10 Foto Danau Segara Anak Rinjani, Letak Berada Terdapat di Pulau Lombok + Menurut Proses Pembentukannya

Diposting pada
Danau segara anak terdapat di pulau anakan berada lombok rinjani letak menurut proses pembentukannya termasuk foto gambar malang misteri gunung provinsi ada adalah artikel asal usul mula berapa kedalaman berenang backpacker cilacap cerita cara menuju photo uang harga tiket masuk ikan jenis jalan kabupaten ketinggian keindahan kisah kawah utara legenda manfaat mitos mancing memancing terbentuk oleh photos photography sempu terletak pemandangan sejarah swimming terbentuknya terjadinya brainly dimana daerah wikipedia wisata
Danau Segara Anak, Foto: cabeoutdoorservice.com

Alamat: Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Maps: Klik Disini
Harga Tiket:
Jam Buka: 24 jam
No. Telpon:

Lombok adalah sebuah pulau dengan seuta keindahan. Pulau ini berada di sebelah Timur Pulau Bali dan menyimpan potensi wisata begitu besar. Salah satunya ada Danau Segara Anak. Lokasi ini sering juga salah disebut sebagai Danau Segara Anakan. Well, sebenarnya itu adalah nama dari lokasi wisata lain bersama dengan Pulau Sempu.

Bisa Memancing Ikan, Foto: upiono.blogspot.com

Danau tersebut membentang di kawasan seluas kurang lebih 11 km2, kedalaman mencapai lebih dari 230 m, dengan ketinggian 2.008 mdpl. Menurut proses pembentukannya, Danau Segara Anak termasuk sebuah danau vulkanik yang terbentuk secara alami di kaldera sebuah Gunung yaitu Gunung Rinjani.

Terbentuknya danau vulkanik ini merupakan akibat dari terjadinya aktivitas gunung berapi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembentukan danau vulkanik, mungkin bisa melalui artikel di situs seperti Wikipedia atau brainly. Danau tersebut memiliki sisi keeksotisan tersendiri, warna airnya sangat biru dan jernih nampak seperti lautan atau atau sebuah segara. Keindahan danau ini bahkan diabadikan dalam sebuah uang kertas sepuluh ribu rupiah pada tahun 1998.

Danau Kawah Gunung Rinjani, Foto: beranda-kawasan.blogspot.com

Danau dengan pemandangan indah ini terletak di bagian sisi sebelah barat Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun Lawang di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Segara merupakan kata dalam Bahasa Jawa, berarti laut. Kata segara anak dapat diartikan sebagai anak laut atau tempat mirip dengan laut atau laut kecil. Hal ini merupakan sejarah asal usul mula nya mengapa danau itu diberi nama dengan ‘Segara Anak’.

Rute Jalan atau Cara untuk Menuju ke Danau Segara Anak

Untuk bisa mencapai lokasi wisata, wisatawan harus memulai perjalanan dari Desa Senaru, berjalan menelusuri sebuah kawah menuju ke Danau Segara Anak. Waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar, dibutuhkan waktu selama dua hari dan satu malam perjalanan darat. Perjalanan dimulai dengan terlebi dahulu mendaki hutan hujan tropis Gunung Rinjani.

Menjelajah Danau Segara Anak, Foto: upiono.blogspot.com

Wisatawan harus naik ke atas gunung untuk sampai di sebuah tepi kawah. Perjalanan ini merupakan pendakian yang melelahkan dan menantang, karena harus menempuh medan curam dan tebing tinggi dengan tekstur bebatuan cukup tajam. Tetapi jangan dulu takut, seperti pepatah luar “no pain no gain” segala jerih payah ini akan mendapatkan bayaran yang setimpal ketika menikmati panorama sunset yang mengagumkan di Gunung Rinjani.

Dari sini akan kelihatan Pulau Bali dan Kepulauan Gili, dan birunya air Segara Anak yang mempesona jiwa, berkilauan menyita fokus mata kita, letaknya ratusan meter di bawah. Nah, pecinta photography biasa akan mengambil beberapa foto atau gambar untuk disimpan dalam penyimpanan mereka. Salah satunya adalah dengan menyimpan melalui Google Photos. Photo yang akan mengenang keindahan alam di lokasi ini.

Menikmati Sore di Tepi Danau, Foto: blogsierikson.blogspot.com

Daya Tarik Lokasi Wisata

Bagian atas kawah adalah bumi perkemahan yang sudah lama dikenal oleh wisatawan. Tempat tersebut merupakan lokasi favorit untuk sekadar menghabiskan malam hari menikmati dinginnya Rinjani ataupun menyimpan berapa photo. Dapat juga menikmati indahnya sunrise di puncak Gunung.

Beberapa bagian air dari Segara Anak ada yang mengalir ke bawah. Aliran air ini mengalir ke jurang dan membentuk beberapa air terjun. Satu air terjun utama ukurannya cukup besar, sedang yang lain berukuran lebih kecil. Di sekitarnya ada pula empat sumber mata air panas alami konon memiliki cerita mitos memiliki khasiat penyembuhan secara ajaib.

Menggapai Puncak Rinjani, Foto: upiono.blogspot.com

Beberapa pendaki yang percaya akan kisah ini banyak yang melakukan pendakian dengan tujuan untuk mengobati sakitnya. Legenda dan kisah misteri suatu tempat memang terus ada dan dibangun oleh masyarakat, ya? Dimana ada lokasi wisata yang terkenal, di situ ada legenda.

Meskipun cukup tinggi, berenang atau swimming di danau tersebut tidaklah sedingin yang kita bayangkan. Air di permukaan danau ini sangat hangat jika diukur untuk ketinggian tempat tersebut. Suhu airnya sekitar 20-23 derajat Celsius.

Berlokasi di Nusa Tenggara Barat, Foto: placesmap.net

Sekitar tahun 1969, badan vulkanologi beranma Directorate of Geology, yang berpusat London, melakukan penelitian di danau dan menyarankan budidaya ikan. Maka pada tahun 1985, pemerintah pusat di Provinsi NTB mulai melakuan pengembangbiakan ikan. Akhirnya danau tersebut menjadi rumah bagi banyak sekali ikan nila dan ikan mas.

Banyak pula pendaki yang mancing di sini, dan menjadi tempat yang paling dicari bagi para pemancing. Sekitar tahun 1980, daerah ini masih dipenuhi dengan berbagai jenis satwa liar, seperti burung Belibis, burung Bangau, burung enggang, Babi Hutan, dan kijang yang hidup dan berkembang biak di sekitar danau.

Panorama Alam Yang Indah, Foto: upiono.blogspot.com

Ada juga beberapa jenis spesies monyet, seperti Monyet Daun Ebony Hitam yang tergolong sangat langka, dan juga monyet jambul hitam, satwa endemik di Indonesia. Akan tetapi karena berkembangnya peradaban manusia, hal tersebut telah mengubah ekologi asli danau. Dengan semakin banyaknya orang yang mendaki gunung dan menikmati manfaat danau, seiring berjalannya waktu semakin banyak spesies satwa yang telah mulai menghilang bahkan punah.

Penginapan dan pusat oleh-oleh

Kalau masih mau menikmati keindahan alam di sekitar kawasan Rinjani terdapat hotel dengan harga murah di daerah Sembalun dan Senaru, tarif yang ditawarkan bervariasi, sesuai dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Di Lombok sendiri ada daerah yang menjual berbagai kerajinan dan suvenir yang kebanyakan merupakan hasil kerajinan tangan asli. Kerajinan tersebut seperti kerajinan tembikar, batu kapur, tenun tangan tradisional masyarakat NTB, topeng dari kayu, kotak kayu, dan juga berbagai ukiran primitif suku NTB.

Danau Segara Anak Dilihat dari Puncak Gunung Rinjani, Foto: matalensalombok.blogspot.com

Salah satu souvenir yang terkenal adalah kain tenun yang diproduksi di kawasan Sengkol, Sade, dan di Pringgasela. Kain ini nilainya sangat mahal dan sering sekali dicari oleh wisatawan. Selain hal itu, terdapat juga perhiasan yang indah, yaitu mutiara Lombok yang terkenal karena kualitas dan nilainya hingga ke manca negara.

Bagaimana Cara untuk ke Sana?

Seperti sudah sedikit di bahas di atas. Desa Senaru dan Desa Sembalun Lawang adalah dua titik awal yang bisa ditempuh untuk mendaki Gunung Rinjani. Kalau teman-teman mau ke Desa Senaru maka siapkan fisik untuk tiga jam perjalanan dari arah barat kota Mataram. Jika barangkat dari Desa Sembalun Lawang adalah maka diperlukan sekitar empat jam perjalanan ke arah timur Mataram.

Keindahan Danau Segara Anak, Foto: upiono.blogspot.co.id

Teman-teman bisa menunju ke Desa Senaru dengan memakai transportasi umum ke Bayan dan kemudian berjalan sebentar. Para backpacker dari segala penjuru, dari Cilacap, dari Malang, Surabaya, Jakarta, siapkah untuk bertualang ke NTB? Siapkan fisik dan waktu yang baik untuk berkunjung ke lokasi wisata ini.

Usahakan untuk berkunjung tidak di cuaca hujan, karena akan cukup beresiko, terutama bagi para backpacker yang belum terbiasa mendaki. Selamat bertualang menikmati Lombok!

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.