10 Gambar Danau Beko Margasari Tegal, Rute Menuju Wisata, Lokasi Alamat + Keindahan di Sekitar

Posted on
10 Gambar Danau Beko Margasari Tegal, Rute Menuju Wisata, Lokasi Alamat + Keindahan di Sekitar
Rate this post

Lokasi: Desa Jatilaba, Kecamatan Margasari, Kab. Tegal, Jawa Tengah 52463
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/instabrebes/

Kemunculan sebuah danau, terkadang diliputi beberapa kisah misteri atau mitos. Namun, ada saja danau yang muncul atau terjadi secara alami. Walau sebenarnya memang demikian adanya. Bila dipikir secara logika, tidak mungkin suatu tempat muncul begitu saja.

Sebuah danau pastinya terbentuk secara alami, murni akibat kejadian alam menurut sejarah yang ada. Ada juga asal mula terbentuknya atas kesengajaan, seperti bekas galian tambang yang ditinggalkan dan terisi oleh derasnya air hujan.

foto by instagram.com/ryomantis/

Apapun kisah di seputar danau, tetap saja memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berlibur ke lokasi wisata danau ini. Salah satu objek wisata danau yang berlokasi di kawasan Jawa Tengah adalah Danau Beko Margasari.

Bila Anda berminat untuk berkunjung ke sini, segera pasang alamat lengkapnya pada smartphone dengan menggunakan aplikasi google maps atau peta online lainnya. Terletak di antara desa Karangdawa dan Desa Jatilaba, Kecamatan Margasari, kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

foto by instagram.com/poetrawibowo/

Bila dilihat sekilas, tempatnya gersang dan panas, namun cantiknya kolam danau yang berwarna kehijauan memberikan kesegaran tersendiri. Sekaligus menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Berdasarkan cerita yang beredar dalam masyarakat sekitar, ternyata terbentuknya danau beko memiliki kisah sejara unik dan cukup dibuat bertanya-tanya. Ceritanya pun akan membuat setiap orang penasaran untuk menuju ke tempat ini.

foto by instagram.com/uleenz/

Menurut berita, terjadinya danau ini adalah akibat dari musibah kecelakaan yang memakan korban jiwa. Korbannya adalah seorang penambang yang terjebak dalam air dengan kedalaman delapan meter.

BacaJuga:  10 Foto Indahnya Taman Indonesia Kaya Semarang

Awalnya, akan memasang bahan peledak di tempat galian tersebut, namun nasib nahas dialami penambang tersebut. Tanah yang dipijaknya tiba-tiba runtuh. Akhirnya cerita tersebut beredar, dan menjadi mitos atas asal usul kemunculannya.

foto by instagram.com/ratihanggraeni17/

Warga menyebut bahwa di area Gunung Karang muncul sebuah danau. Anda pasti bertanya-tanya, apakah yang menjadikannya sebuah mitos? Dikabarkan, karena tewasnya penambang kapur tersebut, menyebabkan air muncul ke permukaan dan menjadi danau.

Lokasi danau beko ini juga pernah masuk dalam liputan acara mister tukul dalam sebuah stasiun televisi swasta. Kemunculannya memang cukup menarik perhatian banyak orang.

foto by instagram.com/ade_lutfy/

Walau demikian, kejadian terbentuknya dapat dijelaskan dengan logis. Yaitu, lokasi tersebut memang dahulu sebenarnya bekas galian yang ditinggalkan. Posisinya sangat rendah dari permukaan tanah di sekitarnya, sehingga saat hujan mengguyur, terisilah ‘kolam’ tersebut.

Warga sekitar menyebut danau tersebut danau karang, karena berada dalam area Gunung Karang. Tidak terlepas dari asal muasal lokasi yang merupakan bekas penambangan kapur.

foto by instagram.com/rismaoktaviani263/

Saat matahari sangat terik, di sini sangat kering dan panas, maka bawalah lotion sun screen untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Saat musim hujan, area lokasi menjadi sangat becek dan akan tercium bau belerang dari galian kapur sekitar.

Oase di Tengah Tandusnya Gunung

Adanya sebuah danau di tengah area gunung yang dibuat sebagai lokasi tambang meninggalkan area gersang dan tandus menjadi lebih segar. Seperti oase yang hadir di tengah padang pasir tandus. Lokasinya benar-benar kering, seolah tak ada kehidupan.

foto by instagram.com/ayu.dwi/

Ternyata, tak hanya danau yang muncul di sini. Menurut penuturan warga dan turis yang pernah datang, ada juga sebuah sungai bawah tanah. Banyak juga yang berenang di sini, sambil seru-seruan dengan melompat ke sungai dari atas tebing yang tak terlalu tinggi.

BacaJuga:  8 Homestay Murah di Pekalongan Mulai Dari 40 Ribu Per Malam

Mendengar hal tersebut, pasti semakin membuat Anda tertarik untuk datang ke sini. Manakah yang membuat tertarik? Danau atau sungai bawah tanahnya? Pasti keduanya, karena satu paket berada dalam satu area.

foto by instagram.com/uleenz/

Bisa juga dijadikan spot foto unik nan cantik yang memberikan hasil gambar luar biasa. Tak akan rugi dan menyesal, bila menjadikan tujuan danau beko sebagai salah satu destinasi wisata selama di Tegal.

Rute menuju lokasi dapat dibilang cukup menantang. Melewati jalan yang tidak terlalu mulus dan berbatu. Pastikan Anda dalam kondisi fit supaya dapat melakukan perjalanan ini. Selain jalan yang menantang, cuaca juga berpengaruh. Selamat berpetualang.

foto by instagram.com/wardah18218/
Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.