10 Gambar Karo Adventure Banyuwangi + Harga Paket Wisata Arung Jeram / Rafting

Posted on
Siap Menyambut Para Pengunjung | foto: instagram.com
Siap Menyambut Para Pengunjung | foto: instagram.com

Lokasi : Sumber Bulu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur 68463
Map : KlikDisini
HTM : mulai dari Rp. 100.000 per orang
Buka/Tutup : Setiap hari pukul 7.00 – 17.00 WIB
Telepon : 0823-3123-8883

Kekayaan alam indonesia memang begitu agung, bagaimana tidak? Setiap kota di Indonesia memiliki keindahan alamnya masing – masing. Mulai dari hulu hingga ke hilir selalu menunjukkan indahnya bumi pertiwi ini. Sudah selayaknya kita tidak hanya menikmatinya, namun juga turut menjaga alam ini.

Begitu banyaknya wisata alam di Indonesia merayu para petualang untuk mencoba bersanding bersamanya. Kali ini kita akan membahas gabungan dari wisata dan olahraga. Salah satu wilayah di Jawa Timur, yaitu Banyuwangi memiliki destinasi wisata alam yaitu Karo Adventure. Karo Adventure merupakan wisata bertema petualangan edukasi.

Banyak Aktivitas | foto: hro-jatim.blogspot.co.id
Banyak Aktivitas | foto: hro-jatim.blogspot.co.id

Salah satu kegiatan wisata yang ditawarkan oleh Karo Adventure ini yaitu arung jeram atau rafting. Cara untuk menikmati indahnya alam tidak hanya dengan melihat pemandangannya. Namun, kita dapat memacu adrenalin dengan ikut hanyut bersama alirannya.

Terpacunya adrenalin merupakan hal menyenangkan. Rasa debar-debar dari jantung membuat semuanya menjadi mengasyikkan. Biasanya ketika adrenalin mulai terpacu juga diikuti oleh rasa takut. Ini adalah kombinasi rasa unik dari wisata arung jeram dari Karo Adventure.

Tentu tempat wisata dari Banyuwangi ini sangat cocok bagi orang-orang dengan kegemaran menaklukkan ganasnya alam liar, terutama aliran sungai, serta sangat cocok sebagai tempat seru-seruan bersama dengan teman maupun keluarga.

Mengenal Lebih Jauh Karo Adventure

Nama Karo Adventure berasal dari kata “Karo” yang berarti “dengan” atau “bersama – sama”. Makna nama tersebut adalah berpetualang bersama untuk menikmati dan menyatu dengan alam.

Wisata ini dibuka pada tahun 2013 dengan misi menjadi penyedia layanan wisata petualangan dan edukasi luar ruang terbaik di Banyuwangi. Karo adventure bertempat dikaki gunung Raung, tepatnya di Desa Sumber Bulu, Songgon.

Meluncur Dulu | foto: banyuwangibagus.com
Meluncur Dulu | foto: banyuwangibagus.com

Wahana arung jeram atau rafting ini mengikuti aliran arus dari sungai Badheng di kaki gunung Raung dengan jarak rute terjauh 6 km. Dengan menggunakan perahu karet, aliran air dari sungai ini akan disusuri. Pastikan kompak dengan kawan lainnya, serta mendengarkan instruksi dari pemandu, agar aktivitas arung jeram dapat berjalan dengan lancar, selamat dan tentunya seru.

BacaJuga:  10 Gambar Jatim Park 1 Malang, Harga Tiket Masuk, Sejarah Wisata + Peta Lokasi Alamat

Harga Tiga Paket yang Ditawarkan

Sadar Kamera Juga | foto: tripadvisor.com
Sadar Kamera Juga | foto: tripadvisor.com

Karo Adventure menawarkan tiga paket berdasar pada panjang track yaitu paket track 2 km, 3,5 km, dan 6 km. Untuk tiap paket minimal berisi 4 orang. Tiap orang akan dikenakan biaya 100 ribu rupiah untuk panjang track 2 km, 125 ribu rupiah untuk panjang track 3.5 km, dan 150 ribu rupiah untuk panjang track 6 km.

Tiap paket memiliki sensasi berbeda – beda karena medan yang dilalui tentu berbeda pula. Tingkat kesulitannya mulai dari mudah, sedang hingga susah.

Sensasi Senang Nan Menegangkan

Track terpendek sangat disarankan bagi pemula atau sekedar mencari hiburan bersama keluarga. Track ini tidak terlalu banyak jeram, sehingga lebih mudah. Walaupun demikian tidak mengurangi keseruan terhadap guncangan yang dihadapi.

Hati-Hati! | foto: tripadvisor.com
Hati-Hati! | foto: tripadvisor.com

Panjang track menengah akan memberikan tantangan yang lebih sulit, sehinga untuk menaklukan jeram yang ada jauh lebih sulit. Dengan adanya batu – batuan akan menambah guncangan yang dirasakan.

Bagi yang suka dengan tantangan ekstrim, paket 6 km adalah pilihan yang terbaik. Paket ini berisikan jeram setinggi 3 meter, jembatan dan palangan kayu. Sudah jelas akan dibuat deg – degan oleh goncangan saat rafting.

Layanan yang Disuguhkan

Dengan tarif yang dibayarkan Anda akan mendapatkan layanan yang sepadan. Kendaraan menuju lokasi disediakan oleh Karo Adventure dengan titik kumpul di Kota Banyuwangi. Selain itu juga akan disuguhkan makan siang setelah menyelesaikan arung jeram. Ini adalah paket berwisata yang lengak serta memberikan pengalaman yang susah untuk dilupakan.

Sebelum memulai arung jeram peserta akan diberi pengarahan yaitu mengenai cara menghadapi tantangan yang akan dihadapi. Masing – masing perjalanan akan dikawal satu perahu karet dari Karo Adventure Rescue. Tak hanya itu saja, guide atau Skiper Karo Adventure juga sudah memiliki sertifikat dari FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

BacaJuga:  Jalur Pendakian Kawah Ijen, Lokasi Ketinggian, Letak Rute Dari Malang Dimana?
Awas Kecebur | foto: tripadvisor.com
Awas Kecebur | foto: tripadvisor.com

Tak hanya wisata arung jeram, Karo Adventure juga menawarkan wisata adventure lainnya diantaranya Riverboarding, Trail Adventure, Adventure Jeep, Cycling Adventure, Camping Ground, Outbond Training, Air Softgun, Flying Fox dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti kamar mandi dan juga tempat parkir. Namun, karena jumlah pengunjung yang cukup banyak sehingga rasa sabar harus dimiliki, karena antrian kerap kali memanjang.s

Terdapat homestay di rumah – rumah penduduk di sekitar area Karo Adventure yang bisa digunakan untuk beristirahat. Karo Adventure telah bekerja sama dengan 55 kepala keluarga di desa tersebut. Jadi hanya perlu menghubungi pihak Karo Adventure untuk pemesanannya.

Jalur menuju Karo Adventure Rafting

Tempat wisata ini berada di jalan Koesno Redjo RT 02 RW 07, Desa Sumber Bulu, Kecamatan Songgon, Sumberbulu Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Jaraknya sekitar 35 km dari kota Banyuwangi, dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Tidak perlu bingung, pihak Karo Adventure sudah menyiapkan kendaraan untuk mengangkut peserta menuju lokasi dari Kota Banyuwangi. Jadi cukup memesan lewat nomor telepon yang disediakan atau langsung menuju Kota Banyuwangi.

Siap-Siap Terjun Bebas | foto: telusurindonesia.com
Siap-Siap Terjun Bebas | foto: telusurindonesia.com

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi juga bisa. Lokasi Karo Adventure sudah ada di map online, jadi cukup sambungkan ponsel dengan internet dan mengaktifkan GPS, maka rute menuju ke tempat tersebut akan muncul. Cukup ikuti petunjuk arah tersebut.

Walaupun demikian jangan terlalu mengandalkan GPS, karena sudah ada beberapa kasus baik di dalam negeri maupun luar negeri jika ada beberapa orang yang malah tersesat karena mengikuti jalur yang diarahkan.

Pastinya Seru Banget | foto: tempat.co.id
Pastinya Seru Banget | foto: tempat.co.id

Untungnya untuk menuju ke Karo Adventure ada petunjuk arah. Jadi lebih aman dan lebih besar terhindar dari risiko tersesat. Selain itu, cara tradisional juga bisa dilakukan, yaitu dengan bertanya kepada masyarakat sekitar.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Gantung Surabaya, Awalnya Pintu Masuk Jembatan Penyeberangan

Tidak hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Jika memang ingin naik kereta api maka juga bisa dilakukan. Selain tidak banyak menguras tenaga, naik kendaraan umum juga lebih menghemat pengeluaran.

Stasiun tujuannya adalah di Rogojampi. Sesampainya di stasiun dapat dilanjutkan dengan naik ojek maupun langsung menggunakan layanan transportasi dari Karo Adventure. Dengan beragam mode transportasi dan caranya, tentu wisatawan tak perlu bingung untuk menuju ke Karo Adventure.

Hunting Foto

Kabar baik bagi para penggemar fotografi, karena dapat merekam semua kegiatan yang dilakukan disini. Mengabadikan momen – momen berharga yang tak terlupakan. Namun ada hal yang perlu diwaspadai, karena bisa saja kamera rusak akibat dari percikan air. Jadi sangat disarankan untuk membawa pembungkus kamera yang tahan air atau waterproof.

Esksis Dulu | foto: instagram.com
Esksis Dulu | foto: instagram.com

Pemandangan di sekitar sungai Badheng juga bisa menjadi objek fotografi. Jika beruntung dapat dijumpai satwa-satwa liar di sekitar sungai. Bagi para penggemar selfie, juga bisa berselfie ria dengan berlatarkan sungai Badheng dan alam sekitarnya. Sungguh menarik bukan?

Ada Panahan

Nah, Karo adventure juga menyediakan wahana panahan. Panahan disini termasuk jenis panahan tradisional. Bagi yang ingin bermain dan belajar panahan, maka cobalah kegiatan tersebut di sini. Tak perlu khawatir jika belum bisa, karena ada pemandu yang akan mengajari cara memanah.

Konsentrasi | foto: instagram.com
Konsentrasi | foto: instagram.com

Sungguh, ini akan menjadi pengalaman yang berharga apabila anda berkunjung ke Karo Adventure. Banyak manfaat dari kegiatan liburan di sini, mulai dari olahraga, menyatu dengan alam dan yang lainnya.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *