10 Foto Grafika Cikole Bandung + Harga Tiket Masuk Wisata Outbound Camping Tenda Review

Posted on
Grafika cikole bandung traveloka camp area harga tiket masuk review penginapan taman terminal reviews hotel bagus ga buka jam berapa booking bekas bekasi bumi biaya tenda tripadvisor tangkuban perahu tarif lembang telepon telp testimoni tubuh tuban tudung tour tokyo cemara camping cipta contact com wisata web website wukong wudu wonosobo word resort restaurant rate rumah hobbit panggung ring room youtube yang instagram info outbound pondok alam prewedding paintball paket park pegipegi purvis putar pinus vip 2018 land lucu liburan anak di list lokasi logo kaskus kamar kampung kudus kucing kia kontak komentar jam jayagiri jl kabupaten jawa barat jenas jungle tracking jogja helia hukum hitachi hitam gambar geografi gitar girl google gozu goreng fasilitas foursquare foto festival fuji firman damar daftar denah dua download strawberry sejarah sukabumi surabaya surakarta simple song solar agoda adalah angker alamat apa asli map maps menginap menuju menu restoran makan murah motor no news negara nikah nike villa version vudu vodafone voucher zodiak ground flying fox pandeglang
Area perkemahan di Grafika Cikole. Foto: buahhatiku.com

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 15.000 / permainan, 50.000 / 5 permainan
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: +62 22 82782441

Bandung menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke kota kembang ini. Bukan alasan yang mengada-ada jika Bandung menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat pas. Apalagi jika hidup di kota Jakarta. Jarak antara Jakarta dan Bandung sendiri cukup dekat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam saja menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke pusat kota Bandung.

Di kota yang memiliki julukan Paris Van Java ini ada banyak kawasan wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari kawasan wisata alam seperti Kawah Putih, Situ Patenggang hingga Tangkuban Perahu yang menyajikan pesona alam nan indah dan megah. Sementara kawasan wisata belanja juga sudah tersedia di sini seperti kawasan Cihampelas, Cibaduyut dan juga deretan mall-mall terkemuka di kota Bandung.

Sementara bagi para wisatawan yang berlibur bersama keluarga, tentu saja Bandung sudah menyediakan aneka kawasan wisata yang pas dikunjungi bersama keluarga. Mulai dari Trans Studio Bandung yang menyajikan aneka wahana permainan, Kampung Gajah yang memadukan keindahan alam dan aneka permainan yang menarik hingga Dusun Bambu. Tentu saja kawasan wisata ini mampu memberikan kenikmatan liburan tersendiri.

Selain beberapa kawasan wisat ayang sudah disebutkan diatas, Bandung masih memiliki aneka kawasan wisata alam yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya adalah kawasan wisata Grafika Cikole yang menyajikan pesona alam nan asri dan juga indah. Kawasan wisata yang memiliki nama Terminal Wisata Grafika Cikole ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan suasana alam yang hijau dan asri. Lokasinya sendiri berada di area perbukitan dengan luas sekitar 9 hektar.

Kawasan wisata Grafika Cikole ini sendiri terletak di area perbukitan dengan tinggi sekitar 1.400 Mdpl. Dan kawasan wisata alam Grafika Cikole ini sendiri memiliki hutan pinus yang mengelilingi kawasan wisata tersebut. Area hutan pinus ini sangat hijau dan juga lebat. Dengan kondisi ini tentu saja para wisatawan bisa merasakan suhu udara dan juga cuaca yang cukup dingin di siang hari. Tercatat pada siang hari suhu hanya mencapai sekitar 20 derajat celcius. Sementara jika malam hari kawasa wisata alam Grafika Cikole ini akan lebih dingin. Bahkan bisa mencapai suhu sekitar 5 derajat celcius.

