Jalan Menuju Rumah Pohon Hutan Pinus Songgon Banyuwangi + Rute Alamat Wisata

Posted on
Rumah pohon songgon hutan pinus banyuwangi wisata kabupaten jawa timur jalan menuju rute peta alamat terbaru lokasi
Bersantai di Hammock. Foto: wanitamedan.com

Lokasi: Sumberbulu, Songgon, Banyuwangi Regency, East Java 68463
Maps: Klik Disini
HTM: Rp. 5.000
Buka/Tutup: 07.00 – 17.00 WIB (Senin – Rabu), 07.00 – 20.00 WIB (Kamis – Sabtu), 07.00 – 18.00 WIB ( Minggu)
Telepon: 0815-5679-4258

Banyuwangi tidak ada habisnya untuk memanjakan para wisatawan. Ada banyak kawasan wisata yang bisa ditemukan di kota di ujung timur dari pulau Jawa tersebut. Bukan hanya pantai saja, ada banyak lokasi wisata yang bisa memanjakan para turis baik domestik dan juga asing. Salah satunya adalah kawasan Hutan Pinus Songgon yang berada di daerah Sumberbulu, Kabupaten Banyuwangi ini.

Tidak heran jika banyak masyarakat Banyuwangi memenuhi kawasan wisata hutan pinus Songgon tersebut. Apalagi lokasi ini baru dibuka pada tahun 2016 lalu. Bahkan ketika musim liburan tiba dan juga akhir pekan datang, tentu saja bisa membuat kawasan wisata ini sangat penuh. Bahkan area parkirnya bisa saja meluber hingga 1 km dari area parkir di Hutan Pinus ini.

Suasana di area pepohonan pinus. Foto: pinterest.com

Mengenal Hutan Pinus Songgon

Kawasan wisata terbaru di Banyuwangi ini memang dahulu kala merupakan hamparan pohon pinus tanpa tuan. Dan biasanya digunakan oleh warga sekitar untuk mencari getah yang biasa diambil dari pohon pinus. Sementara di bawah pohon pinus ini oleh masyarakat sekitar ditanami oleh cabai, jahe hinga jagung.

Ketika pohon pinus ini besar, tentu saja tidak bisa lagi di tumpangsari alias ditanami komoditas lainnya. Pohon ini hanya bisa diambil getah saja. Pemerintah setempat akhirnya memiliki ide untuk mengelola dan membuat kawasan wisata alam di hutan pinus tersebut. Ditambah lagi di area tengah hutan ini terdapat sungai Badeng yang sudah sejak lama dijadikan tempat untuk tubing dan juga rafting

Atap payung nan cantik. Foto: ngadem.com

Total area dari kawasan wisata ini ada 97 hektar. Akan tetapi yang diubah dan juga di kembangkan menjadi lokasi wisata ini sekitar 7 hektar. Tentu saja tidak semua area dijadikan lokasi wisata. Pasalnya tetap mengedepankan fungsi hutan dan juga menjaga kelestarian lingkungan.

BacaJuga:  25 Obyek Tempat Wisata di Madiun Jatim dan Sekitarnya Daerah Caruban Ngawi Kare Dekat Stasiun Kota
Bird View di Songgon. Foto: banyuwangibagus.com

Lokasi Hutan Pinus Nan Eksotis

Kawasan wisata Hutan Pinus Songgon ini memang sangat strategis. Letak dan alamatnya sangat mudah dijangkau. Rute menuju ke obyek wisata ini sangat mudah. Apalagi lokasinya sendiri berada di area kaki Gunung Raung. Praktis memiliki pemandangan nan eksotis. Belum lagi dengan hawanya yang sejuk dan juga udaranya yang sangat segar. Sangat pas untuk refreshing. Udaranya yang sejuk tentu saja sangat memanjakan para wisatawan.

Berkuda di taman lampion. Foto: ksmtour.com

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa sudah ada aliran sungai Badeng. Aliran sungai ini sangat deras. Praktis menjadi incaran para turis untuk mencoba rafting atau tubing di sekitar hutan pinus tersebut. Selain itu ada pula jembatan gantung dan membentang di atas sungai tersebut. Dijamin adrenalin yang dirasakan akan lebih terasa.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh obyek liburan ini adalah area spot foto selfie yang merata di semua lokasi hutan tersebut. Di sini sudah disediakan rumah pohon dengan ukuran yg bervariasi. Tentu saja bentuknya sendiri juga sangat menarik dan bervariasi pula. Selain itu ada pula area yang dipenuhi dengan lampion warna-warni dan juga payung merah yang digantung dengan menghubungkan pepohonan-pepohonan di sekitar area tersebut. Praktis hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis.

Bersantai di rumah pohon. Foto: ksmtour.com

Mencoba hammock

Selain spot selfie dan juga rafting, salah satu kegiatan yg bisa dilakukan oleh para turis adalah dengan mencoba hammock. Kegiatan hammocking ini menjadi salah satu pesona yg ditawarkan oleh area ini. Apalagi hammocking ini sedang booming. Hammock adalah tempat tidur gantung dimana menghubungkan antara pohon satu dengan yang lainnya. Hammock ini adalah tempat tidur gantung dengan kain warna-warni dan juga ukuran yang beragam. Tentu saja bisa menjadi tempat selfie juga.

BacaJuga:  Harga Rafting Kaliwatu Batu Malang Jawa Timur : Biaya Tarif di Sungai Bumiaji
Bersantai sejenak di hammock. Foto: okezone.com

Para pengunjung bisa bersantai dan beristirahat di hammock tersebut dan juga selfie di sini. Apalagi dengan latar belakang pohon pinus yang cukup tinggi dan juga menyajikan tampilan eksotis. Tentu saja menjadi salah satu hal yang cukup menarik ketika menginjakkan kaki di sini. Para turis bisa memasang hammock dengan tinggi 1 meter dari atas tanah jika tidak berani berada di ketinggian. Dari sini sudah cukup menarik untuk melihat dan mengabadikan momen di sini.

Suasana di Songgon. Foto: kompas.com

Fasilitas di Hutan Pinus Songgon

Untuk menuju ke kawasan ini memang cukup mudah. Meski begitu tidak ada salahnya menggunakan peta agar lebih memudahkan lagi. Sementara untuk fasilitasnya sendiri taman rekreasi alam ini memang sudah menyediakan fasilitas di dalamnya. Meski begitu fasilitas yg ada di sini memang belum terlalu lengkap. Setidaknya sudah cukup memuaskan untuk para pengunjung.

Di sini sudah ada bangku taman dari kayu dengan bentuk sederhana dan menyatu dengan alam. Para turis bisa duduk di sini sembari menikmati pemandangan eksotis di sini. Apalagi jika ditemani dengan secangkir kopi.

Sedangkan untuk fasilitas lainnya sudah ada rumah pohon dan juga tenda untuk camping. Ada pula safari kuda dan jeep. Akan tetapi fasilitas ini berbayar. Untuk yg gratis sudah ada area selfie dan juga taman lampion. Sementara ayunan juga bisa dinikmati dengan gratis.

Berfoto di Songgon. Foto: travellingyuk.com

Bagi para wisatawan yg ingin mengunjungi dan menikmati area ini harus membayar tiket masuk seharga 5 ribu saja. Untuk area parkir tidak dikenakan biaya. Parkir di sini gratis. Meski ada beberapa petugas parkir. Biasanya secara sukarela saja.

Tidak lupa pula pengelola lokasi liburan ini sudah menyediakan fasilitas kuliner dan jajanan agar para pengunjung tidak kelaparan. Ada berbagai menu makanan variatif dengan harga tentu saja cukup murah. Mulai dari ayam goreng hingga roti bakar bisa ditemukan di sini.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Gunung Bromo + Jalan Menuju Rute Lokasi Letak Berada di Jawa Timur
Atap payung di Songgon. Foto: kompas.com

Rute menuju ke hutan pinus

Bagi para wisatawan yg ingin mengunjungi lokasi ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya belum ada transportasi umum yang menuju ke Hutan Pinus Songgon tersebut. Jalur atau jalan utama menuju ke lokasi ini sudah sangat mulus dan tidak bergelombang. Tidak akan merepotkan para wisatawan ketika hendak menuju ke area ini.

Para turis bisa memilik 2 jalur jika ingin ke sini. Jika berangkat dari pusat kota Banyuwangi atau dari arah Situbondo dan Pantura, ambir jalur ke arah Rogojampi dengan jarak sekitar 14 km. dari sini ambil jalur ke kanan setelah pertigaan.

Dan ikuti papan petunjuk utama menuju ke Songgon. Dari pasar Songgon ini ikuti jalur utama sejauh 6 km. Dari sini ikuti papan petunjuk ke arah perkebunan Bayu Lor. Dan pilih jalur ke kiri menuju Sragi atau Genteng.

Setelah itu melewati Kantor Pos Songgon, dan akan bertemu dengan percabangan jalan. AMbil jalur ke arah kiri ke arah Hutan Pinus Songgon yg searah dengan Karo Adventure. Ikuti jalan utama. Lokasi wisata ini sudah bisa terlihat di pinggir jalan.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

One thought on “Jalan Menuju Rumah Pohon Hutan Pinus Songgon Banyuwangi + Rute Alamat Wisata

  1. Dari 97 H yang digunakan wisata 7 H, masih ada sisa 90 H yang tetap difungsikan sebagai hutan. Semoga wisatawan semakin sadar akan fungsi hutan dan menjaga kelestarian lingkungan. Karena sudah ada 5 Tahun belakangan ini wisata hutan Pinus kian populer. Jika tidak dijaga benar kelestariannya maka ekosistem hutan akan rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *