Lokasi Wisata Desa Sajuta Batu Purwakarta, Termasuk Peta Rute Alamat

Posted on

Lokasi: Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Map: Klik Disini
HTM:
Buka/Tutup:
Telepon:

foto by blog.lakupon.com

Purwakarta mempunyai bentuk topografi berupa dataran tinggi, danau dan daratan. Tentu Anda bisa membayangkan bagaimana eksotisnya pemandangan di kabupaten tersebut.

Berbagai objek wisata alam pun disajikan, salah satunya Curug Cipurut yang terletak di kaki Gunung Burangrang. Gerojokan ini terdiri atas tiga bagian, dimana air terjun utama memiliki ketinggian 25 meter, sementara yang lainnya lebih landai.

foto by dexxcoy-cyber.blogspot.co.id

Alirannya tidak begitu deras karena air yang jatuh seperti melewati tangga. Panorama di sekitarnya pun sangat indah, sehingga cocok untuk bersantai dan melupakan sejenak rutinitas pekerjaan.

Ada pula Kampoeng Sadang yang menawarkan rekreasi, edukasi, pengembangan sumber daya manusia dan jelajah alam seru. Selain itu, mereka juga melayani kegiatan konferensi, eksibisi, pertemuan dan sebagainya.

Tempat serupa juga dimiliki oleh Desa Sajuta Batu. Kawasan ini cukup unik karena tidak hanya menyuguhkan suasana khas alam pegunungan, melainkan aktifitas-aktifitas yang menantang adrenalin.

Berwisata ke Desa Sajuta Batu

Desa Sajuta Batu merupakan objek wisata di Purwakarta yang menyajikan beragam spot menarik dan kebudayaan lokal. Mulai dari wisata rekreasi, kuliner, budaya sampai minat tersedia di sana.

Dinamakan demikian karena terdapat banyak batuan alam, dari yang kecil hingga gunung andesit setinggi 900 mdpl. Kata ‘sajuta’ berasal dari Bahasa Sunda yang berarti sejuta.

foto by teluklove.com

Di sana banyak tersaji panorama hijau yang menakjubkan, apalagi gunung-gunung di sekelilingnya tampak menjulang tinggi, hampir ke batas awan.

Dulu, sebelum menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi, desa tersebut adalah lokasi untuk panjat tebing.

Sekarang, tidak hanya rock climbing yang dapat dilakukan di area itu, tapi beberapa kegiatan, seperti jelajah kampung dengan alam perbukitan dan sawah nan hijau, pendakian gunung, berkemah, olahraga offroad, flying fox, memancing, sampai mencoba menu khas setempat.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Cibadak Garut, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokas

Pengunjung juga dapat membidik objek-objek menarik yang jarang dijumpai di tempat mana pun, terutama di perkotaan. Wajar bila Desa Sajuta Batu kerap dijadikan destinasi liburan pelajar, anak muda serta fotografer panorama dan pre-wedding.

foto by terasbanten.com

Spot-spot Menarik di Desa Sajuta Batu

Desa tersebut menyimpan banyak potensi wisata yang layak untuk dieksplor, dua di antaranya adalah:

Gunung Parang. Merupakan spot ekstrem di Desa Sajuta Batu. Ia disebut-sebut sebagai rock climbing paling tinggi kedua di Asia dan berada dalam daftar 10 besar tebing alam tertinggi di dunia.

Oleh karena itu, ia dianggap sebagai surga bagi para penyuka tantangan dan climber profesional.
Gunung Parang memiliki via ferrata atau dalam Bahasa Italia bisa diartikan sebagai jalur besi. Ia dipasang meniti ketinggian tebing yang benar-benar vertikal.

foto by haraduta.com

Keberadaannya sendiri telah diketahui sejak abad ke-19 dan di seluruh dunia ada lebih dari 1.000 jalur, paling banyak di Italia dan Austria.

Gunung Bongkok. Mempunyai ketinggian 975 mdpl, trek pendakian Gunung Bongkok sangat cocok untuk climber pemula.

Meski jalurnya cukup terjal, tapi pemandangan yang dihadirkan dari atas puncaknya lengkap, mulai dari keindahan Kota Purwakarta, Gunung Parang hingga Waduk Jatiluhur.

foto by architectsadventure.wordpress.com

Goa Bolong. Berada di kaki Gunung Parang, asal usul goa ini masih misterius. Belum ada yang tahu apakah ia terbentuk secara alami, peninggalan sejarah dari jaman purbakala atau dibuat manusia semasa penjajahan.

Aura mistis pun terasa kental begitu menginjakkan kaki di kawasan itu. Mulut goa sendiri mempunyai lebar dan tinggi tiga meter, sementara lorongnya sekitar dua meter. Bagian dalamnya terlihat gelap karena goa yang terbentuk tidak rata.

Masih banyak destinasi lain yang belum di gali, seperti Gunung Selasih, Situs Telapak Kaki Jonggrang Kalapitung, Kampung Batu Buyung, Curug Tamiang, Cilangohar, Petilasan Raden Surya Kencana, Kopi Bambu, kerajinan Kirai dan kerajinan Kolotok.

BacaJuga:  10 Gambar Zamzam Tirta, Wisata Kolam Renang di Bogor + Harga Tiket Masuk

Rute Menuju Desa Sajuta Batu

Alamat zona berlibur tersebut ada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasi berjarak 9 km dari Tegalwaru, sedangkan dari pusat kota Purwakarta kurang lebih 26 km. Selain itu, dari Bandung dan Jakarta bisa ditempuh sejauh masing-masing 79 km dan 120 km.

foto by teluklove.com

Desa Pasanggrahan sendiri berada di sebelah utara Kecamatan Tegalwaru. Ia berbatasan dengan Danau Ir.H. Juanda di sebelah barat, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru sebelah timur, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani sebelah utara dan Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru di sebelah selatan.

Desa ini dihuni oleh masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Sebab, lahan sawah serta kebun di sana amat luas dengan morfologi tanah pegunungan.

foto by teluklove.com

Untuk menuju ke tempat itu, pengunjung bisa berangkat dari Jakarta dengan rute melalui Tol Purbaleunyi, lalu keluar di pintu Tol Jatiluhur/Ciganea. Dari sana, ikuti jalan dan belok kanan ke arah Plered bila menjumpai pertigaan lampu merah.

Pacu kendaraan hingga tiba di pertigaan Ciakar. Selanjutnya, belok kanan terus sampai menemukan destinasi. Jika masih bingung, gunakan peta untuk menunjukkan lokasi Desa Sajuta Batu.

Tapi, apabila pengunjung menaiki angkutan umum, dari Ibukota bisa memilih bus jurusan Purwakarta dan turun di Ciganea. Perjalanan diteruskan dengan angkot berwarna hijau jurusan Plered, kemudian turun di depan Stasiun KA Plered. Berikutnya, silakan naik ojek menuju ke kawasan wisata.

Suasana pedesaan nan sejuk dan asri, serta warga sekitar yang ramah membuat pengunjung betah berada di kampung wisata tersebut. Apalagi, pemandangan yang ditawarkan begitu eksotis dan memanjakan mata.

Bagi penghobi fotografi pun tidak akan merasa kecewa dengan hasil tangkapan gambarnya. Terlebih banyak objek yang bisa diabadikan dengan kamera. Dijamin puas menghabiskan liburan beberapa hari di Desa Sajuta Batu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
BacaJuga:  Kekayaan Sejarah Indonesia yang Dibuktikan Oleh Situs Karangkamulyan Ciamis
foto by tripadvisor.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.