Intip 10 Danau di Sulawesi Selatan Ini Bak Seperti Surga Tersembunyi, Cantik!

Diposting pada

Jika bertanya soal daftar panjang perjalanan wisatamu di Nusantara, sudahkah kamu menjelajah danau di Sulawesi Selatan? Kecantikan surgawi yang ada di pedalaman Sulawesi Selatan ini sayang sekali jika harus absen dari perjalanan wisatamu.

Mungkin banyak orang yang belum tau, bahwa di Sulawesi banyak sekali taman surga. Berliburan ke tempat yang sejuk dan tenang bisa membuatmu lebih refresh. Effort untuk menuju tempatnya pun biasanya membutuhkan sedikit tantangan.

Kamu bisa menemui taman surga di Sulawesi Selatan berupa danau cantik melalui informasi yang akan kami berikan berikut ini. Semakin banyak tempat yang dijelajah, bertambah pula pengalamanmu mendalami warisan kekayaan alam Indonesia kita ini.

1. Danau Matano

foto by jambi.tribunnews.com

Alamat: Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan
HTM: Rp 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Rekomendasi pertama dari kami adalah Danau Matano yang ada di ujung timur Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur. Danau Matano ini memiliki kedalaman yang cukup yaitu mencapai 590 meter.

Bahkan Danau Matano ini merupakan danau terdalam kedelapan di dunia dan paling dalam se-Asia Tenggara. Selain itu ada beberapa spot menarik disini yaitu seperti Pantai Kupu-kupu, Pantai Ide, dan Pantai Sentosa.

2. Danau Mahalona

foto by foto.tempo.co

Alamat: Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan
HTM: Rp 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

BacaJuga:  10 Gambar Pelabuhan Paotere Makassar, Lokasi Alamat, Pelelangan Ikan + Akses Jalan Menuju ke Sana

Masih berada di Kabupaten yang sama, Danau Mahalona juga memiliki keindahan yang cukup bikin orang-orang penasaran. Fauna-fauna seperti ikan, udang, kepiting, dan kerang ikut serta menambah keindahan pemandangan alam disini.

Karena lokasinya yang berada di pelosok pedesaan, kamu pun harus membawa atau menyewa kendaraan pribadi di Kota.

3. Danau Towuti

foto by mongabay.co.id

Alamat: Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan
HTM: Rp 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Masih berada di wilayah yang sama, jarak Danau Towuti ini tak jauh dari Danau Matano. Kecantikan Danau Towuti ini terlihat lebih jelas dengan adanya pulau-pulau disekelilingnya.

Beberapa diantaranya adalah Pulau Bolong, Pulau Kembar, dan Pulau Loeha. Kecantikan yang masih terlihat alami dan asri ini benar-benar memanjakan mata. Kamu bisa sewa speedboat untuk sekedar keliling menyusuri Danau Towuti ini.

4. Danau Tanralili

foto by travelingyuk.com

Alamat: Manimbahoi, Parigi, Manimbahoi, Gowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92174
HTM: Rp 6.000,-
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Taman surga selanjutnya ada di lereng Gunung Bawakaraeng, Kabupate Gowa. Banyak yang beranggapan bahwa Danau Tanrilili ini adalah jelmaannya Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Untuk bisa menjangkau surga tersembunyi ini kamu harus mengawali perjalananmu dari Desa Lengkese terlebih dahulu selama tiga jam. Niatkan dirimu untuk bermalam di tepi Danau Tanralili, seru lho.

5. Danau Tempe

foto by tribunnews.com

Alamat: Assorajang, Tana Sitolo, Wajo, Sulawesi Selatan 90951
HTM: Gratis
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Di dengar dari namanya saja terlihat sangat unik dan bikin penasaran ya. Danau Tempe ini terletak di Kabupaten Wajo. Danau ini merupakan satu-satunya tempat di wilayah ini yang masih sering digunakan untuk melakukan aktivitas tradisi, seperti Maccera Tappareng.

BacaJuga:  10 Gambar Air Terjun Takapala Makassar, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Nomer Telpon + Akses Jalan Menuju Wisata

Tak hanya rutinitas tradisi aja lho, namun Danau Tempe ini juga kerap di gunakan untuk perlombaan air oleh warga sekitar. Apalagi kalau 17 Agustusan danau ini rame banget deh pokoknya.

6. Telaga Biru

foto by tekape.co

Alamat: Mawang, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92118
HTM: Gratis
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Di Kecamatan Somba Opu ternyata ada objek wisata menarik gratisan yang bisa kamu kunjungi nih guys, namanya Telaga Biru. Tempat ini cocok banget buat nyantai disaat sore hari.

Di tepi danau terdapat seperti ladang rerumputan yang bisa juga dijadikan sebagai tempat berfoto ala-ala. Jika berminat, kamu bisa memancing ikan juga disini.

7. Telaga Ana Gowa

foto by puangrate.blogspot.com

Alamat: Jl. Borong Bulo, Bontoala, Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92116
HTM: Rp 8.000,-
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Telaga Ana Gowa ini sejatinya adalah sebuah Danau Pemancingan. Namun, warga sekitar banyak yang memanfaatkannya sebagai objek wisata dengan memberik perahu bebek guna disewa para pengunjung untuk mengelilingi danau.

Disini juga terdapat beberapa tempat makan yang tersedia disini. Jadi, setelah memancing, kamu bisa langsung makan ikan hasil pancinganmu itu.

8. Danau Toakala

foto by simomot.com

Alamat: Komplek Taman Wisata Bantimurung, Kalabbirang, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90561
HTM: Rp 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Indonesia ternyata lagi-lagi memiliki banyak danau biru, salah satunya ya Danau Toakala ini. Danau ini berada di Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan.

Jarak Danau Toakala ini tidak jauh dari Air Terjun Bantimurung, sekitar 800 meter saja. Namun sayangnya Danau cantik ini tidak bisa untuk berenang. Karena pusaran air dari Danau Toakala ini cukup deras.

BacaJuga:  10 Paket Wisata Makassar Murah Mulai Rp.400.000, Cocok Untuk Liburan Keluarga

9. Danau Mawang

foto by ksmtour.com

Alamat: Mawang, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
HTM: Gratis
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Berikutnya ada Danau Mawang yang lokasinya ada di Kabupaten Gowa atau lebih tepatnya di Kecamatan Somba Opu. Objek wisata cuma-cuma ini bisa kamu nikmati kapanpun. Karena tempat ini buka 24 jam.

Nama Danau Mawang ini diambil dari perkisahan legenda cerita perkelahian antara dua kerbau. Para pengunjung disini bisa memancing hingga memakan aneka hidangan ikan tawar. Lumayan kan bisa mancing sambil berburu kuliner.

10. Danau Sidenreng

foto by wikipedia.org

Alamat: Sulawesi Selatan
HTM: Gratis
Jam Buka: 24 Jam
Map: Klik Disini

Objek wisata Danau Sidenreng ini juga bisa dicoba untuk mengisi waktu akhir pekanmu. Menikmati udara sejuk sore hari di tepian Danau Sidenreng ini bisa membuatmu lebih relax.

Jika beruntung, kamu bisa menjumpai burung-burung air tawar yang terbang bersamaan dan terlihat sangat cantik. Sehingga sangat merugi orang-orang yang tidak sempat sisi indah dari Sulawesi Selatan ini.

Setelah mengetahui macam-macam danau yang ada di Sulawesi Selatan ini, apakah kamu semakin tertarik untuk mengulik lebih dalam dari taman surga diatas? Buktikan bahwa kamu adalah traveler sejati yang berambisius untuk mengeksplor sisi cantik dari wilayah pedalaman di Nusantara kita ini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.