Mau Sewa Gedung di Empire Palace Surabaya? Berapa Harganya?

Posted on
Mau Sewa Gedung di Empire Palace Surabaya? Berapa Harganya?
5 (100%) 2 votes
gambar by rizkyymauludi.wordpress.com

Lokasi: Jl. Blauran No. 57-75, Genteng, Sby, Jawa Timur 60262
Map: Klik Disini
HTM: –
Buka/Tutup: 08.00-20.00
Telepon: 0315329999

Kota Surabaya yang merupakan kota metropolitan dan kota terbesar kedua setelah Jakarta, pasti banyak tersebar gedung-gedung pencakar langit. Baik pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, hingga kompleks apartemen atau hotel.

Adanya tempat-tempat tersebut sepertinya telah menjadi suatu keharusan yang harus dimiliki sebuah kota metropolitan tentunya. Selain itu, kota akan dihiasi dengan kemacetan pada jam-jam dan hari tertentu.

Lorong Hotel, Foto: viva.co.id

Dari sekian banyak gedung-gedung megah yang tersebar di Surabaya, ada sebuah hotel dengan konsep mansion, terletak di jalan Blauran, Surabaya, yaitu The Empire Palace Surabaya. Namanya saja sudah terdengar megah.

Bila dilihat dengan seksama, lokasi hotel ini termasuk unik, dia berdiri dengan megahnya di tengah-tengah masyarakat suburban Surabaya. Seolah menunjukkan kemegahan yang tiada bandingannya, dan berbanding terbalik dengan kehidupan yang di sekitarnya.

Apa yang menjadi kebanggan dari hotel The Empire Palace yang berada di ibukota Jawa Timur ini? Pastinya seni arsitektur yang tertuang di building ini. Mengambil gaya empire klasik atau gaya kekaisaran.

Model bangunannya memang mengacu pada model istana zaman dahulu atau zaman kerajaan di Eropa. Tak hanya tampak dari luar, interior serta arsitektur dalam ruangan pun di buat dengan gaya klasik.

Pastinya sang arsitek memiliki alasan tersendiri untuk mendirikan bangunan dengan gaya kaisar klasik. Selain memberikan tantangan tersendiri pada arsiteknya, juga ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang pernah ada sebelumnya.

Berdasarkan pemikiran dan perencanaan yang matang, akhirnya dibuatlah skema serta denah untuk pendirian The Empire Palace ini.

Dekorasi Pernikahan, Foto: tripadvisor.com

Sejarah Berdirinya

Asal-muasal didirikannya bangunan megah The Empire ini adalah dari sebuah tanah kosong yang sebelumnya akan dibangun sebuah ruko.

Namun, pemiliknya tidak ingin selalu membangun ruko, beliau ingin bangunan yang tampil beda dan mungkin lebih menjual lebih.

Akhirnya sang pemilik tanah, yang mana juga seorang arsitek langsung, desainer langsung dari pendirian The Empire ini, memutuskan untuk mendirikan sebuah istana atau mansion khas emperial klasik.

Arsitek yang merancang langsung the Empire adalah Trisulowati Yusuf atau lebih dikenal dengan nama panggilan Chin chin. Bangunan megah ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2007.

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Tiban di Malang Turen Jawa Timur, Youtube + Sejarah Misteri

Cerita yang ada dibaliknya mungkin sama dengan para pengusaha properti. Banyak yang mencibir tentang rencananya yang akan membangun sebuah istana di tengah kota.

Beliau pun tetap mendapat cibiran hingga hotel dibuka untuk umum, bahkan setelah para pencibir itu setelah menginap di hotel itu pun tetap banyak yang mencibir.

Gedung Empire Palace, Foto: garnesia.com

Alasannya macam-macam, menurut penuturan Chin chin sendiri adalah mulai dari bentuk bangunan, makanan yang kurang enak, sound system yang kurang pas, hingga pelayanan yang kurang baik.

Namun, beliau tidak hiraukan hal tersebut, dan tetap membangun serta memberikan yang terbaik.

Mengenai konsep gaya empire yang dibawa adalah nuansa bangungan kekaisaran sekitar tahun 1804-1814, dimana masa ini menunjukkan seni bangunan dengan kombinasi kebesaran militer Roma dan Mesir Kuno serta seni arsitektur dari Yunani.

Gaya arsitektur inilah yang ditampilkan di setiap ruang atau hall hingga ballroom yang terdapat di the Empire. The Empire Building sendiri dibangun di atas sebuah lahan seluas 7000-8000 meter persegi. Cukup luas untuk membangun istana di tengah kota.

Sisi Samping, Foto: tripadvisor.com

Bila masuk ke dalam empire palace, rasanya seperti berada dalam sebuah dome, begitu besar dan luas hall yang ada di dalamnya. Daya tampungnya bisa mencapai kapasitas hingga 4000 orang.

Oleh karenanya sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara atau event tertentu. Salah satunya adalah acara pernikahan. Pihak hotel bahkan menetapkan tarif untuk melangsungkan acara pernikahan di sini.

Harga Sewa gedung

Ada wedding package, sebuah paket acara pernikahan yang dapat ditawarkan pada calon pengantin. Sekaligus untuk sesi foto atau video prewed yang cocok dilakukan di the empire palace.

Bila, ada yang berminat dapat langsung menghubungi contact person yang bertanggung jawab untuk info mengenai harga sewa gedung, biaya paket pernikahan, hingga fasilitas yang disediakan terhadap wedding package yang ada.

Pintu Masuk, Foto: tripadvisor.com

Kasus

Penyebabnya adalah adanya kasus sengketa antara Chin chin dengan mantan suaminya Gunawan. Menyebabkan operasional hotel harus ditutup untuk sementara.

Aktivitas yang berlangsung dibekukan dan ditutup dalam batas waktu yang belum ditentukan, hingga kasus sengketa yang berlangsung selesai.

Akibat dari dibekukannya aktivitas di the Empire, para staf pun terpaksa harus mencari lowongan pekerjaan lainnya. Tentunya memberikan ketidak-nyamanan sendiri terhadap anggota staf.

BacaJuga:  10 Gambar Tugu Pahlawan Surabaya, Sejarah Monumen Revolusi + Letak Alamat Tempo Dulu

Mungkin untuk pasangan yang akan melangsungkan jadwal menikah di hotel, dapat mencari hotel di dekatnya, atau mencari referensi lainnya untuk ballroom hotel yang dapat digunakan.

Sedangkan untuk pengunjung yang mungkin sudah terlanjur booking hotel untuk menginap, dapat mencari hotel lainnya. Beberapa pilihannya tersedia di agoda, lengkap dengan informasi yang disediakan terkait hotel.

Pemandangannya Menawan, Foto: beritajatim.com

Walaupun demikian, proyek The Empire Palace sendiri adalah kebanggaan yang dimiliki Chin chin.

Beliau memulai usahanya dari nol, mengerjakan desain serta merancang arsitektur dilakukan langsung oleh Chin chin, tanpa adanya bantuan dari siapapun, seperti bantuan arsitek asing.

Beliau berprinsip bahwa dirinya ingin memberikan kontribusinya dalam hal arsitektur yang dapat dibanggakan di Surabaya, dan untuk kontribusi lebih besar terhadap Indonesia.

Chin chin memang memiliki background pendidikan arsitek. Beliau lulus dari UK Petra dan pernah bekerja dalam bisnis developer di kota Karawang. Beliau juga sudah sering merancang bangunan, baik untuk bosnya maupun teman-temannya.

Secara khusus, dirinya memang sangat tertarik dengan gaya arsitektur klasik, dan itu diwujudkan dalam bangunan yang dirancangnya sendiri, The Empire Palace.

Gedungnya Megah, Foto: panoramio.com

Hotel Surabaya

Menjadi bagian dari beberapa hotel megah di Indonesia, khususnya kota Surabaya, tentunya memberikan kebanggan tersendiri terhadap Chin chin.

Namun, bagaimana jika di antara hotel-hotel itu menyimpan cerita misteri, sehingga menimbulkan kesan angker saat masuk ke dalamnya.

Ada memang beberapa hotel di Suabaya yang dikatakan angker oleh sebagian masyarakat. Dikatakan angker, karena telah ada penuturan dari para saksi terhadap kejadian yang dialami langsung.

Selain itu juga memang ada cerita misteri di balik hotel yang dimaksud itu. Beberapa hotel-hotel yang dianggap angker tersebut, masih beroperasi aktif hingga saat ini.

Mungkin adanya kisah misteri dibaliknya, meyebabkan minat kunjungan di hotel meningkat.

Hotel di Surabaya yang dianggap angker adalah hotel Majapahit, Surabaya Suites Hotel, Garden Palace hotel, dan beberapa hotel lainnya yang dianggap misterius serta memberikan kesan angker.

Untuk Surabaya suites hotel yang sebelumnya bernama Hotel Surabaya Plaza, memang ada beberapa cerita tentang penampakan di sekitar gedung hotel. Alamat atau lokasinya tepat di belakang Delta Plaza yang juga memiliki kisah misteri sendiri.

Namun, bagaimanapun juga alangkah bijaknya bila melihat atau merasakan sendiri, apakah benar hotel tersebut horor atau angker, karena menurut penuturan para tamu hotel, mereka biasa saja dan tidak mendapati pengalaman misterius apapun.

BacaJuga:  Yuk! Jelajahi 10 Kuliner Bakso Ciptaan Arek Suroboyo

Begitu juga yang diceritakan oleh petugas hotel. Jadi tidak langsung menyebarkan gosip yang tidak benar.

Lokasi di Tengah Kota, Foto: josstoday.com

Hotel Majapahit yang memiliki kisah misteri juga dianggap angker. Berbeda dengan pengelola Surabaya Suites Hotel yang menurut petugas hotel sendiri, tidak ada kejadian misterius apapun di hotelnya.

Hotel Majapahit ternyata memiliki kisah misterius dan ada hal-hal tertentu yang harus dipatuhi para tamu hotel, supaya tidak diganggu oleh para hantu.

Hotel yang memiliki nama lain Hotel Orange ini memang bangunan bekas pemerintahan Belanda tempo dulu. Hingga saat ini tetap dijaga ciri khas bangunannya dan telah menjadi bagian dari tempat cagar budaya di Surabaya.

Peraturan yang harus dipatuhi oleh para tamu hotel yang menginap di sini adalah tidak diperkenankan untuk berjalan-jalan di area koridor hotel.

Karena menurut petugas hotel, ada penampakan hantu Belanda yang juga berjalan-jalan di koridor, ada juga yang sedang berdansa. Cukup menegangkan ya.

Suasana Dalam Gedung, Foto: tripadvisor.com

Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati atau selalu menjaga lisan serta perbuatan di manapun Anda berada, bahkan ketika menginap di hotel sekalipun. Anda tidak akan pernah tahu, apa yang akan terjadi selanjutnya.

Selamat berlibur di jalanan seru sby. Jangan lupa bawa peta atau gunakan google map, bila Anda benar-benar baru berkunjung ke kota ini. Selalu abadikan momen Anda semua dalam gambar atau foto yang menarik.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.