpangan, selanjutnya pilih jalur menuju Kecamatan Kajoran.

Setelah sampai di daerah Kajoran, perjalanan masih dilanjutkan dengan meyusuri jalanan berbatu dan kecil, serta menanjak hingga gerbang masuknya.

Bisa dibayangkan, betapa sulitnya untuk pergi menuju tempat wisata dengan pesona alam begitu indah. Menurut beberapa traveller yang sudah pernah ke curug silawe, ada rute perjalanan lebih mudah ditempuh, yaitu lewat daerah Kaliangkrik.

foto by sigit.web.id

Untuk melakukan perjalanan dengan jalur dari pusat kota Magelang lewat Jalan Bandongan-Kaliangkrik. Dari sini jalan terus, ikuti petunjuk yang tertera di peta jalan hingga terdapat papan penunjuk arah menuju Curug Silawe berada di kanan jalan.

BacaJuga:  10 Gambar Bukit Cinta Bayat Gunung Gajah Klaten + Rute Jalan Menuju Lokasi

Namun, dari sini pun nantinya tetap akan melalui jalan pedesaan dengan jarak tempuh sekitar tujuh kilometer sampai lokasi curug.

Sedangkan dari gerbang masuk hingga ke air terjun, harus metempuh sejauh 200 meter.

Jalur menuju curug dapat dilewati kendaraan mobil maupun motor, namun disarankan sebaiknya mengendarai motor saja untuk mencapai curug silawe. Lebih nyaman dan lebih mudah untuk melewati jalur sepanjang perjalanan.

Untuk htm atau harga tiket masuk area curug, setiap orang dikenakan biaya sebesara enam ribu rupiah saja. Nanti, penjaga akan memberikan lembaran tiket masuk/tiket parkir, ini harus disimpan karena saat pulang akan diminta kembali.

foto by bagusgowes.wordpress.com

Perlu diingat untuk pengunjung yang datang ke curug silawe, sebaiknya berhati-hati dan selalu menjaga diri saat berkata maupun bersikap. Dengan lokasi curug berada di pedesaan membuatnya menjadi misterius, beberapa mitos beredar di kalangan warga lokal.

Meskipun Anda tidak mempercayainya, namun tetap menjaga sikap selama berada di tempat orang lain, dan hormati warga lokal, serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Perjalanan Tak Terlupakan

Setiap liburan ke manapun tujuannya, pastinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Baik atau buruk pengalaman tersebut akan menjadi pengalaman berharga. Mengabadikannya dengan gambar atau foto akan selalu mengingatkan kejadian saat itu.

Bahkan setiap tempat, terutama objek wisata alam atau objek wisata purbakala seperti candi atau bangunan tua, selalu menyimpan cerita sejarah, asal usul dari tempat tersebut.

Namun, terkadang cerita di balik dari sebuah tempat tidak saling berkaitan.

Misalnya saja, asal muasal dari sebuah nama tempat wisata yang tak ada kaitannya dengan objek wisata di dalamnya. Sebagai contoh nama curug silawe, curug berarti air terjun dan silawe berasal dari kata lawe berarti laba-laba.

Namun, maksud dari nama curug silawe sendiri ini tampaknya tidak berkaitan dengan objek wisata air terjun yang memiliki pemandangan alam indah serta asri dan masih alami.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Jenggala Purwokerto, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Curug Silawe berada di selatan lereng gunung Sumbing, masih dalam area dataran gunung dieng. Berada pada ketinggian sekitar 5000 meter di atas permukaan laut.

Inilah sebabnya udara di sekitar curug sangat sejuk, begitu pula dengan air terjun yang dipancarkannya. Ketinggian dari air terjun sendiri sekitar 60 meter dan ada sebuah kolam alami yang terbentuk untuk menampung derasnya debit air terjun silawe ini.

foto by direktori-wisata.com

Selain curug silawe, ada air terjun lainnya di area ini, yaitu curug Sigong. Bentuknya sama saja dengan curug silawe, dinding air terjun dihiasi dengan pohon-pohon mini, namun ukurannya lebih kecil.

Walaupun demikian, menghabiskan waktu di area curug ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Tempatnya sangat alami, menenangkan, masih belum sangat terjamah oleh kunjungan wisatawan.

foto by eksapedia.com

Supaya bisa langsung ke curug, sebenarnya telah terdapat anak-anak tangga untuk memudahkan pengunjung untuk segera sampai ke lokasi. Meskipun sangat sederhana, tempat ini benar-benar menakjubkan, bila diabadikan dalam sebuah foto, setiap anglenya memberikan hasil yang indah.

Di sebelah kiri dari tangga, ada jalan setapak, ikuti jalannya, Anda akan menemukan sebuah jembatan kecil yang berada di depan curug. Bila Anda selfie di sini akan terlihat sangat menawan.

Layaknya lokasi air terjun pada umumnya, di sini juga banyak batu kali, mulai dari yang terbesar hingga terkecil. Anda bisa berjalan-jalan di atas kolam air terjun dengan menapaki batu-batuan yang berada di atasnya.

Berselfie dengan duduk d atas batu dan latar belakang air terjun yang deras, pastinya sangat seru sekali. Bila ingin menjelajah di sekitar curug, Anda dapat ikuti jalan setapak yang ada di area curug ini. Hati-hati saat berjalan, karena masih berupa tanah liat dan licin saat basah.

foto by curugsilawe.com

Wisata Air Terjun

Beberapa daerah di Jawa Tengah masih terkenal sangat alami dan asri serta menyejukkan. Tak hanya itu saja, tempatnya sangat menenangkan dan warga lokal yang begitu ramah.

Memiliki beberapa lokasi wisata alam yang masih alami, serta jauh dari hiruk pikuk kota. Tujuan yang sempurna untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari dan menenangkan pikiran.

BacaJuga:  10 Gambar Tiara Park Waterboom Jepara, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Keindahan di Sekitar Area + Misteri Mitos

Di area Jawa Tengah, kawasan wisata alam yang terkenal adalah daerah Magelang, yang mana berbatasan langsung dengan kabupaten Temanggung di utara, kabupaten Kendal di Selatan, kabupaten Semarang di timur dan kabupaten Wonosobo di Barat, dan dekat dengan kecamatan Reban, daerah Batang.

Bahkan keempat kabupaten tersebut juga memiliki objek wisata alam yang tak kalah menarik dengan di Magelang.

foto by mbatang.com

Di sekitar kabupaten Pekalongan dan Purbalingga, juga terdapat obyek wisata curug. Alamat tepatnya adalah Desa Wangkelang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, yaitu Curug Silawet. Memiliki ketinggian air terjun yang tinggi serta derasnya jatuhnya air memberikan kesegaran tersendiri.

Kabupaten Pekalongan pun tak kalah menarik dengan area Jawa Tengah lainnya, di sini terdapat kawasan wisata alam Kandangserang dengan objek wisata utama Watu Ireng. Sebuah batu yang diklaim terbesar di dunia, luasnya lebih dari dua hektar. Oleh karenanya juga sering digunakan untuk kegiatan pecinta alam seperti berkemah.

foto by foto.jpnn.com

Masih di area Jawa Tengah, kabupaten Purbalingga memiliki kawasan desa wisata Panusupan. Desa wisata ini dibuat di dataran tinggi, sehingga pengunjung seperti berada di atas awan. Beberapa objek wisata yang ada di sini seperti Taman Puncak Srimbar Jaya, Puncak Sendaren, Igir Wringin, dan lainnya.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak
foto by jumanto.com

Itulah beberapa tempat wisata alam yang berada di area Jawa Tengah. Untuk pengunjug yang berada di kawasan Jawa Timur mungkin tidak perlu pergi jauh-jauh, karena di daerah Pacet, Mojokerto juga merupakan kawasan wisata alam yang tak kalah menarik dengan desa wisata Panusupan. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.