10 Gambar Curug Tilu Leuwi Opat Lembang Parongpong Bandung + Tiket Masuk Lokasi

Posted on
Curug tilu leuwi opat kabupaten bandung jawa barat 40559 2017 quotes tempat wisata waktu war wedding wear wudhu wudu wuust worth world english desa cihanjuang rahayu parongpong remake remix rupiah rumah ricardo air terjun tangerang tumblr turner tidur time tokyo youtube university indo indonesia instagram putih puasa piano pizza pokemon go poker lembang lokasi luar list lima like kurma kita korea jalan menuju jesus jersey justin bieber jim jogja jogging jogo harga masuk hero hermes hub husband history hitam hot home hotel girl guide gigi google gold facebook full movie fight foto duke dual dua download sejarah suzuki sub site solo soccer song alamat murah mini ming mobile mobil mod naruto namaz news net nusantara nuzulul quran niarus niarin buka bingo bike bogor video vue voice voucher cimahi cake car cemetery coc trekking review peta sungai goa kawasan outbound wahana permainan purwakarta ciwidey parompong sukasari alam adventure
Curug Tilu Leuwi Opat. Foto: dharmawanitapersatuan.com

Lokasi: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: 10.000 / orang
Buka/Tutup: 06.00 – 18.00
Telepon : +62 812-2224-6821

Berpetualang di alam bebas menjadi salah satu daya tarik untuk mengisi waktu liburan. Tentu saja mengeksplorasi tempat-tempat yang dipenuhi keindahan dan juga kemegahan alam bisa menjadi salah satu cara membuat hidup lebih hidup. Apalagi Indonesia memiliki banyak kawasan wisata alam yang siap memanjakan para wisatawan. Pulau Jawa memiliki kawasan wisata yang siap memberikan pesona tersendiri. Terutama di daerah Jawa Barat.

Kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat menjadi salah satu kawasan wisata alam yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Namanya memang masih terdengar asing di telinga para masyarakat. Akan tetapi pesona Curug ini sudah cukup terkenal di kalangan para backpackers dan juga traveller. Kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini berada di daerah Parompong, yang masih berdekatan dengan Lembang. Curug yang merupakan bahasa lain dari air terjun ini sangat pas bagi para penggemar wisata alam dan juga trekking ringan.

Liburan asyik di Curug Tilu. Foto: wisatabandung.com

Mengenal Curug Tilu Leuwi Opat

Kawasan wisata alam Curug Tilu Leuwi Opat ini menyajikan keindahan air terjun yang sangat mempesona di daerah Lembang. Kawasan wisata ini sendiri memiliki luas yang cukup besar. Sehingga bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan. Di Curug Tilu Leuwi Opat ini sudah tersedia area outbond yang memiliki aneka wahana permainan yang siap memanjakan para pengunjung. Selain itu di sini juga sudah tersedia tempat untuk camping bagi para wisatawan  yang ingin menginap di sekitar air terjun. Keindahan air terjun dan sungai menjadi daya tarik utama dari kawasan wisata ini.

Di bagian depan dari Curug Tilu Leuwi Opat ini terdapat sebuah lembah yang menyajikan aliran sungai jernih di sekitarnya. Di sini para wisatawan bisa melakukan outbond dan juga camping. Ada banyak wahana permainan outbond yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Mulai dari flying fox hingga area trekking yang bisa digunakan dengan puas.

Air terjun di Curug Tilu. Foto: wisatalova.com

Lokasi dari kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini berdekatan dan bersebelahan dengan kawasan wisata Dusun bambu. Para pengunjung bisa naik ke skywalk Lutung Kasarung dan juga mengunjungi area camping. Dari sini bisa terlihat dinding alam yang berbatasan dengan kawasan wisata Dusun Bambu.

Sungai di Curug Tilu. Foto: liputan6.com

Aktifitas di Curug Tilu Leuwi Opat

Di area lembah yang termasuk ke dalam kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini para wisatawan bisa bersantai untuk menikmati eksotisme dari kawasan wisata air terjun ini. Di sini sudah terdapat sungai yang memiliki air jernih dan juga mengalir di sekitar lembah. Biasanya para wisatawan akan berfoto dan mengabadikan keindahan dari area lembah ini. Sedangkan air sungai ini memiliki sumber dari dari Situ Lembang.

Kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini memiliki curug atau air terjun, leuwi yang berarti sungai dan juga Goa serta kawasan hijau yang memiliki luas sekitar 5 hektar. Dan suasana di sekitar kawasan wisata ini sangat asri. Kawasan wisata yang terletak di Ciwangun Parongpong Kabupaten Bandung ini juga berbatasan dengan perkebunan pinus selain dengan kawasan Dusun Bambu. Di sini para wisatawan bisa mendengar suara gemericik air yang mengalir di sekitar leuwi atau sungai yang tentu saja bisa membuat para pengunjung merasa betah.

Eksotisme di Curug Tilu. Foto: wisatajabar.com

Kawasan wisata Curug ini mempunyai 4 curug dan juga 4 sungai yang dilengkapi dengan 2 Goa yaitu Goa Lalay dan Goa Tokek. Sementara Curug Tilu, Curug Aseupan, Curug Citulang dan Curug Cilaki bisa ditemukan di kawasan wisata ini. Sedangkan untuk sungai atau leuwi di kawasan wisata ini adalah Leuwi Geuntong, Leuwi Baeud, Leuwi Bagong dan Leuwi Kacapi.

Aktifitas lain yang bisa membuat para wisatawan merasa betah di sini adalah bermain arum jeram mengitari sungai-sungai yang memiliki aliran yang cukup deras. Tentu saja bisa memacu adrenalin para pengunjung di kawasan wisata alam ini. Selain itu para wisatawan bisa mencoba Rappeling dan juga panjat tebing. Sebuah kegiatan yang tentu saja cukup menyenangkan. Jika berlilbur bersama rombongan, Paint Ball dan rakit bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan. Rasakan serunya bersama teman-teman atau saudara sembari menikmati keindahan alam di sini. Untuk wahana yang menggugah adrenalin, selain flying fox ada Shaking Brigde yang bisa dicoba.

Berpetualang di Curug Tilu. Foto: sky-adventure.com

Kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini kerap dijadikan kegiatan komersial dan juga pendidikan seperti Modeling Desa Wisata Siaga Bencana dan juga Komunitas Relawan Mitigasi Bencana Indonesia. Selain itu juga kerap digunakan untuk Pelatihan Pembentukan Watak Bangsa, Pembelajaran alam dan gunung api purba serta pembelajaran apotek hidup. Di kawasan wisata alam ini masih terdapat tanaman-tanaman liar yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Sungai yang jernih di Curug Tilu. Foto: liputan6.com

Menikmati Trekking Di Curug Tilu

Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan di Curug Tilu Leuwi Opat ini adalah trekking. Para wisatawan bisa  menelusuri jalur menuju ke Curug Tilu dan menikmati pemandangan sekitar. Rute trekkingnya sendiri tidak terlalu berat. Jalur yang datardan hanya sedikit jalur naik turun tentu tidak akan membuat para wisatawan akan mudah lelah. Akan tetapi tetap harus memperhatikan keadaan sekitar dan juga hati-hati. Pasalnya di beberapa area jalur ini akan melewati tebing tinggi yang tidak ada pengamanan sedikitpun. Sehingga para wisatawan harus waspada dan jangan sampai tergelincir. Gunakan sepatu yang ringan dan cocok untuk trekking.

Jalur trekking ini juga akan membawa para wisatawan menyusuri sungai dan juga akan menyeberang jembatan  yang terbuat dari kayu dan juga bambu. Sebuah tantangan yang tentu saja cukup menggugah adrenalin. Sementara jalan yang dilalui adalah jalan berbatu. Oleh sebab itu gunakan sepatu yang pas untuk trekking dan juga pakaian yang pas.

Outbound di Curug Tilu. Foto: petatempatwisata.com

Sementara jalan menuju Curug Tilu sendiri tidak terlalu sulit. Tidak ada jalan bercabang. Para wisatawan hanya mengikuti jalur lurus yang akan menyusuri selokan. Terus mengikuti jalur utama hingga nanti bertemu dengan area camping yang berada di bagian atas. Sedangkan di ujung area camping ini akan terdapat jalan kecil. Terus mengikuti jalur tersebut yang akan bertemu dengan pipa-pipa air di sekitarnya.

Setelah itu para wisatawan akan diajak untuk menyeberangi jembatan irigasi. Di sini para pengunjung bisa beristirahat sejenak sembari bermain air yang sangat jernih. Tentu saja menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Tidak jauh dari sini sekitar 50 m sudah terdapat jembatan irigasi lainnya dan juga jalan setapak. Setelah itu area lembah dari Curug Tilu Leuwi Opat sudah bisa ditemukan. Harap diperhatikan kondisi jalan. Pasalnya ketika musim penghujan tiba, jalan akan cukup licin dan banyak lumut.

Jernihnya air terjun di Curug Tilu. Foto: parisvanjava.web.id

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat

Lokasi dan letak dari Curug Tilu Leuwi Opat ini berada di daerah Ciwangun Parompong yang jaraknya sekitar 2 KM dari Curug Cimahi. Ternyata jalan masuk ke Curug ini dan ke Dusun Bambu berbeda meskipun bersebalahan. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, jika berangkat dari Lembang bisa langsung menuju ke Parompong dan juga ke Curug Cimahi. Dari sini akan melewati Universitas Advent. Setelah melewati jalanan menurun dan juga belok ke kiri yang terdapat jembatan, para wisatawan bisa menuju ke Ciwangun Indah Camp. Papan petunjuk sudah tersedia di sini. Dari sini terus bergerak sekitar 1,5 km. Papan masuk ke Curug Tilu berada di sebelah kiri.

Air terjun di Curug Tilu. Foto: curugtiluleuwiopat.com

Fasilitas di Curug Tilu Leuwi Opat

Di kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini sudah cukup komplit. Dengan perhatian dari pemerintah dan masyarakat sekitar, fasilitas seperti Masjid, tempat parkir yang cukup luas, toilet, warung atau kios jajan, area camping dan juga wahana permainan bisa ditemukan di kawasan wisata ini. Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata ini sekitar 10.000 / orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *