10 Foto Gereja Immanuel Gambir Jakarta Pusat + Jadwal Ibadah Minggu

Posted on
Gereja immanuel gambir bandung depok jakarta pusat dijual malang semarang medan bintaro imanuel cimahi palembang kristen arjuna cicendo arsitektur alamat pantekosta isa almasih kediri samarinda batam balikpapan berlin bekasi bali gpib blenduk central caesar hito cijantung cirebon denpasar di surabaya sejarah hkbp dumai tanah oikumene ekumene foto gorontalo gpia jadwal kelapa gading daerah khusus ibukota
Gereja Immanuel, Foto: skyscrapercity.com

Lokasi: Jl Medan Merdeka Timur No.10, RT.5/RW.2, Jakarta Pusat
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: Setiap Hari Pukul 06.00 – 21.00
Telepon: 021-2330747

Jakarta tidak hanya menyajikan kemacetan dan gedung-gedung pencakar langit saja. Tetapi, dibalik megahnya gedung terdapat banyak sekali tempat wisata baik itu alam, wahana ataupun wisata rohani. Bagi Anda yang ingin mendapatkan nuansa yanng berbeda saat di Jakarta bisa untuk berkunjung dan berekreasi di tempat ibadah Gereja Immanuel Gambir Jakarta Pusat. Gereja ini merupakan sebuah gereja yang sudah dibangun sejak tahun 1834. Gereja Immanuel termasuk menjadi salah satu gereja tua yang ada di Jakarta yang merupakan peninggalan kolonial Belanda yang menampilkan arsitektur yang khas.

Gereja Bersejarah, Foto: merdeka.com

Sejarah Gereja Immanuel

Gereja Immanuel memakan waktu pembangunan selama kurang lebih 4 tahun. Pembangunan dimulai pada tanggal 24 Agustus 1835 dan selesai pada 24 Agustus 1839. Pembangunan dari gereja kristen ini juga bertujuan untuk menghormati Raja Willem I yang berkuasa pada periode 1813 – 1840. Dengan pembangunan yang masih dalam tahun 1800-an menyebabkan gereja ini memiliki ciri khas khusus dalam arsitektur dan gaya dalam bangunan ini. Menampilkan gaya arsitektur khas membuat Anda akan melihat bagaimana keindahan bangunan tua yang menyajikan tampilan gaya Yunani, Italia, Berlin dan ciri khas Belanda yang begitu megah.

Arsitektur dari Gereja yang tergabung dalam gpib ataupun gpia ini adalah J.H Horst. Awalnya nama dari gereja ini adalah bernama Willemskerk sebagai bentuk untuk menghormati Raja Belanda. Dengan balutan gaya Inggris dan Eropa membuat gereja ini memang memiliki ciri khas tersendiri yang hanya bisa Anda dapatkan ketika Anda berkunjung ke gereja yang satu ini.

Bangunannya Besar, Foto: kasihkekal.blogspot.com

Saat ini Gereja Immanuel telah dipimpin oleh Ketua Majelis Jemaat dan juga dibantu oleh anggota dari Pelaksana Majelis Harian Jemaat atau PHMJ. Ada juga banyak anggota oikumene atau ekumene dari berbagai daerah seperti gorontalo, bintaro, semarang, bali ataupun lainnya yang bergabung dengan pengurusan dari Gereja ini. Gereja Immanuel juga termasuk menjadi anggota dari Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat atau GPIB dengan sistem yang dianut adalah prebiterian sinodal. Dengan berkunjung ke Gereja Immanuel Gambir Anda bisa mengikuti ibadah ataupun untuk menikmati keindahan pada setiap bagian dari Gereja ini.

Berlokasi di Gambir, Foto: eventseeker.com

Keindahan Gereja Imannuel

Keindahan dari gereja Imannuel sudah terlihat dari gaya klasisisme yang menampilkan corak bundar pada pondasi dengan ukuran tiga meter. Keindahan yang tak kalah menarik adalah pada bagian serambi pada bagian utara dan selatan yang menyajikan tampilan bundaran konsentrik. Serambi ini terlihat mengelilingi ruang ibadah yang membuat tampilan gereja nampak mengesankan.

Sedangkan untuk bagian puncak gedung juga memberikan tampilan yang indah. Kubah dengan bentuk bndar menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh gereja immanuel. Kubah bulat tersebut juga dihiasi dengan hiasan plesteran bunga teratai dengan enam helai daun. Dipercaya bahwa bunga tersebut merupakan simbol Mesir yang menyimbolkan tentang dewi cahaya.

Majelis Sinode GPIB, Foto: wikimapia.org

Kubah berbentuk bulat juga memiliki fungsi tersendiri dimana untuk mengumpulkan cahaya kemudian dipancarkan keseluruh interior yang memberikan kesan dramatis pada setiap titik gereja. Tampilan yang menampilkan ciri khas juga terlihat pada bagian pintu dan jendela dimana seluruhnya dibentuk dengan gaya mayetus atau dengan tema yang agung dan besar.  Bentuk dari jendela dan pintu ini diambil dari kuil-kuil Yunani yang memberikan kesan klasik dan seni yang tinggi.

Bentuknya Melingkar, Foto: kompas.com

Bagian serambi juga terdapat 18 tiang dengan bentuk yang besar, kuat, tinggi, lebar dan bundar. Tiang ini juga menjadi salah satu tampilan gaya yunani yang juga dicantumkan pada gereja yang satu ini. Tak ketinggalan pada bagian atas atau balkon juga dirancang dengan sangat indah. Terdapat orgel yang dirancang dan dibuat oleh pembuat Orgel ternama pada zaman pembuatan Gereja Immanuel. Kualitasnya yang masih bagus membuat Orgel ini juga tetap digunakan ketika ada acara ibadah ataupun konser musik. Hal menarik lainnya yang juga terdapat di gereja jakarta pusat ini adanya kitab suci Staatenbijbel yang dicetak pada tahun 1748 oleh N Goetzee di Belanda.

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Gereja Immanuel Jakarta Pusat ini Anda tidak hanya bisa beribadah saja ditempat ini tetapi juga bisa menikmati keidahan arsitekturnya. Bisa dilihat dari beberapa foto yang ada dimana gereja Imannuel ini memiliki tampilan yang indah dan mengesankan. Bahkan, saking indahnya tampilan dari gereja ini banyak juga jemaat yang menggelar acara pernikahan di Gereja Immanuel ini.

Bentuk Dalam Gereja, Foto: tripadvisor.com

Letak Gereja Immannuel

Lokasi dari gereja Immanuel ini bisa sangat mudah untuk dijangkau. Letaknya tepat berada di seberang Stasiun Gambir, alamat tepatnya di Jl Medan Merdeka Timur No.10, RT.5/RW.2, Jakarta Pusat. Dengan lokasi yang sangat strategis ini membuat pengunjung bisa dengan mudah untuk menemukannya bahkan bagi para pengunjung asal dari luar daerah seperti Malang, Bandung, Balikpapan, Batam dan lainnya.

Jika datang dari arah Monas bisa langsung menuju melalaui Jl. Medan Merdeka Timur dan letak dari Gereja Immanuel terdapat tepat didepan Stasiun Gambir. Begitu pula jika Anda datang dari Lapangan Banteng atau Cathedral bisa langsung menju ke Jl Perwira kemudian Jl. Medan Merdeka Timur.

Tampak Depan, Foto: tripadvisor.com

Jadwal Ibadah Minggu

Setiap Hari Minggu jemaat gpia yang berada didaerah kelapa gading daerah khusus ibukota ataupun luar kota bisa melakukan ibadah di gereja yang satu ini. Bahkan ibadah Isa almasih juga tidak hanya pada hari Minggu tetapi gereja ini juga memiliki beberapa kegiatan diluar hari Minggu.

Ibadah pukul 06.00 dengan Bahasa Indonesia, Ibadah pukul 08.00 dengan Bahasa Indonesia, Ibadah pukul 10.00 dengan Bahasa Belanda, Ibadah pukul 17.00 dengan Bahasa Inggris dan Ibadah pukul 18.30 dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Dipadati Pengunjung Pada Hari Minggu, Foto: agusbudiawan.wordpress.com

Ada beragam kegiatan yang juga bisa Anda ikuti di Gereja Immanuel ini diantaranya seperti adanya Ibadah Rumah Tangga pada hari Rabu pukul 19.00, Latian Paduan Suara untuk para Jemaat setiap Selasa pada pukul 19.00 dan pelayanan lainnya.

Gereja Immanuel Gambir Jakarta Pusat buka setiap hari dari pagi hingga malam. Karena merupakan tempat untuk ibadah tidak ada HTM yang dikenakan bagi para pengunjung yang akan melihat keindahan dari Gereja Immanuel Gambir. Nomor telepon yang bisa di hubungi 021-2330747.

Gelar Empat Ibadah di Hari Natal, Foto: tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *