10 Gambar Kawah Darajat + Tiket Masuk Wisata Kabupaten Garut Jawa Barat

Posted on
Kawah Darajat (foto: dimasrifansyah.blogspot.co.id)
Kawah Darajat (foto: dimasrifansyah.blogspot.co.id)

Lokasi: Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia 44161
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 30.000/ orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: 0822-1881-4444

Kabupaten Garut tidaknya terkenal dengan dombanya saja, melainkan juga dengan tempat wisata alamnya. Banyak sekali keindahan-keindahan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa terhadap kabupaten ini.

Pesona-pesona alam yang dimiliki Garut selalu bisa menarik para minat wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Alasan lain banyak orang yang mengunjungi Garut karena udaranya yang sejuk. Salah satu tempat wisata yang seringkali dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan adalah Kawah Darajat.

Kawah Darajat merupakan sebuah kawah yang terletak di lokasi pegunungan. Kawah ini berada di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Provinsi Jabar. Udara yang sejuk cenderung dingin menyelimuti kawah ini.

Ketinggian rata-ratanya adalah 1920 meter di atas permukaan laut. Lahan di sekitar Kawah Darajat umumnya berbukit dan berlembah dan kemiringannya terlihat cukup curam. Namun stabilitas tanahnya cukup baik serta memiliki daya serap tanah yang baik pula, sehingga masih terbilang sangat aman.

Cerita, Sejarah dan Salah Satu Penyuplasi Listrik

PLTP Darajat Dipegang oleh Indonesia Power (foto: teropongsenayan.com)
PLTP Darajat Dipegang oleh Indonesia Power (foto: teropongsenayan.com)

Sebelum membahas mengenai Kawah Darajat sebagai lokasi wisata. Kawah Derajat saat ini juga dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi atau PLTP. Pembangkit listrik ini dibagi menjadi tiga, yakni Darajat 1, Darajat 2 dan Darajat 3.  Pengelolaan pembangkit listrik Darajat ini dikelola oleh Amoseas Indonesia, Inc.  Pengelola ini merupakan anak perusahaan Chevron Texaco.  Namun dalam pengelolaannya, pembangkit listrik ini juga bermitra dengan PT. Pertamina dan PT. Perusahaan Listrik Negara atau PLN, melalui anak perusahaannya yang bernama Indonesia Power.

PLTP Darajat dari Kejauhan (foto: seputargarut.com)
PLTP Darajat dari Kejauhan (foto: seputargarut.com)

Energi listrik yang dihasilkan oleh kawah ini mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk wilayah Jawa dan Bali. Tidak terbayang berapa besar energi listrik yang dihasilkannya, karena seperti yang diketahui Jawa dan Bali merupakan pulau yang paling banyak menggunakan listrik. Berikut ini adalah gambar dan foto PLTP Darajat.

Belum Diketahui Mitosnya

Angle Pemandangan Kawah Darajat yang Lebih Luas (foto: sakaingets.wordpress.com)
Angle Pemandangan Kawah Darajat yang Lebih Luas (foto: sakaingets.wordpress.com)

Pada umumnya kawasan-kawasan yang berupa kawah-kawah memiliki mitos-mitos yang tersebar di masyarakat. Namun sampai saat ini belum ditemukan mitos di Kawah Darajat. Mungkin apabila terdapat informasi mengenai mitos yang ada di masyarakat mengenai kawasan tersebut maka dapat diinformasikan.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Santolo di Garut 2017, Mitos, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokasi

Ada 3 Objek Wisata di Kawasan Kawah Darajat

Kawasan Kawah Darajat saat ini juga menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Total terdapat tiga objek wisata di kawasan ini yang terhimpun dalam satu kompleks yang bernama Darajat Pass. Objek wisata ini sudah termasuk kolam renang air panas, penginapan dan fasilitas bermain untuk anak. Berikut ini adalah detail dari keempat objek wisata di Kawah Darajat.

Puncak Jaya Darajat, Objek Wisata Pertama

Objek wisata yang berada di kawasan Kawah Darajat yang pertama kali akan kita bahas adalah Puncak Jaya Darajat. Objek wisata ini berada pada urutan paling pertama dari tempat objek wisata Kawah Darajat yang lain, yaitu Darajat Pass, Awit Sinar alam dan Puncak Darajat. Lokasi objek wisata ini sangat mudah dijumpai karena terletak di sebelah kanan jalan raya utama. Terdapat banyak sekali fasilitas liburan yang ditawarkan oleh Puncak Jaya Darajat. Berikut ini adalah beberapa Fasilitas yang dapat titik mati oleh para pengunjungnya.

  1. Kolam Renang Air Panas
Air Panas di Puncak Darajat (foto: panduanwisata.id)
Air Panas di Puncak Darajat (foto: panduanwisata.id)

Setiap orang tentu menyukai berendam di pemandian air panas, tetapi di sini para pengunjung tidak hanya berendam, melainkan juga dapat berenang. Tentu berenang di air panas maka rasa lelah akan lebih cepat menghampiri daripada berenang di air dingin, walaupun demikian air yang hangat sangat cocok disandingkan dengan udara sejuk di kawasan ini. Cukup dengan menebus Rp. 20.000 per orang untuk harga tiket masuk, para pengunjung sudah dapat menikmati kolam air panas ini sepuasnya.

  1. Fasilitas untuk Bermain
Waterboom (foto: penjajakata.com)
Waterboom (foto: penjajakata.com)

Fasilitas ini ditujukan untuk anak-anak yang terdiri dari kolam renang, waterboom dan beberapa fasilitas lainnya. Semua fasilitas serta wahana permainan untuk anak-anak ini dapat dinikmati tanpa dikenakan biaya tambahan. Dengan demikian akan menghemat biaya. Jika ingin melihat fasilitas ini maka dapat dilihat dari video di youtube tentang fasilitas di Puncak Jaya Darajat.

  1. Penginapan
Salah Satu Penginapan (foto: paketwisatadarajat.com)
Salah Satu Penginapan (foto: paketwisatadarajat.com)

Penginapan yang ditawarkan di objek wisata ini berupa Cottage dengan beragam tipe serta fasilitas yang disesuaikan dengan harga dan tentunya para pengunjung juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Saat ini total terdapat 19 Cottage yang dimana dapat disewa, mulai dari harga Rp. 920.000 hingga Rp. 1.320.000 per malamnya. Kapasitas penginapan ini dapat menampung 4 hingga 10 orang. Terbilang cukup banyak. Resort ini terbilang lengkap.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Seribu Bogor Jawa Barat + Misteri Angker Air Terjun Menelan Korban

Di sini juga tersedia penginapan yang khusus untuk 2 orang saja yakni tipe ruangan dengan harga yang jauh lebih hemat yaitu Rp. 450.000. Harga ini sudah termasuk makan pagi serta beberapa fasilitas yang ada di penginapan ini. Jika memang ingin melakukan pemesanan di jauh-jauh hari maka para pengunjung dapat menghubungi nomor 0822-1881-4444. Ada juga bungalow disini. Di sekitar sini juga ada hotel-hotel dan villa.

  1. Restoran

Setiap orang pasti membutuhkan makanan. Oleh karena itu keberadaan tempat makan ini akan selalu ada di setiap tempat wisata, tidak terkecuali di objek wisata ini. Jadi ini merupakan sebuah paket lengkap yang ditawarkan oleh Puncak Jaya Darajat.

Awit Sinar Alam, Objek Wisata Kedua di Kawah Darajat

Menuju ke Kolam Air Panas di Awit Sinar Alam (foto: hoteldigarut.net)
Menuju ke Kolam Air Panas di Awit Sinar Alam (foto: hoteldigarut.net)

Berlanjut ke objek wisata yang kedua di daerah Kawah Darajat yaitu Awit Sinar Alam Darajat. Berlokasi kurang lebih 400 meter setelah Darajat Pass, objek wisata ini menyediakan fasilitas berupa kolam renang air panas untuk umum yaitu khusus dewasa dan juga terdapat waterboom khusus untuk anak-anak, waterpark serta ember besar yang siap menumpahkan air. Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung yang tidak menginap harus mengganti biaya tiket masuk dengan harga Rp. 30.000 per orang.

Ada Penginapan Minimalis dan Lebih Terjangkau

Bagian Depan Penginapan (foto: konsultaninter.net)
Bagian Depan Penginapan (foto: konsultaninter.net)

Di sini juga ada penginapan yang terdiri dari 10 cottage minimalis dengan kapasitas maksimalnya adalah 10 orang. Harga yang ditawarkan saat liburan yaitu Rp. 850.000 sedangkan saat hari biasa adalah Rp. 750.000. Penginapan ini sudah termasuk dengan fasilitas utamanya yaitu kolam renang air panas. Jadi apabila menginap maka tidak perlu membayar tiket masuk, melainkan itu semua sudah termasuk dalam biaya penginapan.

Cocok untuk Bersantai Bersama Keluarga Maupun Teman

Ramainya Tempat Bermain (foto: erisukolies.blogspot.co.id)
Ramainya Tempat Bermain (foto: erisukolies.blogspot.co.id)

Di sini juga tersedia kegiatan untuk outbond, sehingga sangat cocok untuk kegiatan perusahaan ataupun kegiatan kekeluargaan. Bisa dibilang tempat ini sangat cocok untuk mempererat tali kekeluargaan. Selain itu, penginapannya juga mampu menampung hingga 10 orang. Sangat pas sekali jika berlibur di objek wisata ini.

BacaJuga:  10 Foto Jendela Alam Bandung Lembang, Tiket Masuk Wisata Cihideung, Fasilitator + Alamat Lokasi

Puncak Darajat, Objek Wisata Ketiga

Beralih ke objek wisata yang ketiga yaitu Puncak Darajat. Objek wisata ini merupakan objek wisata di kawasan Kawah Darajat yang memiliki lokasi paling tinggi. Terkadang kabut menutupi objek wisata ini. Terdapat beragam fasilitas yang ada di Puncak Darajat seperti kolam renang air panas, penginapan dan beberapa fasilitas yang lainnya. Harga tiket masuk, para pengunjung harus membayar Rp. 30.000. Harga tiket masuk ini sudah termasuk semua fasilitas yang ada di dalamnya namun tidak termasuk fasilitas untuk bermain anak yaitu ayunan dan kereta.

Rute Kawah Darajat dari Bandung

Jika ingin menuju di daerah Kawah Darajat dari Bandung maka setelah sampai di jalur bundaran Tarogong Garut, ambillah jalan ke kanan. Setelah itu kira-kira 100 meter dari Bundaran tersebut terdapat pertigaan kemudian ambillah kiri, kemudian ada pertigaan lagi ambilah jalan kanan.

Jika memang bingung maka dapat ditanyakan arah untuk menuju ke Kampung Sampireun kepada penduduk sekitar, karena area wisata Darajat ini satu arah dengan kampung tersebut. Selain itu sudah ada papan petunjuk arah yang memudahkan route perjalanan. Petunjuk rute ini diambil dari Native Indonesia. Selain itu, bisa juga menggunakan peta dari aplikasi Google Maps. Selain itu juga bisa diakses dengan angkutan umum yang berjurusan Samarang-Garut dengan warna angkot putih hijau dari Terminal Guntur, kemudian berhenti di pertigaan Panunjuk. Sesampainya disana, lanjut dengan angkutan ke Sariwangi ataupun bisa menggunakan ojek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *