10 Gambar Jatim Park 1 Malang, Harga Tiket Masuk, Sejarah Wisata + Peta Lokasi Alamat

Posted on
Jatim park 1 malang tiket masuk harga wisata gambar foto sejarah 2017 peta lokasi alamat batu isi wahana no telp denah contoh makalah letak rumah hantu info jam operasional profil rute misteri wikipedia kebakaran hotel adalah contact person youtube baru villa asal usul paket galeri nusantara museum tubuh map kota jawa timur buka berapa
Jatim Park 1 (foto: hoteldanwisata.com)

Lokasi: JL. Kartika No.2, Desa Sisir, Kecamatan Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, 65315
Map: Klik Disini
HTM: Weekdays Rp.70.000/orang, Weekend Rp.100.000/orang
Buka/Tutup: 08.30 – 16.30 WIB
Telepon: (0341) 597777

Sebagai objek pariwisata, Kota Batu sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu, karena dalam catatan sejarah, Batu sudah dijadikan sebagai tempat pelesir atau rekreasi oleh raja-raja Majapahit maupun Singasari. Saat masih menjadi bagian dari Kabupaten Malang, peran Batu juga tidak sedikit dalam mendongkrak sektor pariwisata. Bahkan lebih dari separuh PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Malang dari sektor pariwisata diperoleh dari tempat-tempat rekreasi yang ada di Batu. Tidak heran jika pada saat terjadi pemekaran wilayah yang menjadikan Batu berdiri sendiri sebagai Kota Administratif, sektor pariwisata memberikan sumbangan terbesar bagi PAD Kota Batu.

Meski sudah dikenal sejak berabad-abad yang lampau sebagai tempat wisata, namun kehadiran objek wisata modern di Kota Batu baru diawali dengan berdirinya Jatim Park yang kemudian berubah nama menjadi Jatim Park 1. Objek wisata bertaraf internasional ini seolah menjadi motor penggerak yang membuat industri pariwisata di Kota Batu melaju dengan pesat. Dampaknya, tidak hanya membuat sebagian pengunjung tempat wisata yang ada di Malang tersedot ke Batu, tapi juga mendongkrak jumlah pengunjung tempat-tempat wisata lainnya yang lebih dahulu berdiri di Kota Batu.

Sukses Jatim Park 1, membuat holding tempat wisata ini yaitu PT Bunga Wangsa Sedjati mengembangkan objek-objek wisata lainnya di bawah Jatim Park Group, dimulai dari pembangunan Museum Satwa, berlanjut ke pembangunan BNS (Batu Night Spectacular), setahun kemudian mendirikan Batu Secret Zoo, diteruskan dengan pembangunan Eco Green Park pada tahun 2012, kemudian Museum Angkut di tahun 2013, menyusul Museum Tubuh The Bagong Adventure pada tahun 2014 dan Predator Fun Park di tahun 2015. Rencana berikutnya adalah pembangunan Jatim Park 3 yang dijanjikan akan menghadirkan objek wisata yang berbeda dari objek wisata yang pernah ada di Indonesia.

Jatim Park 1 Tampak dari Depan (foto: bromokita.com)

Mengenal Sekilah Jatim Park 1

Bukan hal yang sulit bagi Paul Sastro Sendjojo, owner dari PT Bunga Wangsa Sedjati untuk mengembangkan tempat pariwisata di Kota Batu melalui Jatim Park Group, karena sudah  puluhan tahun lamanya dia berkecimpung di dunia pariwisata, melalui hotel-hotel dan beberapa tempat wisata yang dia dirikan, seperti: Hotel Kartika Wijaya, Mall Gajah Mada Plaza,  Hotel Kartika Graha, Wisata bahari Lamongan, Suroboyo Karnaval, Kebun Binatang Maharani, Club Bunga Butik Resort, Tanjung Kodok Beach Resort, Bandung Carnical Land, World of Wonder, Cikupa, Tangerang, dan sejumlah bisnis yang berkaitan dengan industri pariwisata lainnya.

Jatim Park 1 yang menjadi pionir tempat wisata modern di Kota Batu, didirikan di atas lahan seluas 22 hektar, berada pada ketinggian 850 meter dari atas permukaan laut dan berjarak hanya sekitar 5 km dari pusat Kota Batu dengan akses yang mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Mudahnya wisatawan untuk menuju ke lokasi wisata inilah yang ikut mendongkrak jumlah pengunjung disamping daya tarik dari objek wisata yang kini telah memiliki 53 wahana dan masih akan terus bertambah karena setiap tahunnya pihak pengelola akan menambah minimal 3 wahana baru. Penambahan wahana baru yang secara rutin terus dilakukan setiap tahun, membuat wisatawan yang pernah berkunjung ke sinipun tidak akan pernah merasa bosan untuk datang dan datang lagi setiap kali memiliki waktu untuk berlibur. Hal itulah yang membuat pengunjung Jatim Park 1 tidak pernah berkurang setiap tahunnya, tapi justru bertambah.

Tempat wisata ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada 2 Maret 2002 oleh Ir. H.M. Hatta Radjasa yang pada waktu itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Tekhnologi. Diresmikannya tempat pariwisata oleh Menristek sepintas lalu memang terlihat unik dan janggal. Namun jika memperhatikan wahana-wahana yang dihadirkan, kesan janggal tersebut akan hilang dengan sendirinya, karena Jatim Park 1 bukan hanya sekedar tempat rekreasi dan hiburan, tapi juga wahana untuk belajar, baik tentang seni, budaya dan ilmu sosial maupun sains dan tekhnologi.

Media yang disuguhkan sebagai wahana untuk menambah ilmu dan pengetahuan tersebut terhampar di lahan seluas 1.000 meter2 yang diisi dengan berbagai macam alat peraga IPTEK serta hasil karya tekhnologi inovatif. Para pelajar, mahasiswa serta masyarakat tidak hanya dapat menyaksikan alat-alat peraga dan tekhnologi inovatif tersebut, tapi juga dapat mencoba dan mengaplikasikannya, sehingga sangat efektif untuk dipakai sebagai media pembelajaran.

Untuk menyajikan berbagai bentuk tekhnologi modern tersebut, Jatim Park 1 melakukannya tidak asal-asalan. Karena itu pihak pengelola menggandeng beberapa kontributor yang berkompeten di bidangnya, seperti Kementrian Riset dan Tekhnologi RI, PLN, TELKOM, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politekhnik Negeri Malang, PT Pudak Scientific Bandung, VEDC (Pusat Pengembangan Penataran Guru Tekhnologi), Citra MIPA Malang dan sejumlah pihak yang berkompeten di bidang sains dan tekhnologi.

Wahana Sky Swinger di Jatim Park 1 (foto: jtp.id)

Dengan memadukan tempat rekreasi dan hiburan serta media pembelajaran yang disajikan lewat tampilan objek wisata modern dan profesional, keberadaan Jatim Park 1 tidak ubahnya seperti perpaduan Dufan dan Taman Mini Indonesia Indah dalam versi mini. Artinya, wisatawan yang datang kesini, tidak hanya dapat melakukan aktifitas untuk menghibur diri dan bersenang-senang tapi juga memperoleh pengayaan lewat ilmu dan pengetahuan. Karena itu pula tempat  wisata ini mengusung tagline “Taman Belajar dan Rekreasi”.

Hadirnya Jatim Park 2 yang terdiri atas 3 objek wisata, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park yang juga menjadi sarana untuk rekreasi dan belajar, tidak membuat keberadaan Jatim Park 1 terancam, tapi justru saling melengkapi, karena wahana untuk belajar dan wahana rekreasi yang ada dikedua tempat wisata ini berbeda antara yang satu dengan yang lain. Jika dihitung persentasenya, wahana ilmu dan pengetahuan di Jatim Park 2 memang lebih dominan dibanding Jatim Park 1, namun karena alat peraga IPTEK dan hasil karya tekhnologi inovatif yang disuguhkan berbeda, membuat keduanya tidak saling mematikan.

Menikmati Kegembiraan dan Berburu Pengetahuan di Jatim Park 1

Sebelum menikmati seluruh wahana yang ada, pengunjung akan disambut oleh sebuah gong raksasa yang konon merupakan gong terbesar kedua di Indonesia. Silahkan memukul gong tersebut sebelum mengawali perjalanan atau sekedar berfoto untuk dijadikan kenang-kenangan atau diunggah ke media sosial.

Setelah melewati pintu masuk, suguhan pertama yang ditemui lebih bersifat edukatif berupa wahana-wahana yang memberikan informasi tentang berbagai ilmu dan pengetahuan. Tuntas menikmati wahana edukatif, barulah bertemu dengan wahana-wahana rekreatif. Jika dikelompokkan, sebanyak 53 wahana yang ada, terbagi atas tiga kelompok atau zona, yaitu Zona Pembelajaran, Zona Playground dan Zona Adventure. Agar lebih detail, berikut deskripsi dari wahana-wahana yang ada di masing-masing zona.

1. Zona Edukatif

Untuk mewujudkan tagline “Taman Belajar dan Rekreasi”, sejumlah wahana yang memberikan informasi, ilmu dan pengetahuan kepada pengunjung utamanya para pelajar disajikan dalam bentuk alat peraga dan tekhnologi inovatif, sehingga tidak hanya bersifat edukatif tapi juga rekreatif.  Sejumlah wahana edukasi tersebut diantaranya adalah:

– Taman Sejarah

Diorama Upacara Adat di Indonesia di Jatim Park 1 (foto: TripAdvisor)

Berbagai macam miniatur candi dan arca di Indonesia dapat dijumpai di Taman Sejarah, sehingga sangat cocok bagi anak-anak yang ingin mengetahui sebagian dari sejarah Indonesia. Termasuk tentang penyebaran agama Islam di Indonesia pada abad XIX yang digambarlkan lewat kediaman Sunan Giri beserta masjidnya, kehidupan sehari-hari Kyai Kasan Besari di Ponorogo, dan sebagainya.

– Science Centre

Pelajaran Fisika dan Kimia yang menjadi momok di sekolah, menjadi terlihat mudah dan menyenangkan lewat berbagai macam alat peraga yang tersedia di sini. Meski wahana ini diberi nama Science Centre namun suasana yang ada di dalam ruangan jauh dari kesan serius, karena dihiasi dengan berbagai warna yang menarik layaknya tempat belajar di lembaga-lembaga PAUD. Pengunjung bisa belajar secara langsung dengan memanfaatkan alat-alat peraga yang ada seperti peraga detak jantung, organ-organ dalam tubuh manusia, tekhnologi plasma, membuat percobaan tentang asam – basa dan sebagainya.

– Taman Fisika

Berbagai alat peraga di Taman Fisika menjadi permainan yang menarik sekaligus membuka kesadaran pengunjung utamanya para pelajar bahwa belajar Fisika itu menyenangkan. Di sini dapat dilihat Gravitram yaitu bola-bola besi yang bergerak dari lintasan rendah ke lintasan tinggi tanpa terpengaruh gravitasi bumi, ada pula Kubah Gema yang dapat menghasilkan gema 1000 kali, dan berbagai alat peraga Fisika menarik lainnya.

– Galeri Etnik

Keragaman suku dan etnis serta adat dan budaya yang ada di Indonesia dapat dijumpai di sini lewat koleksi rumah adat, pakaian adat, alat musik, makanan khas dan berbagai hal yang menjadi ciri khas suku dan etnis yang ada di Indonesia. Pengunjung yang ingin belajar tentang keragaman bangsa indonesia tidak hanya melalui diorama dan pernak-pernik dari berbagai suku, tapi juga lewat screen dengan aplikasi interaktif sehingga lebih mudah untuk dipahami. Galeri Etnik memiliki nuansa yang sama dengan Museum Indonesia yang ada di TMII hanya saja disajikan dalam format mini.

– Anjungan Jawa Timur

Berbagai hal yang menonjol dan menjadi ciri khas masyarakat Jawa Timur ditampilkan di sini, mulai dari rumah adat, pakaian adat, makanan khas, seni budaya serta yang lain yang ada di Madura, Ponorogo, Suku Tengger dan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur.

Wahana Sky Ride di Jatim Park 1 (foto: jtp.id)

– Museum Uang

Berbagai jenis mata uang dari zaman ke zaman beserta penjelasannya dipamerkan dalam etalase dan pigura kaca yang tertempel di dinding Museum Uang.

– Galeri Belajar

Menempati auditorium yang dapat menampung sampai dengan 500 orang pengunjung, Galeri Belajar menyuguhkan berbagai macam alat peraga yang dimiliki sejumlah instansi pemerintah, perusahaan swasta dan lembaga pendidikan, seperti PLN yang memperagakan Lorong Cahaya, Universitas Brawijaya dengan Efisiensi Katrol, MIN 1 yang menampilkan bujur sangkar ajaib dan ilmu matematika yang menarik lainnya, UMM lewat bantalan luncur Biotek, pembuatan nata de coco dan budidaya jamur kayu, Rimba Raya yang memperkenalkan budidaya tawon, serta beberapa instansi/lembaga yang lain.

– Taman Agro

Berada di lokasi Taman Agro akan menambah pengetahuan tentang berbagai jenis buah dan sayuran, tidak hanya yang berasal dari indonesia, tapi juga dari mancanegara seperti Buah Bisbul dari Philipina, Buah Dewandaru dari Amerika Selatan, Buah Menteng dan Malaysia, dan sebagainya. Di sini pengunjung juga dapat belajar tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik.

– Taman Burung

Sebanyak 400 ekor burung dari 103 spesies menempati wahana Taman Burung. Berbagai bentuk, warna dan suara burung yang menarik menjadi hiburan sekaligus tambahan pengetahuan karena disetiap kandang burung terdapat papan informasi yang menjelaskan tentang segala sessuatu yang terkait dengan burung tersebut. Beberapa ekor burung bahkan bisa diajak untuk berfoto bersama.

– Taman Ikan

Wahana Taman Ikan menempati area seluas 600 meter2 yang berisi 75 spesies ikan dari berbagai belahan dunia, baik ikan air tawar maupun ikan air laut. Salah satu koleksi yang menarik adalah Ikan Arapaima Gigas yang memiliki panjang 1,7 meter dan sudah berumur ratusan tahun. Pada setiap hari Rabo dan Minggu, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan ikan piranha yang diberi makan daging.

– Taman Reptil

Sebanyak 170 spesies reptil menjadi koleksi Taman Reptil yang terbagi atas golongan ular dan non-ular seperti komodo, buaya, biawak, kura-kura dan sebagainya. Pengunjung juga diberi kesempatan untuk dapat berfoto bersama ular piton yang besar.

– Diorama Binatang   

Di lokasi ini dapat dijumpai beberapa jenis binatang langka yang sudah diawetkan seperti beberapa fosil binatang purba, Giant Moray dan berbagai jenis serangga.

Wahana Super Loop Coaster di Jatim Park 1 (foto: jawapos.com)

– Baby Zoo

Wahana ini mengoleksi binatang-binatang kecil seperti kelinci, marmut, hamster, kera serta yang lain. Tidak hanya untuk dilihat, binatang-binatang yang lucu tersebut juga bisa diajak interaksi dengan mengelus-elus bulu mereka atau memberinya makan.

2. Zona Playground

Cukup banyak wahana permainan anak yang terdapat di Jatim Park 1. Beberapa permainan khusus untuk anak-anak, beberapa lainnya dapat dinikmati segala usia, sehingga orang tua dapat langsung menemani anak pada saat bermain. Berikut beberapa wahana yang ada di Zona Playground:

– Dog Race

Wahana yang baru beroperasi pada bulan Mei 2017 ini sebenarnya tidak hanya menarik untuk anak-anak tapi juga bagi remaja dan dewasa, tepatnya wahana yang pas untuk  keluarga. Dog Race adalah permainan berbentuk anjing dengan tubuh sepanjang 12 meter  yang dilengkapi 10 tempat duduk berdaya tampung 20 orang dan berat maksimal penumpang sampai dengan 500 kg. Penumpang yang naik di atasnya akan diajak berkeliling selama 5 putaran sambil menikmati suguhan lagu-lagu anak-anak dan lagu-lagu tradisional.

– Battery Car

Belajar tentang rambu-rambu lalu lintas dengan cara mengaplikasikannya secara langsung tentu akan lebih mudah dipahami oleh anak-anak. Melalui wahana Battery Car anak diajak belajar tentang rambu-rambu lewat aktifitas mengendarai mobil mainan di lintasan yang menyerupai jalan raya.

– Thomas Mini Train

Wahana untuk anak berusia 2 – 8 tahun ini berupa kereta api dengan bentuk unik dan lucu yang akan membawa anak-anak berkeliling di rel sepanjang 150 meter dengan melintasi Jungle Book Adventure, Water fall, Indian Camp dan Super hero City.

– Kolam Renang Anak

Kolam sedalam 40 cm dan selalu diawali oleh Pool Guard menjamin keamanan putra-putri Anda pada saat bermain air di Kolam Renang Anak. Untuk menambah kegembiraan anak-anak pada saat bermain air, kolam ini dilengkapi beberapa permainan seperti seluncur berbentuk buaya, trampolin serta yang lain.

– Samba Ballon

Wahana ini khusus untuk anak berusia dibawah 10 tahun. Bentuknya seperti balon yang berjalan berputar di atas ketinggian.

Wahana Airboane Shot di Jatim Park 1 (foto: tempat.co.id)

– Motor Cilik

Menggunakan motor berkapasitas 50 cc sambil mengenakan helm standard dan baju pengaman menjadi keasyikan tersendiri bagi anak-anak yang mencoba untuk mengendarai motor.

– Ulat Coaster

Permainan berbentuk ulat bertubuh panjang ini khusus untuk anak dibawah 5 tahun yang memiliki 6 gerbong dan setiap gerbong hanya diisi 1 anak. Berjalan di atas rel setinggi 1 – 2 meter dengan lintasan naik turun tentu akan memberikan kegembiraan tersendiri bagi anak-anak.

– Froggy

Permainan dengan kapasitas 7 anak ini sebenarnya merupakan wahana pemacu adrenalin, namun khusus buat anak-anak. Model permainannya sederhana, anak-anak disuruh duduk di kursi yang tersedia, kemudian dibawa ke ketinggian lalu diluncurkan ke bawah. Meski sederhana namun lebih dari cukup untuk membuat jantung berdebar-debar.

– Dragon Coaster

Permainan berbentuk Naga bernuansa oriental ini memiliki kapasitas 8 orang dan dapat dinikmati semua usia, sehingga orang tua bisa mendampingi putra-putrinya saat duduk di tubuh Naga yang mengelilingi lintasan selama 2 putaran.

– Flumride

Wahana ini mengajak anak-anak menyusuri sungai buatan sambil mendayung perahu dengan melewati deretan patung binatang-binatang mitologi, Baby Zoo dan diorama binatang.

– Rumah Pipa

Permainan air ini menjadi berbeda, karena anak-anak diajak menyusuri pipa raksasa dengan melewati area yang menggambarkan suasana Kutub Utara, melewati jurang yang dihuni buaya dan berbagai kejutan lainnya.

– Arena Bermain Pasir

Tidak harus ke pantai untuk membuat patung atau istana pasir, karena Jatim Park 1 menyediakan Arena Bermain Pasir layaknya berada di pinggir pantai.

3. Zona Adventure

Berpetualang tidak harus menjelajah alam, melalui wahana yang ada di Jatim Park 1 keinginan berpetualang dengan cara yang berbeda namun tetap mengasyikkan bakal dapat terlampiaskan. Berikut beberapa wahana yang terdapat di Zona Adventure:

– Keraton Hantu

Sensasi mistis yang ditawarkan Wahana Keraton Hantu bakal membawa pengunjung ke alam lain lewat patung iblis bertandung membawa kampak yang menyambut di pintu masuk, aroma kemenyan di tempat yang gelap dan tentunya kamar-kamar berhantu yang satu persatu harus dilewati. Beberapa penampakan yang bakal ditemui diantaranya hantu bayi yang menangis, hantu tanpa kepala, almari yang terbuka dan tertutup sendiri, juru masak berwujud tengkorak, penjara masa lampau yang dihuni tengkorak yang menjerit meminta pertolongan, kuntilanak yang tiba-tiba jatuh tepat di hadapan pengjung, dan hantu-hantu yang lain. Jangan khawatir untuk masalah keamanan, karena disetiap kamar sudah dilengkapi dengan CCTV yang selalu dipantau oleh petugas.

– 360O Pendulum

Wahana 360° Pendulum di Jatim Park 1 (foto: telusurindonesia.com)

Suasana yang mencekam dan menegangkan bakal dihadirkan oleh Wahana 360O Pendulum, karena pengunjung akan diajak berayun dan berputas di atas ketinggian dengan posisi terbalik. Wahana berkapasitas 13 orang ini tidak cuma berputar horisontal tapi juga berputar secara vertikal. Sehingga bagi mereka yang tidak memiliki nyali, lebih baik menjadi penonton saja dengan berdiri di sekitarnya.

– Loop Coaster

Wahana yang diluncurkan pada bulan April 2016 ini mengajak pengunjung untuk memacu adrenalin lewat perjalanan menggunakan kereta cepat dengan lintasan dari bawah ke atas. Loop Coaster memiliki jalur berketinggian 14 meter berkecepatan 365 meter permenit dengan daya tampung 24 penumpang sekali angkut. Karena wahana ini terbilang ekstrim, maka ada persyaratan tertentu untuk dapat menikmatinya, yaitu tinggi minimal 100 cm, tidak menderita epilepsi, penyakit jantung dan takut pada ketinggian.

– Sky Ride

Meluncur di atas ketinggian bersama pasangan sambil menikmati landskap seluruh area di Jatim Park 1 yang indah berlatar belakang Gunung Panderman, Gunung Banyak dan Gunung Arjuna tentu akan menciptakan suasana yang romantis. Jangan lupa untuk membawa kamera saat menikmati wahana Sky Ride, karena cukup banyak pemandangan menarik untuk diabadikan dari atas ketinggian.

– Spinning Coaster

Salah satu wahana yang menjadi favorit pengunjung ini berbentuk mobil dengan kapasitas 4 orang yang berjalan di lintasan rel di atas ketinggian. Menariknya, pengunjung akan dibawa berlari dengan kecepatan tinggi dan arah yang acak. Lintasan tersebut memiliki banyak tikungan, tanjakan dan turunan sehingga menciptakan suasana yang menegangkan sekaligus menyenangkan.

– Funtastic Swimming Pool

Wahana air dengan kolam yang sangat besar ini terlihat megah dengan ornamen Patung Ken Arok Memegang Keris yang menjadi latar belakangnya. Tidak seperti kolam biasa, Funtastic Swimming Pool dilengkapi Banana Boat, Kolam Arus, dan beberapa area ketangkasan air.

– Waterboom

Sebagaimana Funtastic Swimming Pool, wahana Waterboom bakal memanjakan mereka yang menyukai aktifitas air karena kolam yang ada di sini dilengkapi dengan wahana outbond air untuk melatih ketangkasan, Water Bucket, Water Slide yang memiliki ketinggian 20 meter, serta kolamn arus.

– Sky Swinger

Berayun bersama pasangan dalam suasana yang tenang di atas ketinggian, akan menjadi salah satu momen romantis yang sulit untuk dilupakan. Sky Swinger yang berbentuk ayunan raksasa dengan ketinggian 15 meter bakal mewujudkan suasana romantis tersebut.

– Superman Coaster

Wahana roller coaster ini memiliki lintasan berputar yang melawan gravitasi dan penuh dengan tikungan tajam yang dapat membuat jantung berdetak kencang. Selain memacu adrenalin, Superman Coaster juga menghadirkan indahnya pemandangan pada saat posisi berada di puncak.

– Volcano Coaster

Wahana Volcano Coaster juga semacam roller coaster, hanya saja lintasan yang dilalui berupa area gunung berapi yang membawa pengunjung keluar masuk goa dan menembus  perut gunung, sehingga menciptakan sensasi yang sulit untuk dilupakan.

– Aero Test

Wahana ini bisa dibilang gabungan antara Flying Tornado dengan Pendulum 360O, sehingga pengunjung tidak hanya diayun-ayun dan dilempar kesana-kemari tapi juga dijungkirbalikkan hingga 360O.

– Flying Tornado

Wahana Flying Tornado di Jatim Park 1 (foto: telusurindonesia.com)

Serupa dengan wahana yang sama yang ada di Dufan, permainan ini akan membawa pengunjung di atas ketinggian kemudian diputar-putar dengan formasi gerak yang berubah-ubah setiap detiknya. Flying Tornado memiliki kapasitas 30 orang yang kesemuanya dipastikan akan menjerit dan berteriak-teriak saat diayun dan diputar di atas ketinggian.

– Ari Borne Shot

Pernah melihat peraga dari atraksi apel Newton pada teori gravitasi? Sistem kerja wahana ini kurang lebih seperti itu. Karena tidak terlalu memacu adrenalin wahana ini dapat dimainkan oleh remaja maupun anak-anak.

Harga Tiket Masuk dan Fasilias

Untuk dapat menikmati suasana rekreasi sambil belajar di semua wahana yang ada di Jatim Park 1, pengunjung cukup membayar harga tiket masuk satu kali dan akan mendapatkan gelang sensor. Setelah itu tinggal mendekatkan gelang pada alat sensor untuk dapat bermain di seluruh wahana yang ada, kecuali gokart, flying fox, games room, trampolin dan menyewa peralatan renang.

HTM reguler terdiri atas 2 macam yaitu tiket weekdays seharga Rp.70.000 dan tiket weekend seharga Rp.100.000. Selain itu tersedia Tiket Masuk Terusan seharga Rp.130.000 untuk weekdays dan Rp.150.000 untuk weekend. Maksud dari tiket terusan adalah tiket untuk mengunjungi semua wahana di Jatim Park 1 ditambah tiket masuk ke Museum Tubuh Bagong Adventure.

Satu lagi jenis tiket yang ditawarkan adalah Tiket Sakti, yaitu tiket untuk masuk ke seluruh objek wisata yang berada di bawah managemen Jatim Park Group, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park), Museum Angkut, Museum Tubuh, BNS dan Predator Fun Park. Harga Tiket Sakti ini Rp.375.000 untuk masa berlaku 2 hari dan Rp.450.000 untuk masa berlaku 3 hari.

Khusus para pelajar, tersedia Tiket Hemat Pelajar yang berlaku pada saat weekdays. Harga Tiket Hemat Pelajar sebesar Rp.70.000 untuk berkunjung ke Jatim Park 1 ditambah salah satu dari 3 tempat wisata, yaitu: Museum Tubuh, Predator Faun Park dan Eco Green Park serta Rp.100.000 untuk berkunjung ke Jatim Park 1 ditambah ketiga objek wisata tersebut.

Promo discount harga tiket masuk juga berlaku pada momen-momen tertentu dengan syarat-syarat khusus sesuai dengan momen yang berlaku. Promo yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung biasanya berlangsung sepanjang bulan Desember dengan memberikan potongan harga 50%. Promo ini diberikan untuk memperingati anniversary Jatim Park 1 yang jatuh pada bulan Desember.

Dengan harga tiket yang tidak murah, pengunjung sudah dapat menikmati 53 wahana sepuas-puasnya dari jam 08.30 – 16.30, sehingga sebanding dengan uang yang dikeluarkan, bahkan relatif murah. Tidak hanya itu, sejumlah fasilitas umum juga sudah disiapkan untuk membantu dan lebih memanjakan pengunjung saat berada di lokasi wisata. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah:

– Area Parkir yang Luas

Dengan luas sekitar 1 hektar, lahan parkir yang ada di Jatim Park 1 sebenarnya tidak sempit untuk dapat menampung motor, mobil dan bus. Namun setiap weekend, terlebih pada musim libur panjang, banyaknya jumlah pengunjung membuat area parkir ini dipadati oleh ratusan bahkan ribuan kendaraan.

– Fasilitas kereta bayi dan Kursi Roda

Bagi pengunjung berusia lanjut, penyandang disabilitas atau yang datang dengan membawa bayi, tetap dapat menikmati kegembiraan di Jatim Park 1 tanpa terhalang oleh keterbatasan fisik, karena pihak pengelola meminjamkan dengan gratis kursi roda dan kereta bayi. Selain itu, tersedia jalan khusus bagi pengunjung yang menggunakan kursi roda dan membawa kereta bayi. Bahkan bagi lansia dan penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda, disediakan toilet khusus yang didesain agar dapat mengakomodasi keterbatasan fisik mereka.

Pusat Informasi di Jatim Park 1 (foto: jtp.id)

– Kamar Mandi dan Toilet

Sebanyak 40 kamar mandi dan toilet tersedia di 14 titik untuk memudahkan pengunjung yang ingin buang air atau membersihkan tubuh. Kondisi kamar mandi dan toilet tersebut juga cukup bersih dan representatif.

– Food Court dan Cafe

Meski ada larangan membawa makanan berat seperti nasi beserta lauknya ke dalam lokasi wisata, namun pengunjung tidak perlu khawatir akan kelaparan maupun kehausan, karena di hampir semua wahana dapat ditemui food court dan cafe yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

– Information Center

Barang Anda ketinggalan atau Anda terpisah dari rombongan? Tidak perlu cemas, karena layanan Pusat Informasi yang ada di lokasi wisata akan selalu siap untuk membantu pengunjung yang membutuhkan.

– Loker

Sebuah ruangan dengan desain lucu bertuliskan “LOCKERS” siap membantu pengunjung yang membawa barang banyak untuk disimpan dan dititipkan di ruang ini.

– Charging Station

Maraknya pemakaian smartphone disadari benar oleh pihak pengelola, sehingga di beberapa titik telah disiapkan Pusat Pengisian Daya yang masing-masing titik terdiri dari puluhan soket untuk mengisi baterai smartphone secara gratis.

– Klinik dan Medical Care

Meski fasilitas keamanan dari semua wahana dan seluruh area wisata menjadi perhatian utama, namun bukan tidak mungkin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap para pengunjung yang datang, mengingat Jatim Park 1 setiap harinya dikunjungi ribuan orang. Itu sebabnya tersedia Klinik Kesehatan yang dilengkapi fasilitas 2 tempat tidur, kursi roda, tabung oksigen dan beberapa sarana medis lainnya. Jika ternyata butuh penanganan lebih lanjut, tersedia pula mobil ambulance berstandar medis yang siap mengantar ke rumah sakit terdekat dengan gratis.

– Shuttle Car dan Dotto Train

Area wisata yang luas dapat dijelajahi tanpa harus menguras banyak waktu dan tenaga, karena di dalam lokasi wisata tersedia Shuttle Car dan Dotto Train, yaitu mobil dan kereta mini dengan bentuk yang lucu yang siap mengantar pengunjung berpindah-pindah dari satu wahana ke wahana lainnya dengan gratis.

– Rumah Ibu dan Anak

Nursery Room atau Rumah Ibu dan Anak, disiapkan bagi ibu-ibu yang datang bersama bayi dan anak-anak yang masih berusia balita, sebagai tempat untuk beristirahat sambil menyusui. Di dalam ruangan ini telah disiapkan sejumnlah fasilitas, seperti tempat ganti popok bayi, dispenser, microwave serta yang lain.

– Mushollah

Menghabiskan waktu sehari penuh di lokasi wisata bukan penghalang bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah wajib sholat lima waktu, karena di dalam lokasi wisata telah disiapkan beberapa mushollah untuk menjalankan ibadah.

– Pasar Buah

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh buah apel saat berkunjung ke Jatim Park 1, karena Kota Batu dikenal dengan sebutan Kota Apel. Untuk membeli buah apel khas Kota Batu, tidak perlu jauh-jauh, karena di lokasi wisata terdapat pasar buah yang menjual berbagai jenis buah apel dan buah-buahan lainnya.

– Pasar Bunga

Berbagai jenis sayuran, bibit bunga maupun bunga-bunga yang sudah dapat dinikmati keindahannya dapat ditemui dan dibeli di Pasar Bunga yang juga berlokasi di area wisata.

– Pasar Wisata

Untuk melengkapi kunjungan Anda dan sebagai bukti bahwa Anda pernah berkunjung ke Jatim Park 1, pihak pengelola juga telah menyiapkan Pasar Wisata yang menjual berbagai macam souvenir, aksesoris, barang-barang kerajinan dan produk-produk fashion yang  berhiaskan simbol dan tulisan Jatim Park 1.

– Hotel dan Penginapan

Bagi pengunjung dari luar kota yang butuh tempat bermalam untuk dapat menuntaskan seluruh wahana dengan sepuas-puasnya, tidak perlu bingung mencari hotel dan penginapan, karena pihak pengelola telah menyediakan hotel di sekitar lokasi wisata yaitu Pondok Jatim Park Hotel dan Cafe. Jika ternyata hotel tersebut penuh, dan ini sering terjadi pada musim liburan, Anda bisa mencari alternatif penginapan lainnya yang berlokasi tidak jauh dari Jatim Park 1, seperti Pohon Inn Hotel yang berada tepat di depan Jatim Park 2, Club Bunga Butik Resort, Hotel The Singhasari Resort dan Kartika Wijaya Batu Heritage Hotel yang jarak kesemuanya hanya sekitar 1 km. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *