Berwisata Ke Kebun Raya Cibodas, Kepoin HTM dan Cara Menuju Kesana Yuk!

Diposting pada
Berwisata Ke Kebun Raya Cibodas, Kepoin HTM dan Cara Menuju Kesana Yuk!
4.7 (94.29%) 35 vote[s]
Harga tiket masuk kebun raya cibodas sakura peta bogor cianjur alamat puncak penginapan wisata camping ground sejarah jawa barat hotel villa dekat lokasi gambar cipanas foto jalan mitos misteri wisma tamu peta letak geografis map denah lipi
foto by instagram.com/dony_chard/

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur 43253
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-16.30 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 0263 511 385

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 16.500,-
Parkir Motor: Rp 5.000,-
Parkir Mobil: Rp 16.000,-

Enaknya berwisata ke tempat yang dikelola oleh pemerintah setempat kamu tidak akan dikenai tiket masuk mahal. Saat memasuki gerbang tiket utama Kebun Raya kamu harus mempersiapkan kocek sebesar 16.5k (Weekdays & Weekend) per orangnya.

Selain tiket masuk, kamu juga harus mempersiapkan kocek untuk membayar parkir kendaraan nih. Untuk motor dikenai karcis parkir 5ribu sedangkan karcis mobil masuk kebun raya yaitu 16ribu. Harga tiket masuk sudah include Asuransi Jasa Raharja Putera. Menariknya, jika berkunjung saat weekdays, kamu bisa gunakan kendaraan pribadimu untuk berkeliling kebun lho.

Jalan Menuju Lokasi

foto by instagram.com/tampinkurniati/

Kebun Raya Cibodas ini berada di lokasi yang sangat strategis, sehingga kamu akan mudah sekali untuk menjumpainya. Jika kamu berasal dari arah Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan yang akan ditempuh yaitu sekitar 85 K

ilometer dengan estimasi waktu 1,5 jam.

Perjalananmu akan diawali dari Jl. Raya Bogor-Puncak-Cianjur dan akan berakhir di persimpangan Cimacan. Tak jauh dari Persimpangan Cimacan kamu akan segera sampai di Kebun Raya Cibodas yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja.

Nah buat yang menggunakan kendaraan umum cara menuju lokasinya pun cukup mudah. Kamu tinggal menunggangi angkutan umum seperti Angkot dengan jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas. Untuk menemui angkutan ini pun mudah, yakni di kawasan Pasar Cipanas ataupun di Persimpangan Jalan Cimacan.

Fasilitas Yang Ada

foto by instagram.com/dewist_01/

Berwisata ke Kebun Raya Cibodas ini kamu tidak perlu khawatir, karena sudah cukup banyak fasilitas penunjang yang tersedia lengkap disini. Dari mulai luasnya lahan parkir yang mampu menampung puluhan kendaraan baik roda dua, empat, sampai bus wisata.

BacaJuga:  Ada Berapa Banyak Koleksi Bersejarah Pada Museum Sri Baduga, Ini Jawabannya

Tak hanya itu saja, disini juga ada area bermain anak2, mushola, toilet, pendopo, shelter, teater alam terbuka, dan paling istimewa yaitu adanya camping ground yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berkemah. Luas dari camping ground ini mampu menampung kurang lebih 200 tenda.

Kenali Lebih Dalam

foto by instagram.com/shantythiew/

Sebagai warga Indonesia seharusnya kita bangga, karena Nusantara kita ini memiliki banyak sekali destinasi wisata dan potensi kekayaan alam yang amat melimpah. Tak kalah dengan destinasi luar negeri, Nusantara kita pun memiliki banyak wisata2 yang bisa bikin berdecak kagum dan terpesona.

Sebut saja Provinsi Jawa Barat yang mempunyai segudang destinasi wisata alam. Kali ini kami akan membahas salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yakni Cianjur yang mempunyai wisata alam unggulan berupa Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas adalah tempat untuk melestarikan berbagai spesies tumbuhan luar ataupun dalam negeri yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan cukup penting, salah satunya adalah Pohon Kina.

foto by instagram.com/maman_dianto_cipicoeng/

Sejatinya, Kebun Raya Cibodas ini ialah bagian dari Kebun Raya Bogor. Sejarah Kebun Raya Cibodas awalnya besutan seorang ahli Botani yang berasal dari Belanda yaitu Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1852. Luas keseluruhan tanah dari Kebun Raya Cibodas ini lebih dari 80 hektare.

Letak daripada Kebun Raya Cibodas ini sendiri berada di kawasan Hutan Gunung Gede Pangrango, Cimacan. Karena berada di wilayah dataran tinggi, tak heran jika suasana disini cukup sejuk dan dingin. Suhu rata2 di Kebun Raya Cibodas ini bisa mencapai 17oC-27oC.

Tak heran jika Wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit di Cianjur karena bisa dimanfaatkan untuk liburan bersama orang-orang tersayang seperti keluarga, pasangan, maupun sahabat. Maka dari itu Wisata ini wajib masuk list liburanmu, karena tempatnya kece parah.

BacaJuga:  Rumah Bunga Rizal Yang Mewakili Keindahan Kabupaten Bandung

Beberapa Wahana Favorit

1. Taman Sakura

foto by instagram.com/wisma_berkat_cibodas/

Nah, buat yang belom memiliki kesempatan menikmati bunga Sakura di negara asalnya Jepang, tak perlu jauh2 dan menghabiskan banyak budget untuk pergi kesana, karena kamu bisa melihatnya di Kebun Raya Cibodas ini.

Tak berbeda jauh dengan yang ada di Jepang, Taman Sakura Kebun Raya Cibodas ini memiliki keindahan sangat menawan. Lokasi ini menjadi salah satu spot paling favorit orang2 untuk berfoto ala2 bak seperti sedang berada di Jepang. Nggak akan ada yang menyangka kalau kamu sedang berada di Indonesia.

Untuk mendapati Bunga Sakura yang indah, kami rekomendasikan untuk datang pada saat bulan Januari-Februari dan juga Juli-Agustus. Pada waktu itu, Bunga Sakura sedang cantik2nya bermekaran. So, jika tidak ingin melewatkan kesempatan ini agendakan liburan kesini dalam waktu dekat ini yuk.

2. Cibereum Waterfall

foto by instagram.com/muhamad_akbar_30/

Karena berada di alam, Kebun Raya Cibodas pun memiliki wahana bermain air berupa Air Terjun atau orang lebih sering menyebutnya Curug. Curug Cibereum ini berlokasi di kawasan Gunung Gede Pangrango, sehingga untuk bisa kesini kamu harus melakoni pendakian dahulu.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena akses menuju lokasi Air Terjun ini sudah difasilitasi dengan papan2 petunjuk jalan sehingga akan lebih memudahkanmu. Rasa lelah untuk menuju lokasi ini akan terbayar setelah kamu melihat keindahan dan kecantikan dari Air Terjun Cibereum.

3. Rumah Kaca (Green House)

foto by instagram.com/fenypujigestian16/

Nggak kalah cantik dengan Taman Sakura dan Air Terjun Cibereum, Rumah Kaca ini pun wajib kamu kunjungi juga. Jika berkunjung ke Rumah Kaca ini kamu akan melihat banyak sekali spesies tumbuhan Kaktus, Bunga Anggrek, dan macam2 tanaman lainnya dengan jumlah lebih dari 350 jenis.

BacaJuga:  Lokasi Bukit Bintang Bandung Ditutup? Tiket Masuk Camping + Alamat Jalan Menuju Pesona Wisata Dago Pakar Atas

4. Araucaria Venue

Spot berikutnya yang nggak kalah cakep adalah Araucaria Venue. Deskripsi dari tempat ini yakni berupa jalan batu yang membentang dari Wisma Tamu sampai dengan Kolam Besar. Sepanjang jalan Araucaria Venue ini kamu akan dimanjakan dengan jejeran Pohon Araucaria yang sangat cantik.

5. Taman Rhododenron

foto by instagram.com/ershandy_/

Jika kamu ingin melihat aneka koleksi bunga2 cantik yang berasal dari berbagai Negara seperti Indonesia, China, dan Jepang, pergilah ke Taman Rhododendron ini. Warna-warni bunga yang cantik di Taman Rhododenron ini sangat bervariasi, sehingga kamu akan dibuat terpana melihatnya.

6. Bunga Bangkai Raksasa

Kurang komplit rasanya jika kamu berkunjung ke Kebun Raya Cibodas namun tidak menyambangi sebuah kawasan dimana Bunga Bangkai Raksasa berada. Kamu bisa melihat salah satu tumbuhan langka ini dan bisa sambil berpose didepannya.

7. Taman Lumut

foto by instagram.com/yantisusanti999/

Taman Lumut dibangun pada tahun 2004 dan di bisa dinikmati untuk umum secara resmi pada 11 April 2006. Taman Lumut ini merupakan spot yang cukup unik dan lumayan instragamable. Sampai saat ini, Kebun Raya Cibodas ini memiliki koleksi tanaman lumut mencapai 134 jenis.

8. Jalan Air

Jika tadi ada Araucaria Venue atau Jalan Batu kini tinggal Jalan Air yang menjadi salah satu lokasi favoritnya anak2. Air yang mengalir di Jalan ini berasal dari Gunung Gede lebih tepatnya aliran Sungai Cibogo.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.