10 Gambar Taman Bambu Tangerang, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka + Jalan Menuju Wisata

Posted on
10 Gambar Taman Bambu Tangerang, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka + Jalan Menuju Wisata
3.8 (76.67%) 6 votes

Lokasi: Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 07.00-22.00
Telepon:

foto by newsmedia.co.id

Tangerang adalah kota paling besar di Provinsi Banten serta tiga terbesar di wilayah Jabodetabek, setelah Jakarta dan Bekasi. Selain menjadi sentra perindustrian, ia juga menawarkan beragam destinasi wisata.

Salah satunya Taman Bambu. Sepertinya Tangerang tidak mau kalah dengan Lembang, Bandung yang memiliki Dusun Bambu.

Jika membicarakan bamboo park, tentu sebagian dari Anda tidak asing dengan Hutan Bambu Arashiyama di Kyoto, Jepang. Tempatnya sangat luas dan cantik, apalagi wisatawan tidak dipungut biaya untuk memasukinya.

Sehingga, wajar bila ia kerap diincar oleh turis lokal maupun mancanegara. Bukti keindahan The Bamboo Forest of Arashiyama dapat Anda lihat dari foto atau gambar yang beredar di internet.

foto by palapanews.com

Bagi yang pernah mengunjungi hutan bambu itu, pasti merasa berada di dunia lain ketika melintasinya. Mungkin dari mulut mereka akan terlontar kalimat “Its amazing!”. Atmosfer yang dihasilkan pun berbeda, begitu tenang dan memanjakan.

Dari segi popularitas, Bamboo Park memang kalah. Tapi, ia layak menjadi alternatif tempat berlibur warga Tangerang dan sekitarnya.

Keindahan Taman Bambu Tangerang

foto by instagram.com/wulandaritng/

Taman Bambu. Keyword itu bisa mengarah ke iklan jual-beli rumah minimalis di Cluster Taman Bambu Dasana Indah, Jalan Perintis IV Blok SC8 No. 11 A, Bojongnangka, Kelapa Dua, Tangerang atau jasa tukang bambu.

Tapi, yang hendak dibahas dalam artikel ini ialah selingkung keistimewaan objek wisata di kota yang menjadi penyangga Ibukota tersebut.

Taman tematik itu dibangun oleh DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan) Kota Tangerang yang bekerja sama dengan Komunitas Bambu Nusantara. Ia membawa konsep eduwisata, sehingga pengunjung bisa berwisata sambil menambah wawasan.

Edukasi yang diberikan ialah mengenai jenis dan nilai ekonomis dari Bambu. Sebab, selama ini pengetahuan masyarakat masih minim tentang macam-macam bambu serta manfaatnya, seperti dijadikan alat musik, peralatan rumah tangga hingga kuliner.

BacaJuga:  10 Gambar Telaga Biru Cianjur, Lokasi Alamat, Misteri Mitos, Hotel di Sekitar + Jalan Menuju Wisata

Atau bisa juga untuk membuat jembatan artistik, seperti di Pulau Orangutan Haven, Sibolangit, Deli Serdang, Sumut.

Selain menanam aneka bambu, DKP juga membangun rumah oksigen multifungsi yang semua konstruksinya memakai bahan tanaman bernama lain buluh tersebut. Desain arsitekturnya sangat keren dan unik.

Dijamin pengunjung akan merasakan suasana pedesaan nan alami, asri dan sejuk, meski di luar matahari sedang terik-teriknya.

Daya tarik lainnya adalah hiasan lampion serta jembatan dari buluh yang bisa dijadikan background selfie.

Selain itu, ada beberapa ornamen seni berupa patung wanita setinggi 2 meter yang menari Lenggang Cisadane, orang sedang mengayuh sepeda, perahu kayu dan masih banyak lagi.

Lokasi Taman Bambu Tangerang

Alamat Taman Bambu ada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten. Letaknya berseberangan dengan Taman Potret Cikokol. Ia juga hanya berjarak sekitar 18 km dari BSD City.

Bila dari Jakarta, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi melalui Jalan Raya Pantura atau Jakarta Inner Ring Road. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi adalah 50-60 menit.

Harga Tiket dan Jam Buka Taman Bambu Tangerang

Untuk masuk ke Bamboo Park, pengunjung tidak diwajibkan membeli tiket dengan harga yang mahal. Tapi, diminta membayar retribusi parkir sekitar Rp2.000,-/motor dan Rp5.000,-/mobil. Objek wisata ini sendiri buka dari jam 07.00-22.00 WIB.

Taman Bambu di Indonesia

Selain Tangerang, beberapa kota di Nusantara berikut juga memiliki taman serupa:

Sentul

foto by iradiofm.com

Dinamakan Taman Eco Art Park, RTH (Ruang Terbuka Hijau) di Sentul City, Bogor ini mengusung konsep green property.

Ia dibagi menjadi dua wilayah, yakni Science Garden atau Taman Ilmu Pengertahuan yang digunakan untuk memberi edukasi pada masyarakat tentang energi dan Sculpture Garden EcoArtPark untuk memajang aneka karya seni, khususnya patung.

Jakarta Timur

foto by kelurahansetucipayung.wordpress.com

Taman bambu ini berlokasi di Jalan Pagelarang, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI (Daerah Khusus Ibukota), cukup dekat dari rumah SBY.

BacaJuga:  20 Restoran Tempat Makan di Tangerang Daerah Kota, Selatan, City Mall, Serpong, Pasar Lama, BSD Yang Murah Unik Dengan View Bagus

Jaraknya dari Area Hijau Pondok Gede, Bekasi kurang lebih 8 km bila ditempuh melalui Jalan Raya Jatiwaringin dan tidak terlalu jauh dari perempatan Sumir. Bisa diakses dari Indraloka Ceger, Cilangkap, Cimahi dan Bogor.

Kawasan ecoatpark di Jaktim tersebut menjadi alternatif selain Taman Bambu Larangan, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Ia sangat cocok dijadikan tempat rekreasi dan berolahraga karena udara yang dihasilkan amat sejuk.

Ia juga kerap digunakan oleh warga Lubang Buaya untuk nongkrong, terutama menjelang sore hari. Fasilitas yang dimilikinya cukup lengkap, antara lain taman bermain tangga-tanggaan, perosotan, gazebo dan lain-lain.

Jogja

foto by pakettourjogja.com

Kawasan ecopark ini beralamat di Dusun Sermo Tengah, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Jogja. Ia menyuguhkan sesuatu nan unik, yakni area terapung dengan rakit yang dibuat di atas tong plastik serta diikat menggunakan rangka besi.

Tidak cuma itu, terdapat pula aneka tanaman dengan pot lucu pada area utama. Pengunjung juga bisa duduk-duduk di bangku yang berkonsep natural dan alami.

Kudus

foto by socimage.net

Bernama Pring Kuning, bamboo park yang satu ini terletak di Jalan Bambu Kuning I, Loram Kulon, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Ia menyajikan bermacam-macam buluh, mulai dari Indonesia, Jepang hingga Cina.
Selain menambah ilmu, pengunjung dapat melepas kepenatan di area taman kecil dan menikmati momen-momen tenggelamnya sang surya menjelang senja.

Malang

foto by bisniswisata.co.id

Dikenal dengan nama Bon Pring Andeman, taman ini berada di daerah Turen, Malang. Ia dilengkapi dengan berbagai wahana permainan, seperti air mancur dan flying fox, sehingga bakal menambah seru liburan Anda.

Surabaya

foto by republika.co.id

Hutan bambu yang terletak di Keputih, Sukolilo, Surabaya ini kerap dijadikan spot foto oleh para instagramer. Sekilas ia memang mengingatkan kita akan The Bamboo Forest of Arashiyama, dikelilingi pohon-pohon bambu nan rindang dan asri.

Selepas dari sana, pengunjung bisa mampir ke Taman Sakura yang terletak di seberangnya. Ia menawarkan pemandangan bunga hias seluas 100 meter.

BacaJuga:  10 Daftar Mall Terbesar di Kota Cilegon, Ada Tempat Makan dan Bioskopnya

Karangasem dan Bangli

foto by bali.panduanwisata.id

Bali juga memiliki destinasi yang mengusung tema serupa, seperti Rumah Bambu Pengalon, Karangasem dan Hutan Bambu Penglipuran, Bangli.

Untuk yang terakhir kerap dijadikan lokasi pre wedding karena panorama yang dihadirkan oleh perpaduan hijaunya bambu jenis apus dan tanah merah dengan jalan setapak dari batu terlihat amat eksotis.

Ada pula tempat lain dengan nama serupa, yakni Warung Taman Bambu yang terletak di Jalan Palawa, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Selain daftar tersebut, Anda juga bisa menjumpai Taman Bambu Cendani yang berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

Lalu, di Jember yang sebagian telah dirubah menjadi kawasan cluster perumahan serta dimanfaatkan sebagai salah satu fasilitas sosial dan fasilitas umum.

Dan di Desa Sumbermujur, Candipuro, Lumajang yang menghadirkan 250 jenis bambu, mulai dari petung hijau, ori, petung ungu, apus, ampel kuning dan sebagainya.

Dengan bertambahnya taman tematik sekarang ini, pemerintah berharap Tangerang bisa menjadi destinasi yang layak bagi masyarakat dan wisatawan dari luar daerah. Tentu ia tidak hanya menjadi identitas kota dan area rekreasi, melainkan sebagai paru-paru kota yang dapat mengurangi polusi udara.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.