Jalan Menuju Kebun Teh Medini Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Lereng Ungaran Semarang

Posted on
Kebun teh medini kabupaten kendal jawa tengah ungaran semarang jalan menuju boja gunung pati central java limbangan alamat curug lawe di desa rute dari denah lokasi foto gonoharjo perkebunan wisata alam gambar harga tiket jalur arah ke jual koordinat peta letak lengkap maps misteri masuk akses promasan pemandangan puisi tentang sejarah tempat agrowisata
Kebun Teh Medini, Foto: xplorenesia.co.id

Lokasi: Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Ngesrepbalong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357
Map: Klik Disini
HTM: 3.000/Orang
Buka/Tutup: Senin-Minggu 12.00 – 24.00
Telepon: –

Jika anda ingin menghabiskan waktu libur di sekitar Provinsi Jawa Tengah, maka anda memilih daerah yang tepat. Karena di daerah Jawa Tengah kaya akan  tempat wisata yang sangat menyenangkan dan menghibur pikiran. Dari berbagai candi yang sangat bersejarah, macam-macam gunung yang indah, museum-museum yang menarik, serta berbagai air terjun dan rawa yang tak kalah indahnya. Selain itu ada beberapa pantai yang juga sangat mengesankan dan masih banyak lagi.

Jalan Terjal di Kebun Teh Medini, Foto: exploresemarang.com

Dari beberapa tempat tersebut, ada wisata yang menyajikan suasana seperti di pedesaan yaitu Kebun Teh Medini. Kebun Teh Medini merupakan salah satu tempat agrowisata di daerah Jawa Tengah. Memang tak banyak orang yang tahu tentang Kebun Teh ini selain dari beberapa masyarakat sekitar pegunungan Ungaran dan para pendaki gunung.

Memang kebun teh ini merupakan salah satu jalur yang biasa digunakan para pendaki dalam melakukan perjalanan menuju pegunungan Ungaran. Sebab setelah melewati Kebun Teh Medini para pendaki akan beristirahat disebuah barak yang dikenal dengan sebutan Promasan.

Pemandangan di Kebun Teh Medini memang sangat indah, dengan hamparan pohon teh seluas mata memandang. Di agrowisata ini berbagai tanaman teh yang hijau dan menyegarkan apabila dipandang, berjajar satu sama lain menjadi satu. Dengan jalanannya yang berkelok-kelok, membuat suasana hati menjadi senang saat di perjalanannya. Memang tempat agrowisata yang sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan stres dari berbagai kegiatan sehari-hari yang ada di ibu kota yang padat akan polusi.

Kabut di Kebun Teh Medini, Foto: panduanwisata.id

Daya Tarik serta Lokasi Kebun Teh Medini         

Kebun teh Medini terletak di bagian sisi utara pegunungan Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, dengan ketinggian 2.050 m diatas permukaan air laut. Daerah ini merupakan wilayah Kabupaten Kendal. Dengan luas sekitar 386 hektar, kebun ini sudah ada sejak tahun 1901 pada masa penjajahan kolonial Belanda. Disebelah Utara kebun teh berbatasan langsung dengan kota Semarang. Letak kebun teh ini juga tak jauh dari pemandian air panas Gonoharjo Limbangan.

Tak jauh dari wisata agro Kebun Teh Medini, terdapat juga tempat wisata lain yang wajib anda kunjungi. Tempat wisata tersebut hampir sama dengan Kebun Teh Medini, yaitu menyajikan konsep keindahan alam yang sangat mengesankan, indah dan juga menarik.

Menyelami Sejuknya Kebun Teh Medini, Foto: panduanwisata.id

Tempat wisata tersebut salah satunya adalah Curug Lawe. Curug Lawe yang berada di daerah sekitaran Kebun Teh Medini berbeda dengan Curug Lawe yang berada diwilayah Kalisidi. Persamaan keduanya hanya dari namanya saja, yaitu sama-sama bernama Curug Lawe.

Curug Lawe yang berada dekat Kebun Teh Medini ini bisa dilalui dengan berjalan kaki karena kondisi jalan setapaknya yang berkelok-kelok. Dari pintu tiket masuk agrowisata Kebun Teh Medini, waktu tempuh  hanya berkisar antara 15-20 menit untuk sampai ke Curug Lawe ini. Namun di Curug Lawe ini anda diharuskan untuk berhati-hati karena masih banyak hewan-hewan liar yang berkeliaran seperti halnya lintah, gareng pong, kera dan mungkin saja terdapat ular.

Lokasi Wisata Kebun Teh Medini Semarang, Foto: arwini.com

Selain itu ada juga Curug Medini, memang curug ini belum begitu terkenal namanya bila  dibandingkan dengan Curug Lawe. Rute jalan yang dilalui juga berbeda dengan rute menuju Curug Lawe yang licin dan berliku. Rute menuju Curug Medini ini lumayan mudah dilalui karena sepanjang jalanannya relatif datar dan tak terlalu jauh dari taman yang biasa digunakan sebagai tempat berkemah serta parkir kendaraan. Curug Medini ini memiliki tiga sumber aliran dengan ketinggian masing-masing air yang berbeda-beda.

Selain wisata alam, Disekitaran Kebun Teh Medini juga terdapat tempat wisata yang bersejarah. Sepeti halnya Candi Promasan, walaupun sekarang hanya petirtaan kuno, tetapi masih terdapat puing-puing yang dahulu merupakan struktur candi seperti Ringga, Arca, Ratna dan Jaladwara.

Di Tengah Kebun Teh, Foto: exploresemarang.com

Apabila dilihat dari puing-puing yang tersisa, dapat diperkirakan bahwa candi ini merupakan peninggalan agama Hindu kuno. Diperkirakan candi ini juga masih memiliki hubungan dengan candi Gedongsongo yang dibangun pada abad ke-9 saat masa Wangsa Syailendra. Tak jauh dari petirtaan kuno tersebut ,ada sebuah arca yang sebenarnya adalah arca Nandi yang merupakan kendaraan (wahana) Dewa Siwa. Tetapi para penduduk sekitar menyebut arca ini sebagai Watu Gajah. Hal ini disebabkan oleh ukurannya yang besar.

Tak jauh dari tempat  tersebut terdapat pula tempat peninggalan pada saat masa penjajahan Jepang yaitu Goa Jepang. Pintu masuk Goa ini tak begitu lebar, tetapi apabila anda sudah berada di dalam, tempat ini menjadi lebar dan juga tinggi. Dibagian kiri dan kanan Goa Jepang ini terdapat ruangan-ruangan peninggalan Jepang. Disarankan saat memasuki Goa, anda harus membawa alat penerangan seperti senter ataupun alat penerang  lainnya, karena di dalam tempat tersebut cukup gelap.

Selain Kebun Teh Medini anda juga wajib coba datang ketempat agrowisata lainnya. Yaitu, perkebunan Karet Merbuh, Getas Kecil yang berada di kecamatan Singorojo dan perkebunan kopi Sukomangli kecamatan Patean yang merupakan tujuan wisata agro lainnya.

Pemandangan Kebun Teh Yang Indah, Foto: panduanwisata.id

Fasilitas diAgrowisata Kebun Teh Medini

Di tempat wisata agro ini juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat dibilang cukup memadai seperti kamar mandi, area parkir, tempat penginapan dan juga area perkemahan, serta ada juga mushola untuk beribadah.

Rute Menuju Kebun Teh Medini dan Harga Tiket Masuk

Perjalanan menuju Kebun Teh Medini memang tak semudah dengan perjalanan menuju objek wisata yang berada di tengah-tengah kota. Dikarenakan memang jalanan yang digunakan adalah standar truck pengangkut teh, bukan mobil-mobil mewah. Walaupun mobil L300 juga dapat naik keatas juga, disarankan bagi anda para pengunjung supaya menggunakan kendaraan roda dua atau jeep dan sejenisnya.

Pekerja Sedang Memetik Teh, Foto: hellosemarang.com

Apabila anda yang ingin berkunjung berpusat di kota Semarang, anda dapat melewati jalan Pasar Jrakah-Boja dengan melalui kecamatan Mijen lalu Cangkiran. Dari kecamatan Cangkiran anda lurus terus hingga sampai keTaman Rejo. Apabila dari Cangkiran anda belok kanan, anda akan menuju kekecamatan Boja. Setelah sampai di Taman Rejo barulah anda akan memasuki kawasan Medini, dimana jalanan berbatu dan tidak rata. Perjalanan tersebut dapat ditempuh oleh waktu selama kurang lebih 1 jam.

Jarak yang ditempuh sekitar kurang lebih 48-50 km dari kota semarang. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, disarankan agar bahan bakar kendaraan anda terisi penuh. Hal ini dikarenakan jalur yang akan anda lewati cukup curam dan juga jauh dari tempat pengisian bahan bakar minyak.

Untuk anda yang ingin berkunjung, harga tiket masuknya sangat terjangkau yakni  3.000 rupiah per Orang. Anda pun tak perlu khawatir akan jam tutup dan buka, karena tempat wisata agro Kebun Teh Medini ini akan buka pada setiap harinya selama 24 jam nonstop. Kebayang kan serunya menikmati pemandangan kebun teh ini tanpa batas.

Wisata Kebun Teh Medini Ungaran, Foto: bakpiamutiarajogja.com

Saran dan Tips

Bagi anda yang ingin berkunjung pada hari libur panjang ataupun hari-hari libur biasa, walaupun agrowisata ini buka pada setiap hari. Dipastikan anda harus datang lebih awal, karena tempat wisata agro Kebun Teh Medini akan penuh dikunjungi oleh berbagai wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang berdatangan.

Untuk mencegah berbagai hal yang tak diinginkan, dipastikan anda agar membawa persediaan yang lengkap. Seperti kebutuhan kebersihan dan kesehatan, antara lain sabun, shampo, antiseptik, P3K dan lain-lain. Apabila anda tak ingin melewatkan keindahan alamnya, anda dapat mengabadikannya lewat camera anda. Jadi jangan lupa untuk membawa camera ya.

Cantiknya Saingin Kebun Teh Puncak Jawa Barat, Foto: detik.com

Siapkanlah mental serta fisik dan juga kendaraan supaya perjalanan anda menyenangkan dan juga lancar. Selain itu anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk kebaikan bersama dan pastikan selalu berhati-hati. Semoga perjalanan anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *