Hari ini Libur? Mau Yang Seru dan Menantang? Yuk Berenang Diantara Tebing Batu di Green Canyon Karawang

Posted on

Lokasi : Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
Map :
KlikDisini
HTM :
Rp.50.000/Orang
Buka/Tutup :
08.00-16.00
Telepon :
085793000096

foto by karawangtoday.com

Mungkin nama Green Canyon sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia sebagai tempat wisata tebing dan sungai dengan air berwarna hijau ini. Nama tersebut memang mirip dengan salah satu tempat wisata sungai diantara 2 tebing yang curam di Arizona, Amerika Serikat.

Green Canyon Karawang Menjadi Tempat Wisata Body Rafting Paling Seru

Namun sungai berwarna hijau di propinsi Jawa Barat ini lebih indah dari tempat wisata luar negeri yaitu Grand Canyon di USA. Hal ini karena kondisi air lebih bersih dan lingkungan udara sangat sejuk dibandingkan Amerika dengan udara di tengah tanah kering dan cuaca hot springs.

foto by yukpiknik.com

Pemandangan air sungainya memang sangat indah dengan warna hijau tosca membuat pengunjung sering menjadikannya sebagai paket wisata rafting untuk berjalan-jalan di area sungai.

Lingkungan sekitar sungai terdapat banyak pohon-pohon hijau sehingga suasana semakin asri dan sejuk serta membuat kegiatan body rafting semakin menarik.

Pada awalnya, rekreasi ini adalah wisata berkeliling dengan perahu menyusuri sungai menuju lokasi utama Green Canyon untuk melihat tebing curam, stalagnit dan stalagmit serta air terjun.

foto by cektravel.info

Namun saat ini, sudah banyak pilihan paket wisata petualangan dengan menginap 3 hari 2 malam di hotel atau resort dan bisa dijadikan alternatif agar lebih puas liburan di tempat wisata ini. Para pengunjung bisa mengeksplor semua tempat wisata yang berada di sekitar lokasi Green Canyon.

Sebuah kepuasan tersendiri jika bisa mengunjungi tempat wisata ini dan masuk ke goa untuk melihat langsung sampai di ujung dengan berenang diatas air yang berwarna hijau di tengah batu karang dan air terjun serta stalagmit.

Lokasi ujung hanya bisa dijangkau dengan berenang sehingga para pengunjung harus membawa persiapan pakaian ganti ataupun mengikuti wisata body rafting. Para pengunjung seperti berada di dalam goa batu karang dengan aliran sungai hijau di bawahnya.

BacaJuga:  35 Tempat Wisata di Purwakarta Jawa Barat 2018 dan Sekitarnya Giri Tirta Yang Murah Dekat Dengan Stasiun
foto by wisatabagus.net

Di lokasi ujung Green Canyon, para pengunjung bisa bermain di sungai dengan terjun diatas ketinggian 5 meter dan menikmati pemandangan batu karang di sekitarnya. Banyak pohon-pohon kecil dan lumut sehingga batu karang berwarna hijau dan menjadi pemandangan indah.

Kondisi air sungai sangat jernih dengan warna hijau dan akan terlihat jelas dasar sungai dengan hamparan batu kerikil. Pemandangan indah ini hanya akan terlihat jika kondisi cuaca sedang cerah dan sungai akan keruh serta banjir apabila terjadi hujan sehingga air berwarna coklat.

Hujan juga akan membuat arus sungai sangat deras dan cocok jika digunakan sebagai wisata tour rafting untuk memacu adrenalin dengan berenang mengikuti aliran sungai.

foto by instagram.com/dede.oxi1/

Bagi pengunjung yang ingin liburan ke Green Canyon bisa menuju ke lokasi dermaga di Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, Kertayasa, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat 46394. Jarak dari pusat kota Pangandaran sekitar 31 km ke arah barat melewati jalan raya di pinggir pantai selatan.

Para pengunjung dari Jakarta dan Bandung bisa menggunakan pesawat terbang Susi Air tujuan Bandara Nusa Wiru Pangandaranyang dahulu pernah ditutup. Jarak bandara menuju tempat wisata hanya sekitar 5 km dan bisa dijangkau menggunakan angkot ataupun taxi.

Dengan adanya layanan penerbangan ini akan memudahkan para wisatawan dari Jakarta dan Bandung untuk bisa sampai di Pangandaran dalam waktu 1 jam. Jika menggunakan transportasi darat, pengunjung dari Jakarta memerlukan waktu sampai 9 jam melewati wilayah Jabar.

foto by waterfalladventurebekasi.blogspot.co.id

Hal ini karena jarak dari Jakarta memang sangat jauh sekitar 130 km dan perjalanan akan melalui kota Bandung via Sentul Bogor atau Karawang. Kemudian melewati Tasikmalaya dan  Ciamis dilanjutkan ke arah selatan hingga sampai di lokasi Green Canyon.

