Kebun Teh Kertowono, Si Penghasil Teh Berkualitas Dunia!

Posted on
Kebun Teh Kertowono, Si Penghasil Teh Berkualitas Dunia!
Rate this post
Memang Keren | Foto: Instagram @lumajang.punya
Memang Keren | Foto: Instagram @lumajang.punya

Lokasi: Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67353
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 5.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Wisata di kota Lumajang sangat beragam salah satunya wisata yang menyuguhkan pemandangan asri yaitu Kebun Teh Kertowono. Kebun teh ini merupakan agrowisata yang berlokasi di alamat kecamatan Gucialit, kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Pemandangannya Tiada Saing | Foto: Instagram @cewealpukat
Pemandangannya Tiada Saing | Foto: Instagram @cewealpukat

Agrowisata ini di bawah naungan PTPN XII (PT. Perkebunan Nasional XII) memiliki komoditas unggulan yaitu teh yang memiliki kualitas dunia. Ketika anda berada di Lumajang dan ingin menikmati pemandangan yang asri agrowisata kertowono menjadi solusi bagi anda yang akan mengajak sanak saudara untuk berlibur.

Sangat Sejuk

Suasana di kebun teh sangat asri karena suhu rata-rata di daerah ini yaitu 16oC sehingga udara sejuk dapat dirasakan. Pemandangan hamparan teh berlatarkan gunung bromo atau semeru di sisi selatannya. Agrowisata Kertowono termasuk kedalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru. Produk sampingan selain teh ada kelapa, holrikultura hingga macam-macam tanamn kayu.

Gunungnya Terlihat Jelas | Foto: Instagram @vegas1094
Gunungnya Terlihat Jelas | Foto: Instagram @vegas1094

Jalan untuk menuju wisata ini cukup mudah karena dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi atau motor. Untuk anda yang minat di olah raga trail tempat ini dapat di lewati oleh motor trail.

Ketika Mendung | Foto: Instagram @andre_rangersbiru
Ketika Mendung | Foto: Instagram @andre_rangersbiru

Kendaraan umum untuk menuju wisata ini cukup sulit karena jarang ada kendaraan umum yang menuju tempat ini perlu menunggu 3 jam untuk mendapatkannya sehingga pengunjung disarankan membawa kendaraan pribadi.

Cukup menempuh waktu sekitar 20 menit dari kota lumajang menuju arah kecamatan Gucialit lewat Jl. Raya Gucialit yang merupapkan jalur tercepat untuk anda dapat mengunjungin kebun teh agrowosata Kertowono.

BacaJuga:  Tiket Masuk Museum Kesehatan Dr Adhyatma Surabaya + Asal Usul Sejarah Santet Angker

Berada di Ketinggian

Akses jalan yang dapat dilewati yaitu dari arah barat, Surabaya kemudian kearah Probolinggo dan menuju ke arah selatan jalur Jember atau bisa lewat Malang. Tempat ini berada di pegunungan sehingga harus berhati-hati saat menuju lokasi.

Berkilau! | Foto: Instagram @a.dennyy
Berkilau! | Foto: Instagram @a.dennyy

Ketinggian tempat mendukung tanaman teh dapat tumbuh secara optimal yaitu 1250 mdpl. Jenis teh yang ditanam yaitu teh hitam yang ditanamn sejak 1910. Tanaman teh hitam tumbuh dengan subur di lahan yang memiliki luas 931,82 hektar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Waktu operasional kebun teh mulai dari pagi hingga sore dengan tiket masuk sebesar 5000 rupiah untuk dapat memasuki kawasan wisata ini. Harga yang cukup terjangkau untuk wisata di kebun teh ini karena tidak hanya pemandangan hamparan kebun teh saja yang bisa dinikmati.

Pengunjung dapat menikmati berfoto di tengah kebunteh dengan berlatar pegunungan, ketika berliburan dihimbau kepada pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan.

Ketika Sang Surya Dihalangi | Foto: Instagram @totokwisnubroto
Ketika Sang Surya Dihalangi | Foto: Instagram @totokwisnubroto

Terdapat wisata edukasi teh yang bertempat di pabrik teh, pengunjung dapat melihat langsung produksi teh dari mulai dari pemetikan hingga pengemasan. Untuk memasuki pabrik pengunjung harus berada dalam rombongan dengan jumlah minimal 10 orang akan dipandu oleh tour guide yang akan menjalaskan di dalam pabrik.

Begitu Melegakan | Foto: Instagram @hakimsunjoyo
Begitu Melegakan | Foto: Instagram @hakimsunjoyo

Pabrik ini merupakan sejarah peninggalan belanda yang berdiri sejak 1910 dan masih beroperasi hingga kini. Proses yang harus dilewati untuk produksi teh yang pertama yaitu pemetikan, untuk tahap ini cara yang digunakan yaitu secara modern sehingga jangan kaget jika berkunjung kesana anda tidak menemukan petani teh seperti di film petualangan sherina.

Saat ini Dikelola PTPN XII

Pabrik ini kini dikelola oleh PTPN XII. Pengujung juga dijelaskan tentang tahap-tahap selanjutnya yaitu pengangkutan ke pabrik, kemudian penerimaan pucuk di pabrik karena bahan untuk pembuatan teh menggunakan teh bagian pucuknya saja, pelayuan, penggilingan, hingga ke pengemasan produk.

BacaJuga:  Lokasi Pantai Trianggulasi Banyuwangi Terletak di Taman Nasional Alas Purwo
Sangat Rapi! | Foto: Instagram @robyluolandscapephoto
Sangat Rapi! | Foto: Instagram @robyluolandscapephoto

Pabrik ini menggunakan sistem fermentasi CTC ( Cutting, Tearing, Curling). Produk teh yang sudah diproses akan masuk ke tahan tester dengan cara di rasakan menggunakan sendok dan harus sampai bunyi, kualitas teh dari PTPN XII berhasil menjadi teh terbaik kedua di dunia setelah India hasil dari pabrik ini sudah di ekspor hingga ke saudi arabia, Eropa, dan Asia.

Kunjungi Saat Juni dan Juli

Waktu yang tepat untuk berkunjung yaitu pada bulan juli dan juni karena suhu udara tidak terlalu panas serta hujan jarang terjadi pada bulan itu, tetapi ketika musim hujan wisatwan dapat menikmati air terjun mini yang berada di sekitar kebun karena ketika musim kemarau bisa jadi tidak ada air yang keluar.

Perpaduan Warna yang Cantik | Foto: Instagram @hakimsunjoyo
Perpaduan Warna yang Cantik | Foto: Instagram @hakimsunjoyo

Fasilitas

Fasilitas yang dapat di nikmati pengunjung yaitu terdapat toilet, Area parkir kendaraan, aula rapat, dan villa. Untuk berkeliling di area wisata anda dapat menaiki jeep karena medan di dalam kebun cukup terjal dan licin bila musim hujan.

Seperti Labirin | Foto: Instagram @explore.bali.eastjava
Seperti Labirin | Foto: Instagram @explore.bali.eastjava
Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Bawean Gresik, Akses Jalan Menuju Lokasi + Hotel di Sekitar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.