Dieng Plateau Theater Wonosobo, Tempat Menarik untuk Mengenal Sejarah Dieng Beserta Keindahannya

Posted on
Dieng Plateau Theater Wonosobo, Tempat Menarik untuk Mengenal Sejarah Dieng Beserta Keindahannya
Rate this post

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Map: KlikDisini
HTM: Rp10.000,-
Buka/Tutup: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon:

foto by instagram.com/ramlimuhamad/

Dieng Plateau Theater adalah destinasi wisata buatan yang berada di kawasan Dieng. Objek wisata ini merupakan gedung bioskop untuk mempertontonkan film dokumnter mengenai kawasan wisata Dieng. Mulai dari peristiwa yang pernah terjadi, budaya masyarakat, sejarah sampai potensi Dieng.

Karena itulah tempat wisata ini cocok sekali dikunjungi para pelajar dan wisatawan yang ingin tahu semua tentang Dieng. Dengan datang ke gedung bioskop ini kamu akan menambah pengetahuan dengan cara menarik.

Selain menonton pertunjukkan, kamu pun bisa melakukan beberapa aktivitas lain. Kegiatan di kawasan wisata Dieng menjadi lebih berkesan bila mampir ke Dieng Plateau Theater. Sebelum kesana, ketahui dulu deskripsinya!

Daya Tarik Dieng Plateau Theater

foto by instagram.com/arandisyah_/

Keberadaan Dieng Plateau Theater sangat berarti dan memiliki daya tarik tersendiri. Sebab, kini sudah tersedia media untuk memberikan informasi deskripsi tentang Dieng secara lengkap. Sehingga, para wisatawan memperoleh informasi yang benar-benar akurat.

Objek wisata ini merupakan suatu gedung pertunjukkan film dokumenter yang dibangun diatas daerah perbukitan bagian atas Telaga Warna. Pembangunannya hasil pemikiran dari H. Mardiyant, Gubernur Jateng Kala itu.

Kemudian, didirikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo bersama pihak terkait. Dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2008 lalu. Pembangunan gedung ini bertujuan untuk mengembangkan objek wisata Dieng.

foto by instagram.com/dieng_hits/

Bangunannya cukup megah, kokoh dan mempunyai arsitektur unik bergaya klasik berundak-undak. Kapasitas pengunjung sekitar 100 orang. Lokasinya tak jauh dari destinasi wisata utama di Dieng lainnya.

BacaJuga:  10 Gambar Punthuk Mongkrong Magelang, Tiket Masuk Spot Selfie + Rute Letak Lokasi Dari Jogja

Sebelum memasuki gerbang, kamu akan disambut rimbunnya hutan pinus, bunga-bunga warna kuning di bagian kanan dan kiri jalan. Pemandangan sekitarnya sungguh memanjakan mata. Ketika memasuki area gapura, nampaklah megahnya gedung bioskop ini.

foto by instagram.com/tria_rika/

Selayaknya bioskop, para pengunjung bisa menyaksikan film dokumenter secara nikmat. Film dokumenter akan ditayangkan dalam durasi 23 menit. Tak ada waktu atau jadwal khusus kapan pemutaran film dimulai. Sebab, filmnya diputar setiap ada pengunjung datang.

Sesekali kalau pemutaran film sudah dimulai, wisatawan harus menunggu untuk bisa menyaksikan dari awal lagi. Sambil menunggu pemutaran film berikutnya, pengunjung dapat melihat panorama alam sekitar yang indah sekali.

Kegiatan di Dieng Plateau Theater

foto by instagram.com/jilan_ebet/

Aktivitas utama yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke objek wisata Dieng Plateau Theater adalah menonton film dokumenter. Film membahas tentang awal mula terjadinya Dataran Tinggi Dieng, letak geografis, sejarah, budaya, potensi sampai akses ke Dieng.

Tak hanya itu, kamupun nantinya dikenalkan pada beberapa tempat terindah di sekitar sana. Mungkin kamu akan tertarik ketika tayangan mengenai adat istiadat, seni, budaya serta kepercayaan masyarakat setempat.

foto by instagram.com/sulandarii/

Lalu, ada pula tayangan tentang anak-anak berambut gimbal. Kisah terjadinya tragedi di Kawah Timbang dan Kawah Sinilah juga cukup menarik. Bagian paling menarik yakni saat Dieng mengalami musim dingin.

Sebab, pada waktu itu muncul salju atau kristal-kristal es akibat suhu udara yang sangat ekstrim bahkan bisa mencapai -4 derajat celcius pada malam sampai pagi.

foto by instagram.com/violeta_citra/

Dengan berwisata kesana, kamu takkan hanya mendapatkan rekreasi yang asyik dan menyenangkan saja, tapi juga pengetahuan yang menarik. Dari lokasi ini, kamu pun dapat menikmati pemandangan deretan gunung.

Tampak kawasan Kawah Sikidang, ladang pertanian, perbukitan nan asri atau menikmati kuliner asli Dieng. Ada kentang, kripik jamur, minuman hangat yang ditawarkan oleh warung-warung kecil. Harganya pun cukup terjangkau.

BacaJuga:  8 Homestay Bagus dan Murah di Kudus Mulai Dari 85 Ribu Saja Per Malam
foto by instagram.com/muzammilsfootprints/

Selain itu, tampak pula Gunung Perahu, Gunung Pangamun-amun, Gunung Gajah Mungkur, Gunung Nagasari, Gunung Pangonan, Gunung Sipandu dan Gunung Juranggrawah. Dieng Plateau Theater mampu menjadi wisata ideal untuk beristirahat, bersantai, berekrasi dan menyegarkan pikiran.

Fasilitas Dieng Plateau Theater

Pengelola menyediakan fasilitas lengkap sebagai penunjang kegiatan para pengunjung. Disana ada area parkir yang luas, toilet, warung-warung, mushola, pintu masuk ke Telaga Warna dan lainnya. Jadi, kamu takkan khawatir selama berkunjung kesana.

foto by instagram.com/tonnycrew/

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater buka setiap hari dari jam 07.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk hanya Rp 10.000/ orang. Biaya terbilang murah untuk melihat informasi penting dan keindahan pemandangan alam memukau dari ketinggian.

Letak Dieng Plateau Theater

foto by instagram.com/ani_jumrotun/

Alamat Dieng Plateau Theater di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354. Tepatnya di lereng bukit Sikendil pada ketinggian 2100 meter. Kalau dari pertigaan pintu masuk Dieng, jaraknya sekitar 1,5 km dan 150 m dari wisata Telaga Warna.

Setelah telaga warna, ada pertigaan lalu belok kiri sesuai petunjuk arah. Jika belok kanan, akan ke Kawah Sikidang dan Candi Bima. Setelah menemukan pertigaan pertama, ada pintu gerbang masuk dengan tulisan Dieng Plateau Theater.

Medan menuju kesana menanjak, mungkin kamu sedikit capek. Namun setelah sampai lokasi, semua rasa capek segera hilang, yang ada hanyalah rasa takjub, senang dan tenang.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
BacaJuga:  Terbaik! Itulah Satu Kata Untuk Kolam Renang Bukit Lerep Indah Ungaran Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.