Kampung Wisata Ciangsana Bogor Jawa Barat + Harga Tiket Masuk

Posted on
Kampung wisata ciangsana bogor jawa barat 16968
Kampung Wisata Ciangsana Bogor, foto: bogorkab.go.id

Lokasi: Jl. Boulevard Kota Wisata, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciangsana, Kabupaten Gunung Putri, Kota Bogor, Kode pos 16968, Jawa Barat
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Bagi beberapa masyarakat yang tinggal di kota besar, liburan adalah salah satu hal wajib dilakukan untuk menghilangkan stress karena kesibukan sehari-hari. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk dari liburan itu sendiri yang kebanyakan adalah jalan-jalan, berwisata, dan mengunjungi tempat tertentu.

Kampung Cina, foto: indoplaces.com

Tidak banyak tempat liburan berupa wisata alam yang tersedia di kota besar, karena kebanyakan tempat berliburnya tidak jauh dari taman bermain buatan, pusat perbelanjaan, taman rekreasi dan lain sebagainya. Maka dari itu banyak masyarakat perkotaan pergi keluar kota untuk berlibur ke tempat lain.

Sebagai salah satu contohnya adalah daerah Jawa Barat, ada banyak sekali tempat dan objek menarik dan unik yang bertema alam di provinsi ini. Banyak masyarakat dari kota besar seperti Jakarta yang menjadikan Jawa Barat beserta kota-kota di dalamnya sebagai salah satu tempat tujuan untuk liburan.

pusat beli oleh-oleh, foto: ggpht.com

Tetapi tidak perlu ke wilayah Jawa Barat yang jauh-jauh, sebut saja kota terdekat dari perbatasan Jakarta adalah Bogor, Cibubur, Ciangsana, atau bahkan Cileungsi. Perbatasan antara Jakarta dengan Jawa Barat menjadi sasaran tujuan kunjungan masyarakat perkotaan karena dekat dan murah meriah.

Salah satu objek berlibur yang ditawarkan adalah mengunjungi desa wisata dimana pengunjung bisa merasakan kehidupan pedesaan teduh, asri dan berbeda dari wilayah perkotaan. Kampung Wisata Ciangsana adalah satu dari beberapa desa untuk berlibur di Jawa Barat, lokasinya juga sangat dekat.

daya tarik Kampung Cina, foto: ggpht.com

Kampung Wisata Ciangsana yang masuk ke daerah Bogor ini dahulunya bernama Kampung Cina dan Kampung Jepang, tetapi kedua objek menarik ini sudah dijadikan satu dengan nama Kampung Wisata Ciangsana. Kedua tempat liburan ini mengusung nuansa pedesaan luar negeri ala Cina dan Jepang.

BacaJuga:  10 Foto Curug Cikanteh Sukabumi + Alamat Jalan Menuju Lokasi Wisata Ciwaru

Berwisata di tempat bernuansa desa ini tidak hanya akan disuguhkan dengan pedesaan berbau Cina dan Jepang, tetapi juga bernuansa Jawa Barat yang khas di luar area tempatnya. Berikut beberapa informasi seputar fasilitas, alamat dan lokasi, harga tiket masuk, hingga rute menuju desa yang unik ini.

Fasilitas dan Akomodasi

fasilitas yang ada di sekitar tempat wisata, foto: jitunews.com

Kampung Wisata Ciangsana memiliki dua wilayah objek dan area yang menjadi unggulan di tempat ini, yakni pertama adalah Kampung Cina. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyuguhkan nuansa pedesaan tradisional ala negeri tirai bambu tersebut, mulai dari bangunan, arsitektur, hingga budayanya.

Di dalam tempat bernuansa Cina ini juga terdapat kegiatan jual beli, salah satunya adalah pusat perdagangan murah untuk produk Cina di Jawa Barat. Beberapa barang yang ditawarkan diantaranya ada makanan, souvenir, pernak-pernik, elektronik, hingga pakaian, harganya pun juga cukup terjangkau.

daya tarik kampung cina, foto: thewombmates.com

Beberapa fasilitas tambahan disini ada Fantasy Island yakni sebuah pulau buatan dengan perairan di sekelilingnya. Pengunjung dapat menyewa perahu naga untuk mengelilingi kawasan pulau ini, beberapa wahana air juga tersedia dengan harga cukup murah, mulai dari sepeda air, rakit, perahu dan lainnya.

Sedangkan yang satu lagi adalah Kampung Jepang, dimana sesuai dengan namanya juga memiliki nuansa Jejepangan, sangat cocok bagi penggemar anime, manga, komik, serta hal-hal berbau Jepang lainnya. Bangunan khas ala negeri matahari terbit ini berjejer dengan rapi disertai dengan paduan budaya Jepang.

Layaknya Kampung Cina, tempat yang satu ini juga menjual berbagai pernak-pernik, souvenir, makanan, elektronik, dan juga pakaian bernuansa Jepang. Meskipun Kampung Cina lebih terdengar populer di tempat ini tetapi tempat bernuansa Jepang ini juga tidak kalah unik dan menarik untuk dikunjungi.

BacaJuga:  10 Gambar Revo Town Mall, Dunia Salju di Snow World Bekasi + Alamat Lokasi
area oleh-oleh Kampung ciangsang, foto: tempatwisataunik.com

Sebenarnya objek wisata ini tidak hanya memiliki dua tempat menarik andalan berupa pedesaan bernuansa tradisional Cina dan Jepang saja. Terdapat beberapa objek dan wahana lain di sekitar wilayah Ciangsana tersebut yakni Kampung Cibubur dan Telaga Arwana, keduanya cukup diminati pengunjung.

Telaga Arwana memiliki fasilitas berupa taman bermain sekaligus sarana edukasi, terutama untuk anak-anak. Karena terdapat kegiatan menarik seperti menanam tanaman dan padi, membajak sawah, wahana outbound, kolam renang, tempat pemancingan ikan, hingga wahana khusus anak-anak dan sebagainya.

Kampung Cibubur sendiri menawarkan nuansa pedesaan khas lokal Indonesia, khususnya Jawa Barat. Di dalam wilayah Kampung Cibubur ini juga terbagi menjadi beberapa kampung menarik lain seperti kampung tradisional, kampung main, kampung keluarga, kampung Indonesia dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk

kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar tempat wisata, foto: wisata-tanahair.com

Desa Wisata memang identik dengan sebuah permukiman masyarakat dimana nuansa budaya dan tradisinya sangat kental. Tak terkecuali dengan Kampung Wisata Ciangsana ini yang mengadopsi budaya Cina, Jepang, dan juga Indonesia. Tetapi pengunjung diperbolehkan masuk tempat ini secara cuma-cuma.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi tempat berlibur ini tidak ada karena wisatawan bisa dengan bebas keluar masuk dan melihat-lihat ke sekeliling desa wisata. Namun ada beberapa wahana yang dikenakan biaya pada saat mencobanya, seperti wahana air di pulau buatan di dalam Kampung Cina.

Letak dan Lokasi

gazebo di dalam area wisata, foto: tempatwisataunik.com

Alamat lengkap dari Kampung Wisata Ciangsana ini berada di jalan Boulevard Kota Wisata, termasuk dalam salah satu kawasan di Kelurahan Cibubur dan Kecamatan Ciangsana, untuk kabupatennya sendiri berada di Kabupaten Gunung Putri, dalam wilayah Kota Bogor dengan kode pos 16968, di Jawa Barat.

Letaknya tidak terlalu jauh dari Gerbang Ciangsana Kota Wisata itu sendiri dimana gerbang ini merupakan perbatasan atau juga jalan yang menghubungkan wilayah Cikeas, Gunung Putri dengan kota Jatiasih, Bekasi. Berdekatan juga dengan kawasan elit di perkemahan Cibubur, sebelah timur Jakarta.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Ngelay Kuningan, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju Wisata, Misteri Mitos + Jam Buka Tutup

Rute Menuju Kampung Wisata Ciangsana

Kampung jepang Wisata Ciangsana, foto: kabarrantau.com

Transportasi untuk sampai di tempat berlibur ini dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Untuk menuju Kampung Wisata Ciangsana, pengunjung dari arah Jakarta hanya perlu mengambil arah ke dalam tol Jagorawi dan lurus terus sebelum keluar ke pintu tol Cibubur.

Objek wisata ini berada di jalur alternatif Cibubur – Cileungsi – Jonggol, jaraknya dari Taman Wisata Buah Mekar Sari hanya sekitar 13 meter kurang lebihnya. Seterusnya, pengunjung hanya perlu berkendaran melalui jalan Buperta dan melewati jalan Alternatif Cibubur Transyogi, lalu menuju lokasi tempat ini.

Sedangkan bagi wisatawan yang berencana menggunakan transportasi umum bisa menuju Terminal Rambutan terlebih dahulu menggunakan Bus Transjakarta untuk lebih mudahnya. Selanjutnya dapat menaiki angkot biru kecil bernomor 121 atau 121A, keduanya menuju wilayah Cileungsi dan Ciangsana.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.