Kebun Teh Tambi Wonosobo, Wisata Alam Menakjubkan yang Patut Dikunjungi

Posted on
Kebun Teh Tambi Wonosobo, Wisata Alam Menakjubkan yang Patut Dikunjungi
Rate this post

Lokasi: Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp 27.500 – Rp 115.000,-
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: (0286) 321194

foto by instagram.com/viviramadhanii_/

Kebun Teh Tambi Wonosobo memiliki daya tarik tersendiri yang berbasis area perkebunan, outbond serta pemandangan alam indah. Lokasinya terletak di kaki Gunung Sindoro. Pantas saja wonosobo disebut bagaikan negeri di atas awan, jadi tak heran bila udaranya cukup dingin.

Kalau bicara tentang keindahan wonosobo takkan ada habisnya. Mulai dari dataran tinggi Dieng, Wisata Gunung Sindoro sampai agrowisata kebun teh tambi ini. Menghabiskan waktu di Wonosobo dapat menjadi liburan kamu tak terlupakan.

Setiap objek wisata di wonosobo mempunyai keunikan masing-masing. Tak sedikit yang selalu dikaitkan dengan mitos, kisah misteri, legenda dan kisah-kisah budaya lainnya oleh masyarakat setempat. Sebelum mengunjungi kebun teh tambi wonosobo, simak dulu deskripsinya!

foto by instagram.com/wawan_tito/

Sejarah Agrowisata Kebun Teh Tambi Wonosobo

Objek wisata kebun teh tambi ini adalah salah satu peninggalan jaman Belanda yang sekarang sudah dikelola dan diambil alih oleh pemerintah. Pada tahun 1885 lalu, perkebunan ini dikelola oleh NV John Peet dan diberi nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij dengan kantor di Jakarta.

Namun setelah kemerdekaan Indonesia, perkebunan teh tampi ini diambil alih oleh Pemerintah Indonesia. Pada KMB (Konferensi Meja Bundar) kepemilikannya dikembalikan pada pemilik semula.

foto by instagram.com/sentanawahyu/

Selanjutnya, pada tahun 1954 kebun dijual pada NV Eks Pegawai Perkebunan Negara Sindoro Sumbing dan kepengurusannya bekerjasama dengan Pemda Wonosobo. Kerjasama itu mendirikan perusahaan baru yang diberi nama NV Tambi dan kini namanya menjadi PT Tambi.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Klaten Lepas Kunci Harga Murah 2018 Matic

Luas lahannya sekitar 829,14 hektar yang terbagi dalam 3 unit yakni Unit Tambi, Unit Tanjungsari dan Unit Bedakah. Agrowisata kebun teh tambi wonosobo terletak di ketinggian antara 800 – 2000 meter dari permukaan laut. Tingkat curah hujannya di kisaran 2500 – 3500 mm/ tahun.

Daya Tarik Kebun Teh Tambi Wonosobo dan Kegiatan yang Dilakukan Disana

foto by instagram.com/melvasafriyanti/

Ketika memasuki pintu gerbangnya, sudah terasa hawa sejuk. Kemudian, tampat perkebunan teh yang terhampar luas dan indah sekali dipandang. Pemandangannya tak kalah dengan kebun teh PTPN di Ciater, Subang, Jawa Barat.

Tak jauh dari pintu gerbang, di sebelah kanan ada area perkantoran PT Tambi serta pabrik pengolahan teh. Di kantor tersebut disediakan pula informasi tentang tur keliling dan petik teh bagi para wisatawan.

Waktu terbaik mengunjungi perkebunan teh tambi wonosobo pada pagi hari. Kamu akan menemukan para pemetik teh yang kebanyakan perempuan. Mereka memetik teh dengan gunting yang telah dimodifikasi berukuran besar.

foto by instagram.com/wonosobohitz/

Selain pagi hari, dianjurkan datang saat musim hujan karena saat itulah kawasan ini terlihat begitu hijau menarik.

Kamu takkan bosan selama disana. Selain melihat kegiatan para pemetik teh, kamu pun mendapati truk pengangkut teh serta warga lokal yang ramah beraktivitas.

Udara sejuknya akan menambah semangat kamu dalam berkeliling. Tempat ini cocok sekali bagi kamu dengan hobi trekking, sebagai wisata edukasi dan asyik dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan.

foto by instagram.com/agung.037/

Jika ingin menikmati pemandangan serta aktivitas sepenuhnya di kebun teh tambi, kamu bisa memilih paket wisata atau tour. Paket tour biasanya ditemani oleh guide ramah yang menjelaskan mengenai perkebunan, cara memetik dan lain sebagainya.

Sedangkan kegiatannya meliputi, tur keliling area, memetik teh, menyaksikan proses pengolahan teh sampai pengemasan. Bahkan dapat mencicipi teh langsung baik secara hangat atau disajikan dengan es. Jangan lupa foto selfie saat tur, cari spot foto terbaik.

BacaJuga:  10 Gambar Telaga Warna Wonosobo, Harga Tiket Masuk, Rute Menuju Lokasi, Jam Buka + Hotel Villa
foto by instagram.com/yulianawahyutriwulan/

Terdapat beberapa pilihan paket tur, perbedaannya ada di jamuan makan. Lebih menyenangkan lagi, kalau memilih paket eksklusif outbond, karena tur dilengkapi dengan permainan outbond sekitar wilayah perkebunan. Pastilah sangat berkesan dan lebih asyik.

Fasilitas Kebun Teh Tambi Wonosobo

Sebagai objek wisata, perkebunan teh tambi wonosobo dilengkapi fasilitas memadai untuk menunjang kegiatan pengunjung. Kamu akan menemukan area parkir cukup luas, kamar mandi serta beberapa fasilitas lain. Di sekitar tempat wisata juga ada penginapan atau hotel bagus.

foto by instagram.com/rumayantivina/

Ada adeeva homestay harganya mulai dari Rp 125.000,- permalam. Ada pula the cabin tanjung hotel, harga mulai dari Rp 180.000,- per malam. Selain itu, masih banyak tempat menginap dengan letak sangat bagus dan berfasilitas lengkap.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Tambi

Untuk harga tiket masuk kebun teh tambi wonosobo gratis, tapi ketika memasuki kawasan Dataran Tinggi Dieng kamu harus membayar Rp 2.000,-/ orang. Kalau paket tour standar harganya Rp 27.500,-/ orang , minimal membawa 10 orang.

foto by instagram.com/fatonie_achmad/

Sedangkan paket eksklusif dengan minimal 20 orang, dibanderol seharga Rp 55.000,-/ orang. Sementara paket eksklusif outbond dapat dinikmati dengan biaya Rp 115.000,-/ orang. Mulailah memikirkan perjalanan menyenangkan kesana, pilih paket wisata sesuai keinginan.

Letak dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Teh Tambi di Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Area ini kira-kira berjarak 85 km dari pusat kota Yogyakarta, waktu tempuh selama 2,5 jam. Objek wisata ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

foto by instagram.com/nikiesawinarso/

Karena jalan menuju lokasi cukup jauh, naik kendaraan umum malam lebih nyaman. Dari Yogyakarta, kamu bisa naik bus atau travel Yogyakarta – Wonosobo. Kemudian, dilanjutkan naik bus Wonosobo – Dieng, turun di Desa Tambi. Lanjutkan perjalanan sejauh 200 meter lagi untuk mencapai kebun ini.

BacaJuga:  10 Gambar Stadion Jatidiri Semarang Terbaru : Desain Gor Lapangan Renovasi Terkini + Alamat Peta

Jarak dari Kabupaten Temanggung juga tidak jauh, paling kurang dari 1 jam, kamu bisa sampai di kebun tampi. Bisa buka peta atau google map agar lebih jelas mengenai tata letaknya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.