10 Gambar Danau Ranu Kumbolo Lumajang, Harga Tiket Masuk + Rute Jalan Menuju Lokasi

Posted on
10 Gambar Danau Ranu Kumbolo Lumajang, Harga Tiket Masuk + Rute Jalan Menuju Lokasi
Rate this post

Lokasi: Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur.
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5000.- (Belum termasuk biaya lainnya)
Buka/Tutup: Buka 24 Jam
Telepon:

foto by instagram.com/rozaqiwa/

Ketika seseorang mendaki gunung semeru. Ranu kumbolo merupakan sebuah tempat terbaik untuk beristirahat sejenak.. Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih bagi para pendaki dengan debit air melipah.

Pesona kealamian alamnya menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh anda lewatkan. Memang, tempat ini cukup sulit untuk didatangi karena untuk sampai ke tempat ini pun seorang wisatawan perlu berjalan kaki hingga berjam jam.

Tetapi memang, semua itu akan terbayarkan apabila seseorang telah sampai dan bisa langsung menikmati keindahan tempat ini.

Wisata Ranu Kumbolo

foto by instagram.com/dekapitrilames/

merupakan objek wisata terkenal di daerah Jawa Timur, tempat ini terkhusus bagi mereka yang menyukai wisata alam yang masih perawan.

Kemenarikan juga sangat dimiliki oleh tempat ini karena lokasinya termasuk ke area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ).

Ada banyak kelebihan lain juga dari tempat ini meskipun tidaklah dijadikan ikon resmi pariwisata Jawa Timur yang biasanya disematkan pada Kota Batu Malang dengan perkebunan apel -nya.

foto by instagram.com/andymp12/

Perlu diketahui juga bahwa danau ranu kumbolo memiliki kelebihan lain yang juga sebenarnya cukup mengagumkan. Tetapi tentu saja, ada juga kekurangannya yaitu lokasinya cenderung lebih susah dicapai. tapi itu merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan.

Ketinggian Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah danau seluas 15 hektar yang berada di ketinggian 2.400 Mdpl dan terletak di kaki Gunung Semeru. Bagi kalangan penggiat alam bebas atau pencinta alam nama Ranu Kumbolo tentu tidaklah asing bagi telinga mereka.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Pulau Gili Labak Madura Sumenep + Paket Biaya Ke Tempat Wisata
foto by instagram.com/mountainsickness_/

Karena Ranu Kumbolo merupakan tempat berkumpulnya para pendaki untuk mendirikan tenda (basecamp) dan sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru ketika hendak ke mahameru.

Keindahan Ranu Kumbolo memang tak perlu diragukan lagi. Ketika berada di tempat ini, matahari pagi akan terlihat di sela sela 2 bukit di dekatnya lokasi.

Dikelilingi oleh hamparan bukit menjulang, dengan vegetasi tumbuhan masih alami merupakan sebuah panorama pemandangan yang menyehatkan bagi mata. Anda bisa menemui hamparan tanah lapang yang ditumbuhi bunga edelweis langka.

foto by instagram.com/pakh/

Bunga edelweis memiliki daya tahan hidup sangat lama sekali dan bahkan jauh lebih lama dari bunga – bunga.pada malam hari.

jika cuaca sangat cerah, sambutan hawa dingin dengan temperatur sekitar 5 (lima) derajat celcius akan menemani anda dalam melihat gugusan bintang-bintang dari galaxy Bima Sakti di langit.

Misteri Danau Ranu Kumbolo

Walaupun memiliki keindahan luar biasa, bukan berarti ranu kumbolo ini bebas dari cerita cerita mistis. Sama seperti kebanyakan lokasi wisata lain, terdapat sebuah cerita angker di tempat ini.

foto by instagram.com/dadar.goeling/

Diceritakan, ranu kumbolo memiliki seorang penunggu. Penunggu tersebut berupa seorang gadis dengan penampilan cukup menyeramkan.

misteri blank 75 sering membuat para pendaki tersesat dan misteri danau ranu kumbolo juga penuh dengan nuansa mistis.

Ada sebuah kejadian nyata yang dialami warga setempat pada saat itu beliau sedang melakukan bakti sosial (baksos) di Desa ini pada bulan Agustus 2004.

foto by instagram.com/roni.saputra72/

 

Saat itu di desa ini tampak sepasang pengantin yang baru menikah dan mereka pergi ke danau itu untuk melakukan sesajen dan membawa berbagai makanan yang akan diserahkan untuk penunggu danau ranu kumbolo.

Setelah selesai membakar dupa di pelataran yang ada di pinggiran danau ranu kumbolo, sepasang pengantin baru itu mandi di danau ranu kumbolo.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Popoh Tulungagung Besuki Jawa Timur, Lokasi Wisata + Harga Tiket Masuk-nya

tapi ternyata si pengantin wanita terseret arus kuat ke dalam danau dan setelah beberapa lama muncul kembali dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

Paket Wisata Ranu Kumbolo

foto by instagram.com/sastranegara_w/

Bisa dibilang, paket menuju ranu kumbolo memiliki harga sangat murah. tetapi terdapat suatu masalah dimana paket tersebut sering kali tergabung dengan pendakian menuju mahameru.Hal itu akan menyusahkan bagi mereka yang berusia lanjut.

Oleh sebab itu, paket wisata ranu kumbolo ini populer terkhusus untuk kalangan anak muda yang memang menginginkan jenis wisata yang menantang.

Bisa dikatakan, paket wisata menuju tempat ini merupakan pilihan tepat bagi para anak muda pencinta petualangan. Tetapi, tidak salah juga jika sebagai wisatawan anda hanya ingin mendatangi ranu kumbolo.
Jika dilihat dari tingkat kemenarikannya, merupakan sebuah hal kurang tepat jika datang ke tempat ini sendiri.

foto by instagram.com/hikinggoogleclub/

Sensasi dan kebahagiaan akan jauh lebih terasa jika tempat ini didatangi beramai ramai bersama orang orang terdekat.

Tentu saja ada estimasi biaya yang harus diperkirarkan ntuk mengambil wisata ranu kumbolo. Hal ini perlu direncanakan agar menghemat tenaga yang dibutuhkan untuk masa pendakian itu sendiri.

Rute Menuju Lokasi

Sebenarnya, akses jalan menuju lokasi memang sangat lah baik dengan kondisi aspal cukup baik. Tetapi yang jadi masalah, kondisi jalan berkelok kelok membuat pengunjung kerap kesulitan ketika harus mencapai tempat ini.

foto by instagram.com/livelyrutasty/

Jalan menuju ranu gumbolo dari tulungagung kota adalah melewati jalan raya sumber gempol ke arah barat. Lurus saja melewati IAIN Tulungagung hingga sampai di pertigaan kauman. Darisana, ambil kanan menuju jalan KH Asyim Ashari.

Hiraukan semua belokan hingga menemui sebuah perempatan dan darisana, ambillah jalan menuju ke kiri. dengan menyusuri jalan tersebut, anda pun akan sampai ke Desa Wonorejo.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Gondo Mayit Blitar Jawa Timur + Rute Lokasi

Di desa tersebut, tanyakan lah kepada warga sekitar tentang tempat masuk menuju ranu kumbolo. Dengan itu anda pun akan lebih mudah untuk sampai ke pintu masuk.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.