5 Danau di Kalimantan Barat Ini Punya Keunikannya Masing Masing. Yuk Intip!

Diposting pada

Setiap tempat wisata yang kita datangi, pasti mempunyai karakteristik serta keindahan yang berbeda-beda. Bahkan banyak dari kita yang mungkin tidak menyadari akan hal tersebut. Sama halnya dengan tempat wisata danau yang akan kita bahas disini.

Kalimantan merupakan salah satu gugusan kepulauan di Indonesia yang mempunyai banyak kawasan wisata bagus.

Dan perlu dicatat, masih jarang wisatawan berkunjung dan menikmati semua keindahan lokasi wisata disana. Jika kalian punya waktu, sebaiknya jangan lewatkan tempat ini.

1. Danau Sentarum

foto by youtube.com

Alamat: Kapuas Hulu Barat, Provinsi Kalimantan Barat
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Rekomendasi tempat wisata danau pertama di Kalimantan barat adalah danau sentarum. Merupakan salah satu kawasan wisata unik disana. Pasalnya jika pergi kesana pada musim kemarau, kita tidak akan melihat danau sedikitpun. Semua sudah kering.

Namun jika masih masuk musim penghujan, danau sentarum bisa dialiri air setinggi 6 sampai 14 meter. Maka dari itu sentarum disebut dengan danau musiman. Jika beruntung, kita bisa melihat banyak ikan bergeletakkan didanau pada musim kering.

Para warga bisa dengan mudah memanen ikan tersebut untuk dijual adapun sebagian di konsumsi sendiri. Namun ketika masih di aliri air, pemandangannya tak kalah bagus dengan danau lainnya. Masih alami serta natural.

2. Danau Biru Singkawang

foto by lelungan.net

Alamat: Jalan Wonosari, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kalimantan Barat 79112
HTM: Rp5000/orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Merupakan salah satu danau yang terbentuk akibat dari tambang galian emas. Lokasinya cukup tersembunyi, dan belum banyak orang tau. Jadi jika kita merasa tersesat, tanyakan saja pada masyarakat sekitar.

BacaJuga:  5 Kost Harian di Singkawang yang Nyaman dan Harga Terjangkau Mulai Rp.75.000

Walaupun namanya danau biru, namun warna airnya tidak benar-benar biru jika dilihat dengan seksama. Tetapi toska.

Tidak banyak ditumbuhi pepohonan tinggi disekeliling, namun dikelilingi pasir putih yang indah. Perpaduan bagus untuk foto antara biru sekawang dengan pasir putih.

3. Danau Sebedang

foto by ksmtour.com

Alamat: Desa Sibedang, Kec.Sibawi, Kab.Sambas, Kalimantan Barat 79462
No Telp: 0812-8446-0198
HTM: Rp6.000/Orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Lokasi wisata selanjutnya ada sebedang. Kita bisa menikmati panorama indah dari tempat ini. Pasalnya lokasinya masih banyak ditumbuhi pepohonan hijau lagi asri serta masih banyak bukit-bukit yang bisa kalian daki untuk melihat view perfect dari atas.

Berjarak sekitar 157 km dari pusat kota Pontianak atau setara dengan 4 jam perjalanan menggunakan jalur darat. Walaupun lama dan jauh, keindahan yang ditawarkan rasanya akan sebanding dengan rasa lelah akibat perjalanan tersebut.

Jangan lupa siapkan kamera dengan batre full karena bakal banyak spot foto bagus disana.

4. Danau Mupa

foto by mybox85.wordpress.com

Alamat: Ds. Pala Pulau, Dusun Mupa, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat 78714
No Telp: 0813-5173-1771
HTM: Rp7.000/Orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Tempat ini cocok bagi kita yang menyukai tempat sepi. Lokasi wisata ini sudah lama dibangun, namun entah kenapa para wisatawan jarang datang mengunjungi. Entah karena kurang gencar dalam hal promosi, atau memang fasilitas kurang memadai.

Namun dari segi lokasi, tempat ini jaraknya sangat dekat dengan suaka margasatwa Kalimantan barat. Jadi jika kita sudah bosan berada di tempat wisata ini, bisa beralih ke suaka margasatwa dan melihat banyak binatang serta tumbuhan langka disana.

5. Danau Belidak

foto by pontianakpost.co.id

Alamat: Buntar, Kedawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

BacaJuga:  15 Objek Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat dan Sekitarnya Daerah Pantai Singkawang Bersejarah

Belum banyak yang tau mengenai keberadaan danau belidak ini. Namun keindahannya tidak kalah dari lokasi wisata lainnya. Jika kalian penasaran bisa langsung datang saja ke alamat yang sudah tertera diatas.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.