10 Foto Ecopark Ancol Jakarta 2017, Harga Tiket Masuk Lokasi + Fasilitas Wahana Outbound

Posted on
Harga tiket masuk ecopark ancol 2017 jakarta fasilitas ecovention lokasi peta wahana outbound ocean di map paintball bayar berapa telp hotel review ada apa aja konser prewedding adalah afrojack alamat anak anjing liburan boleh bawa buka jam eco park bike blog biaya doraemon denah event faunaland fantastique family
Ecopark Ancol Jakarta, foto: tripadvisor.com

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Map: KlikDisini
HTM: Rp.125.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-18.00
Telepon: (021) 29222222

Walau liburan sekolah bukan bearti anak kita tidak perlu belajar, namun banyak sekali anak-anak yang tidak mau belajar pada saat liburan sekolah. Lalu bagaimana caranya suapaya anak kita mau belajar di saat liburan sekolah ? ada cara belajar sambil bermain yang menyenangkan, yakni pergi ke tempat wisata edukasi. Salah satunya adalah Ecean Ecopark, di mana di sini anda dan keluarga anda bisa merilekskan sejenak pikiran dengan menikmati suasa yang lebih tenang dan alami.

Ecean Ecopark terletak di kawasan wisata taaman Ancol, Jakarta ini merupakan tempat wisata dengan konsep alam terbuka yang memiliki luas lahan hampir 30 hektar. Di dalam tempat Wisata edukasi ini akan memberikan nilai edukasi dan petualangan dengan tema pendekatan green lifestyle, sehingga tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena dapat dijadikan ruang terbuka untuk mengeksplorasi mengenai pengetahuan botani dan tempat belajar yang menyenangkan.

Wahana di Ocean Ecopark

suasana di sekitar gerbang masuk, foto: trivindo.com

Wisawa edukasi Ocean Ecopark ini dibagi menjadi empat kawasan dengan tema yang berbeda, seperti :

  1. Eco-Care : di dalam kawasan ini rasa kepudilan para pengunjung terhadap keluarga dan lingkungan akan di tingkatkan dengan berbagai macam edukasi yang ada di dalam Eco-Care ini.
  2. Eco-Nature : untuk kawasan yang satu ini akan memanjakan para pengunjung dengan keindahan alam dan berbagai macam jenis satwa jinak yang dimiliki oleh Ocean Ecopark.
  3. Eco-Art : kawasan yang satu ini biasanya digunakan untuk acara pameran seni dan budaya, jadi untuk pengunjung yang beruntung dapat menyaksiman berbagai macam pertunjukan seni pada kawasan Eco-Art ini
  4. Eco-Energy : Sementara untuk kawasan Eco-Energy berfokus pada konservasi energi dan sumber energi terbaru, sehingga dikawasan ini kita akan diajarkan bagaimana cara memanfaatkan energi sebaik mungkin.
  5. Eco-Island : di dalam kawasana ini para pengunjung akan menemukan sebuah danau buata yang meliuk-liuk dan dikeliling oleh pulai kecil di tengahnya. Di dama pulau-pulau kecil tersebut dijadikan sebagai tempat penangkaran satwa yang dimiliki oleh Ocean Ecopark seperi burung dara, rusa, domba, burung kasturi, burukan pelikan monyet dan masih banyak lagi.
  6. Faunaland : kawana ini meruapak kawasan yang ditunjukan untuk aktivitas peternakan, di mana para pengunjung bisa belajar mengenai peternakan di kawasan ini.

Seperti yang sudah kami sebutkan diawal tadi bahwa Ecopark ini merupakan tempat wisata edukasi bertemakan likungan hijau atau Go Green, hal tersebut dibuktikan dengan jadinya Ecopark menjadi tempat tumbuhanya puluhan ribu pohon langka seperti Eboni dan Trembesi.

Seperti yang kita ketahui bahwa kawasan Taman Ancol yang berdiri tahun 2010 lalu kini telah menjadi kawasan hijau baru bagi penduduk Jakarta, sehingga para penduduk Jakarta tidak perlu lagi pergi ke puncak jika ingin menikmati pemandangan alami. Selain itu pohon-pohon yang tumbuh subur di Ecopark menjadi harapan baru penduduk Jakarta yang ingin mendapatkan oksigen bersih. Sedangkan untuk mengatisipasi terjadinya banjir akibat air laut pasang dan curah hujan yang tinggi di dalam Ocean Ecopark Ancol telah dibangaun beberapa kanal yang berfungsi untuk mampu mengantisipasi air luapan tersebut. Dengan adanya Ecopark di Ancol diharapkan dapat memberikan pendidikan bagi masyarakat mengenai konsep cara mengicupkan alam disekitar dengan cara yang menyenangkan.

Lokasi dan Rute ke Ocean Ecopark

Denah tempat wisata, foto: ecoparkancol.blogspot.co.id

Alamat dari Ocean Ecopark ini terletak di Jl. Lodan Timur No.7, Pademan Kota Jakarta Utaraa Dearah Khusus Ibukota Jakarta 14430, di mana lokasi tersebut merupakan kawasan wisata taman Ancol yang merupakan teman hiburan pertama yang ada di Indonesia. Karena letaknya berada di ibukota jakarta, maka untuk transfortasi menuju tempat ini sangat mudah.

Untuk anda yang berasal dari kota Jakarta Utara tentu saja tidak usah bingung, karena akses menuju tempat ini sangat mudah sekali. Namun bagaimana jika para wisatawan yang dari luar kota, tentu saja meraka akan merasa bingung untuk menuju wisata ini. Tapi jangan khawatir untuk anda yang dari luar kota, karena banyak sekali transportasi yang bisa digunakan.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Ocean Ecopark Ancol atau menggunakan petunjuk dari google maps. Nah untuk anda yang menggunakan kendaraan umum seperti : bis, anda bisa berhenti di terminal bus kota Jakarta Utara. Setelah itu anga bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek menuju Jl. Lodan Timur No.7 hingga anda menemukan dari lokasi Taman Ancol dan di sana anda akan banyak menemukan Wisata Ocean Ecopark Ancol.

Keseruan di Ocean Ecopark

outbound ecopark ancol jakarta, foto: gooutbound.com

Karena merupakan tempat wisata tentu saja di dalam Ocean Ecopark memiliki banyak sekali wahana yang dapat di nikmati oleh seluruh pengunjung, tentu saja seluru wahana yang ada di dalam tempat wisata ini memiliki nilai edukasi yang bisa di peroleh bagi siapa saja yang menggunakan wahana ini. Nah berikut adalah beberapa keseruan wahana yang ada di kawasan Ocean Ecopark.

  • Mengeliling Taman dengan Bersepeda

Ocean Ecopark memiliki luas sekitar 30 hektar tentu saja membutuhkan waktu yang lama dan pasti akan membuat capek, untuk Ocean Ecopark sangat memperhatikan kenyamanan para pengunjung yang datang ketempat wisata ini. Hal ini bisa dilihat dengan terdapatnya dua jalur yang berbeda, di mana untuk jalur para pengunjung yang ingin bersepeda, dan satunya digunakan untuk para pengunjung yang ingin berjalan kaki atau jogging.

Menyusuri jalur di Ocean Ecopark sejauh 2 km dengan menggunakan sepeda memang sungguh menyenangkan. Di tambahkan lagi adanya beberapa tanjakan dan tikungan yang cukup tajam, akan menambah kesenangan anda ketika bersepeda di tempat ini. Setelah capek bersepeda dan jogging kita bisa beristirahat di salah satu jembatan yang cukup tinggi, di mana dari atas jembatan tersebut kita bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan taman sekitar.

Kendaraan yang bisa disewa di tempat wisata, foto: liburananak.com

Untuk anda yang datang ketempat ini namun tidak membawa sepeda dan ingin bersepeda tenang saja, di mana Ocean Ecopark ini menyediakan menyewakan sepeda untuk pengunjung yang diberi nama Eco Bike.di mana Eco Bike ini bisa disewa dengan tarif untuk dewasa sebesar Rp 50.000 per jam weekday sedangkan untuk weeken sebesar Rp 60.000. tarif sewa sepeda untuk anak-anak sebesar Rp 25.000 untuk weekday dan untuk weekend sebesar Rp 30.000. Sepeda yang ada di Ocean Ecopark memiliki kualitas bagus dan dilengkapi helm untuk pengaman.

Namun untuk anda yang malas berjalan kaki ataupun naik sepeda tenang saja, karena terdapat beberapa alternatif kendaraan lain yang bisa anda sewa, yakni Segway. Di mana kendaraan listrik beroda dua bisa anda sewa dan gunakan untuk berkeliliki Ocean Ecopark, atau jika datang ke Ocean Ecopark bersama keluarga besar bisa menyewa buggy car yang dapat menampung empat orang sekaligus. Tentu saja dengan macam-macam kendaraan yang bisa di sewa di Ocean Ecopark ini membuat wisata anda ke tempat ini sudah bisa di pastikan akan menyenangkan.

Tentu saja menikmati Ocean Ecopark tidak hanya bisa dilakukan di darat juga, namun anda juga bisa menikmati pemandangan di tempat wisata ini bisa dengan mengelilingi danau buatan yang cukup panjan. Untuk mengeliling danu tersebut, kita bisa menyewa fun boat cruiser, di mana untuk tarifnya Rp 25.000 per orang untuk weekday , sedangkan utnuk weekend Rp 30.000 per orang.

keseruang memberi makan ikan, foto: tokopedia.net
  • Bermain Paintball di Ocean Ecopark

Untuk kamu yang datang kesini bersama teman-taman anda dan ingin bermain seru-seruan, bisa mencoba bermain Paintball di Ecean Ecopark ini. Di mana selain menyenangkan, bermain Paintball juga memiliki menfaat untuk kita untuk bisa memiliki pikiran cerdas untuk mengatus permain dengan cerman. Selain itu bermain Paintball juga dapat menambah ketangkasan kita dalam menembak dan menghindari serangan. Meskipun senjata yang digunakan berisi peluru karet dan kita sudah dilindungi dengan peralatan yang lengkap, namun kita tetap harus menaati peraturan dari permainan ini. Seperti tidak boleh menembak lawan dari jarak dekat, hal ini karena dapat menimbulkan memar dan bisa berbahaya untuk mata jika terkena percikan cairan dari peluru tersebut. Wahana Paintball mulai dibukan dari pukul 08 pagi hingga 4 sore.

  • Bermain Outbonholic di Ocean Ecopark

Untuk anda yang sudah sering bermain Paintball dan merasa bosen tenang saja, karena ada satu lagi beberapa wahana menantang yang bisa anda nikmati yakni berada di Outbonholic. Di mana wahana yang ada di Outbonholic memiliki bebearapa tingkatan level sendiri, mulai dari sirkuit untuk anak berusia 6 hingga remaja berusia 12 yang merupakan sirkuit paling ringan. Selain itu di dalam kawasan Outbonholic dibagi menjadi 4 zona warna yakni merah, hijau, biru dan hitam, di mana masing-masing zona memiliki lebih dari 8 aktifitas permainan yang bisa kalian coba. Pengelolah Ecean Ecopark merangkan seluruh permainan yang ada di Outbonholic memiliki ilmu yang bisa di ambil seperti untuk belajar kepemimpinan, kekompakan, kepercayaan diri , kerjasama kelompok, kegembiraan serta dapat menciptakan mental yang lebih positif.

  • Belajar Menanam Tanaman

Di dalam Ecean Ecopark ini memiliki kegiatan yang bernama Learning Farm, di mana program tersebut merupakan yang dibuat untuk memberi pengajaran kepada para pengunjung untuk bisa memanam tanaman. Tentu saja program ini sangat cocok untuk buah hati anda, di mana di sini nanti anak anda akan diajari bagaimana menamam sayur dan merawatnya seperti, menyiangi, menyirami dan memberi pupuknya.

Kegiatan Learning Farm, foto: ancol.com
  • Belajar di Rumah Energy dan Rumah Lebah Ecopark

Di Ecopark juga terdapat sarana Rumah Energy, di mana sarana tersebut merupakan tempat untuk belajar cana memanfaatkan energi ramah lingkungan seperti dari pupuk cair dan padat organik,Biogas, Urine Kelinci serta cara membuat lampu organik yang berbahan bakar dari minyak kelapa dan juga kita akan diajarkan cara solar cell bekerja. Tentu saja dengan pembalajaran tersebut akan menambah wawasan kita mengenai macam-macam energy yang ramah lingkungan.

Selain itu terdapat juga wahana yang tak kalah seru lagi, yakni masuk ke penangkaran lebah atau yang diberi nama Rumah Lebah. Nah di Rumah Lebah tersebut kita bisa melihat secara langsung bagaimana cara penangkaran lebah madu hingga menggunakan alat ekstraksi madu yang berfungsi untuk mengambil madu dari sarang lebah langsung tanpa merusak harus merusak sarang tersebut. Selain itu di tempat ini kita juga akan mendapatkan ilmu mengenai bagaimana cara lebah mencari makanan dan sistem keamanan koloni lebah.

Fantastique Magic Mountain Show, foto: liburananak.com
  • Fantastique Magic Mountain Show

Kitaka hari sudah mulai gelap dan Anda sudah mulai lelah karena seudah bekeliling di Ocean Ecopark seharian namun anda masih belum mau pulang, datang saja ke Fantastique Magic Mountain Show. Di mana Fantastique Maic Mountain Show merupakan sebuah pertunjukan yang menceritakan rakyat yang legendaris, Timun Mas dan Buto Ijo yang dipadukan dengan pertunjungan laser , air mancur, kembang api, kapal, tarian dan animasi. Tentu saja pertunjukan tersebut akan sangat menakjubkan dan menghibur. Wahana terseubt dapat menampung dengan kapasitas tempat duduk hingga 1500 orang dan selain karena pertunjukannya yang sangat menarik, Anda juga akan dibuat terkesima dengan lebih dari sekitar 50-80 pemain teater.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Ocean Ecopark Ancol

Memberi makan burung pelikat, foto: ancol.com

Tempat wisata edukasi Ocean Ecopark Ancol buka setiap hari Senin sampai Minggu dan mulai buka dari jam 6 pagi hingga 6 sore. Untuk harga tiket masuk tahun 2017 dari Ecopark Ancol adalah seharga Rp 125.000 per orang, harga tersebut bisa turun jika pada saat anda datang ada promo yang di lakukan oleh Ocean Ecopark atau anda mempunyai sebuah voucher potongan harga. Sedangkan untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi juga akan dikenakan biaya masuk yakni untuk mobil Rp 25.00 dan untuk sepeda motor Rp 15.000

Fasilitas  Ocean Ecopark Ancol

Sebagai Wisata edukasi terbaik di Jakarta Utara, tentu saja Ocean Ecopark Ancol memiliki fasilitas lengkap yang bisa dinikmati oleh seluruh pengunjung, seperti :

– Area Parkir kendaraan

– Mushola

– Kamar mandi / MCK

– Tempat Istirahat

– Ruangan edukasi

– Rumah makan

– Penginapan

– dan masih banyak lainya

Tips ke Ocean Ecopark Ancol

Faunaland, foto: productivemamas.com

Untuk anda yang berencana datang ke Ocean Ecopark Ancol ini, lebih baik perhatikan sedikit tips dan saran yang kami berikan di bawah ini :

Untuk anda yang berencana datang di pagi hari, maka usahakan untuk bisa datang sepagi mungkin. Hal ini supaya anda menikmati udara segar. Sedangkan untuk anda yang datang di sore hari juga tidak kala asyik: di mana setelah capek berkeliling taman dengan naik sepeda, lalu anda bisa menonton Laser Show Fantastique jam 7 malam.

Selain itu jika memang anda datang pagi hari bersama dengan keluarga anda, maka pastika dari rumah anda dan keluarga anda sudah sarapan terlebih dahulu atau juga bisa membawa bekal makanan yang nantinya bisa anda nikmati di area peristirahatan Ecopark. Namun jika membawa makana di dibungkus, maka jangan lupa membuang buang sampah terseut sesuai dengan jenisnya di masing-masing tong sampah yang tersedia. Namun jika memang hal tersebut tidak bisa menyiapkan hal tersebut, anda bisa memberi makanan di kanting sederhana di Club House Ecopark.

Untuk anda yang beru pertama datang ke Ecopark, maka pastikan anda masuk di pintu masuk utama. Di mana pintu masuk utama dari Ecopark berada di seberang Hotel Mercure. Alasan kenapa kita harus masuk di pintu utama Ecopark karena di dekat pintu masuk terdapat tempat penyewaan sepeda yang bisa kita sewa.

Di karena harga sepeda di Ecopark harnya lumayan mahal da karena boleh bawa sepeda dari sendiri, jadi lebih baik jika anda membawa sendiri sepeda dari rumah atau jika tidak ingin repot bisa juga sewa sepeda di luar Ecopark.

Untuk anda yang membawa bayi untuk berwisata ketempat ini, jangan lupa untuk membawa stroller karena Ecopark yang sangat luas nanti akan membuat anda kerepotan jika tidak membawa strollet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *