5 Danau Dengan Pesona Keindahan Yang Masih Tersembunyi di Kalimantan Selatan

Diposting pada

Kalimantan mungkin adalah salah satu pulau di Indonesia yang masih jarang penduduknya. Namun taukah anda bahwa di Kalimantan justru mempunyai potensi wisata alam lebih banyak dibanding di pulau jawa ?

Yap! Mulai dari kawasan hutan lindungnya yang masih alami, pesona sederetan pantainya sampai keindahan beberapa danau yang dijamin membuat anda betah berlama-lama disana.

Hampir semua suasana yang ditawarkan masih alami, natural karena memang masih jarang terjamah oleh wisatawan.

Nah kali ini, penulis akan memberikan 5 daftar rekomendasi obyek wisata danau yang wajib anda kunjungi ketika berkunjung ke Kalimantan bagian selatan. Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

1. Danau Seran

foto by banjarmasin.tribunnews.com

Alamat: Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan
HTM: Rp5000/Orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Konon katanya danau ini dulunya adalah bekas eksplorasi tambang yang sudah terbengkelai.

Jika saat ini anda kesana, mungkin tanda-tandanya sudah tidak ada. Jejak yang paling jelas yaitu hanya memperlihatkan kubangan danau besar yang kini sangat elok untuk dipandang.

Yap! Bisa dikatakan, bekas pertambangan tersebut kini sudah menjelma menjadi danau cantik yang selalu di incar wisatawan terutama dari luar Kalimantan.

Airnya yang jernih berwarna hijau, terkadang berubah warna menjadi biru mengikuti perubahan cuaca. Kemudian dibangun sarana air mancur sebagai fasilitas, serta banyaknya spot bagus di danau seran membuat anda semakin betah berlama-lama disana.

2. Danau Cermin

foto by hobiholiday.com

Alamat: Gantung Manggis, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70721
HTM: Free
Jam Buka: 06.00-18.00
No Telp: 0812-8455-5030
Map: Klik Disini

Memiliki luas sekitar 20 ha dengan kedalaman 20 sampai 25 meter.

Sejarah terbentuknya nama danau cermin atau ada beberapa menyebut danau ceramin, karena jika dilihat dari jauh, danau ini seperti membentuk cermin raksasa besar. Maka dari itu, tempat tersebut dinamakan danau cermin sampai sekarang.

Selain itu, warna airnya juga biru cerah. Sangat kontras dengan warna hijau pepohonan disekitarnya. Pemandangan indah tersebut sering kali dijadikan baground foto oleh para wisatawan yang datang.

Untuk menikmati suasana tenang dengan indahnya pemandangan yang masih natural dan alami tersebut, anda bisa memakai beberapa fasilitas disana. Seperti berkeliling danau menggunakan perahu karet, atau makan di warung-warung kecil di pinggiran.

3. Danau Galuh Cempaka

foto by kaltraveler.blogspot.com

Alamat: Palem, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70732
HTM: Rp20.000/Orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Sejarahnya tempat ini merupakan bekas galian tambang intan milik PT Galuh Cempaka.

Pesona keindahan yang dimiliki obyek wisata tersebut juga bisa dibilang masih alami. Masih jarang dikunjungi wisatawan. Salah satu pemandangan yang paling di incar adalah pada saat sunset.

Tempat ini terbuka untuk umum, jadi siapapun boleh datang dan mengabadikan moment-moment indah di obyek wisata galuh cempaka ini.

Tiket masuknya hanya Rp5000/motor. Tiket tersebut termasuk biaya parkir.

4. Danau Biru Gambut

foto by banjarmasin.tribunnews.com

Alamat: Desa Tambak Padi, Beruntung Baru, Gambut, Gianyar, Kalimantan Selatan 70655
HTM: Rp10.000/Orang
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Berjarak sekitar 100 km jika berangkat dari Banjarmasin.

Obyek wisata satu ini memang namanya sedang naik dan banyak diperbincangkan di social media. Salah satunya karena pemandangan yang disuguhkan. Airnya berwarna biru, sangat serasi dengan tebing hijau disekelilingnya.

Udaranya masih sejuk alami, suasanannya tenang, jauh dari kebisingan kota, cocok sekali untuk merefresh pikiran setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas pekerjaan.

Uniknya warna air tidak biru seutuhnya. Melainkan terbagi menjadi dua warna. Yaitu biru tua di bagian tengahnya, menandakan daerah tersebut dalam, dan biru muda dibagian pinggirnya, karena ukurannya tidak terlalu dalam.

5. Waduk Riam Kanan

foto by banjarmasin.tribunnews.com

Alamat: Desa Aranio, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Memiliki luas sekitar 9.730 ha. Waduk buatan ini dibangun untuk PLTA satu-satunya di wilayah Banjarmasin.

Namun saat ini riamkanan juga menjadi cagar alam sekaligus obyek wisata, yang keindahannya bisa dinikmati khalayak umum.

Fasilitas juga sudah dibangun lengkap, mulai dari area parkir, akses jalan bagus, penginapan, kamar mandi dsb.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.