10 Gambar Eling Bening Ambarawa, Harga Tiket Masuk, Rute Jalur Menuju Lokasi + Jam Buka

Posted on
Istimewa | Instagram @geringanu
Istimewa | Instagram @geringanu

Lokasi: Jalan Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50661
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 15.000 weekday; Rp. 20.000 weekend
Buka/Tutup: Senin – Jum’at (08.00 – 17.00); Weekend (07.00 – 17.00)
Telepon: 0857-2956-5656

Saat llibur panjang, tempat wisata merupakan salah satu tujuan bagi sebagian besar orang. Apalagi jika tempat tersebut menawarkan pengalaman yang luar biasa kepada si pengunjung.

Bahkan jika lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal pun tetap akan rela untuk mengunjunginya. Tak ayal jika wisata tertentu akan ramai dan sesak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar kota bahkan negeri.

Nah, mungkin teman-teman juga sudah bosan dengan wisata itu itu saja dan sekarang bingung ingin menghabiskan liburan dimana. Maka tak perlu khawatir karena lokasi satu ini dapat kalian jadikan sebagai destinasi wisata.

Tempat wisata tersebut yaitu… (Drumroll please..!!) Eling Bening Ambarawa. Penasaran apa itu Eling Bening ?, yuk kita kupas satu-persatu.

Lokasi

Eling Bening Ambarawa terletak di wilayah Jateng, alamat lengkapnya berada di Jalan Sarjono, Bawen, Semarang Jawa Tengah. Beberapa menyebutkan wisata ini berada di kawasan bukit Ngrawan.

Teman-teman juga dapat menggunakan bantuan maps /peta maupun GPS untuk memudahkan menemukan lokasi tersebut dengan tepat. Jika merasa kurang yakin, maka dapat pula bertanya kepada warga di daerah sekitar lokasi, karena obyek ini sangat terkenal.

Pemandangannya Bagus | Instagram @suryawhutama
Pemandangannya Bagus | Instagram @suryawhutama

Berada di lahan seluas 10 ha membuat wisata ini terlihat megah, bahkan wilayah sekitarnya pun masih berupa lahan kosong. Pernah kejadian di tahun 2017 silam lahan kosong sebelah utara eling bening ini mengalami kebakaran.

Daya Tarik Eling Bening

Jika konsep tradisional seakan melekat pada wisata di Jawa Tengah, namun berbeda dengan Eling Bening yang mengusung konsep modern. Eling Bening sendiri merupakan resto keluarga dengan perpaduan pemandangan alam serta berbagai fasilitas menarik didalamnya.

BacaJuga:  Tidak Hanya di Curug Lawe, Sepanjang Perjalanan Menuju Lokasi Juga Bagus Banget Pemandangannya

Perhatian dari Eling Bening memang pada lokasi dan view berupa Danau Rawa Pening, deretan gunung seperti Merbabu, Telomoyo, Andong serta bentangan kebun kopi dan sawah sebagai pelengkapnya.

Tuh Bagus Kan? | Instagram @mangga_je
Tuh Bagus Kan? | Instagram @mangga_je

Jika kurang puas dengan menikmati pemandangan alam saja, kita juga bisa berenang, dan bermain di outbound maupun fasilitas lain yang disediakan. Dari sini saja kita mendapat double, triple, quadruple, bahkan pentuple wisata (hehe).

Selain untuk wisata, Eling Bening juga terkenal sebagai lokasi pemotretan prewedding bahkan juga untuk acara perayaan pernikahan maupun ulang tahun. Wah, benar-benar tempat yang multifungsi bukan?

Suhu di obyek wisata eling bening ini terbilang sejuk karena lokasinya di dataran tinggi. Hal ini pula yang menjadi point plus untuk Eling Bening. Tentunya dengan suhu yang sejuk tersebut, hati dan pikiran akan menjadi lebih segar ketika berkunjung.

Disisi lain, bangunan ditata sedemikian rupa dan tampilan ruangnya apik. Terlihat pada ceiling bangunan yang di desain minimalis membuatnya semakin cantik.

Fasilitas

Sisi menarik dari objek wisata dapat pula dilihat dari fasilitas yang dimiliki. Hal ini berhubungan dengan bagaimana mampu membuat wisatawan nyaman Adapun fasilitas di Eling Bening dijamin akan membuat teman-teman sangat nyaman bahkan ingin berlama-lama disini. Berikut adalah beberapa fasilitasnya :

  1. Kolam renang outdoor
  2. Restaurant
  3. Café Garden Resto
  4. Outbond
  • archery area : area untuk olahraga panahan
  • hill tracking area : area untuk menikmati pemandangan di punggungan bukit
  • flying fox : permainan meluncur dari ketinggian dengan menggunakan sling

    Futuristik | Instagram @ian_5.10
    Futuristik | Instagram @ian_5.10
  1. Play Ground (anak-anak dan dewasa)
  2. Camping Ground
  3. Taman Bunga
  4. Lokasi Selfie
  5. Meeting Room
  6. Wedding Party
  7. Stage ceremonial and shows

Menikmati pemandangan alam Semarang sangat cocok apabila ditemani dengan beberapa kuliner di restoran Eling Bening. Dapat pula bersantai merasakan suasana café alam di Café Garden. Tidak perlu takut untuk biaya, kita bisa sesuaikan dengan harga yang tertera pada daftar menunya.

Keren Ya | Instagram @ardhy_moenir
Keren Ya | Instagram @ardhy_moenir

Fasilitas permainan edukasi berupa play ground menjadi pilihan yang cocok bagi anak-anak. Selain itu fasilitas outbound tentu merupakan pilihan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai tantangan.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan malam hari di obyek wisata Eling Bening, dapat menginap dan mendirikan tenda sendiri di tempat camping khusus yakni camping ground.

Langitnya Cantik | Instagram @danarsibolang Taken By @akuruzdy
Langitnya Cantik | Instagram @danarsibolang Taken By @akuruzdy

Pengunjung juga disediakan tempat untuk menikmati pertunjukan atau hiburan saat berwisata. Tidak tanggung-tanggung, bahkan Eling Bening menyediakan lokasi khusus untuk selfie.

Lokasi yang fotoable dan Instagramable banget lho guys, hunting foto jadi sangat mudah karena banyak spot unik yang sayang untuk dilewatkan.

Rute

Jalan menuju wisata Eling Bening dapat diakses melalui beberapa jalur, diantaranya adalah :

1. Dari Kota Semarang

Wisata Eling Bening berjarak kurang lebih 36 km dari pusat kota Semarang atau sekitar 60 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Adapun rute yang ditempuh yakni Semarang – Tembalang – Gombel – Ungaran – Bawen.

Dari arah terminal Bawen langsung menuju arah Ambarawa, dimana hanya memakan waktu sekitar 5  menit  kemudian masuk Jalan Sarjono yang merupakan lokasi Eling Bening.

Adapun jika melewati jalan Tol, maka ketika keluar Tol Bawen langsung menuju arah terminal Bawen dilanjutkan ke Arah Ambarawa seperti rute diatas.

Sangat Indah | Instagram @akuruzdy Taken By @danarsibolang
Sangat Indah | Instagram @akuruzdy Taken By @danarsibolang

2. Dari Kota Salatiga, Solo

Dari kota salatiga ke Eling bening membutuhkan waktu sekitar 30 menit, hanya dengan mengikuti Jalan Surakarta- Semarang.

Persiapan Renang | Instagram @delete_dell
Persiapan Renang | Instagram @delete_dell

3. Dari Purwodadi

Jika dari Purwodadi maka rute yang diambil yakni Purwodadi – Godong – Kedung Jati – Bringin – Tuntang – Terminal Bawen – Ambarawa – Eling Bening.

Segar | Instagram @rudicayo
Segar | Instagram @rudicayo

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jadwal buka Eling Bening yakni mulai pukul 08.00 – 18.30 WIB saat weekday. Sedangkan saat weekend buka pada pukul 07.00 dan ditutup pukul 18.30 WIB. Adapun biaya di obyek wisata ini dikutip dari wisatakaka.com per Juni 2018 antara lain :

HTM Weekday : Rp 15.000

Weekend/ Holiday : Rp 20.000

Kolam renang : Rp 20.000

Menu makanan/minuman : Rp 20.000 – Rp 50.000

(Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, belum termasuk tarif lain yang mungkin dikenakan).

Objek Sekitar Eling Bening

Eling Bening juga dikelilingi oleh objek wisata lain yang tidak diragukan lagi keindahannya. Jadi wisatawan tidak perlu bingung jika ingin mengeksplorasi wisata di Ambarawa. Beberapa wisata tersebut antara lain :

  1. Wisata Apung Ambarawa
  2. Hortimart Agro Center
  3. Kampung Pelangi Bejalen
  4. Fort Willem I
  5. Monumen Palagan Ambarawa
Eksis Dulu | Instagram @andyryu.as
Eksis Dulu | Instagram @andyryu.as

Selain itu, letak Eling Bening cukup strategis yakni berdekatan dengan hotel, resort, cafe maupun penginapan serta rumah makan. Harga yang ditawarkan penginapan beragam, mulai dari 200K sampai 1 juta keatas. Sedangkan untuk rumah makan relatif lebih murah.

Kontak Eling Bening

Untuk info lebih lanjut dan terkini maupun gambar/ image terbaru lainnya, teman-teman dapat menghubungi pihak Eling bening melalui :

Nomor Telepon : 0857 – 2956 – 5656

Email : info@elingbening.com

Instagram : @wisataelingbening

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Itulah review mengenai Wisata Eling Bening Semarang. Jangan lupa untuk terus berhati-hati saat berlibur ya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur dan mohon maaf karena belum bisa memberikan denah tempat wisata ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.