10 Gambar Kebun Raya Cibodas Cianjur, Harga Tiket Masuk + Lokasi Sakura Dari Puncak Bogor

Posted on
Harga tiket masuk kebun raya cibodas sakura peta bogor cianjur alamat puncak penginapan wisata camping ground sejarah jawa barat hotel villa dekat lokasi gambar cipanas foto jalan mitos misteri wisma tamu peta letak geografis map denah lipi
Kebun Raya Cibodas, Foto: dakatour.com

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Cianjur No.31, Ciloto, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253
Map: KlikDisini
HTM: Rp 10.000/orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: (0263) 512233

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali destinati tujuan wisata, mulai dari wisata alam sampai dengan wisata buatan. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kita tuju ketika berpergi ke Cianjur, salah satu tempat wisata yang menarik adalah kebun raya cibodas.

Kebun raya Cibodas sebuah taman yang memiliki luas 80 hektar yang di tenamani berbagai macam tumbuhan dan karena berada di derah pegunungan maka taman ini memiliki bentuk yang indah yakni berbukit-bukit. Tempat wisata ini sudah lama dikenal oleh wisatawan mancanegara, sehingga tidak heran jika kebun raya cibodas ini memiliki julukan Taman Firdaus di Asia karena memiliki beragam macam tumbuhan yang tumbuh subur di taman ini. Di kebun raya cibodas ini para pengunjung akan disuguhi sebuah pemandangan alam yang indah dan alami, sehingga siapa saja yang datang ke tempat ini akan merasakan suasana yang tidak akan di temukan di perkotaan.

Sejarah Kebun Raya Cibodas

pemandangan di sekitar kebun raya, Foto: wisatacibodas.com

Kebun raya cibodas berada di kompleks hutan gunung gede pangrango, desa Cimacan Kecamatan Cipanasa Kabupaten Cianjur, di mana letak geografis tersebut tepat berada di kaki gunung Gede Pangrango yang memiliki ketingan sekitar 1275 M dpl yang konon katanya terkenal dengan mitos misterinya. Tentu saja lokasinya yang berada di kaki gunung membuat kebun raya cibodas ini memiliki udara yang sejuk, bahkan suhu di saja antara 17 hingga 25 derajat Celcius dan untuk memudahkan para pengunjung yang datang ke kebun raya cibodas untuk berkeliling ke tempat ini, di sediakan peta atau denah yang di sediakan oleh para pengolah lipi.

Kebun raya ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsman yakni seorang ahli Botani Belanda. Di mana pada awalnya beliau ingin mendirikan kebun raya ini sebagai cabang dari kebun raya bogor yang saat ini masih dijadikan perkebunan kina, tapi ternyata tanah di sekitar cibodas tidak cocok untuk pohon kina, di tembah lagi curah hujan yang mencapai 2300 mm pertahun dan suhu rata-rata 18 derajat celcisu membuat pohon kina tidak bisa tumbuh di area tersebut. Karena hal tersebutlah akhirnya kebun botani ini dijadikan sebagai tempat koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika.

Nah pada 11 April 1852 di tetapakan menjadi hari jadi kebun raya cibodas dan untuk anda yang datang pada tanggal 11 April, anda tidak akan dikenakan biasa masuk apapun ke kebun raya cibodas alias gratis. Ingat itu hanya berlaku pada saat hari ulangtahun kebun raya cibodas saja, selain hari itu anda akan dikenakan biaya masuk.

Panduan Menuju Kebun Raya Cibodas

Kumpulan bungan yang ada di taman, Foto: dakatour.com

Bagi para calon pengunjung yang berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya, harus menempuh jara sekitar 80 Km atau sekitar dua jam perjalanan melalui jalan raya Puncak. Setelah sampai di persimpangan Cimacam, kita tingga belok ke arah kebun raya yang jaranganya sekitar 5 KM saja dan para pengunjung sudah bisa sampai di Kebun Raya Cibodas.

Untuk anda yang menggunakan angkutan umum, anda bisa naik angkot dengan jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas yang bisa anda temukan dengan mudah di persimpangan pasar Cipanas. Setelah itu anda harus di turus di depan pintu masuk kawasan kebun raya.

Pesona Kebun Raya Cibodas

Pemandangan Alam di Sekitar, Foto: areawisata.id

Selain keindahan alam dan kesejukan udarahannya, kebun raya cibodas ini termasuk kedalam kategori Botanical Garden, hal ini karena Kebun Raya Cibodas memiliki koleksi pepohonan yang banyak sekali jenis dan variannya. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup dan di sini tersimpan koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda, sehingga anda akan mendapatkan pelajaran baru mengenai pepohonan. Berikut adalah daftar pesona yang ada di Kebun Raya Cibodas

  1. Rumah Kaca

Di dalam kebun raya cibodas juga tersedia sebuah rumah kaca, di mana ketika anda memasuki rumah kaca tersebut maka anda bisa melihat beragam jenis anggrek, kaktus dan tanaman langkah yang sudah hampir punah. Di dalam rumah kaca terdapat elbih dati 4000 contoh tanaman yang terdiri dari 360 jenis anggrek, 350 jenis kaktus dan macam-macam tanaman unik lainnya ada di dalam rumah kaca ini.

  1. Taman Sakura

Selain rumah kaca ada beberapa lokasi yang paling di nikmati oleh para pengunjung kebun raya. Salah satunya adalah Taman Sakura, dengan adanya taman sakura ini anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang namuh cukup pergi ke kebun raya cibodas saja anda bisa menikmati keindahan taman sakura. Mekipun tumbuhan sakura yang seharunya hanya bisa tumbu di wilayah yang memiliki empat musim saja, namun di kebun raya cibodas tanaman sakura bisa tumbuh subur.

Taman Sakura Cibodas, Foto: dakatour.com

Hal tersebut bisa terjadi karena letak kebun raya cibodas yang berada di ketinggian lebih dari 1400 meter di atas permukaan laut, di mana hal tersebut merupakan habitat yang cocok untuk bungan sakura. Jika di negara Jepang Bunga sakura hanya bisa berbunga sekali dalam setahun saja, berbeda dengan bungan sakura yang di tanaman di kebun raya cibodas yang memiliki iklim tropis justru bisa berbungan dua kali dalam setahun.

Dimana musim semi di Jepang biasanya terjadi pada akhir bulan april dan saat itu lah waktu terbaik untuk melihat bunga sakura. Berbeda dengan bunga sakura yang ada di kebun raya cibodas, di mana saat terbaik untuk menyaksikan bunga sakura ini pada bulan Januari hingga Febuari dan bulan Juli hingga Agustus. Pada bulan-bulan tersebutlah bunga bewarna pink ini akan bermekaran selama dua minggu dan setelah itu akan layu dan mati. Tentu saja pada saat bunga-bunga sakura bermekaran akan nampak begitu cantik dan indah dengan warna pink yang berasal dari bungan sakura yang dapat memberikan kesan bahagia buat siapa saja yang melihatnya.

Bunga Sakura sendiri memiliki lebih dari 300 varian yang ada di dunia, sedangkan yang ada di kebun raya cibodas baru 7 jenis varian saja, seperti Prunus Sp, Prunus cerasoides, Prunus Yedoensis, Prunus Lannesiana, dan Prunus Yamasakura. Tentu saja hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat iklim yang ada di Indonesia berbeda dengan iklim yang seharusnya menjadi habitat bunga sakura sesungguhnya.

Bagi pengunjung yang berasal dari Jakarta, Bogor dan sekitarnya, anda bisa langsung menuju ke Cibodas, kemudian mengambil rute Cipanas-Rarahan. Setelah anda sampai di Balai Taman Nasional Gede pangrango dan pengunjung hanya perlu berjalan kaki beberapa menit saja untuk dapat sampai ke Taman Sakura Kebun Raya Cibodas.

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas memang sangat menarik selain karena keindahan pemandangan alamsekitar namun adanya bunga sakura yang tumbuuh subur di taman tersebut membuat wajib dikunjungi apalagi besama keluarga maupun oang-orang terdekat. Lokasinya cukup mudah diakses, membuat Taman Sakura begitu cepat populer dan tak butuh waktu lama untuk bisa menarik wisatawan datang ke taman tersebut.

  1. Air Terjun Cibeureum

Air terjun cibeureum ini berada di kasawan taman nasional gunung gede pangrango, di mana air terjun ini berada di ketinggi 1675 meter diatas permukaan air laut dan memiliki tinggi air sekitar 50 meter dengan curah air yang sangat deras apa lagi pada saat musim hujan. Untuk bisa sampai ke air terjun cibeureum para pengunjung harus malakukan pendakian, di mana jalus pendakiannya sama dengan jalus pendakian menuju gunung gde panrango lewat cibodasm. Di situ nanti pasa pengujung akan melihat banyak sekali papan petunjuk jalan hingga sampai ke tempat air terjun cibeureum. Setelah sampai di lokasi, anda bisa menikmati kesegaran udara dan keindahan dari air terjun cibeureum.

  1. Araucaria Aveneu
Susanan Jalan Batu, Foto: dakatour.com

Araucaria Aveneu adalah sebuah jalan batu yang di tata rapi mulai dari wisma tamu hingga ke kolam besar. Yang menjadi tempat ini berkesan, karena di sepanjang jalan tersebut di kiri kanannya anda berdiri kokoh pohon Araucaria yang sudah ada sejak tahun 1866 dan jika di hitung umurnya hingga tahun ini maka pohon-pohon Araucaria sudah berumur lebih dari 150 tahun.

  1. Taman Lumut

Selain ada taman Sakura, di kebun raya cibodas ini juga tedapat satu lagi taman yang unik, yakni taman lumut. Di mana taman ini merupakan tempat koleksi lumut sebanyak 235 jenis lumut yang dimiliki oleh kebun raya cibodas.

  1. Taman Rhododendron

Taman Rhododendron adalah sebuah taman bunga yang memiliki banyak sekali jenis bungam di mana bunga-bunga tersebut berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, China dan jepang. Sehingga tidak heran jika di Taman Rhododendron anda akan menemukan beragam variasi warna bunga yang terlihat sangat indah.

Taman Rhododendron, Foto: wisatacibodas.com
  1. Jalan Air

Jalan air yang saru ini merupakn sebuah aliran air sungan Cibogo yang berasal dari Gunung Gede, maka tidak heran jika air yang mengalir sangat jernih dan dingin. Karena hal tersebutlah pihak pengolah kebun raya cibodas merubah aliran sungai tersebut menjadi wahana bermain untuk anak-anak yang menyenangkan.

  1. Koleksi Tumbuhan Paku

Sebagai salah satu kebun raya yang memiliki banyak sekali koleksi tumbuhan, tentu saja kebun raya cibodas juga memiliki banyak koleksi tumbuhan paku. Di mana kebun raya cibodas memiliki sebanyak 34 jenis paku-pakuan yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Perlu anda ketahui, bahwa tumbuhan paku ini dapat digunakan sebagao bahan obat-obatan, bahan media tanam dan juga dapat dijadikan bahan makanan.

  1. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga yang memiliki bau bangkai ini dibawa dari jambi pada tahun 2000, bunga bangkai yang berbunga sertiap empat tahun sekali dan pada tahun 2017 bunga bangkai tersebut tumbuh hingga memiliki tinggi lebih dari 3 meter.

  1. Kolam Besar
Kolam Besar yang ada di Kebun, Foto: nunik99.wordpress.com

Pesona yang dimiliki oleh kebuh raya cibodas yang terakhir adalah sebuah kolam yang dibangun sekitar tahun 1901, yang mana kini kolam tersebut digunakan sebagai tempat koleksi tumbuhan air.

Tentu tidak hanya itu saja pesona yang dimiliki oleh kebun raya cibodas, hal ini karena sekitar 40% luas kebun raya cibodas ini merupakan hutan alami yang bergunkan sebagai daerah resapan air, maka dari itu bukan tidak mungkin jika kebun raya cibodas ini masih memiliki banyak pesona alam lainnya.

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

Tanaman Air yang ada di Kebun Raya, Foto: wisata-tenahair.com

Berbicara mengenai fasilitas yang dimilik oleh Kebun Raya Cibodas ini, anda tidak pelu merasa khawatir. Kebun Raya Cibodas merupakan tempat wisata yang ditujukan untuk tempa wisata keluarga tentu saja dilengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan para pengunjung.

Mulai dari lapangan parkir yang luas bisa menampung raturan kendaraan roda empat maupun bus, ruang informasi yang dilengkapi peralatan yang lengkap untuk temapat Wisata Cibodas, areal bermain untuk anak-anak, mushola, MCK umum, pendopo untuk bersantai hingga camping ground yang memiliki luas 3 hektar dapat digunakan untuk ratusan tenda berdiri. Dengan lengkapnya fasilitas yang ada di kebun raya cibodas ini, maka pengunjung tidak perlu khawtir lagi, karena hampir semua kebutuhannya bisa di temukan di area wisata ini. selain itu untuk para pengunjung yang ingin menginap di sekitar kebun raya cibodas ini tenang saja, karena lokasi tempat wisata ini dekat dengan penginapan seperti hotel dan villa

Tiket Masuk dan Jam Operasional Kebun Raya Cibodas

Suasana di sekitar taman yang ada di sekitar, foto: wirasetiawan29.wordpress,com

Sebelum para pengunjung bisa menikmati seluruh keindahan alam yang ada di kebun raya cibodas ini, para pengunjung harus membayar biaya tiket masuk yang sudah di tentukan oleh pihak pengelolah. Berikut adalah daftar harga tiket masuk kebun raya dan juga biasa parkir kendaraan.

  • Biaya Masuk  Rp 10.000/orang
  • Biaya Parkir Roda Dua =Rp 5.000
  • Biaya Parkit Roda Empat Rp 16.000

Dengan biaya tersebut anda sudah bisa berkeliling kebun raya cibodas hingga puas. Namun sebelum anda datang ke kebun raya ini akan lebih baik jika anda mengetahui jam operasional tempat ini. Di mana jam buka kebun raya cibodas buka setiap hari dari hari senin sampai minggu mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Bagaimana menurut kalian mengenai Kebun Raya Cibodas ? cukup menarik bukan ? nah untuk anda yang memiliki rencana liburan bareng orang terdekat dan masih bingunng dengan tukuannya, mungkin pergi ke Kebun Raya Cibodas bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda. Dengan pergi kekebun raya, selain anda mendapatkan keseruan berwisata ke tempat ini, anda juga bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai tumbuhan. Sekian informasi dari kami, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *