10 Photos Gua Maria Kerep Ambarawa, Penginapan Hotel di Sekitar + Jadwal Misa

Posted on
Gua maria kerep ambarawa photos penginapan di sekitar hotel dekat jadwal misa semarang central java penampakan malaikat peta lokasi devotion place indonesia assumpta bunda jam buka cara ke denah gmka gambar guest house gereja homestay jalan menuju novena natal kembang rute komplek wisata religi letak patung nomor telepon peresmian pemberkatan rohani sengon sejarah sekretariat taman tiket masuk goa video ziarah
Gua Maria Kerep, Foto: mamiberanimimpi.blogspot.com

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar, RW. 9, Kerep, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614
Map:
Klik Disini
Buka/Tutup: 08.00-21.00
HTM: 2000/Orang
Telepon:
(0298) 592085

Ada salah satu tempat yang menjadi komplek wisata religi bagi umat Katolik yang berada di daerah Ambarawa yang bernama Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA). Selain sebagai tempat ziarah rohani, namun pemandangan indah alam pegunungan juga bisa ditemukan serta bisa menjadi tempat rileks untuk menyegarkan pikiran dengan beribadah serta menikmati keindahan alam yang terdapat dalam lokasi tersebut.

Bunda Maria Tertinggi di Dunia, Foto: bersatulahdalamgerejakatolik.com

Di luar lokasi peribadatan terdapat arsitektur bangunan patung Bunda Maria yang besar dan indah serta dibawahnya terdapat miniatur serta tulisan sejarah perjalanan hidup Jesus dan Bunda Maria. Sejarah tersebut diantaranya menggambarkan jamuan kudus pada waktu Jesus bersama Bunda Maria. Sementara di kaki patung Bunda Maria terdapat penampakan beberapa malaikat yang setia untuk melindungi dan menemani sepanjang kehidupannya.

Biasanya para pengunjung menyambangi patung Bunda Maria ini sebelum masuk ke tempat peribadatan untuk melihat dari dekat bangunan patung umat Katolik terbesar di Jawa Tengah ini. Patung Bunda Maria tingginya 23 meter dan penopangnya dengan tinggi 19 meter, jadi total keseluruhan bangunan patung tingginya 42 meter. Bangunan patung Assumpta Bunda Maria ini sudah ada sejak bulan Agustus 2015 dan peresmian bangunan tersebut dilakukan oleh Uskup Agung Semarang.

Gua Maria Kerep Ambarawa, Foto: gallery101.wordpress.com

Sedangkan Gua Maria Kerep Ambarawa didirikan sejak tahun 1954 oleh persatuan gereja di Ambarawa. Pada awalnya tanah tersebut milik seorang berkebangsaan Belanda yang mengelola perkebunan di tanah tersebut. Kemudian tanahnya diberikan kepada pihak gereja agar digunakan untuk kepentingan umat. Selanjutnya pihak gereja membangun tanah tersebut sebagai tempat untuk penghormatan kepada Bunda Maria dan sebagai tempat wisata religi.

Lokasi tempat ini berada di selatan Gunung Ungaran dan tampak sekali pemandangan indah gunung tersebut sangat jelas dan indah di sebelah utara dari tempat wisata Gua Maria Kerep ini. Sedangkan di sebelah selatan tampak keindahan Gunung Merbabu yang tinggi. Selain itu, letak tempat wisata ini berada di tengah-tengah 3 kota yaitu, Semarang, Magelang dan Salatiga.

Wisata Ziarah di Semarang, Foto: semarangcoret.com

Untuk menuju ke lokasi wisata tersebut sangatlah mudah, cukup mengikuti jalur Semarang-Magelang dan akan setelah sampai di daerah Ambarawa banyak sekali papan petunjuknya. Selanjutnya mengikuti papan petunjuk hingga sampai di lokasi wisata Gua Maria Kerep. Letak tempat wisata ini berada di daerah yang berjarak sekitar 1 km dari jalan raya Semarang-Magelang. Setelah sampai di Terminal Ambarawa akan ada papan nama sebagai petunjuk arah masuk gang menuju ke lokasi Goa Maria Kerep.

Dari Jalan raya, mobil dan kendaraan mini bus bisa masuk menyusuri rute jalan kecil sampai tiba di lokasi. Sedangkan untuk bus besar tidak bisa sampai di lokasi, karena jalanan sangat sempit sehingga tidak diijinkan untuk masuk kesana. Selain itu, jalanan yang dilewati akan menanjak karena menuju daerah pegunungan dan tentu saja para pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah sambil berziarah. Para pengunjung juga bisa mengambil photos atau gambar bermacam-macam pemandangan yang indah di sepanjang jalan menuju ke lokasi wisata tersebut.

Tujuan Wisatawan, Foto: tiaracateringambarawa.blogspot.com

Setelah menempuh perjalanan beberapa menit dari Jalan raya, maka akan sampai di sekitar lokasi Gua Maria Kerep dan terlihat para pedagang yang berjualan di sepanjang jalan. Suasana tempat wisata religi ini selalu ramai dan akan padat pengunjung ketika hari minggu dan hari-hari besar lainnya seperti natal dan bulan Maria. Selain itu, banyak sekali pengunjung yang memadati lokasi tersebut pada saat acara Novena yang dilaksanakan setiap bulan yang jatuh pada minggu kedua.

Acara Novena merupakan tradisi yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun yaitu acara pemberkatan rohani yang dilakukan oleh kumpulan devosi dari berbagai daerah. Tempat ini banyak disebut sebagai Devotion Place in Central Java, Indonesia sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi para umat Katolik dan para pengunjung yang ingin berwisata. Para pengunjung juga tidak perlu membeli tiket masuk wisata di Gua Maria Kerep ini karena tidak ada loket resmi di tempat wisata tersebut.

Prosesi Pemberkatan, Foto: sesawi.net

Selain itu, tempat wisata ini tidak memiliki jam buka resmi karena banyak sekali para pengunjung yang berada di sini hingga malam hari. Memasuki pintu gerbang Gua Maria Kerep, para pengunjung akan melihat panah denah atau peta lokasi di Gua Maria Kerep dan sekitarnya. Para pengunjung bisa mengetahui dimana letak gereja, jalan Yesus, Taman miniatur Yesus serta letak Gua Maria Kerep. Hal ini sebagai papan petunjuk bagi para pengunjung agar bisa memulai darimana ketika berada di tempat wisata religi tersebut.

Biasanya para pengunjung akan memulai perjalanan dengan menyusuri jalan Yesus sambil berdoa sepanjang perjalanan. Setelah sampai di akhir perjalanan tersebut berdoa sambil menyalakan lilin dan berdoa dengan berlutut. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan menuju lokasi Gua Maria Kerep untuk berdoa dengan menyalakan lilin dan meninggalkan kembang. Para pengunjung juga bisa mengambil air keberkahan yang keluar dari mata air gua tersebut dengan dirigen. Air tersebut bisa langsung diminum karena sudah disaring dengan alat filter sehingga aman untuk dikonsumsi.

Welcoming Sign di Gua Maria Kerep Ambarawa, Foto: wisatawan.id

Para pengunjung juga bisa beristirahat di taman dan melihat miniatur kehidupan Jesus dengan para umatnya di masa itu. Di taman tersebut juga terdapat replika Sungai Yordan sebagai tempat pembaptisan Yesus. Selain itu, ada juga tumbuh pohon kurma di belakang miniatur patung Yesus sehingga para pengunjung bisa melihat sejarah bagaimana kehidupan Yesus di masa itu.

Dari lokasi Gua Maria Kerep ini juga terlihat jelas pemandangan Telaga Rawa Pening yang bisa dinikmati dari kejauhan di arah tenggara. Masih banyak lagi suguhan pemandangan yang sangat menarik ketika berada di lokasi wisata tersebut. Biasanya para pengunjung akan melakukan doa terlebih dahulu di tempat pemanjatan doa sebelum berkeliling di taman dan mengunjungi patung Bunda Maria. Karena letak patung Bunda Maria berada di pinggir tebing dan agak jauh dari lokasi Gua Maria Kerep.

Jadi Mercusuar Iman Bagi Umat Katolik, Foto: indonesia.ucanews.com

Banyak pengunjung yang membawa kamera untuk mengabadikannya dengan merekamnya untuk membuat video ziarah sebagai kenang-kenangan atau di bagikan kepada teman-teman. Tentu saja sebuah kebanggan tersendiri bagi umat Katolik jika sudah berkunjung ke tempat penghormatan bagi Bunda Maria tersebut. Untuk mengetahui jadwal misa di gereja Gua Maria Kerep, para pengunjung bisa datang ke kantor sekretariat agar bisa mengikuti acara misa tersebut.

Ternyata Gua Maria Kerep ini bukanlah satu-satunya tempat wisata religi yang ada di wilayah Jawa Tengah. Di kota Yogyakarta juga ada tempat wisata religi yang bernama Gua Maria Giri Wening dan lokasinya berada di Dukuh Sengonkerep, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Taman Gua Maria Kerep Ambarawa, Foto: hellosemarang.com

Hotel dan Penginapan yang Dekat Wisata Gua Maria Kerep

Bagi para pengunjung yang ingin beristirahat atau bermalam, banyak sekali rumah penginapan atau homestay di sekitar tempat wisata tersebut. Banyak penduduk setempat yang menggunakan rumahnya sebagai tempat penginapan sebagai tempat peristirahatan para pengunjung. Salah satu penduduk setempat yang memiliki rumah penginapan atau guest house adalah bapak Martinus Suhadi yang menyediakan 12 kamar dengan harga yang cukup murah.

Selain itu lokasi rumah tersebut sangat dekat dengan tempat wisata sehingga selalu ramai menjadi pilihan utama para pengunjung. Rumah penginapan ini sangat cocok bagi para pengunjung yang datang secara rombongan sehingga bisa menempati rumah tersebut sebagai penginapan bersama. Selain itu terdapat fasilitas ruang tengah yang bisa digunakan untuk doa bersama bagi para pengunjung yang menginap.

Favorit Wisatawan, Foto: guamariakerep.org

Tempat wisata yang dekat lainnya adalah Surya Guest House yang masih satu alamat dengan tempat wisata Gua Maria Kerep. Tentu saja para pengunjung bisa lebih nyaman cukup berjalan kaki saja karena letaknya memang sangat dekat. Bentuk bangunan guest house ini memang mirip seperti hotel sehingga cocok bagi para pengunjung yang datang secara pribadi atau bersama keluarga.

Ada lagi sebuah penginapan yang termasuk elit dan masih dalam kawasan tempat wisata Gua Maria Kerep, yaitu Hotel dan Villa Griya Katarina. Ruang penginapan yang disediakan memang terlihat elegan dan tidak kalah dengan hotel berbintang. Selain itu fasilitas yang disediakan juga hampir sama dengan yang ada di hotel berbintang sehingga para pengunjung bisa nyaman beristirahat.

Pihak pengelola juga menyediakan villa bagi para pengunjung yang ingin menikmati istirahat tidak hanya dalam satu ruangan, namun ada teras dan fasilitas lainnya. Tentu saja jika datang bersama keluarga sangat cocok jika menjatuhkan pilihan untuk menyewa villa karena ada ruang keluarga, ruang makan serta ruangan yang ber AC. Para pengunjung bisa memesan kamar dan villa melalui kontak nomor telepon yang bisa dicari dari website resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *