Ada Apa Saja di Grand Indonesia? Simak Ini

Posted on
Ada Apa Saja di Grand Indonesia? Simak Ini
5 (100%) 1 vote
gambar by grand-indonesia.com

Lokasi: JL. M.H. Thamrin No.1, Kelurahan Kebun Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jkt, 14430
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 10.00 – 22.00 WIB
Telepon: (021) 2358 7000

Jakarta terus bertransformasi dan menjadi tambang uang bagi para peritel sekaligus menjadi surga bagi penggemar wisata belanja.

Sebanyak 170 mall berdiri di berbagai sudut Jkt, empat diantaranya tercatat sebagai tempat belanja termewah di Jakarta, bahkan paling mewah se-Indonesia. Keempat mall tersebut adalah Pacific Place, Plaza Senayan, Plaza Indonesia dan Grand Indonesia.

Disebut sebagai tempat belanja paling mewah se-Indonesia, pertama karena keempat pusat belanja tersebut memiliki kualitas bangunan yang istimewah, baik dari sisi material, fasad, hingga desain interiornya.

Tidak heran jika harga sewa untuk lantai dasarnya di atas Rp.1,5 juta perbulan untuk setiap meter perseginya.

Selain itu, ritel-ritel yang mengisi keempat mall tersebut banyak dari merek-merek mewah kelas Inernasional.

Seperti Stradivarius, Massimo Dutti, Mango, Louis Vuitton, Prada, Gucci, Aigner, Cartier, Chanel, Hermes, TOD’S, Ermenegildo Zegna, Bally, Adidas, Nike, H&M, Cotton On, Uniqlo, Zara dan masih banyak lagi yang lain.

Banyaknya merek-merek mewah internasional yang mengisi mall-mall tersebut, membuat posisi Jakarta semakin kuat sebagai salah satu tempat wisata belanja di Asia Tenggara.

Hal tersebut ditambah dengan faktor demografi, karena saat ini Indonesia memiliki lebih dari 45 juta penduduk yang masuk dalam kategori mampu untuk berbelanja di luar kebutuhan pokok, disamping pendapatan perkapita penduduk yang meningkat hingga lebih dari USD 3.500.

Selain itu, masyarakat Indonesia dikenal sangat royal dalam berbelanja, terlebih berbelanja pakaian, makanan dan minuman.

Grand Indonesia dan Bundaran HI (foto: grand-indonesia.com)

Mengulas kembali tentang keberadaan mall mewah yang ada di Jkt, dari keempat mall tersebut, Grand Indonesia tercatat sebagai mall paling luas dan paling megah.

Hal tersebut dapat dilihat dari luasnya area yang ditempati dengan ukuran sekitar 250.000 meter2 serta dari gedung yang menjulang tinggi berlantai 7 dengan lahan parkir yang mampu menampung kendaraan sebanyak 3.000 mobil dan 8.000 motor.

Dengan bangunan yang luas dan nyaman ditambah fasilitas yang lengkap, membuat Grand Indonesia tidak hanya menjadi tempat yang menyenangkan untuk berbelanja tapi juga tempat yang mengasyikkan untuk nongkrong dan jalan-jalan.

Mengenal Sekilas Grand Indonesia

Grand Indonesia adalah kawasan mixed use yang memadukan area hunian, penginapan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Kawasan GI ini terdiri atas 6 bangunan, yaitu Hotel Indonesia Kempinski, Kempinski Private Residence, Menara BCA Tower, Grand Indonesia Mall (East Mall), Grand Indonesia Mall (West Mall) dan Grand Indonesia Mall (Skybridge).

Tiga bangunan terakhir yang merupakan satu kesatuan dengan nama Grand Indonesia Shopping Town tersebut dikenal juga dengan nama GI atau Grand Indo.

Awal mula berdirinya Grand Indonesia Shopping Town adalah pada saat dilakukannya pemugaran Hotel Indonesia di tahun 2007.

Renovasi yang berlangsung selama 5 tahun tersebut ditangani oleh Group Kempinski, sehingga saat dibuka kembali oleh Presiden RI pada saat itu, yaitu Soesilo Bambang Yudhoyono, hotel itupun berganti nama menjadi Hotel Indonesia Kempinski.

Grand Indonesia Shopping Town (foto: deisydwi.files.wordpress.com)

Bersamaan dengan dilakukannya pemugaran Hotel Indonesia, kawasan di sekeliling hotel pun dikembangkan untuk kawasan mixed use dengan didirikan Menara BCA untuk gedung perkantoran, Kempinski Residence untuk apartemen dan Grand Indonesia Mall sebagai pusat perbelanjaan.

Grand Indonesia sendiri berada dibawah kepemilikan BUMN PT Hotel Indonesia Natour serta dikelola dan dikembangkan oleh salah satu anak perusahaan Group Djarum, yaitu PT. Grand Indonesia.

Grand Indonesia Mall yang didesain oleh RTKL Associates Inc., saat ini ditempati 180 tenant, terdiri atas 3 bagian yaitu West Mall, East Mall serta Skybridge yang menjadi penghubung kedua bangunan tersebut.

Skybridge dapat ditemui di lantai 1, 2, 3, 3A, dan 5. Dengan melihat megahnya bangunan dan banyaknya tenant yang mengisi mall, tidak salah jika GI dinobatkan sebagai mall terbesar dan termegah se-Indonesia.

Grand Indo dibuka untuk umum sejak bulan April 2007. Namun baru diresmikan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada pada tahun 2008.

Bagi Kalangan menengah ke atas, GI dipastikan mampu memenuhi selera mereka terhadap barang-barang import dan produk-produk fashion dengan merek ternama di dunia.

Namun demikian, produk asli Indonesia yang kualitasnya tidak kalah juga diberi tempat tersendiri dengan menyediakan area khusus yang diberi nama Alun-alun Indonesia.

Menikmati Aktifitas Menyenangkan di Grand Indonesia

Dengan menyediakan berbagai macam produk seperti fashion, gadget, barang-barang elektronik dan berbagai jenis produk lainnya, serta dengan menawarkan berbagai macam merek.

Bahkan merek-merek kelas dunia untuk kalangan atas, membuat sebutan surga bagi para pecinta wisata belanja, tidak salah jika disematkan pada Grand Indonesia Mall.

BacaJuga:  10 Nama Mall di Daerah Cibubur, Ada Apa Saja?
Bagian Dalam Grand Indonesia (foto: finer-things-blogs.tumblr.com)

Tidak hanya berbelanja saja aktifitas menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat ini.

Untuk yang menyukai wisata kuliner atau ingin mengisi perut setelah lelah berbelanja, terdapat banyak restoran yang menyediakan berbagai macam menu, mulai dari menu Nusantara, seafood, Oriental food, sampai dengan makanan Eropa dan Western food.

Restoran-restoran itupun tidak hanya untuk kalangan atas yang mematok harga hingga ratusan ribu rupiah untuk setiap porsinya seperti Slice of Heaven, Han Gang, Fook Yew, SKYE serta yang lain.

Tapi juga tidak sedikit tenant yang menyediakan makanan seharga Rp.20.000 – Rp.35.000 seperti, Hokben, KFC, Chopstix, Duck King, Y & Y, Kyodan Sushi, Black Steer serta yang lain.

Bahkan untuk mereka yang tidak ingin kehilangan uang dengan membeli makanan di GI, dapat pula membawa bekal sendiri dari rumah dan disantap di Food louvre atau dinikmati di kursi-kursi yang ada di sekitar Funs World atau atau Kids Amusement.

GI juga tempat yang ideal untuk mereka yang ingin memanjakan anak lewat wahana permainan, nonton bioskop bersama pasangan atau nongkrong dengan teman, relasi atau keluarga sambil menikmati desert, aneka kue dan berbagai macam jajanan.

Dengan ditemani secangkir kopi, teh, dan berbagai macam minuman lainnya, karena disini juga tersedia tempat nongkrong yang asyik seperti Paulaner Brauhaus, Social House, Djournal Coffee, The Peoples Cafe, Sumoboo, KOI Cafe, Kofiie Warung Tinggi, serta yang lain.

Untuk menikmati berbagai macam aktifitas menyenangkan di Grand Indonesia Shopping Mall, terdapat 5 zona utama yang dapat dikunjungi. Kelima zona tersebut adalah:

1. The Specialty Zone

Alun-alun Indonesia di GI (foto: deisydwi.files.wordpress.com)

Zona ini dipersembahkan bagi pengunjung yang ingin menikmati pengalaman berbelanja eksklusif. Untuk itu, outlet-outlet yang ada di sini, menawarkan produk-produk mewah dari merek-merek ternama di dunia yang tentunya dibandrol dengan harga selangit

2. The Main Zone

Outlet-outlet yang ada di zona ini menawarkan berbagai jenis barang yang populer, baik di dalam negeri maupun dari mancanegara.

Itu sebabnya berbagai varian produk dapat ditemui di The Main Zone, seperti produk kecantikan, kesehatan dan makanan yang tersaji di beberapa restoran.

3. Crossroads of The World

Inilah zona yang membuat GI berbeda dari mall-mall yang lain dan dinilai memberikan terobosan baru bagi pusat perbelanjaan dengan mengusung konsep tematik untuk membuat pengunjung berbelanja dalam suasana yang menyenangkan.

Zona yang bertempat di dua lantai paling atas Grand Indonesia Mall ini diberi nama “Crossroads of The World” (COTW) atau “Persimpangan Dunia”.

COTW didesain oleh sebuah perusahaan ternama dari California, yaitu Gary Goddard Entertaintment Inc. yang selama ini mendesain dan memproduksi taman-taman hiburan di berbagai penjuru dunia.

Perusahaan ini juga memproduksi film animasi dan membuat properti live entertaintment.

Beberapa hasil produksi Goddard yang mendunia diantaranya: Terminator II 3-D dan The Jurassic Park: The Ride yang bekerjasama dengan Universal Studios.

Serta Star Trek: The Experience yang bekerjasama dengan Paramount Parks, M&M’s World, Hershey’s Chocolate World, The Forum Shops yang ada di Caesars Palace Las Vegas, dan masih banyak lagi produk terkenal yang telah dihasilkannya.

Funworld di Grand Indonesia (foto: harimuji.com)

COTW terbagi atas 4 distrik yang masing-masing distrik memiliki tampilan unik dan berbeda-beda, sehingga pengunjung akan merasakan suasana lain begitu pindah dari satu distrik ke distrik lainnya. Keempat distrik tersebut adalah:

  • Entertaintment District

Sesuai dengan namanya, distrik ini memadukan aktifitas belanja dengan dunia hiburan, seperti teater, berbagai pertunjukan dan kehidupan malam yang mengasyikkan serta membawa pengunjung pada pesona kehidupan yang ada di kota New York, lengkap dengan Rockefeller Plaza yang berhiaskan air mancur dan cahaya lampu.

Dancing Founten atau pertunjukan air mancur menari dapat dinikmati pengunjung dengan jadwal tertentu setiap harinya sejak pukul 12.00 – 22.00 WIB.

Beberapa tenant yang mengisi zona Entertaintment District ini diantaranya adalah: T-Rex, Haagen Dazs, Takemori, Tairyo, Yoshinoya, Takigawa Restaurant, Jun Njan Seafood, Sushi Groove, Tator Cafe, De Excelso, Kenny Rogers, Cafe Fifth Aaavenue, dan masih banyak lagi yang lain.

  • Fashion District

Atmosfir kota Paris terasa sangat kental menyelimuti distrik ini lewat nuansa film romantis “Moulin Rouge” yang membalut sekitar lokasi.

Zona Fashion Districk diisi oleh beberapa tenant, diantaranya adalah: Han Gang, Tatemukai, Jittlada, Kenko Reflexiology, The Taste Cafe, Galatissimo, Hanei, kamikaze Karaage, Blacksteer, La Porchetta, serta beberapa tenant yang lain.

  • Garden District

Suasana yang tenang dan nyaman dengan lanskap alami bercitarasa Asia menyelimuti seluruh area di distrik ini.

Itu sebabnya, bagi pengunjung yang merasa lelah seusai berbelanja dapat beristirahat sejenak di tempat ini untuk melemaskan otot-otot dan meregangkan syaraf sambil bersantap atau menikmati minuman di beberapa rentoran yang ada.

Midnight Sell di Grand Indonesia (foto: kompas.com)

Garen District juga merupakan tempat yang mengasyikkan untuk dikunjungi bersama keluarga, karena di sini tersedia Taman Hiburan Carniville yang menghadirkan berbagai macam wahana permainan bagi anak-anak.

Beberapa jenis permainan yang ada di sini diantaranya adalah: Rio Grande, Jump Around, Canoe River, Fire Bridge, Magic Bikes, Mini Rocking Tug dan Monorail.

BacaJuga:  Sudah Tahu Pulau Ayer di Kepulauan Seribu Belum? Yuk Kita Lihat Keindahannya

Sedangkan tenant yang mengisi tempat ini diantaranya adalah: Grand Duck King, Pasta de Waraku, Toranomon, Warung Pojok, Orange Berry, Kiyadon, Sumpit, Cream & Fudge, Katsusei serta yang lain.

  • Market District

Sentuhan elegan dengan mengusung suasana festival dan konsep bazaar ala Maroko menjadi ciri dari Market District. Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa memasuki beberapa tenat yang ada diantaranya adalah: Ace Home Center, Toys Kingdom dan Best Denki.

4. Food Louver – Skybridge Lantai 3

Konsep interior yang menghiasi zona ini didesain oleh perancang interior yang pernah memenangkan penghargaan Design Spirits dari Jepang.

Konsep yang ditampilkan mengusung gaya zen modern yang elegan dan unik serta memberi kesan ramah dan nyaman lewat penonjolan jalur hias (louver) vertikal yang dibuat dari bahan-bahan alami, seperti akrilik, kayu dan bambu.

Zona yang berlokasi dilantai 3 Skybridge ini menempati lahan seluas 3.200 meter2 dengan kapasitas sebanyak 500 tempat duduk yang terbagi atas 5 area berdasarkan bahan yang digunakan.

Kelima area tersebut antara lain: area bambu, area kayu bakar, area kayu coklat, area hijau akrilik dan area akrilik transparan.

Wahana Magic Fountain Show di Grand Indonesia (foto: loveelizabethtravels.com)

Zona Food Louver menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan cita rasa lokal dan internasional lewat beberapa outlet yang tersedia.

Diantaranya: Little Yokozuna, Tamani Express, Golden Century Lamien, Baso Afung, Pizza Bar, Poke Soshi, PHO 24, Daisho Sushi, Kentucky Fried Chicken, Sate Senayan Express, Delimanjoo, Mr. Park, Mie Tarik Laiker dan Raja Baso Tahu Saboga.

Bagi penggemar masakan tradisional Nusantara, terdapat “tradition section” yang diisi outlet-outlet yang menyediakan berbagai menu Nusantara.

Beberapa outlet tersebut antara lain: Ayam Goreng Pemuda Surabaya, Gado-gado Gang Kancil, Mie Kangkung dan Siomay si Jangkung, Bebek Goreng Yogi, Dapur Lada dan Garang Asem Ny. Lili.

5. Blitz Megaplex

Tidak hanya sekedar nonton film, Blitz Megaplex yang bertempat di West Mall lantai 8 menghadirkan kompleks bioskop kelas dunia yang terdiri atas 1 auditorium atau teater salah satu diantaranya adalah teater Satin Class.

Pengunjung yang nonton di Blitz Megaplex benar-benar akan dimanjakan lewat para petugasnya yang ramah, layar bioskop dan pencahayaan yang sempurna, serta tempat duduk yang empuk dan stylish.

Sebelum masuk ke salah satu teather yang ada, pengunjung dapat melakukan berbagai aktifitas di sekitar lokasi.

Seperti memasuki cafe untuk menikmati minuman dan nonton live music di panggung yang tersedia, mendengarkan dan mendownload musik di Digital Beat Store.

Kemudian membeli berbagai merchandise film atau nonton trailer dari film-film yang akan diputar lengkap dengan review dan subtitlenya melalui TV-TV plasma yang menempel di dinding Blitz Megaplex.

Auditorium GIK di Grand Indonesia (foto: wikipedia)

Dengan beragam aktifitas menyenangkan yang dapat dilakukan di Grand Indonesia Mall serta suasana sekeliling yang memanjakan mata, menjadikan kegiatan belanja menjadi berbeda saat dilakukan di tempat ini. Karena belanja tidak lagi menjadi aktifitas rutin melainkan menjadi aktifitas berwisata.

Fasilitas di Grand Indonesia Mall

Sebagai mall terluas dan termegah se-Indonesia, berbagai fasilitas standard untuk berbelanja sudah barang tentu tersedia di Grand Indonesia Mall, seperti lift dan eskalator, Mesin ATM, Money Changer dan berbagai fasilitas standard yang lain.

GI bahkan juga menyediakan kereta bayi yang dapat dipinjam dengan gratis bagi pengunjung yang datang dengan membawa bayi.

Kereta bayi tersebut dapat di pinjam di Concierge Arjuna atau Lantai G untuk yang berada di West Mall dan di Concierge atau lantai 2 untuk yang berada di East Mall.

GI juga menyediakan dengan gratis kursi roda bagi para pengunjung lansia dan penyandang difabilitas yang dapat dipinjam di tempat yang sama dengan tempat peminjaman Kereta bayi.

Bagi pengunjung yang beragama Islam dan ingin menjalankan ibadah, tersedia beberapa mushollah yang selalu bersih dengan aroma yang harum.

Mushollah tersebut dapat ditemui di Basement Floor, Lantai 1 samping Central Department Store dan di Lantai 3 untuk pengunjung yang berada di East Mall. Sedang untuk yang berada di West Mall, mushollah dapat ditemui di LG Floor dan Lantai 6.

Tidak berbeda halnya dengan suasana di mushollah yang selalu bersih dan harum, suasana di toilet yang ada di semua lantai juga senantiasa bersih dan terjaga rapi.

Bahkan, toilet yang ada di GI dilengkapi fasilias untuk bayi dan lansia serta ditata dengan tema interior yang berbeda. Tidak heran jika toilet GI pun kerap dijadikan sebagai lokasi selfie oleh para pengunjung.

Untuk fasilitas parkir tidak perlu repot, karena lahan parkir yang ada di Grand Indonesia mampu menampung kendaraan sejumlah 3.000 mobil dan 8.000 sepeda motor.

Sedang untuk pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, dapat dengan mudah memperoleh taksi karena di kedua sisi mall dijadikan tempat mangkal taksi, yaitu di Lobby Shinta untuk yang ada di East Mall dan di Lobby Arjuna untuk yang berada di West Mall.

Rute Menuju Grand Indonesia

Ramainya Pengunjung di Grand Indonesia (foto: kompas.com)

Berada di bilangan bundaran HI Jakarta Pusat atau tepat berada di tengah kota Jkt, membuat Grand Indonesia Mall tidak sulit untuk dikunjungi, baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan menggunakan angkutan umum.

BacaJuga:  10 Foto Masjid Agung Sunda Kelapa Menteng Jakarta Pusat + Jadwal I'tikaf / Wedding

Karena dari seluruh wilayah Jakarta terdapat angkutan umum yang melewati area di sekitar lokasi GI.

Jika dilihat pada peta atau melalui Google map, alamat lengkap dari Grand Indonesia Mall berada di JL. M.H. Thamrin No.1, Kelurahan Kebun Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jkt, 14430, dengan titik koordinat: 6o 11’ 45”S, 106o 49’ 15”E.

Lokasi tersebut dapat ditempuh melalui rute sesuai dengan tempat pengunjung mengawali perjalanan. Berikut rute selengkapnya:

Untuk pengunjung yang berangkat dari bandara Soekarno Hatta, dapat naik Bus Damri mengambil jurusan Thamrin City dan turun di GI. Pengunjung yang datang dari bandara Halim Perdana Kusuma bisa menggunakan angkot biru muda Trans Halim yang menuju ke perempatan Cawang UI.

Setelah masuk ke halte busway Cawang UKI naiklah Transjakarta yang menuju Stasiun Kota via Semanggi kemudian turun di halte busway Tosari. Begitu keluar dari halte tinggal berjalan kaki di Barat Jalan untuk menuju ke GI.

Untuk yang berangkat dari Tanjung Priok, jika menggunakan kendaraan pribadi jalur yang ditempuh melewati RE Martadinata, berlanjut ke Gunung Sahari Raya, Dr. Sutomo, Pos hingga Gedung Kesenian.

Lanjutkan perjalanan menuju Lapangan Banteng Utara, Gereja, Veteran, Veteran 3, terus ke Medan Merdeka Utara dan Medan Merdeka Barat hingga tiba di MH Thamrin dan lokasi yang dituju.

Perjalanan dengan menggunakan angkutan umum jika dari Tanjung Priok bisa naik Transjakarta dari halte busway Terminal Tanjung Priok mengambil jurusan Pluit dan turun di halte busway Stasiun Kota.

Selanjutnya berganti bus dengan naik Transjakarta jurusan Pinang Ranti / Blok M serta turun di halte busway Tosari. Begitu keluar dari halte tinggal berjalan kaki menuju GI.

Untuk wisatawan yang menggunakan jasa kereta api saat datang ke Jakarta, terdapat beberapa rute untuk menuju ke GI sesuai dengan stasiun tempat kereta api berhenti.

ka berangkat dari Stasiun Gambir, keluar dari sisi Timur untuk sampai di Jl Merdeka Timur kemudian masuk ke halte busway Gambir 1 dan pilih Transjakarta yang menuju ke Harmoni.

Setelah turun di halte busway Harmoni, ganti naik Transjakarta jurusan Pinang Ranti / Blok M dan turun di halte busway Tosari. Di sisi Barat Jalan halte itulah GI berada dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Perjalanan dari Stasiun Jatinegara bisa menggunakan KRL jurusan Tanah Abang dan turun di Stasiun Sudirman. Keluar dari stasiun tinggal berjalan kaki menuju ke arah Utara untuk sampai di GI.

Perjalanan dari Stasiun Kota dapat ditempuh dengan Transjakarta jurusan Pinang Ranti / Blok M dan turun di halte busway Tosari sebelum diteruskan dengan berjalan kaki.

Untuk yang berangkat dari Stasiun Pasar Minggu, bisa naik Metromini 640 jurusan Pasar Minggu – Tanah Abang dan turun di depan GI.

Perjalanan dari Stasiun Pasar Senin, menggunakan Transjakarta jurusan Harmoni. Setelah turun di halte busway Harmoni, ganti Transjakarta jurusan Pinang Ranti / Blok M dan turun di halte busway Tosari, selanjutnya tinggal berjalan kaki.

Sedang untuk yang berangkat dari Stasiun Tanah Abang bisa naik KRL jurusan Bogor / Nambo dan turun di Stasiun Sudirman. Keluar dari stasiun tinggal berjalan kaki menuju ke arah Utara untuk sampai di GI.

Bagi mereka yang datang dari bandung, jika menggunakan kendaraan pribadi dapat melewati rute Tol Purbaleunyi, Simpang Susun Dawuan berlanjut ke Tol Jakarta – Cikampek hingga tiba di Simpang Susun Cawan.

Lanjutkan perjalanan dengan melewati Tol Dalam Kota keluar Semanggi dan menyusuri JL. Gatot Subroto, Semanggi, JL. Jend Sudirman hingga JL. Thamrin tempat GI berada.

Perjalanan dari Bandung dapat pula dengan menggunakan angkutan umum. Caranya dengan menuju ke Terminal Leuwipanjang dan mengambil bus jurusan Bandung – Tangerang – Kalideres atau bus jurusan Bandung Pandeglang atau jurusan Bandung Merak untuk kemudian turun di depan Plaza Slipi Jaya.

Lanjutkan perjalanan dengan masuk ke halte busway Slipi Kemanggisan, naik Transjakarta jurusan TU Gas dan turun di halte busway Tosari. Keluar dari halte tinggal berjalan kaki di sisi Barat Jalan untuk menuju ke Grand Indonesia Mall.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.