10 Gambar Danau Blingoh Jepara, Lokasi Alamat, Keindahan di Sekitar Area, Rute Jalan Menuju Wisata + Misteri Mitos

Posted on

Lokasi: Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon:

foto by instagram.com/jeparagayeng/

Sejuta pesona keindahan alam Indonesia telah dikenal hingga penjuru dunia. Sangat tidak baik, bila orang Indonesia sendiri, terutama warga lokal, tidak mengetahui macam-macam objek wisata khas nusantara.

Tempat-tempat wisata yang memiliki keunikan tersendiri, biasanya memang berada di daerah pelosok, dengan akses jalan yang masih sangat terbatas. Maksudnya adalah sulit sekali untuk dilewati oleh kendaraan apapun.

Namun, di balik segala macam kesulitannya untuk mencapai sebuah lokasi wisata yang eksotis, Muncullah tempat elok tersebut. Salah satunya adalah Danau Blingoh.

foto by instagram.com/adam9aluh/

Bila ada yang belum atau tidak mengetahui mengenai danau buatan yang tersembunyi di balik bukit ini, langsung datang ke Desa Blingoh, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara. Ya, danau buatan yang memiliki pemandangan cantik itu berada di daerah Jepara, Jateng.

Lebih tepatnya lagi, terletak di Dukuh Lembah. Untuk desa Blingoh sendiri, lokasinya berada antara Kecamatan Keling dan Donorejo. Berbatasan dengan desa Kelet di sebelah Barat, serta desa Jugo dan desa Ujungwatu di sebelah timur.

Sedangkan di bagian utara, desa blingoh berbatasan dengan desa Banyumanis, Ujungwatu, serta desa wisata, yaitu desa Clering.

foto by instagram.com/azhartonny/

Asal usul dinamakan blingoh, sudah pasti karena letaknya berada di desa Blingoh. Selain daripada itu, ada cerita sejarahnya mengenai terbentuknya danau buatan tersebut.

Ceritanya adalah dahulu tempat eksotis tersebut merupakan sebuah area penambangan batu putih. Saat itu, status penambangannya adalah ilegal, karena sudah tidak ada aktivitas dan akhirnya ditutup serta ditinggalkan.

Cekungan bekas penambangan pada akhirnya terisi air hujan. Khususnya saat musim hujan, sampai terbentuk sebuah kolam yang kita sebut dengan danau berwarna hijau kebiruan, dikelilingi hamparan tebing batu putih menjulang tinggi. Pemandangan menakjubkan.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Ceheng Purwokerto, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Misteri Mitos + Rute Jalan Menuju Wisata
foto by instagram.com/rionaldo.a/

Objek wisata danau blingoh ini tergolong baru. Bila ingin menyaksikan keindahannya, Anda dapat browsing beberapa videonya yang tersebar di youtube.

Beberapa pengunjung memasang foto atau gambar di laman media sosial. Dari situlah, danau blingoh menjadi terkenal, terutama di kalangan pecinta alam.

foto by instagram.com/jeparahariini/

Saat ini, dapat dikatakan, danau blingoh merupakan objek wisata temporal. Maksudnya adalah ramai pada musim tertentu, yaitu musim hujan. Saat musim kemarau, danau ini hanya memiliki sedikit air, bahkan kering.

foto by instagram.com/robertprayogo/

Oleh karenanya, pemerintah setempat berencana mengembangkannya, sehingga tidak bersifat temporal. Caranya adalah dengan memnfaatkan sumber mata air sekitar, supaya dapat mengalir ke danau.

Liburan Seru

foto by jelajahwisataalamindonesia.blogspot.co.id

Anda tertarik untuk berlibur ke tempat cantik ini. Rute perjalanan yang ditempuh menuju desa Blingoh, sangat mudah. Waktu tempuh hanya memakan waktu sekitar satu jam dari kota Jepara. Supaya dapat tiba pada alamat tujuan yang tepat, gunakanlah peta online.

Untuk bisa merasakan pesona danau cantik tersebut, Anda harus melewati jalan yang agak berbatu. Jalan menuju danau masih kurang baik, disarankan berhati-hati saat melewatinya dengan menggunakan kendaraan.

foto by instagram.com/alfimuhammaddd/

Namun, semua itu akan terbayar sempurna setelah melihat langsung keindahan danau blingoh. Tak heran banyak yang ingin menuju ke tempat ini. Bahkan beberapa pengunjung tak segan berenang di danau.

Airnya yang jerninh dan bersih seolah memanggil-manggil untuk berenang mengarunginya. Walaupun demikian, tetap waspada dan tidak melakukan hal macam-macam sehingga menimbulkan musibah, karena di sini telah menelan korban jiwa.

foto by instagram.com/adam9aluh/

Akibat dari kabar berita musibah seperti itu, sebagian masyarakat mengaitkannya dengan kisah-kisah msteri. Dalam bahasa jawa lokal, ‘koyok ketiban sial’, seperti tertimpa sial atau musibah mengenai bekas penambangan tersebut.

Terlepas dari kabar tragedi itu, danau yang berada di desa Blingoh ini tetaplah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Lokasi ini telah menjelma sebagai tujuan wisata di kawasan tanah Jepara.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Karang Bolong Kebumen, Harga Biaya Masuk, Lokasi Alamat, Fasilitas di Sekitar, Hotel Terdekat, Misteri Mitos + Rute Menuju Wisata
foto by cholsproduction.blogspot.co.id

Fasilitas yang disediakan di sekitar danau adalah tempat parkir, tempat untuk beristirahat, serta kamar mandi. Istirahat sejenak sambil makan bekal pribadi, ditemani kesunyian alam sekitar danau, semakin meningkatkan kebahagiaan dalam diri.

Siapkah Anda untuk menyaksikan secara langsung keindahan danau buatan yang terbentuk akibat dari kesengajaan dan akhirnya terisi oleh air hujan. Melengkapi keindahannya dengan tebing batu kapur yang menjulang tinggi. Seperti berada di pulau pribadi.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.