10 Foto Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo + Harga Tiket Masuk Samigaluh Jogja

Diposting pada
Kebun teh nglinggo kulon progo harga tiket masuk samigaluh jogja yogyakarta dari magelang purworejo alamat arah akses ke jalan menuju bukit biaya dimana denah foto gambar htm homestay penginapan jalur longsor wisata letak peta sejarah
Keindahan Kebun Teh Nglinggo. Foto: siswapedia.com

Lokasi: Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55673, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 3.000
Buka/Tutup: 07.00 – 18.00
Telepon: +62 274 587486

Jogjakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki pesona dan sisi menarik tersendiri. Tidak heran jika para wisatawan seperti wisatawan domestik dan juga mancanegara tertarik untuk mengunjungi kota pelajar ini. Ada banyak kawasan wisata alam yang menyajikan panorama indah dan menarik.

Salah satunya adalah Kebun Teh Nglinggo yang sudah ada sejak belasan tahun yang lalu. Kebun teh ini merupakan mata pencaharian di sekitar daerah Pagerharjo yang diubah oleh masyarakat sekitar hingga lebih menarik dan menjadi salah satu tempat wisata yang siap memanjakan para wisatawan kala berlibur ke kota pelajar ini. Hal ini bisa terlihat kala para wisatawan mengunjungi kebun teh tersebut.

Kebun teh ini sejarahnya menjadi tempat para petani teh tradisional guna memetik daun teh dan juga dijual ke pabrik atau ke penyalur teh. Akan tetapi sekarang ini kebun teh tersebut bukan hanya sebagai tempat menghasilkan teh saja. Di sini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang ramai oleh pengunjung. Tentu saja membuat masyarakat sekitar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sisi wisata.

Terasering Kebun Teh Nglinggo. Foto: piknikasik.com

Rute dan lokasi ke arah Kebun Teh Nglinggo

Lokasi dan alamat dari Kebun Teh Nglinggo ini berada di daerah Samigaluh Kulon Progo atau lebih tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo , Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kebun teh Nglinggo ini letaknya berada di sebelah barat dari kota Yogyakarta yang berada di bukit menoreh dimana aksesnya cukup jauh dari pusat kota Jogja.

Rute atau jalur menuju ke Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta ini sudah sangat bagus dan tidak terlalu sulit. Dari arah pusat kota Yogyakarta, rute yang bisa ditempuh dan cukup cepat guna ke kebun teh Nglinggo ini dengan melalui jalur jalan Godean. Dari Tugu Jogja bisa mengarah ke barat sekitar 18 km ke arah Kulon Progo. Usai melewati Jembatan Kali Progo, berbelok ke kanan usai menemukan lampu merah.

BacaJuga:  Lebaran di Jogja? Menikmati Waktu Eksklusif Selama Libur + Tips Wisata Yogyakarta
Gazebo di kebun teh. Foto: piknikasik.com

Setelah itu pada lampu merah kedua yang berada di perempatan Dekso, ambil jalur ke arah kiri sekitar 10 km akan ditemukan pasar Plono. Ikuti papan petunjuk untuk menuju ke Kebun Teh Nglinggo ini. Harap diperhatikan jika mengunjungi kawasan wisata ini pada musim hujan. Pasalnya di beberapa jalur sangat rawan longsor.

Sementara jika berangkat dari luar Jogja seperti Magelang, Muntilan, Semarang dan juga Purworejo, para wisatawan bisa mengambil jalur ke arah pasa Muntilan dan juga ke arah Kalibawang. Setelah itu bisa menemukan perempatan Dekso. Di sini para wisatawan bisa menemukan patung garuda. Setelah itu ambil arah ke kiri menuju ke Samigaluh. Ikuti jalan utama di pinggir sungai sampai bertemu dengan pertigaan Pasar Totogan.

Terasering Kebun Teh Nglinggo. Foto: beritaberbeda.com

Dari pertigaan ini ambil jalur kiri dan akan melewati SMPN 2 Samigaluh hingga bertemu pertigaan Pasar Plano. Dari sini ambil jalur kanan dan ikuti papan petunjuk hingga bertemu tempat retribusi masuk ke Kebun Teh Nglinggo. Dari Magelang hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja.

Jika berangkat dari Yogyakarta, jalan aspal yang mengarah ke pasar Plono ini masih banyak lubang. Jika menggunakan sepeda motor harap berhati-hati. Ketika memasuki area retribusi para wisatawan harus membayar biaya tiket. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini sebesar 3 ribu saja. Cukup murah untuk menikmati keindahan kebun teh ini. Akses ke Kebun Teh Nglinggo ini juga bisa menggunakan aplikasi Google Map yang akan memberikan denah yang lebih lengkap.

Kabut di Kebun Teh Nglinggo. Foto: visitingjogja.com

Fasilitas di kawasan wisata Kebun Teh Nglinggo

Desa Nglinggo memang sudah cukup terkenal dengan adanya desa wisata. Tidak heran jika para pengunjung yang ada di sini rata-rata adalah wisatawan mancanegara. Tentu saja hal ini membuat fasilitas yang ada di sekitar kawasan wisata tersebut sangat komplit. Di sini para wisatawan bisa berburu sunrise atau melihat keindahan pagi di kebun teh tersebut. Tentu saja sudah ada penginapan berupa homestay yang bisa dipilih jika ingin melihat sunrise di sini.

BacaJuga:  6 Daftar Bus dan Travel Jogja – Kudus, Harga Mulai Rp.60.000

Homestay yang ada di sekitar Desa Nglinggo ini menyediakan fasilitas yang komplit. Mulai dari tempat tidur yang enak, toilet yang bersih hingga makanan tradisional khas daerah Samigaluh yang dihidangkan kepada para wisatawan di sini. Sementara jika membutuhkan aneka perlengkapan atau camilan lainnya, bisa belanja di warung-warung kecil di sekitar desa. Kekurangan dari Kebun Teh Nglinggo ini adalah jalan aspal dari pasar Plono ke arah kebun teh yang masih rusak. Sehingga menyulitkan para pengunjung yang membawa sepeda motor

Eksotisme Kebun Teh Nglinggo. Foto: loveheaven07.com

Keindahan Kebun Teh Nglinggo

Perkebunan teh Nglinggo ini letaknya di atas ketinggian 800 mdpl dan berada di Pegunungan Menoreh. Tentu saja para wisatawan bisa menikmati keindahan panorama yang disajikan di sini. Salah satunya adalah 8 puncak gunung yang indah. Para pengunjung bisa melihat puncak gunung Merapi, Merbabu, Slamet, Prau, Ungaran, Sumbing dan Telomoyo serta Sindoro.

Para wisatawan bisa melihat keindahan panorama di kebun teh yang hijau. Akan tetapi untuk menuju ke sana harus berjuang terlebih dahulu. Pasalnya para wisatawan harus melalui beberapa tanjakan  yang cukup curam. Oleh sebab itu disarankan untuk naik sepeda motor yang akan mempermudah akses. Untuk kendaraan roda 4 masih cukup sulit menuju ke kawasan Kebun Teh.

Pesona Kebun Teh Nglinggo. Foto: pinterest.com

Tidak heran jika Kebun Teh Nglinggo ini menjadi incaran para wisatawan. Apalagi yang gemar selfie atau mengambil gambar atau foto kala berlibur. Ada banyak spot foto yang menarik untuk diambil di sini. Apalagi para pengunjung diperbolehkan untuk berjalan-jalan di sekitar perkebunan teh. Asalkan tidak membuat area perkebunan rusak.

Asyiknya lagi para wisatawan bisa mampir sejenak ke warung-warung yang ada di sekitar perkebunan. Di sini para pengunjung bisa mencicipi teh asli racikan dari warha Nglinggo. Tentu saja aroma dan sensasinya berbeda. Sembari menikmati teh bisa melihat pemandangan di sekitar perkebunan teh tersebut.

Keindahan di Kebun Teh Nglinggo. Foto: onenesia.com

Sisi lain dari Kebun Teh Nglinggo

Setelah puas berada di area perkebunan, para wisatawan bisa menuju ke area Kedeng Gunung Kukusan. Salah satu lokasi wisata yang tidak kalah menarik. Untuk menuju ke puncak ini memang jalurnya agak sulit. Pasalnya jalan utama menuju ke area Kedeng ini masih berupa tanah liat. Harap berhati-hati ketika menuju ke sini. Gunakan sepatu yang khusus digunakan untuk kegiatan di luar. Meski lelah dan juga jalur yang cukup sulit, akan tetapi rasa lelah tersebut bisa terbayarkan dengan keindahan alami di puncak perbukitan Menoreh.

BacaJuga:  10 Foto Wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul + Rute Jalan Menuju Lokasi
Keindahan di Puncak Menoreh. Foto: piknikasik.com

Keindahan panorama dan pemandangan di puncak Menoreh bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam yang disajikan di sini. Selain keindahan Menoreh, ternyata para pengunjung bisa belajar bagaimana bercocok tanam teh dan juga bertani bersama masyarakat Nglinggo. Selain itu beternak kambing juga diajarkan di sini. Banyak para wisatawan asing yang tertarik dengan program tersebut. Tidak salah jika Desa Nglinggo ini merupakan desa wisata.

Selain bertani dan bercocok tanam, para wisatawan juga bisa mempelajari seni daerah di Desa Nglinggo. Masyarakat sekitar bisa memberikan pelajaran mengenai membatik, menari lengger dan jathilan hingga cara membuat topeng. Tidak heran jika banyak turis asing yang sering mengunjungi Desa Nglinggo ini.

Panorama hijau di kebun teh. Foto: bacaekon.com

Berburu Sunrise dan Sunset

Seperti yang disebutkan di awal bahwa di Kebun Teh Nglinggo ini para wisatawan bisa melihat sunrise dan sunset. Jika ingin melihat sunrise, tentu saja para wisatawan harus menginap di sekitar Desa Nglinggo. Sementara jika ingin melihat sunset, para wisatawan bisa mengunjungi kawasan wisata ini pada sore hari. Akan tetapi area perkebunan akan ditutup pada pukul 6 sore. Sehingga pada waktu malam para pengunjung hanya bisa mengunjungi Desa Nglinggo saja.

Jika cuaca cerah, Delapan gunung besar di Jawa bisa terlihat dari puncak Menoreh. Keindahan sunrise dan sunset dengan latar belakang 8 puncak gunung ini tentu saja menjadi salah satu pesona tersendiri. Ditambah lagi para wisatawan juga bisa melihat Candi Borobudur dari pegunungan Menoreh tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.