Wisata Goa Rong View di Tuntang Semarang

HTM: Rp.3.000-Rp.5.000 per Orang
Buka Tutup: 07.00-18.00
Telepon: –

Salatiga, salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki beberapa lokasi wisata menarik, salah satu contohnya yaitu Goa Rong.

Letak Goa Rong ini berada di wilayah tuntang. Walaupun namanya goa, namun spot tersebut bukanlah seperti gua pada umumnya.

Foto By @_ikerachmawati

Lokasi Goa Rong berada di puncak bukit di bawah gardu pandang yang mana gardu tersebut menjadi lokasi favorit wisatawan, karena dari sini pengunjung dapat melihat view indah dari atas bukit.

Pemandangan yang dapat dilihat dari gardu adalah jajaran pegunungan, Ungaran, gunung Telomoyo, Merbabu, juga danau rawa pening.

Keramaian kota Salatiga juga terlihat dari gardu ini. Bila pengunjung ingin masuk ke goa, dapat mengikuti jalan setapak dan menaiki puluhan anak tangga.

Foto By @juwitalatifah

Alamat lengkap Goa Rong berada di Jalan Raya Tuntang-Beringin KM 2, Desa Delik, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menuju tempatnya sendiri, dapat melewati jalur pantura, kemudian akan melalui jalan menanjak dan berliku.

Semakin dekat dengan lokasi goa rong, jalannya akan menanjak dan berliku-liku. Untuk lebih aman gunakan peta online sebagai navigasi arah, dan jangan lupa jaga keselamatan selama berkendara.

Untuk dapat memasuki kawasan goa rong, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk seharga tiga ribu rupiah per orang untuk hari biasa, sedangkan di hari libur dan weekend cukup membayar lima ribu saja.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, dikenakan biaya parkir seharga dua ribu rupiah untuk sepeda motor dan mobil empat ribu rupiah.

Foto By @juwitalatifah

Tempat wisata ini juga menyediakan area bermain anak-anak serta rumah makan di atas bukit, bersebelahan dengan stand tulisan “Goa Rong View Tlogo Tuntang”.

Lanjut:  7 Hal Penting Sebelum Berlibur ke Candi Gedong Songo, Wajib Dibaca!

Sementara pada pada area taman, di sini terdapat beberapa hewan lucu-lucu seperti kelinci dan juga burung parkit.

Wisata di Sekeliling
❤️

Foto By @rei_savana_biru

Tempat wisata yang berada pada ketinggian 690 meter di atas permukaan laut ini, memiliki pesona tersendiri. Spot tersebut mengambil konsep wisata pemandangan dari atas bukit.

Goa roang view yang terletak di puncak bukit dan di tengah perkebunan karet ini juga memiliki beberapa fasilitas pendukung.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada gardu yang merupakan fasilitas utama dan juga spot penting untuk melihat pemandangan di bawah dari atas bukit. Selain itu ada juga gazebo serta tempat istirahat seperti saung dan cafe.

Cafe yang berada di atas bukit ini juga memberikan sensasi tersendiri. Menikmati hidangan makanan sambil melihat pemandangan, akan menjadi pengalam menarik bukan?

Foto By @nailissssssss

Tempatnya yang berada di puncak, sehingga cendereung terlihat berkabut dan udaranya pun cukup dingin. Hal ini membuat suasana di sekitar semakin terasa tenang dan menyegarkan.

Bila pengunjung ingin menyantap hidangan di luar ruangan seperti di saung, bisa juga dilakukan di Goa Rong View ini.

Area bermainpun lengkap dengan aneka permainan. Ada jungkat jungkit, ayunan, perosotan, kuda-kudaan dan lainnya, pas sekali bila kebetulan membawa anak kecil.

Di sini juga tersedia mushola, sehingga pengunjung muslim dapat beribadah. Tempatnya nyaman, ditambah arah kiblat menghadap langsung pada pemandangan yang terpampang dari atas bukit.

Foto By @juwitalatifah

Goa tersebut letaknya tepat di atas jalan menuju puncak Gunung Rong. Untuk pergi menuju spot ini terdapat dua jalan yang bisa dilalui yaitu melewati puncak bukit atau tangga di belakang cafe.

Tentunya bila melewati puncak bukit akan sangat sulit, karena jalan yang dilalui lumayan curam dan juga terjal.

Lanjut:  Ini Dia Eden International Daily Food, Resto Romantis di Semarang

Bila ingin menggunakan tangga di belakang cafe, walaupun jalan menurun namun tetap dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan khas pedesaan dengan udara segar .

Menurut cerita beredar, goa ini termasuk peninggalan sejarah di Indonesia dimana merupakan tempat persembunyian Belanda zaman dahulu.

Foto By @teguhdwi.wahyudi

Kata rong pada goa rong, berasal dari kata ngerong yang berarti menggali. Dengan kata lain, goa ini terbentuk secara buatan, bukan terbentuk alami.

Caranya dengan menggali bukit, maka dari itu, bentuk goa termasuk kecil dan buntu. Di atas goa ini, terdapat pohon besar yang akarnya membelit serta menutupi atap goa.

Untuk pergi ke goa, pengunjung harus berjalan kurang lebih 200m, kemudian akan tiba di goa yang terletak pada ketinggian 703 meter dari permukaan laut.

Dikelilingi dengan pohon rimbun. Nantinya akan terlihat mulut goa yang tertutup batu besar, sehingga membuat pintu masuk terbagi menjadi dua.

Pada awalnya pintu goa cukup lebar untuk di masuki manusia, tetapi kemudian menyempit hingga harus merangkak untuk masuk ke dalam goa.

Cara Menuju Lokasi
❤️

Foto By @juwitalatifah

Lokasi wisata ini dapat dicapai dari arah mana pun. Bila dari pertigaan bawen, ambil ke arah solo, selanjutnya melewati jembatan tuntang, nanti akan ada pertigaan pos polisi, ambil arah kiri dan ikuti jalan hingga lapangan delik/TLOGO.

Setelah itu terus jalan lurus sekitar 200 meter. Nanti akan ada pertigaan dan ambil kanan sampai ujung jalan, kemudian belok ke arah kanan. Anda akan melihat papan petunjuk rute bukit rong di sekitar area ini.

Jalur lainnya yang dapat ditempuh, bisa lewat Lopait. Arahnya dari pertigaan bawen, jalan menuju arah solo, setelah sampai di Rawa Permai, maju sedikit nanti di depan minimarket kanan, ada sebuah gang dengan gapura bertuliskan desa lopait.

Lanjut:  Wimarion Hotel Semarang Dengan Sky Lounge Yang Mewah dan Harga Terjangkau Mulai Rp540.000

Kemudian, Anda masuk melewati gang ini, sampai kantor Kepala Desa Lopait terdapat pertigaan jalan. Belok kiri di pertigaan ini, terus saja ikuti jalan ini dan jangan berbelok.

Foto By @susi_ssnt95

Setelah sampai di daerah perkebunan karet, nanti akan ada papan penunjuk arah di sebuah pertigaan jalan. Selanjutnya jalan ke kiri, Anda akan sampai di gapura masuk wisata Goa Rong.

Gapura berwarna hijau dan terbuat dari bamboo ini adalah pintu masuk kawasan wisata Goa Rong. Nanti terdapat pos penjagaan yang juga berfungsi sebagai loket pembelian tiket masuk.

Menuju puncak pun tidak perlu waktu lama, cukup lima belas menit saja untuk dapat menikmati pemandangan dari atas bukit.

Foto By @ridho_902

Untuk Anda yang datang dari luar kota, di sekitar Goa rong banyak terdapat penginapan atau resort untuk singgah sementara.

Bahkan beberapa resort di sini dapat dipesan melalui aplikasi online dan ada banyak pilihan penginapan yang dekat dengan lokasi wisata tersebut.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!