Jalan Menuju Embung Batara Sriten Jogja Gunung Kidul Yogyakarta + Lokasi Wisata

Posted on
Jalan menuju embung batara sriten jogja gunung kidul lokasi wisata wonosari biaya camping denah nglipar pilangrejo kabupaten gunungkidul daerah istimewa yogyakarta akses menuju ke alamat arah makam foto gambar harga tiket masuk jalur peta puncak sejarah sunset
Embung Batara Sriten, Foto: generasirabbanigroup.blogspot.com

Lokasi: Pilangrejo, Nglipar, Kab.Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55852
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 3.000/Orang
Buka/Tutup: 05.00-18.00 WIB
Telepon:

Keindahan alam Indonesia, memang sudah tak terbantahkan keberadaannya. Dengan ribuan pulaunya yang dikelilingi samudera nan luas, ditambah lagi dengan gugusan pegunungan & hamparan hijau dari rimbunan pepohonan semakin menambah keelokan negeri ini. Namun meski demikian, bukan serta merta rakyatnya mampu hidup dalam berkecukupan.

Romantisme Embung Tertinggi Di Jogja, Foto: piknikasik.com

Salah satu masalah yang acap kali menerpa masyarakat pada musim kemarau, khususnya bagi mereka yang menempati kawasan-kawasan pegunungan karst seperti didaerah kabupaten gunungkidul, tentu sangat rentan dengan bahaya kekeringan bila tidak segera dilakukan manajemen air tanah yang lebih baik.

Embung Batara Sriten Gunungkidul, Foto: piknikasik.com

Salah satu solusi yang dilakukan oleh pemerintah, ialah dengan mendirikan beberapa instalasi retention basin atau yang lebih dikenal dengan sebutan embung atau waduk. Tercatat di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, terdapat beberapa embung atau waduk yang di antaranya seperti Embung Langensari yang dibangun di pusat kota jogja, kemudian Waduk Banjaroya (kalibawang), Waduk Sermo, serta embung kleco yang berada di wilayah Kulon Progo, serta embung kaliaji, waduk tambakboyo, Embung Serut Sukunan, hingga embung krapyak yang berada di wilayah Sleman.

Puncak Bukit, Foto: piknikasik.com

Sementara untuk daerah gunung kidul sendiri, terdapat 2 embung yang bernama waduk batara sriten & juga Waduk Nglanggeran. Kedua tempat ini, sama-sama berada di atas bukit dengan daya tariknya masing-masing, selain memiliki fungsi sebagai wadah penampungan air bagi masyarakat, ternyata waduk ini juga banyak di jadikan sebagai tempat wisata.

Sebuah Embung di Atas Awan, Foto: jarangpanas.com

Keindahan Embung Batara Sriten

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai embung yang memiliki nama unik & tengah hits diberbagai kalangan yakni embung batara sriten. Embung atau waduk yang lokasinya tepat di bagian utara kota wonosari ini, bila dilihat sekilas dari gambar yang banyak bertebaran di google maupun Instagram ini, nampak seperti sebuah kolam renang pribadi dari sebuah resort dengan denahnya yang berada di atas bukit.

Pemandian Para Dewa di Gunung Kidul Yogyakarta, Foto: reservasi.com

Namun nyatanya tempat ini merupakan sebuah waduk, yang dipergunakan untuk pengembangan kawasan agrowisata serta pencegah kekeringan bagi warga sekitar. Meski di waduk yang memiliki alamat lengkap di kecamatan Nglipar atau lebih tepatnya di desa Pilangrejo ini terdapat sebuah makam atau lebih tepatnya petilasan yang diyakini peninggalan kerabat kasultanan, namun nyatanya hal tersebut bukan lah halangan bagi wisatawan untuk berkunjung ketempat yang satu ini.

Papan Menuju Embung, Foto: jarangpanas.com

Konon menurut warga sekitar, petilasan tersebut memiliki sejarah sebagai tempat penanda moksa dari Syech Wali Jati di masa lalu. Bagi yang belum tahu, mungkin menganggap penamaan Batara sriten ini sebagai bagian dari kisah pewayangan, namun ternyata nama Batara Sriten sendiri di ambil dari penggalan kata untuk kawasan pegunungan BATuragung utARA yang berada pada kawasan Padukuhan Sriten, sehingga bila digabung menjadi Batara Sriten.

Pemandangan Embung Yang Indah, Foto: larisahomestay.com

Embung Batara Sriten ini berdiri di atas tanah dengan ketinggian 859 mdpl, pada puncak pegunungan yang penggalan namanya dijadikan nama tempat ini. Embung yang dibangun menggunakan tekhnik geo membran ini, memiliki beberapa kelebihan & kekurangan tersendiri. Untuk kelebihannya sendiri, salah satunya ialah tahan dari asam sulfat serta elongasi akibat deformasi tanah disekitarnya.

Sementara salah satu kelemahannya sendiri, yakni kurang tahan terhadap penetrasi fisik sehingga wajar apabila anda tidak mendapati adanya ikan ditempat ini & hanya terlihat beberapa berudu saja. Embung ini sendiri, diresmikan oleh sang gubernur yakni Sri Sultan HB X pada September 2014 silam. Berhubung waduk ini berada diketinggian, maka otomatis hawa disekitar embung pun terasa cukup dingin menusuk terutama bila angin sedang kencang-kencangnya.

Harga tiket masuk

Bagi anda yang ingin berkunjung ke embung batara sriten ini, cukup mengeluarkan uang sebesar 3.000 rupiah saja untuk biaya harga tiket masuk perorangnya. Beberapa pengunjung yang datang ketempat yang satu ini biasanya memanfaatkan tempat ini untuk melakukan olahraga dirgantara seperti gantole, paramotor maupun paralayang.

Tempat Wisata di Jogja, Foto: wartasolo.com

Namun bagi anda yang tidak hobi dengan olahraga dirgantara, tidak perlu berkecil hati. Karena ditempat ini anda dapat melakukan beragam aktivitas lainnya seperti hunting foto dengan beragam spot kece yang menyajikan panorama landscape dari deretan pegunungan di gunungkidul,kota jogja & klaten,hingga berburu sunrise maupun sunset di tempat ini.

Sementara bagi anda yang kurang hobi berfoto ria, anda juga bisa memanfaatkan tempat yang satu ini untuk camping bersama kawan-kawan atau sekedar melakukan hammocking di pepohonan yang ada di kawasan ini.

Rute & Tips menuju Embung Batara Sriten

Sayangnya akses menuju ketempat yang satu ini lumayan curam & butuh kehati-hatian, terutama bagi anda yang menggunakan motor matic perlu sedikit usaha ekstra guna mengurangi over heat pada bagian disc brake mengingat motor anda tidak memiliki engine brake selayaknya motor gigi. Meski demikian panorama alam yang tersaji terutama saat sunset, tak menghalangi minat para pengunjung untuk datang ketempat yang satu ini, terbukti dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung terutama di pagi atau sore menjelang sunset.

Sekedar tips bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan non offroad baik itu motor maupun mobil, ada baiknya menghindari kunjungan pada saat curah hujan tinggi. Sebab bisa jadi beberapa bagian jalan tertutup oleh lumpur yang ada & akan sangat licin, kemudian cek kondisi kendaraan yang anda gunakan agar berada dalam keadaan terbaik, terakhir khusus bagi yang datang hanya berdua saja usahakan keluar dari kawasan ini sebelum terlalu larut karena jalan pada kawasan ini relatif sepi.

Trip ke Embung Batara Sriten, Foto: superadventure.co.id

Untuk menuju ketempat ini dari kota Yogyakarta anda dapat menggunakan jalur ke arah Jalan wonosari, kemudian menuju piyungan & patuk hingga tiba di pertigaan sambipitu. Dari situ anda dapat berbelok ke kiri & terus mengikuti petunjuk jalan hingga tiba di pertigaan besar yang letaknya sebelum pasar nglipar & berbelok ke arah kiri, patokan selanjutnya ialah berbelok kiri pada pertigaan selepas kantor kades Pilangrejo dengan jalanan menanjak & berupa coran berbatu hingga tiba di Embung batara sriten.

Sedangkan untuk lebih mudahnya, anda dapat menggunakan aplikasi peta pada smartphone anda menggunakan link yang berada di deskripsi pada awal artikel. Jadi? Tunggu apa lagi? Yuk lepaskan penat & lelahmu di tempat dengan panorama seindah di embung batara sriten ini! jangan lupa abadikan momen spesialmu ditempat ini & bagikan pengalamanmu untuk membantu meningkatkan wisata lokal. Yuk visit jogja!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *