10 Gambar Danau Kembar Solok, Villa, Sejarah Legenda, Rute Jalan Menuju Wisata + Misteri Mitos

Posted on
Danau kembar solok alahan panjang bali villa sumbar padang sumatera barat legenda sejarah foto wisata di cikembar sukabumi festival rute danau lokasi letak peta gambar misteri mitos tamblingan kaur bengkulu bedugul buyan selatan puting beliung hijau cerita cottage kabupaten kroasia daerah sumatra swara radio fenomena ikan kab kisah kejadian lagu muaro jambi panorama peristiwa resort tornado tulungagung tragedi tulisan video wikipedia jalan
Danau Kembar ini berlokasi di Kabupaten Solok yang memiliki pemandangan sangat indah layaknya di Danau Toba di Nusa Tenggara (foto: auliapratama7.wordpress.com)

Lokasi: Bungo Tanjung, Kecamatan Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat
Koordinat: 
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon: –

Berlibur ke Sumatera Barat tentu tak luput dari alamnya yang begitu indah. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam tempat wisata seperti danau. Di Pulau Sumatra khususnya Sumbar adalah daerah di Indonesia yang dianugerahi dengan danau yang indah.

Danau ini memiliki pemandangan langit yang sangat indah. Serta ditambah dengan air danau yang begitu jernih dan bersih (foto: travel.dream.co.id)

Salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu Danau Kembar. Tempat wisata ini memang tidak seterkenal dengan Singkarak tetapi tentu saja tak kalah indahnya. Destinasi ini tepatnya berada di Alahan Panjang.

Keindahan dan Potensi yang ada di Danau Kembar

Di sekitar Danau Kembar ini terdapat rumah warga yang masih menggunakan adat Rumah Gadang. (foto: travelingyuk.com)

Menurut Wikipedia salah satu website resmi di Indonesia, Danau Kembar merupakan sebuah daerahyaitu Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Daerah ini adalah hasil pemekaran Kecamatan Lembang Jaya yang di dalamnya terdiri dari nagari Kampuang Batu Dalam serta Simpang Tanjuang nan IV.

Terdapat beberapa gazebo yang digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat. Gazebo ini juga memiliki bentuk bangunan layaknya rumah Gadang (foto: youtube.com)

Danau kembar ini memiliki cerita legenda dan sejarah. Singkat cerita menurut masyarakat setempat dulu di tempat ini terdapat seorang anak laki-laki yang bekerja mencari kayu untuk menghidupi keluarganya.

Laki-laki tersebut memiliki nama Niniak Gadang Bahan.suatu hari laki-laki tersebut pergi ke hutan mencari kayu dan bertemu dengan seekor ularbesar seperti naga. Niniak Gadang tak takut kemudian memotong leher ular tersebut.

Sesampainya di dasar Danau terdapat sebuah spot foto yang memiliki latar belakang sangat bagus. Spot ini menyerupai sebuah dermaga saat perahu nelayan akan berhenti (foto: vebma.com)

Saat ia kembali pulang setelah mencari kayu ia melihat uar tersebut masih bergerak. Tak lama badan ular tersebut membentuk angka delapan menyerupai danau ini. Darah dari leher ular tersebut masih mengalir hingga membetuk danau ini.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Carocok Painan Padang Sumbar, Lokasi Objek Wisata Pesisir Selatan

Kisah dan fenomena ini masih terngiang hingga saat ini oelh masyarakat setempat. Namun, cerita tersebut tidak membuat para pengunjung teris berdatangan. Kadang di sini juga dilakukan kegiatan festival danau.

Sebetulnya, destinasi wisata danau tak hanya ada di Sumatera Barat tetapi ada juga seperti Jambi, Tulungagung, Cikembar, Sukabumi, Bengkulu, Bedugul dan daerah lainnya.

Di atas danau ini terdapat sebuah bukit dengan pemandangan indah. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat seluruh bentuk Danau Kembar. Selain itu terdapat sebuah papan nama dengan bertuliskan Danau Kembar. Banyak sekali wisatawan mengambil foto di sini (foto: harianhaluan.com)

Selain itu di dekat Danau Kembar ini juga banyak sekali penginapan yang disediakan untuk pengunjung jika ingin menginap. Ada villa, hotel, cottage dan masih banyak yang lainnya. Jangan lupa untuk membawa kamera saat datang ke sini untuk mengambil gambar dan foto ya.

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Danau Kembar

Kamu juga bisa melihat pemandangan gunung di sekitar danau (foto: mimbar-rakyat.com)

Letak Danau Kembar berada di Kab Solok yang tepatnya memiliki jarak 60km dari Kota Padang. Sumbar memang selain kental dengan adat minang yang masih melekat juga tentu tempat wisata alamnya. Jika kamu berangkat dari kota Padang mungkin memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan darat.

Terdapat sebuah penginapan berupa villa diatas bukit dekat Danau Kembar (foto: vebma.com)

Untuk dapat sampai ke sini sangat mudah. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan. Menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Menuju tempat wisata ini memang bisa kamu tempuh dengan kendaraan angkutan umum. Jadi tenang saja ya.

Selain itu bisa kamu menggunakan kendaraan travel, ini tentu akan membuat kamu lebih mudah karena akan langsung diantar menuju lokasi Danau Kembar.

Terdapat sebuah penginapan berupa villa diatas bukit dekat Danau Kembar (foto: vebma.com)

Selama perjalanan menuju tempat tujuan ini kamu akan disuguhui dengan panorama dan pemandangan alan yang begitu bagus. Perkebunan teh dengan tanaman berwarna hijau akan membuat mata kita seolah dimanjakan. Selain itu pegunungan juga akan banyak sekali terlihat selama perjalanan.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi kami sudah membekali kamu dengan titik koordinat ya. Tinggal klik maka akan langsung muncul peta online dan memberikan petunjuk dan rute jalan yang harus dilalui. Hanya saja kamu perlu mengaktifkan GPS dan mendownload Google Maps.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Padang Sejarah, Lokasi + Hotel Homestay di Sekitar Hotel

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Danau Kembar

Udara di sekitar Danau Kembar juga sangat sejuk dan dingin. Itu disebabkan karena disekitar danau terdapat banyak pepohonan hijau yang masih tumbuh dengan lebat (foto: triptrus.com)

Untuk jam buka di tempat wisata ini dibuka selama 24 jam. Jadi kamu bisa datang saja disetiap waktu. Tetapi biasanya banyak pengunjung datang saat pagi dan sore hari. Jika di pagi hari maka kamu akan mendapatkan udara yang segar dan sejuk.

Kalau di sore hari kamu bisa mendapatkan pemandangan senja yang begitu mempesona dan cantik. Jangan lupa membawa kamera karena pemandangan ini cocok sekali untuk mendapatkan gambar dan foto yang sangat bagus.

Sedangkan untuk harga tiket masuk kamu tidak perlu membeli tiket alias gratis. Wah, ini pasti yang paling disukai oleh setiap orang ya. Selain mendapatkan keindahan alam ditambah tidak perlu membayar tiket masuk.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.