Wisata Kampung Warna Warni Jodipan Di Malang + Tiket Masuk Lokasi Alamat

Posted on
Kampung Warna Warni, sumber: cerita.picmix.it

Alamat: Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126
Map: KlikDisini
HTM: Rp 3.000,-/orang, Parkir Motor Rp 2.000,-, Parkir Mobil Rp 5.000,-, Parkir Bus Pariwisata Rp 15.000,- s/d Rp 25.000,-
Buka/Tutup: Senin – Minggu 06.00-18.00
Telepon:

Kota Malang sekarang menjadi terkenal karena memiliki banyak sekali tempat obyek wisata. Ada bermacam – macam obyek wisata yang terkenal hingga sampai viral dan menjadi target para wisatawan pada saat ini. Salah satu contoh obyek wisata yang menjadi viral dan lagi hangat – hangatnya dibicarakan adalah Wisata Kampung Warna Warni Jodipan. Kampung terdapat di kota Malang ini mempunyai spot wisata yang baru dan unik.

Walaupun kampung ini masih dibenahi dan di percantik, tetapi sudah booming jadi banyak perhatian dari orang – orang. Jadi tujuan wisata bagi para wisatawan untuk berfoto ria dengan nuansa bangunan yang warna warni, hampir setiap hari selalu ada wisatawan yang datang meskipun hanya untuk berfoto – foto saja.

Asal Mula Kampung Warna Warni Jodipan

Keadaan sebelumnya, sumber: indoindians.com

Semua berawal dari pengerjaan tugas pratikum Hubungan Masyarakat 2 yang diberikan dosen, mahasiswi bernama Nabila Virdausiyah dengan teman sekelompoknya terdiri dari tujuh orang merupakan mahasiswa tahun ke 3 program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).  Bergabung dengan Guys Pro, mereka mempunyai ide yang sangat brilian untuk menjadikan kawasan kumuh tersebut menjadi lebih cerah dan penuh warna.

Tim Guyspro, sumber: saturdaycorner.blogspot.com

Nabila menceritakan “walaupun wilayah ini kumuh, tetapi banyak spot – spot yang bagus untuk melakukan selfie disebabkan tepat di samping dari jembatan jalur utama, berdekatan dengan sungai Brantas. Sehingga kami ingin sekali bergabung untuk ikut membranding Malang menjadi kota yang kreatif. Lalu, kami mencari cara untuk mendapatkan sponsor untuk menjadikan kawasan ini menjadi lebih baik dan lebih indah”.

Perempuan yang merupakan  kepala proyek ini memberitahukan bahwa kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan cat yang berada di kota Malah, yaitu Indana Paint. Perusahaan tersebut telah menyalurkan dana CSR (Corporate Social Responbility) untuk mengerjakan proyek tersebut yang diberi nama dengan “Defocfresh Warnai Jodipan”. Dan untuk tenaga pengecatannya dilakukan dengan bantuan yang datang dari banyak pihak, termasuk warga setempat.

Pemandangan kampung, sumber: kaskus.co.id

Di tempat ini dulunya merupakan pemukiman kumuh yang terdapat sekitar 91 rumah warga disetiap rumahnya dicat menggunakan 17 warna bermacam – macam. Mulai dari atap rumah, dinding rumah, tiang sampai dengan tangga di jalanan kampung pun di cat. Untuk proses pengecatannya dikerjakan oleh 10 tukang cat, dibantu dengan warga setempat dan juga oleh TNI, POLRI. Untuk pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya.

Menurut dari marketing communication project dari Indana Paint, Very Fadli, proyek ini adalah bentuk dari dukungan perusahaan untuk membuat kota Malang menjadi area yang indah dan bersih. Dari pihak perusahaan tertarik untuk menjadi pendukung proyek tersebut agar daerah Jodipan tak lagi terlihat kumuh, supaya menjadi lebih bagus dan lebih berwarna.

Walaupun secara fisik keadaan rumah warga di kampung tersebut sudah direnovasi dan dinding – dindingnya telah dicat warna – warni, tapi masalah inti dari kampung ini adalah sanitasi belum bisa teratasi di awalnya.

Soni sebagai ketua RW 01 Kelurahan Jodipan mengatakan, tiidak semua rumah mempunyai toilet dan masih sering kali warga membuang sampah mereka di sungai. Tapi dengan adanya wisatawan yang sering berkunjung mengubah perilaku para warga setempat. Para warga membuat tempat sampah untuk menampung sampah – sampah warga dan para wisatawan. Sampah tersebut akan dibawa oleh petugas kebersihan setiap harinya.

Uamg tiket untuk masuk ke area Kampung Warna Warni tersebut digunakan untuk  perawatan lingkungan kampung tersebut. Tak hanya kepedulian sanitasi yang semakin meningkat, dengan tambah banyaknya pengunjung kampung ini memberikan dampak perekonomian warga sekitar. Karena para warga mulai berjualan makanan dan minuman, dan juga mengelola area parkir kendaraan pengunjung.

Lokasi Dan Rute Kampung Warna Warni Jodipan

Gambar atas kampung, sumber: ilovemalang.net

Untuk kalian yang penasaran, ingin melihat dan penasaran untuk mengunjungi ke Kampung Warna Warni Jodipan sangat strategis, mudah sekali untuk dicapai. Jika kalian ada di alun – alun kota Malang, jarak ke kampung tersebut hanya berkisar sekitar 2 km. Kalian dapat menanya ke warga setempat yang ada di sekitar alun – alun, pasti kalian akan ditunjukkan arah untuk menuju kampung tersebut.

Untuk kalian yang menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, lokasi tersebut hanya mempunyai jarak kira – kira 500 meter saja. Kalian dapat berjalan kaki ataupun naik becak dari stasiun kota Malang. Bagi yang memilih kendaraan umum lebih baik naik angkutan Malang Kota melewati daerah Kampung Warna Warni tersebut. Angkutan umum yang mempunyai jalur melewati peta kampung tersebut adalah ABG/ABH, AJG/AJH, AMG/AMH dan MT, angkutan tersebut melewati Jembatan Brantas.

Lokasi kampung ini terletak di Desa Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang. Kampung tersebut ada di bawah pasar loak dan jembatan rel kereta api. Lokasi tepatnya berada di Desa Jodipan RT 06  RW 02.

Fasilitas dan Harga Tiket Kampung Warna Warni Jodipan

Ada bermacam – macam fasilitas yang terdapat di Kampung Warna Warni Jodipan ini, yaitu seperti tempat parkir, kios – kios, toilet, pedagang makanan dan minuman ada di area lokasi tersebut. Di kampung ini ada tiket masuknya, cukup dengan Rp 3.000,-/orang. Tiket masuknya berbentuk stiker yang cukup menarik sehingga bisa jadi kenang – kenangan bisa disimpan dan dibawa pulang. Kalau untuk kendaraan pribadi seperti sepeda motor akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,-/motor untuk biaya parkirnya dan Rp 5.000/mobil untuk tarif parkir kendaraan mobil. Dan untuk biaya parkir bus pariwisata dikenakan tarif parkir sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

Spot Foto Kampung Warna Warni Jodipan

  1. Jembatan Embong Brantas
Jembatan Brantas, sumber: ghost-ships.blogspot.com

Letak Jembatan Embong Brantas berada di bagian sebelah selatan dari Stasiun Kereta Api Kota Baru yang mempunyai jarak sekitar 500 meter. Arah dari stasiun tersebut mengikuti jalur menuju ke arah selatan, kalian akan menjumpai jembatan tersebut. Dari jembatan tersebut kalian dapat melihat Kampung Warna Warni yang eksotis dan unik.

  1. Dinding Warna Warni
Dinding penuh warna warni, sumber: silvianaoerita.com

Ada beraneka ragam warna yang menghiasi lantai dan dinding – dinding Kampung Jodipan tersebut. Inilah yang menjadikan tempat ini menarik untuk menjadi spot foto dan bergaya kalian inginkan.

  1. Lorong Payung
Lorong payung, sumber: explorewisata.com

Di lokasi ini bisa dijadikan sebagai momen special, ketika Lorong Payung yang ada di jalan utama pada komplek Juanda ini ramai oleh para wisatawan. Disebabkan nuansa yang ditunjukkan begitu menarik dan cocok sekali untuk berfoto ria, selfie ataupun wefie.

  1. Lukisan 3 Dimensi
Lukisan efek 3 dimensi, sumber: blog.pergi.com

Tak hanya dinding yang mempunyai beraneka ragam warna, disini juga terdapat spot cukup menarik, yaitu Lukisan 3 Dimensi. Lukisan ini terlihat sangat bagus dan elegan jika dijadikan background untuk berfoto – foto. Beraneka macam lukisan 3 dimensi yang disedikan, seperti lukisan bergambar gorilla, ikan hiu, Dinosaurus dan beberapa macam gambar lainnya.

  1. Tangga Warna Warni
Spot foto tangga warna warni, sumber: tempatwisatapantai.com

Tekstur letak tak merata di Kampung Warna – Warni ini, jadi banyak sekali tangga – tangga yang cukup curam berada di lokasi ini. Disebabkan itu menjadi tempat yang menarik. Tangga berwarna – warni ini, banyak sekali wisatawan menjadikan tempat ini sebagai spot berfoto – foto unik.

Akan menjadi kebanggaan tersendiri jika dapat berwisata mengelilingi kota Malang yang mempunyai banyak sekali lokasi wisata cukup menarik. Tak hanya sebagai tempat berlibur, akan juga menambah pengalaman yang belum kenal betul dengan lokasi di kota Malang ini ternyata mempunyai banyak sekali tempat yang unik dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *