5 Rekomendasi Danau Yang Menyuguhkan Pemandangan Indah di Dekat Manado

Diposting pada
Rate this post

Bagi anda yang dalam waktu dekat ini merencanakan liburan ke Sulawesi utara, tidak ada salahnya berkunjung ke beberapa tempat wisata terkenal serta kulineran berbagai macam makanan khas manado.

Tapi sudah tidak heran lagi jika yang dibahas adalah taman laut bunaken, pantai malalayang. Sepertinya kawasan wisata tersebut sudah banyak diketahui wisatawan.

Nah sebagai referensi lain, anda bisa datang ke 5 danau dibawah ini. Selain ketenangan yang anda dapatkan, suasana asri serta sejuk bakal bikin anda dijamin betah berlama-lama di tempat ini.

Simak informasi lengkapnya dibawah ini.

1. Danau Tondano

foto by dolandolen.com

Alamat: Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara
HTM: Free
Jam Buka: 09.00-17.00
Map: Klik Disini

Merupakan danau terbesar di Sulawesi utara. Menjadi sumber kehidupan bagi desa-desa di sekitarnya. Mengaliri sawah-sawah penduduk di sekitarnya juga.

Selain itu dari tondano inilah ikan air tawar dihasilkan paling banyak. Bisa terlihat dari banyaknya jumlah keramba yang ada disana.

Asal muasal terjadinya tondano ini hampir sama dengan terbentuknya danau toba. Sama-sama disebabkan karena aktivitas gunung vulkanik.

Keberadaan tondano ini dijadikan sebagai tempat wisata karena pemerintah setempat melihat adanya potensi alam yang sangat bagus jika dijadikan obyek wisata di Sulawesi utara ini.

Kesan pertama ketika anda mengunjungi tondano ini adalah, bersih, asri, alami dan tenang. Yap! Duduk menghadap tondano akan menyalurkan ketenangan, sembari disambut angina sejuk sepoy-sepoy. Dijamin anda akan betah menghabiskan waktu lama ditempat ini.

Anda juga bisa berkeliling tondano menggunakan perahu yang harus anda sewa.

2. Danau Linow

foto by alampriangan.com

Alamat: Desa Lahendong, Tomohon, Sulawesi Utara
HTM: Rp2500/Orang
Jam Buka: 08.00-18.00
Map: Klik Disini

BacaJuga:  10 Gambar Modoinding Manado, Lokasi Alamat + Penginapan Hotel di Sekitar Wisata

Selanjutnya ada danau linow. Lokasinya masih disekitaran manado saja. Obyek wisata ini mempunyai luas keseluruha 34 ha.

Kalian akan disambut dengan pemandangan unik begitu sampai di linow. Yaitu airnya berwarna hijau. Warna hijau tersebut disebabkan karena adanya campuran dari tumpukan belerang.

Bahkan warna hijau tersebut kerap berubah-ubah menjadi merah dan juga biru gelap. Hal tersebut dikarenakan perubahan dari komposisi kimiawi danau serta belerang tersebut.

Maka tak heran, ada beberapa wisatawan yang malah justru akrab memanggil dengan danau 3 warna.

Kawasan obyek wisata ini cenderung natural, dan masih sangat asri. Menyalurkan suasana ketenangan juga, jadi cocok sekali untuk merefresh pikiran anda yang sudah dipusingkan dengan pekerjaan.

3. Danau Tampusu

foto by tribunnews.com

Alamat: Desa Pangolombian, Tomohon Selatan, Tomohon, Sulawesi Utara
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Tempatnya masih sepi, jarang orang mau ke danau tampusu ini karena akses untuk menuju ke danaunya lumayan jauh, dan jalanannya cukup terjal. Tidak bisa dilalui dengan kendaraan, jadi memang harus jalan kaki.

Perjalanan kurang lebih sekitar 45 menit dengan berjalan kaki, dan ada beberapa akses yang tingkat kemiringannya kurang dari 450, sehingga harus ekstra hati-hati ya.

Namun setelah sampai di lokasi tampusunya, dijamin rasa lelah tersebut terbayarkan. Suasana sejuk, ditambah hutan alami masih mengelilinya danaunya, menjadikan anda merasakan lebih dekat dengan kedamaian.

4. Danau Moat

foto by gocelebes.com

Alamat: Desa Modayag, Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara
HTM: Free
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Lokasinya agak lumayan jauh dari manado. Jaraknya sekitar 4-5 jam jika anda berangkat dari kota manado.

Moat ini mempunyai luas sekitar 617 ha, dengan ketinggian 1.100 mdpl. Asal usul nama moat berasal dari bahasa mongondow yaitu Mo’oat yang berarti tanah yang timbul ditengah air.

BacaJuga:  Eloknya Destinasi Patung Yesus, Wisata di Tanah Sulawesi

Moat ini terbentuk dari bekas kawah gunung purba pada zaman dahulu. Lingkungan masih sangat alami, jarang terjamah wisatawan, dan di danau tersebut masih banyak hidup ikan jenis sidat.

5. Danau Saper

foto by manado.tribunnews.com

Alamat: Lambean, Minahasa Utara, Sulawesi Utara
HTM: Rp120.000 (Include Sewa Perahu)
Jam Buka: 06.00-20.000
Map: Klik Disini

Terakhir ada saper. Kesan yang ditimbulkan dari danau ini adalah romantis namun juga mistis.

Letaknya ada di tenga hutan rimba, tanpa pernah ada yang tau, dari mana asal mata airnya. Bahkan tidak seperti danau lainnya, air di saper ini tidak mengalir keluar. Unik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.