Menjelajahi Kampung Cina yang Keren di Bogor

Posted on
Menjelajahi Kampung Cina yang Keren di Bogor
Rate this post

Lokasi: Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Ciangsana, Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16968
MAP: Klik Disini
HTM: Rp.
Buka/Tutup: 08.00 – 18.00
Telepon:

foto by instagram.com/dheaamstrong/

Keragaman budaya di Indonesia memang sudah sangat terkenal di mancanegara. Berbagai macam suku dan budaya tersebut justru merupakan ciri khas dari bangsa. Hal ini juga yang membuat Bhineka Tungggal Ika menjadi semboyan bangsa indonesia karena dapat mewakili keberagaman budaya, etnis, ras, bahasa, agama, dan kepercayaan di tanah air tercinta. Adapun salah satu etnis yang terdapat di Indonesia adalah etnis Tionghoa

Etnis Tionghoa juga dikenal sebagai Etnis Cina karena asal usul leluhur mereka berasal dari Tionghoa (China). Yap meskipun bukan etnis asli Indonesia, Etnis Cina ini juga telah menjadi bagian dari bangsa kita. Oke, bahasan mengenai etnis yang lebih mendalam kita stop disini ya !. Kita akan mengulas tempat wisata unik yang terkait dengan penjelasan diatas. Tidak lain dan tidak bukan adalah Kampung Cina.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kawasan Pecinan yang cukup terkenal, diantaranya Ketandan Yogyakarta, Peunayong Aceh, Sam Poo Kong Semarang, Ban Hin Kiong Manado, serta Pecinan Glodok Jakarta. Nah, kali ini kita akan mengorek lebih dalam mengenai Kampung Cina di Cibubur Jawa Bara, dekat Bandung.

Lokasi

foto by instagram.com/dheaamstrong/

Obyek wisata Kampung Cina berada di kawasan Cibubur, alamat tepatnya di Jalan Boulevard Kecamatan Ciangsana, Kabupaten Gunung Putri, Bogor Jawa Barat. Kampung Cina ini terletak dalam Kompleks Perumahan Kota Wisata.

Eits “Kota Wisata” disini bukan termasuk nama kota seperti Kota Semarang, Batu, Bukittinggi, Surabaya, Bekasi, Palembang, Banda Aceh, Cirebon, Cibadak, Bengkulu, Terengganu, Cinangneng, Sitiawan/Setiawan, Cinangka, Kalimantan Timur, Kuala Lumpur, Lembang, Padang, Depok, Semarang, Bantar Gebang, Manado, Pekanbaru, Garut, Glodok, Jogjakarta, Surabaya, Malang City, Batu. Tuh kan jadi nyebutin nama-nama kota di Indonesia, heheh.

Hanya penamaannya saja kok yang menggunakan kata “kota”. Kota Wisata ini termasuk dalam kategori unik nih, karena perumahan disini menyuguhkan nuansa indah dari berbagai kota di dunia seperti Jepang, Amerika, Indonesia, dan Cina. Bagaimana ? jadi lebih paham rahasia dibalik nama Kota Wisata bukan?

BacaJuga:  10 Gambar Kota Bunga Cianjur, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Hotel Villa di Sekitar
foto by instagram.com/magnoliafitri/

Dalam memudahkan menemukan lokasi dengan tepat, teman-teman juga dapat menggunakan bantuan google maps. Jika kurang yakin, dapat juga bertanya dengan warga disekitar daerah lokasi karena obyek ini sangatlah terkenal.

Rute

Berikut ini merupakan rute yang dapat ditempuh untuk menuju lokasi wisata :
a. Dari Jakarta
Wisata Kampung Cina berjarak sekitar 33 km dari pusat Kota Jakarta atau dapat ditempuh kurang lebih 45 menit perjalanan.Dengan menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dapat diambil yaitu melalui Tol Jagorawi lalu menuju jalan keluar arah Cibubur/Cikeas/Cileungsi. Selanjutnya lurus menuju Alternatif Cibubur (Jalan Trans Yogie) lalu ke Jalan Raya Kota Wisata dan menuju Jalan Boulevard.

foto by instagram.com/nataliadevi22/

b. Dari Bogor
Dari Bogor, obyek wisata ini dapat ditempuh sekitar 50 menit dengan jarak kurang lebih 45 km. Rute yang ditempuh juga sama dengan rute dari Jakarta, yakni melalui Tol Jagorawi (Bumi Perkemahan Pramuka) – Jl. Raya Kota Wisata – Jl. Wisata Utama- Jalan Boulevard Kota Wisata.

Daya Tarik Kampung Cina

Apa aja yang melekat dibenak kita ketika mendengar kata kampung?. Ya, identik dengan desa yang suasananya kental akan tradisi dan budaya masyarakat sekitar. Begitupula dengan obyek wisata yang satu ini. Seperti namanya kampung ini mengusung konsep budaya etnis Cina.

Dari bagian depan, pengunjung akan disambut dengan bangunan nan megah bertuliskan gerbang kemakmuran. Gerbang/gapura ini berbentuk setengah lingkaran dengan patung prajurit besar berdiri di sisi kanan dan kiri membawa obor dan pedang.

foto by instagram.com/mbboy_/

Gerbang kemakmuran ini dipercaya dapat membawa kemakmuran bagi pengunjungnya, tidak heran banyak pengunjung yang berfoto tepat di depan gerbang. Masuk kedalam, kita disuguhkan pemandangan ala Negeri Tirai Bambu mulai dari lampion berwarna merah menghiasi langit-langit area wisata, rumah adat, serta ukiran-ukiran pada bangunan.

BacaJuga:  69 Tempat Liburan di Bogor Yang Murah Meriah Bagus 2018 Anti Mainstream Dekat Stasiun

Kampung ini juga menjadi pusat perdagangan produk Cina termurah. Terdapat kios—kios yang menjual aneka produk, seperti makanan (food seafood restaurant bone less), hiasan, kerajinan, topi, amplop, lampion, payung dan produk lain khas Cina.

foto by instagram.com/kudurame/

Sangat cocok apabila teman-teman membutuhkan perlengkapan dekorasi untuk memeriahkan acara Tahun Baru Imlek. Eits, tapi jangan kaget melihat banyaknya pengunjung yang berdatangan karena kampung ini akan ramai mendekati Tahun Baru Cina tersebut.

Tempat bernama Fantasy Island disini juga menjadi pelengkap berwisata di Kampung Cina. Di dalamnya terdapat wahana air seperti perahu naga, sepeda air, dan waterball. Dengan menaiki perahu naga, pengunjung akan diajak untuk berkeliling danau buatan sambil menikmati indahnya pemandangan. Selain itu, penampilan langsung dari beberapa kesenian adat berupa permainan barongsai yang juga menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

foto by instagram.com/iyussuamiany/

Mau cari spot foto unik? wah dari berbagai sudut kampung ini memiliki keunikan tersendiri lho. Berjalan santai bersama keluarga sambil menikmati dan belajar budaya disini sangat recommended banget!. Pastikan ketika berkunjung di sini mengambil gambar foto sebanyak-banyaknya.

Fasilitas

foto by instagram.com/hendrysetyanto/

Kampung Cina memiliki beberapa fasilitas didalamnya antara lain :
a. Flying Fox
b. Danau Buatan
c. Wahana Air : waterball, perahu naga, perahu motor.
d. Toilet
e. ATM

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

foto by instagram.com/meta_indria/

Jadwal buka Kampung Cina yakni mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB setiap harinya. Biasanya jadwal buka dan tutup juga tergantung dari jumlah pengunjung serta pemilik kios hot handocraft yang selalu saja ada dicari oleh para pengunjung. Ketika jumlah pengunjung sangat sedikit, kebanyakan kios-kios akan tutup lebih awal. .

Adapun biaya di obyek wisata ini per 2018 yakni :
HTM : Gratis
Fantasy Island : Rp 15.000
Pernak- Pernik : Rp 20.000 – Rp 100.000
Parkir : Rp 2000 – Rp 6000
(Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu)

Disini kalian bisa berwisata secara cuma-cuma hanya cukup membayar biaya parkir saja. Eh tapi tidak bagi kalian yang juga membeli beberapa produk di dalam lho. Gratis tiket masuknya saja, bukan untuk produk yang dijual. Biaya produknya pun juga tergantung dari apa yang kalian beli karena harganya bervariasi.

BacaJuga:  Indah Sekaligus Menawan, Inilah Pantai Pananjung Yang Bisa Untuk Diving dan Snorkeling

Objek Sekitar Kampung Cina

foto by instagram.com/magnoliafitri/

Sekarang, Kampung Cina dilebur dengan Kampung Jepang menjadi Kampung Wisata Cileungsi. Nah, jadi temen-temen juga bisa mengunjungi Kampung Jepang yang kental akan sisi budayanya. Dengan berwisata di kedua kampung ini, kalian bisa melihat perbedaan budaya dari kedua negara tersebut.

Jarak Kampung Cina dengan beberapa objek wisata lain yang menarik juga cukup dekat. Berikut ini beberapa tempat wisata yang dapat dijadikan rekomendasi menghabiskan liburan :
a. Curug Parigi
b. Taman Wisata Lebah Madu
c. Taman Cibubur
d. Taman Buah Mekarsari

Terdapat pula beberapa restoran dan hotel ataupun guest house yang jaraknya cukup dekat dari Kampung Cina. Harga yang ditawarkan restoran/ rumah makan umumnya sekitar Rp 25.000 keatas. Sedangkan untuk penginapan, biayanya cukup terjangkau mulai Rp. 200.000 hingga Rp. 1.000.000 ataupun lebih.

Itulah review mengenai Wisata Kampung Cina Cibubur. Nikmati liburan bersama keluarga dengan tetap belajar di setiap keindahannya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tidak ada dimana hal-hal angker contohnya adalah ular anaconda, tentu sangat tidak mungkin, itu hanya imajinasi liar penulis.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.