Curug Winong Wonosobo, Air Terjun Tersembunyi yang Menghadirkan Nuansa Hutan dan Pegunungan

Posted on
Curug Winong Wonosobo, Air Terjun Tersembunyi yang Menghadirkan Nuansa Hutan dan Pegunungan
4 (80%) 1 vote

Lokasi: Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56364
Map: KlikDisini
HTM: Rp 1.000,-
Buka/Tutup:
Telepon:

foto by instagram.com/masdain_309/

Curug Winong Wonosobo adalah salah satu objek wisata yang harus kamu datangi saat berada di Wonosobo. Curug atau air terjun ini bisa menjadi tujuan wisata untuk mengisi waktu liburan kamu. Tempatnya yang indah, bisa memberikan kesan tersendiri dalam kegiatan travellingmu.

Meskipun tempatnya indah sekali, tapi masih jarang dikunjungi para wisatawan. Bukannya tidak menarik, tapi banyak yang belum tahu tentangnya. Mungkin karena letak air terjun ini cukup tersembunyi atau tidak dekat dengan jalan raya.

foto by instagram.com/wonosobohitz/

Air terjun winongsari merupakan mutiara alam yang masih terjaga keasriannya hingga saat ini. Walaupun sedikit tersembunyi, tapi aksesnya cukup mudah dilalui. Sebelum merencanakan liburan kesana, sebaiknya ketahui dulu deskripsi tempat wisata ini. Berikut ulasannya!

Daya Tarik Curug Winong

Tak hanya telaga menjer saja yang indah, tapi Curug Winong juga termasuk wisata alam yang patut diperhitungkan kecantikan pemandangannya. Sesuai dengan namanya, curug yang artinya air terjun, sedangkan winong dari nama desanya yakni Winongsari.

foto by instagram.com/wonosobopublika/

Meski berada di dalam hutan, medannya cukup mulus sudah beraspal dan sedikit berkelok. Bagian kanan kiri jalan nampak pemandangan hutan pinus serta area pegunungan. Sungguh menyenangkan sekali saat melakukan perjalanan menuju curug winong.

Karena lokasinya di wilayah hutan, membuat air terjun ini memiliki keindahan alam nan eksotis. Kalau diperhatikan, topografinya berbentuk seperti seluncuran dengan kemiringan kurang dari 70 derajat. Hal itu membuat para pengunjung berupaya untuk memanjat naik ke bagian atas air terjun.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Agrowisata Sondokoro Karanganyar Solo Tasikmadu 2018 + Asal Usul Tempat Wisata
foto by instagram.com/desawisatawinongsari/

Mereka bahkan berlomba dengan pengunjung lain agar bisa sampai pada titik pendakian tertinggi dari air terjun. Selain menawarkan pemandangan hutan hijau, curug ini pun menyajikan kesegaran alam pegunungan khas wonosobo, tentu memanjakan mata.

Tak hanya itu, kamu pun dapat menyaksikan 3 buah batu besar yang indah. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai watu kelir. Disebut watu kelir karena bebatuan tersebut memanjang berbentuk seperti kelir pada pegelaran wayang kulit.

foto by instagram.com/bakhran24/

Bagian kanan kiri batu itu ditumbuhi pepohonan, bagaikan tiang kelir yang dinamakan Wunung. Pohon itu termasuk tanaman langka. Jangan mandi karena aliran air curug winong cukup deras, ada pula beberapa bagian yang dalam.

Lebih baik amati keindahan atau kecantikan alam sekitar saja. Karakter air terjun unik yakni airnya tidak langsung menuju ke bawah, tapi mengalir mengikuti lekukan-lekukan batu sepanjang tebing. Air curug juga digunakan untuk pengairan sawah warga sekitar.

Kegiatan di Curug Winong Dieng Wonosobo

foto by instagram.com/haikukau/

Memang bukan air terjun untuk mandi atau berenang. Namun, curug winong mempunyai pemandangan alam menakjubkan. Kecantikan alam nan asri ini dapat menghibur diri kamu dari kejenuhan lingkungan kota yang ramai dan penuh asap kendaraan.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan disana adalah mengamati alamnya, menghirup udara segar saat berada di depan air terjun. Duduk-duduk santai ditebing depan curug mampu menenangkan pikiran.

foto by instagram.com/elisabethmurni/

Kalau sudah puas memandangi lingkungannya, kamu dapat memacu adrenalin dengan memanjat naik ke atas air terjun. Tapi ingat, selalu waspada dan berhati-hati karena dinding batu licin. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen selama di air terjun.

Fasilitas, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Winong Wonosobo

Untuk menunjang kegiatan pengunjung, air terjun winong belum mempunyai fasilitas lengkap. Tapi, disana sudah tersedia area parkir luas, loket masuk, toilet, warung penjual snack makanan atau minuman. Ongkos parkir hanya Rp 2.000/ motor, area parkir sebelum loket masuk lokasi.

BacaJuga:  15 Penginapan Murah di Daerah Wisata Tegal, Harga Mulai Rp.75.000
foto by instagram.com/astikalarassati/

Objek wisata ini buka setiap hari, alangkah baiknya datang pada pagi sampai siang hari supaya tidak sulit mencari lokasinya. Harga tiket masuk curug winong sangat murah, hanya Rp 1.000/ orang pada hari-hari biasa. Sedangkan pada hari libur menjadi Rp 2.000/ orang.

Letak dan Akses ke Curug Winong

Lokasi air terjun winong di Satu, Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56364. Berjarak ½ km dari gerbang masuk desa Winongsari. Disana sudah ada papan petunjuk yang bertuliskan kawasan curug winong.

foto by instagram.com/juneto_seven/

Dari loket, perlu waktu kurang lebih selama 15 menit dengan jalan kaki, jaraknya sekitar 500 km. 100 meter rute pertama cukup bagus karena sudah dipaving. Selebihnya berupa jalan setapak dan selama menempuh jalan ini kamu dihadapkan panorama sawah yang indah.

Tips Berwisata

Saat berwisata ke air terjun, bawa perlengkapan dan peralatan lengkap. Kalau perlu bawa baju lagi, pilih sepatu atau sandal yang dapat menakhlukkan area licin. Jika pobia pada ketinggian, jangan memanjat. Lebih baik jangan datang di musim hujan karena pastinya sangat licin.

foto by instagram.com/caricagemilang/

Sampai saat ini air terjun winongsari masih dikelola oleh penduduk setempat, sehingga pembangunan wilayahnya belum maksimal. Jadi, wajar saja kalau fasilitasnya belum sebaik objek wisata di kota. Ukir perjalanan indah bersama teman-teman atau orang-orang tercinta.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  Menjelajahi Perhentian Terakhir Kanjeng Sunan Kalijaga Demak Jawa Tengah

One thought on “Curug Winong Wonosobo, Air Terjun Tersembunyi yang Menghadirkan Nuansa Hutan dan Pegunungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.