Bermain Flying Fox di Grafika Cikole. Foto: sky-adventure.com

Letak dan rute menuju kawasan wisata alam Taman Wisata Grafika Cikole

Kawasan wisata yang bisa disebut juga sebagai surga tersembunyi di Bandung ini letaknya berada di jalur wisata yang sudah cukup terkenal di daerah Bandung. Taman wisata alam ini berada di jalur menuju ke kawasan wisata Tangkuban Perahu dan juga kawasan wisata alam air panas Ciater yang sudah cukup terkenal.  Taman wisata alam Grafika Cikole Bandung ini terletak di jalan Raya Tangkuban Perahu km 8. Desa Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Jika dikoordinatkan, Taman wisata Grafika Cikole ini terletak di koordinat 6.784800, 107.651594. Dengan memasukkan koordinat ini para wisatawan sudah bisa mencarinya dengan mudah melalui aplikasi Google Maps sehingga bisa mengantarkan dengan mudah.

Sementara rute untuk menuju ke kawasan wisata Taman Grafika Cikole ini tentu saja sangat mudah dan gampang untuk dijangkau. Selain disebabkan berada di jalur wisata yang menuju ke arah Tangkuban Perahu, akses menuju ke sini juga sudah sangat halus dan mulus. Tidak ada salahnya jika ingin mengunjungi kawasan wisata Tangkuban Perahu bisa mampir sejenak di Taman Wisata Grafika Cikole ini. Jika berangkat dari arah pusat kota Bandung, para wisatawan bisa mengambil jalur ke arah Tangkuban Perahu. Papan petunjuk sudah cukup banyak yang akan memudahkan para wisatawan. Selama perjalanan, para turis bisa menemukan Taman Wisata Grafika Cikole yang letaknya berada di sebelah kiri jalan menuju ke Tangkuban Perahu.

BacaJuga:  Pantai Pangandaran Selalu Istimewa, Simak 10 Potretnya Berikut ini
Penginapan di Grafika Cikole. Foto: ika-ikopin.or.id

Fasilitas yang tersedia di Taman Wisata Grafika Cikole

Kawasan wisata alam ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang diincar oleh para wisatawan. Terutama bagi yang ingin berlibur bersama keluarga. Di sini tentu saja sudah banyak fasilitas yang bisa memudahkan para wisatawan untuk berlibur. Pada awalnya Grafika Cikole ini menyajikan konsep awal berupa restoran dan hotel. Konsep ini mencoba menggabungkan kawasan wisata alam yang siap memanjakan para wisatawan yang berlibur ke Tangkuban Perahu dan menginap di sini.

Akan tetapi setelah melihat antusiasme dari para wisatawan, pihak pengelola akhirnya memutuskan untuk mengembangkan wisata alam Grafika Cikole ini dari restoran dan penginapan menjadi wisata alam yang mengedepankan nuansa hutan pinus yang memang sudah tersebar di sekitar Grafika Cikole tersebut. Hal ini bisa terlihat dengan dibangunnya beberapa villa-villa yang terletak di sekitar hutan pinus. Jika diperhatikan dengan seksama, vila-vila ini sekilas mirip dengan suasana di Eropa dan juga mirip dengan film The Hobbit. Tentu saja sangat pas untuk latar belakang foto ketika liburan.

Bukan hanya vila saja yang tersedia di sekitar kawasan wisata Grafika Cikole ini. Di sini para wisatawan juga bisa menikmati aneka fasilitas seperti area outbond yang siap memanjakan para pengunjung dengan aneka pilihan outbound. Jika di musim libur panjang, area outbond ini akan penuh. Bahkan harus rela mengantri. Hal ini menjadi bukti bahwa Taman Wisata Grafika Cikole ini cukup difavoritkan oleh para wisatawan.

Selain area outbound, pengelola Taman Wisata Grafika Cikole ini juga sudah mempersiapkan lokasi penangkaran rusa yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini para pengunjung bisa melihat rusa-rusa lebih dekat. Tidak perlu khawatir dengan rusa-rusa tersebut. Pasalnya rusa-rusa ini sudah jinak. Para wisatawan bisa memberi makan dan memegang rusa-rusa ini. Tentu saja anak-anak dijamin akan sangat senang berada di kawasan wisata alam ini.

Selain penginapan berupa hotel dan villa, ternyata ada jenis penginapan lain yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Grafika Cikole ini. Jika ingin mencari tantangan baru dan bosan dengan hotel serta vila, tidak ada salahnya mencoba untuk berkemah atau camping di taman wisata Grafika Cikole ini. Pihak pengelola sudah menyediakan area khusus yang bisa digunakan untuk para wisatawan untuk berkemah. Asyiknya lagi para pengunjung tidak perlu repot-repot membawa tenda, sleeping bag dan juga peralatan kemah lainnya. Pasalnya di sini para pengunjung bisa mendapatkan semua perlengkapan untuk berkemah dengan lengkap. Cukup membayar biaya sewa saja semua sudah tersedia.

Tenda-tenda di Grafika Cikole. Foto: eaglenesthomeschool.com

Keindahan hutan pinus yang asri dan juga eksotis memang menjadi salah satu alasan mengapa para wisatawan tertarik untuk mengunjungi taman wisata ini. Tidak jarang anak-anak muda berfoto dan mengabadikan momen dengan mengambil gambar dan video di sekitar kawasan hutan pinus.

Oleh sebab itu pihak pengelola sendiri juga sudah memberikan area atau spot khusus yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Selain itu pihak pengelola Grafika Cikole ini sudah menyediakan spot bagi yang ingin foto prewedding. Dengan menggunakan latar belakang hutan pinus yang alami dan juga asri ini tentu saja bisa menjadikan  sebuah sesi pemotretan prewedding akan lebih menarik. Ditambah lagi dengan suasana seperti hutan di Eropa yang memberikan kesan elegan.

Suasana di Grafika Cikole. Foto: aroundguides.com

Mencoba Outbound di Grafika Cikole

Taman wisata Grafika Cikola ini memiliki aneka pilihan wisata outbound. Ada Paket Wisata Outbound Reguler dan juga Classified Outbound. Tentu saja permainan  yang diberikan juga berbeda. Untuk Reguler Outbound, para wisatawan bisa mencoba beberapa permainan diantaranya Flying Fox.

Game flying fox akan mengajak para pengunjung untuk meluncur dari 2 bukit. Bukit paling tinggi memiliki ketinggian sekitar 25 meter dari atas lembah. Sedangkan jalur lintasan flying fox ini sekitar 125 meter yang menggunakan kawat baja sling. Di kawasan wisata ini menggunakan double sling dengan ukuran 9 milimeter di bagian atas dan 10 milimeter di bagian bawah. Keduanya tentu saja difungsikan untuk safety.

BacaJuga:  10 Gambar Saladin Square Depok, Lokasi Alamat, Nomer Telepon + Apartemen Restoran di Sekitar

Tidak perlu takut akan putus. Pasalnya kedua tali ini bisa menahan bobot hingga 10 ton. Rasakan sensasinya ketika meluncur dari ketinggian 25 meter. Tentu saja tujuan flying fox ini guna melatih keberanian  dan juga mengatasi rasa takut serta mengambil keputusan dengan cepat. Untuk naik ke wahana ini cukup membayar sekitar 15 ribu per orang.

Selain flying fox, di Taman Wisata Grafika Cikole ini juga sudah tersedia wahana permainan paint ball. Untuk mencoba permainan paintball ini, para wisatawan bisa merogoh kocek sekitar 85 ribu. Dan sudah mendapatkan semua perlengkapan termasuk 40 peluru. Permainan Manfaat dari permainan paintball ini sendiri guna mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan juga melatih membuat strategi sehingga bisa mencapai tujuan. Dan tentu saja disiplin juga dilatih di sini.

Wahana permainan ini juga menyediakan beberapa misi. Salah satunya adalah misi rahasia dimana para pengunjung bisa bermalam dan mencoba layaknya Soldier of Fortune. Tentu saja petualangan di sini akan semakin seru dengan suasana dan topografi yang sangat mirip dengan medan perang.

Pondok Wisata Alam di Grafika Cikole. Foto: king-adventure.com

Sementara wahana jaring laba-laba akan mengajak para pengunjung untuk mendaki dan melewati jaring yang berbentuk seperti jaring laba-laba. Di sini para pengunjung bisa belajar untuk melatih kemampuan dan juga menghilangkan rasa takut. Sedangkan Jembatan Burma akan mengajak para pengunjung untuk menyeberangi jembatan dengan area pijakan yang terbuat dari papan dan hanya tergantung dengan tali. Dan ketika diinjak, jembatan akan goyang. Dengan ketinggian 7 meter dan panjang 20 meter, tentu saja wahana ini bisa melatih keberanian para wisatawan.

Wahana lainnya ada Jembatan Elvis. Kenapa disebut jembatan Elvis, mungkin disebabkan para pengunjung yang naik jembatan ini akan goyang-goyang mirip dengan Elvis. Pasalnya para pengunjung akan melewati jembatan ini dengan hanya menggunakan sling baja. Dengan ketinggian 5 meter dan jarak 20 meter, para wisatawan akan diajak untuk memanjakan adrenalin di sini.

Sementara untuk wahana Jembatan Tali Dua tidak berbeda jauh dengan Jembatan Elvis. Hanya saja pengamannya menggunakan sling baja sebesar 10 mm dengan jarak sekitar 20 meter panjangnya. Dan sama-sama membuat para pengunjung melatih keseimbangan di sini. Wahana lain yang membuat para pengunjung harus melatih keberanian adalah wahana       Turun Tebing. Di wahana ini para wisatawan akan diajak untuk naik ke sebuah tebing dan menuruni dinding yang terbuat dari kayu. Peralatan keamanan sudah tersedia di sini. Sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir akan keselamatan. Para pengunjung bisa melatih keberanian untuk turun dari tebing yang cukup tinggi.

Wahana Atv menjadi salah satu wahana permainan yang bisa ditemukan di kawasan wisata Taman Grafika Citole ini. Para pengunjung bisa mengajak putra dan putri mereka untuk mencoba mengendarai kendaraan ATV ini. Tentu saja semuanya sudah sangat aman. Para pengunjung akan diberikan instruksi terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Wahana lain yang ditujukan untuk anak-anak adalah Rumah Pohon. Di sekitar hutan pinus di Taman Wisata Grafika Cikole ini terdapat beberapa Rumah Pohon yang saling terhubung menggunakan jembatan yang terbuat dari tambang. Tentu saja anak-anak bisa bebas bermain di sekitar rumah pohon ini. Harap diperhatikan ketika anak-anak berlari. Pasalnya ketika melewati jembatan, bisa sedikit berbahaya.

Vila di Grafika Cikole. Foto: tripadvisor.com

Classified Outbound di Taman Wisata Grafika Cikole

Selain Reguler Outbound, di Taman Wisata Grafika Cikole ini juga terdapat Classified Outbound yang terdiri dari beberapa paket. Salah satunya adalah Outbound Training Dewasa. Di Terminal Wisata Grafika Cikole ini sudah menyediakan paket untuk Outbound dewasa yang bisa digunakan untuk minimal 20 orang. Tentu saja hal ini dimaksudkan untuk melatih kemampuan dan juga keberanian dari para pengunjung.

Paket Wisata Outbound Training ini sendiri memiliki beberapa paket yang isinya disesuaikan dengan kebutuhan materi yang berfungsi untuk pelatihan peserta. Isi dari paket ini terdiri dari Program Outbound seperti Ice Breaking, Fun Game Kelompok dan juga Team Game serta Personal Game. Dan nantinya akan diajak untuk mencoba Regular Outbound yang ditentukan dari pihak penyewa.

BacaJuga:  Lokasi Pantai Amanda Ratu Sukabumi, Harga Villa Ujung Genteng + Misteri
Pondok Wisata alam di Grafika Cikole. Foto: piknikasik.com

Untuk paket Outbound Traning Sekolah, Terminal Taman Wisata Grafika Cikole ini juga sudah menyediakan beraneka macam permainan yang tentu saja sangat menarik dan juga menantang. Tentu saja untuk menumbuhkan rasa percaya diri, solutif dan juga Team Work. Ada beberapa paket seperti mencoba permainan Flying fox, Jembatan Tali 2 dan juga Jembatan Gantung. Sementara paket lain seperti materi Outbond berupa Ice Breaking, Bambu Goyang dan juga Pipe dan Ball serta Flying fox, Jembatan Tali Dua dan terakhir Turun Tebing.

Sedangkan untuk Outbound Training Anak sendiri taman wisata Grafika Cikole ini sudah memberikan paket-paket dasar yang bisa membuat anak-anak semakin percaya diri. Paket Outbound Training untuk anak ini ditujukan kepada siswa Taman Kanak-Kanak hingga siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Tujuannya untuk memudahkan para peserta beradaptasi dan juga mengembangkan karakternya. Di paket ini para pengunjung anak-anak bisa mencoba beberapa wahana dan permainan seperti Ice Breaking, Team Game dan juga menikmati Rumah Pohon. Selain itu ada Personal game, Strawberry game dimana para anak-anak akan diajak untuk bejalar menanam bibit strawberry dan juga memetik strawberry yang benar dan mengolahnya menjadi jus strawberry yang nikmat.

Bumi Perkemahan di Grafika Cikole. Foto: tripadvisor.com

Wisata kuliner di Grafika Cikole

Selain wahana permainan, di kawasan wisata Grafika Cikole ini tentu saja sudah menyediakan aneka Tempat Wisata Kuliner yang menyajikan aneka menu kuliner yang lengkap dan juga lezat. Para pengunjung tentu saja bisa menikmati aneka menu kuliner ini dengan mengunjungi Restoran Sunda, Resto Sangkuriang dan juga Aula Dayang Sumbi, Pendopo Hutan serta Saung Lesehan.

Di sini para wisatawan bisa menikmati aneka ragam menu kuliner yang lezat. Mulai dari aneka kulier Sunda, Chinese Food hingga aneka hidangan ayam dan juga seafood atau ikan yang lezat. Ditambah lagi dengan adanya aneka sop tradisional serta paket kambing guling. Yang menarik adalah adanya jajanan tradisional yang menjadi ciri khas dari kota Bandung juga bisa ditemukan di sini.

Eksotisme Hutan Pinus di Grafika Cikole. Foto: tripadvisor.com

Aneka penginapan di Grafika Cikole

Seperti yang disebutkan di awal bahwa di Grafika Cikole ini para wisatawan bisa menginap atau bermalam di sini. Apalagi di Taman Wisata Grafika Cikole ini para wisatawan bisa memilih salah satu tempat penginapan  yang menyajikan fasilitas yang lengkap. Mulai dari hotel, Pondok Wisata dan juga area berkemah yang menyajikan keunikan dan sisi menarik tersendiri. Bagi yang berlibur bersama keluarga, tentu saja Pondok Wisata bisa menjadi pilihan yang tepat. Ditambah lagi dengan keindahan alam yang disajikan di hutan pinus ini.

 

Tips berlibur ke Grafika Cikole

Jika berniat untuk mengunjungi kawasan wisata alam Grafika Cikole ini, para wisatawan harus menyiapkan beberapa perlengkapan. Salah satunya adalah jaket dan baju yang tebal serta kaus kaki. Pasalnya kawasan wisata ini memiliki suhu yang sangat dingin. Di siang hari saja Grafika Cikole memiliki suhu maksimal 20 derajat. Sedangkan di malam hari bisa mencapai 5 derajat Celcius. Bisa dibayangkan bagaimana dinginnya kawasan wisata ini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Jaket bisa menjadi penyelamat di kala merasakan dinginnya Grafika Cikole yang menusuk tulang. Apalagi di sekitar hutan pinus yang sangat rindang. Sehingga udara akan lebih dingin. Jika berniat untuk berkemah di sini, jaket dan kaos kaki wajib dibawa. Untuk perlengkapan kemah sendiri tidak perlu membawa. Pasalnya semua sudah tersedia di sini. Peralatan lain yang bisa dibawa adalah sepatu yang enak dan nyaman untuk digunakan di area rumput dan hutan.

2 thoughts on “10 Foto Grafika Cikole Bandung + Harga Tiket Masuk Wisata Outbound Camping Tenda Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.