Gardu Pandang Tieng, Melihat Terbit dan Terbenamnya Sang Mentari

Posted on
Gardu Pandang Tieng, Melihat Terbit dan Terbenamnya Sang Mentari
Rate this post

Alamat: Jl. Raya Dieng, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354, Indonesia
Peta Online/Google Maps: Klik DiSini
Jam Buka-Tutup: 24 jam
Harga Tiket Masuk (HTM): Senin-Jumat Rp.7.500; Sabtu-Minggu Rp.8.500

foto by instagram.com/novemlawalata/

Kawan, kali ini kita akan membicarakan salah satu lokasi wisata yang sering sekali dikunjungi di kawasan Jawa Tengah. Tahukah sobat mengenai kawasan Dataran Tinggi Dieng? Pasti tahu bukan? Tempat ini memang sangat terkenal dengan wisata alam, budaya, serta sejarah.

Nah, kira-kira ada apalagi ya di kawasan Dieng tersebut? Yuk kita cek sama-sama.

Lokasi Wisata

foto by instagram.com/lukitap15/

Kali ini kita sedang membicarakan tentang Gardu Pandang Tieng. Beberapa wisatawan juga menyebutnya dengan nama GPT, akronim dari nama aslinya. Lokasinya yang strategis juga membuat Gardu Pandang Tieng disukai oleh pengunjung.

Rekan-rekan bisa menemukannya di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar. Daerah ini memang cukup dekat dengan Kabupaten Wonosobo dengan terletak di ketinggian mencapai 1789 mdpl. Jalan untuk mencapainya memang menanjak cukup tinggi kawan.

foto by instagram.com/safaratourtravel/

Rekan-rekan juga tidak membutuhkan waktu perjalanan yang lama kita berkendara dari Wonosobo. Cukup dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit saja, kita akan menemukan bangunan dengan arsitektur mirip dengan gazebo ini.

Daya Tarik Wisata

Orang-orang sering mengatakan bahwa lokasi ini adalah tempat kenangan dan favorit wisatawan asing. Lokasi ini sangat padat pengunjung, baik dari dalam wilayah ataupun luar. Bahkan ketika subuh saja sudah ada loh yang datang ke tempat ini untuk menikmati sunrise.

foto by instagram.com/iissetiawan/

Ketika rekan-rekan datang ke sini, kita akan disuguh oleh pemandangan perbukitan dengan berselimutkan kabut tipis di sebelah timur. Beberapa kilometer di bawah Gardu Pandang juga terdapat kawasan pedesaan dengan rumah yang beratapkan seng hitam.

BacaJuga:  10 Gambar Candi Asu Magelang + Sejarah Peninggalan Kerajaan Didirikan Oleh?

Tolehkan kepala sobat ke sebelah selatan, maka kegagahan Gunung Sindoro beserta dengan Desa Tieng akan menyambut kita. Sobat juga akan merasakan sensai ‘negeri di atas awan’ karena letak Dataran Tinggi Dieng memang seringkali terselimuti awan tebal.

foto by instagram.com/teter_alhasan/

Rupanya kawan, lokasi ini sering menjadi tempat penyambutan tamu-tamu penting di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Contohnya ketika Kabupaten ini sedang kedatangan tamu 7 Duta Besar beberapa negara, Gubernur, serta orang-orang penting lainnya.

Salah satu penarik wisata di tempat ini adalah Golden Sunrise Dieng. Banyak sekali fotografer serta videographer yang berlomba-lomba untuk mengabadikan momen indah ini. Bahkan keindahannya diklaim tidak kalah dengan lokasi luar negeri.

foto by instagram.com/ayodolan_wonosobo/

Golden Sunrise Gardu Pandang Tieng ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Sunrise di tempat ini benar-benar bisa menampilkan warna keemasan matahari dan keindahan yang tiada taranya. Pengunjung juga lebih mudah loh untuk meng-capture momen ini, tinggal panjat gardu saja.

Cukup dengan memarkir kendaraan di kawasan parkir tanpa harus menaiki bukit dan berlomba-lomba dengan waktu. Sembari melihat Golden Sunrise, kita juga akan menikmati pemandangan serta udara khas pegunungan Dieng yang sejuk.

foto by instagram.com/wonosobo_asr/

Satu hal yang perlu menjadi catatan bagi pengunjung Gardu Pandang Tieng adalah cuaca. Seperti kawasan pegunungan lainnya, udara serta kondisi cuaca di Gardu Pandang Tieng tidak menentu. Terkadang bisa mendapatkan kondisi yang cerah, namun juga kadang tiba-tiba berawan.

Bila cuaca sedang cerah, kita tentu akan bisa mendapatkan keindahan alam yang tiada bandingnya. Lalu, bila cuaca sedang berkabut atau berawan bagaimana? Tenang kawan, kita juga bisa kok menenangkan diri di tempat ini sambil menikmati kesejukan udaranya.

Seperti disebutkan di atas, pemandangan alam memang hal yang sangat dinantikan oleh pengunjung. Kita akan bisa menikmati pemandangan Gunung Prau, Gunung Sindoro, Bukit Sikunir, serta juga keindahan Gunung Pakuwojo.

BacaJuga:  Wisata Pantai Pasir Putih Karang Jahe Kota Rembang
foto by instagram.com/martini_devi/

GPT juga disebut-sebut sebagai lokasi terbaik untuk menikmati kegagahan Gunung Sindoro loh. Gunung yang berdiri di sekitar kawasan Wonosobo-Dieng ini bisa tampak dengan jelas, termasuk juga hamparan sawah dan ladang di sekitarnya.

Bila cuaca sedang cerah dan beruntung, rekan-rekan juga bisa melihat deretan tebing pegunungan Dieng yang tertata oleh banyaknya tanaman, sawah dan ladang. Komoditas utama yang dihasilkan oleh kawasan ini adalah kentang.

foto by instagram.com/nvtr_fbrry/

Sobat juga bisa loh untuk sekita datang ke petani dan membeli kentang dengan cara langsung dari mereka. Harganya tentu lebih murah bila dibandingkan dengan ketika berada di pasaran.

Fasilitas Wisata

Rekan-rekan yang hendak datang ke GPT, selain menikmati pemandangan juga bisa loh sekaligus mencicipi aneka kuliner khas di Pegunungan Dieng. Kita bisa mencicip kopi khas daerah tersebut atau yang juga biasa disebut dengan Purwaceng.

foto by instagram.com/jateng.keren/

Dijamin kita akan betah, bersantai meminum kopi yang hangat, di tengah udara dingin dan ditemani pemandangan indah. Selain itu, rekan-rekan juga bisa menilik para petani yang meladang serta membeli hasil pertanian mereka.

Dipersilakan juga kok kalau rekan-rekan ingin membawa makanan ataupun minuman sendiri dari rumah dan menikmatinya di GPT. Di tempat ini juga terdapat beberapa warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman. Tersedia juga toilet serta area parkir kendaraan.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  10 Villa Disewakan Daerah Magelang, Harga Termurah Rp.135.000

One thought on “Gardu Pandang Tieng, Melihat Terbit dan Terbenamnya Sang Mentari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.