Setelah sampai di dermaga, maka bisa membeli tiket untuk naik perahu agar bisa sampai di lokasi ujung Green Canyon. Harga tiket bervariasi, ada yang hanya sampai di batu karang dan ada juga fasilitas untuk berenang dan pengemudi perahu akan setia menunggu sampai selesai.

BacaJuga:  10 Gambar Saung Ranggon Bekasi Cikarang, No Telepon + Tiket Masuk Wisata

Para pengunjung bisa memilih paket wisata dengan tiket perahu dari harga Rp.200 ribu sampai Rp.400 ribu untuk 5 orang dalam satu perahu. Perahu dari dermaga akan menyusuri sungai dengan pemandangan air berwarna hijau di sepanjang perjalanan sampai tiba di lokasi tujuan.

foto by lazone.id

Biaya tersebut memang sangat murah karena berlaku untuk 5 orang dan pasti akan merasa puas karena dalam perjalanan selalu disuguhi pemandangan menakjubkan di sepanjang sungai. Hamparan pohon kelapa dan tumbuhan hijau terhampar di sepanjang pinggiran sungai.

Dalam perjalanan juga akan melihat para pengunjung lain hilir mudik pulang pergi dari lokasi ujung Green Canyon. Tempat wisata ini juga sering dikunjungi wisatawan luar negeri sehingga banyak para bule dari America atau negara lainnya dari Hjgh School Idaho dan Las Vegas.

Ketika hampir sampai, maka pemandangan di sisi sungai akan berubah karang batu dengan banyak lumut dan tumbuhan hijau di daerah hutan. Suasana sebelumnya panas berubah menjadi sejuk dan asri sehingga hawa tubuh mulai terasa dingin.

foto by instagram.com/muhammad_robet/

Setelah memasuki area Green Canyon, perahu akan berhenti di batu karang yang ada di tengah sungai dan pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berenang menyusuri sungai di pinggiran batu karang untuk mencapai ujung Grand Canyon.

Lokasi ujung menawarkan pemandangan menakjubkan dan menjadi tujuan utama pengunjung untuk melihat dari dekat meski harus berenang. Hal ini karena banyak yang telah membaca review wisata ini melalui website Agoda dan lainnya dengan menampilkan gambar sangat indah.

Pemandangan batu karang juga sangat indah dengan berbagai garis dan lubang secara alami dan termasuk sebagai cagar alam west java art. Para pengunjung bisa mendapatkan informasi eco wisata ini melalui berbagai blog ataupun situs Wikipedia.

BacaJuga:  Wisata Religi Masjid Jami Al Hidayah Kota Bekasi Jawa Barat

Banyak pengunjung yang membawa kamera untuk merekam video trip wisata dan selanjutnya akan diupload ke Youtube. Selain itu, pemandangan luar biasa indah tersebut tentu saja sangat sayang jika tidak diabadikan dengan kamera sebagai koleksi gambar dan foto.

foto by instagram.com/maulana_djafar/

Sejarah nama Green Canyon tentu berdasarkan bentuk tebing yang mirip dengan taman Grand Canyon National Park. Selain itu, ada tempat wisata dengan kemiripan serupa yaitu outfitters national park open location di Utah University Amerika dari Clark and Logan Day Yurt.

Selain itu, kondisi tebing juga memiliki banyak lumut dan tumbuhan hijau sehingga dinamakan Green Canyon atau lereng curam hijau. Para pengunjung akan mendapatkan berbagai sajian wisata keliling sungai dengan perahu ataupun body rafting untuk berenang menyusuri sungai.

foto by instagram.com/alfi_aalfi/

Salah satu lokasi wisata di Semarang dan Kudus serta Klaten atau Solo timur, Jawa Tengah juga memiliki kemiripan dengan tempat wisata ini. Tentu saja wisata tersebut memiliki lembah atau tebing bergaris-garis dan curam sehingga bentuk sangat indah dan memanjakan mata.

Masih ada lagi tempat wisata dengan nama sama yaitu Air Terjun Sri Gethuk di Yogyakarta dan dianggap sebagai Green Canyon di kota itu. Kondisi air sungai juga berwarna hijau dan di pinggir sungai terdapat stalagmit serta lereng curam bergaris-garis di pinggir sungai khas Jogja.

Sedangkan di negara Filipina terdapat danau dengan aliran sungai dari beberapa tebing karena tanahnya cekung dikelilingi gunung di perbatasan Pampanga barat laut dari kota Manila.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.