10 Gambar Kawah Sileri, Jalan Menuju Wisata dari Wonosobo, Lokasi Alamat + Jam Buka Belum ada Bintang

Posted on

Lokasi : Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah 53456
Map :
KlikDisini
HTM :
Gratis
Buka/Tutup :
Setiap hari 24 jam
Telepon : 0823-3012-3409

foto by instagram.com/jhonwae.48/

Kawasan wisata dataran tinggi dieng atau juga dikenal dengan dieng planteau merupakan kawasan wisata yang cukup terkenal, khususnya di jawa tengah.

Di kawasan ini terdapat lebih dari satu objek wisata yang beberapa diantaranya menjadi objek wisata favorit para traveler seperti objek wisata telaga warna, telaga pengilon, goa semar, gunung prau, kawah sikindang, kawah sileri dan masih banyak lagi objek wisata lainnya.

Tak heran ketika weekend atau libur panjang telah tiba, kawasan ini biasanya akan dibanjiri oleh para wisatawan dari banjarnegara, wonosobo dan juga dari daerah-daerah lainnya di jawa tengah.

Salah satu objek wisata favorit para traveler di dieng planteau adalah kawah sileri. Meskipun tergolong aktif dengan letusannya yang beberapa kali pernah terjadi, namun para wisatawan sepertinya tidak pernah ciut untuk mendatanginya.

foto by instagram.com/_fahridinho/

Kawah ini tercatat pernah meletus pada tahun 1944, 1964, 1984, 2003, 2009, dan yang paling anyar meskipun tidak menimbulkan kerusakan parah dan korban jiwa, ialah letusannya pada 2017 kemarin.

Saat itu beberapa objek wisata di sekitar kawah sileri bahkan ditutup. Namun kemudian dibuka kembali beberapa hari setelah kejadian.

Ada beberapa faktor yang membuat kawah ini selalu menarik untuk dikunjungi. Selain merupakan kawah terluas di dataran tinggi dieng, ia juga menawarkan keindahan panorama alam yang masih sangat alami.

Tidak sedikit wisatawan mengaku ketagihan akan pesonanya dan kemudian melakukan kunjungan ulang ke sana.

Lebih dekat dengan kawah sileri dieng

foto by instagram.com/jhonwae.48/

Kawah sileri adalah kawah vulkanik dengan luas 4 hektar. Meski sampai saat ini masih aktif menunjukkan gejala-gejala vulkanis seperti semburan asap putih tebal. Namun ia tetap dinyatakan masih aman untuk aktivitas wisata.

Kepulan asap putih pun senantiasa akan anda lihat di sepanjang kawasan pemukiman penduduk sebelum sampai di lokasi kawah. Jangan kaget, asap tersebut bersumber dari aktivitas pengeboran untuk keperluan pasokan energi pembangkit tenaga listrik tenaga uap (PLTU).

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk, Tradisi Sekaten, Sejarah Berdirinya Sampai 10 Gambar Keraton Kasunanan Surakarta

Selain sebagai objek wisata. Air dari kawah sileri juga menjadi anugrah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Kebutuhan air untuk pengairan sawah dan ladang mereka, selalu tercukupi dengan keberadaan kawah tersebut.

Penduduk di sekitar kawah memang sebagian besarnya merupakan pekerja ladang atau petani. Hamparan sawah dan ladang mereka juga sebenarnya menjadi objek tambahan yang semakin mempercantik dan menambah kesan asri di kawasan tersebut.

foto by instagram.com/onex_royan/

Air dari aktivitas kawah sileri juga ternyata menjadi cikal bakal penamaannya. Ia dinamai sileri karena air yang dihasilkannya berwarna putih kecoklatan dan keruh, persis seperti air bekas cucian beras yang dalam bahasa jawa disebut dengan “leri”.

Jadi sileri merupakan gabungan dari dua suku kata. “si” merujuk pada objek, dalam hal ini kawah itu sendiri dan “leri” diambil dari bahasa jawa. Jika digabungkan, maka terciptalah kata baru yakni “sileri” yang menjadi nama tempat tersebut.

foto by instagram.com/krisbiiantoandyha/

Aktivitas wisata di kawah sileri

Apabila anda berkesempatan untuk berwisata ke kawah sileri. Maka ada beberapa aktivitas wisata menarik yang bisa anda lakukan. Beberapa aktivitas tersebut diantaranya :

  • Hunting foto

Bagi anda para penyuka photography. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera atau smarphone yang memiliki kamera dengan kualitas bagus.

Karena aktivitas kawah dengan semburan asap yang keluar dari airnya, merupakan objek yang sangat menarik untuk diabadikan dengan jepretan kamera.

foto by instagram.com/axendra_290/

Selain itu panorama alam dengan hamparan sawah dan ladang menghijau, juga tidak kalah menariknya untuk difoto. Sementara di seberangnya, terdapat beberapa perbukitan dan pegunungan yang berdiri kokoh dan juga cukup layak untuk dijepret.

Jangan sampai kehilangan kesempatan untuk mengabadikan semuanya sebagai kenang-kenangan liburan anda nantinya.

  • Berfoto atau selfie

Selain menjepret objek kawah ataupun panorama alam di sekitarnya. Aktivitas wisata selanjutnya yang bisa anda lakukan ketika berada di kawasan ini adalah berfoto atau berselfie.

BacaJuga:  Pantai Banyutowo Wonogiri: Anda Akan Dibuat Takjub Dengan Keindahan Panorama Alamnya!
foto by instagram.com/fennymulyo/

Aktivitas ini memang lekat dengan kegiatan traveler bukan ?

Di sini banyak sekali spot menarik yang bisa anda jadikan sebagai lokasi berfoto. Yang paling menarik dan menantang tentunya berfoto di dekat bibir kawah dan menjadikannya sebagai latar belakang foto anda.

Asap putih yang menyembul di belakang anda ketika berdiri di muka kawah tentunya akan menghasilkan kesan unik dan mistis dalam foto anda.

Namun tetaplah berhati-hati dan waspada. Jika perlu, sebelum berfoto di pinggirnya, anda sebaiknya harus mengetahui dulu jarak aman bagi pengunjung yang akan mendekati kawah.

Selain objek kawah. Spot foto atau selfie yang juga menarik untuk dicoba adalah spot di sekitar lokasi pertanian penduduk. Jika anda menginginkan hasil foto natural dengan hamparan tetumbuhan hijau, maka lokasi ini adalah tempat terbaik.

foto by instagram.com/fanny_valia93/

Tapi anda juga perlu berhati-hati. Jangan sampai menginjak ataupun merusak tanaman petani yang ada di areal persawahan atau perkebunan.

  • Bersantai di pinggir kawah

Selain kedua aktivitas di atas. Aktivitas sederhana namun tak kalah seru yang bisa anda lakukan ialah bersantai menikmati keindahan objek kawah dan panorama alam di sekelilingnya.

Anda bisa duduk menikmati santapan makanan ringan sembari menikmati belaian kesejukan udara di tempat ini. Karena berada di dataran tinggi, udara di sekitar lokasi dieng planteau memang terkenal dengan kebersihan dan kesejukannya.

Lokasi dan rute menuju ke sana

foto by instagram.com/ahmadopang7622/

Kawah sileri terletak di desa kepakisan, kecamatan batur, kabupaten banjarnegara provinsi jawa tengah. Jika diukur dari kawasan telaga warna yang merupakan objek wisata utama di dieng. Maka lokasinya berjarak sekitar 4,9 kilometer.

Ia berada di sebelah barat telaga warna. Karenanya jika anda datang dari wonosobo. Maka sebelum sampai ke sana, anda sebelumnya akan melewati kawasan telaga tersebut.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Curug 7 Tujuh Bidadari Semarang Ungaran + Lokasi Map Wisata

Patokan yang bisa anda jadikan petunjuk awal sebelum sampai di lokasi ialah tugu peringatan bencana yang berisi informasi mengenai bencana alam yang pernah terjadi di dieng pada masa lampau.

Dari tugu ini, anda selanjutnya bisa mengarahkan tujuan ke tempat pemandian air panas bintingan. Di antara tugu dan lokasi pemandian air bintingan inilah lokasi kawah sileri berada. Untuk benar-benar sampai ke sana, anda sebelumnya harus menuruni bukit setinggi kurang lebih 300 meter.

Waktu buka tutup dan harga tiket masuk

foto by instagram.com/alinezone/

Meski banyak dikunjungi wisatawan, pengelola kawasan wisata dieng sampai saat ini tidak memungut biaya sedikitpun pada orang-orang untuk memasuki kawasan kawah sileri. Anda bebas keluar masuk kawasan ini berkali-kali tanpa diwajibkan untuk membeli tiket masuk.

Hanya saja karena statusnya masih aktif, maka sebelum berkunjung, anda harus memastikan kondisinya sedang aman. Untuk hal ini, di pos jaga selalu standby petugas yang siap memberikan informasi apa saja mengenai kondisinya.

Sementara untuk waktu kunjungan, meski dibuka 24 jam, namun waktu terbaik untuk datang ke sana ialah pada pagi hari. Di waktu itulah anda akan mendapatkan momen langka ketika ia mengeluarkan uap air panas berupa asap putih yang tampak eksotis.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.