6 Pesona Geopark Ciletuh Sukabumi, Rugi Kalau Tidak Kesini

Diposting pada
foto by sportourism.id

Indonesia adalah negara yang memiliki pesona alam dan pemandangan yang tidak akan pernah berhenti soal pariwisata. Selalu ada saja, keindahan-keindahan yang dihadirkan oleh negeri ini. Salah satunya adalah Geopark Ciletuh.

Kenapa harus Geopark Ciletuh? Ada beberapa alasan mengapa kita wajib pergi ke Geopark Cietuh. Di bawah ini adalah alasan mengapa kita diwajibkan untuk datang dan menikmati keindahan dari negeri sukabumi ini.

foto by travel.kompas.com

1. Mendapat Pengakuan Unesco

Geopark Ciletuh merupakan geopark di Indonesia yang mendapatkan pengakuan dari Unesco sebagai warisan dunia. Inilah mengapa banyak wisatawan mengunjungi objek wisata yang jadi unggulan jawa barat.

2. Hadir dengan 9 Air Terjun

Total luas area Geopark ini mencapai 1.261 km persegi, mencakup 8 kecamatan. Dengan luas yang begitu fantastis. Tidak heran bila pesona air terjun di geopark ciletuh cukup banyak dan semuanya mempunyai keindahan tersendiri.

Setidaknya ada 9 air terjun yang tersembunyi di sini. curug cimarunjung adalah curug yang bisa diakses. Ada juga curug sodong, cikanteh dan juga awang yang patut untuk dikunjungi.

Geopark Ciletuh memang memiliki luas kawasan yang cukup besar. belum semua curug bisa ditemukan dan mudah dilalui aksesnya. Oleh karena itu, mengeksplore objek wisata ini sangat menyenangkan.

3. Pantai Cantik Nan Menggoda

Jangan hanya fokus kepada air terjunnya saja. objek wisata ini hadir juga dengan pantai-pantai yang menggoda lho. Pasir nan mengesankan dan masih terkesan alami serta asri menjadi daya tarik tersendiri.

BacaJuga:  10 Cafe Instagramable di Bogor Ini Sedang Banyak Diincar Oleh Pemburu Feeds Instagram!

Pantai yang paling ternama disini adalah pantai palangpang. Disini hadir tempat pelelangan ikan dan jadi rumah nelayan yang hadir dengan berbagai macam pesona kapal nelayan nan esentrik.

4. Perbukitan yang Membuat Mata Enggan Berkedip

Air terjun sudah, pantai sudah, saatnya pergi ke atas puncak. Dimana, objek wisata ini memiliki area perbukitan dan tebing yang tak kalah menggodanya. Pemandangan sawah dan bangunan rumah seakan menjadi sajian yang tak boleh dilewatkan.

Kita bisa mengunjungi tebing panenjoan. Berada di atas ketinggian 300 mdpl. Nuansa dan suasananya benar-benar memanjakan kita semua. Cocok bagi kita yang ingin meluruhkan segala penat dan beban pekerjaan yang menumpuk.

Tebing panenjoan juga sudah tersedia fasilitas gardu pandang. Sehingga, untuk urusan selfie kita tidak perlu takut. Menariknya lagi kita akan disuguhkan amfiteater raksasa ciletuh dari sini.

5. Penginapan yang Terjamin

Setelah puas berkeliling naik turun gunung dan juga pantai, pasti rasa lelah akan sangat terasa. Nah, di sekitar geopark sudah ramah akan penginapan lho. Jadi, kita tidak perlu jauh-jauh dan susah-susah mencari tempat untuk istirahat.

6. Tempat Persembunyian Batuan Purba

Geopark Ciletuh memiliki sebuah batuan purba yang konon katanya menjadi cikal bakal terbentuknya pulau jawa. Nah, bebatuan ini ada di curug awang. Disini pula, kita bisa melihat sebuah persembahan alam nan menarik.

Pesonanya seperti air terjun Niagara tingginya mencapai 40 meter dengan lebar mencapai 60 meter. alirannya benar-benar hampir sama persis. Tetapi, bila dilihat lebih jauh penampakan curug awang lebih mempesona daripada Niagara.

Kita juga bisa menikmati curug ini dari atas lho. Dengan berjalan menuju ke atas. Menggunakan jalan setapak. Setelah sampai jangan harap kita bisa berkedip karena pesona tidak bisa diungkapkan dengan kata.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Venetian Water Carnaval Bekasi, Wahana Kolam Renang Waterpark + Alamat Lokasi

Inilah dia keindahan Indonesia yang sebenarnya. Pesonanya memang tiada duanya, apalagi geopark ciletuh ini. Jadi, kapan nih kita bisa trip bersama ke objek wisata yang menjadi kebanggaan warga jawa barat ini?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.