Intip Pesona Kedung Pengilon Bantul, Hidden Gem Paling Menawan di Jogja

Diposting pada
foto by instagram.com/ditaasely/

Alamat: Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp:-

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Kedung Pengilon adalah salah satu wisata alam bantul yang disebut2 sebagai surga tersembunyi. Kecantikan tempat ini memang masih sangat alami, sehingga tak heran jika banyak orang suka bermain air disini.

foto by instagram.com/cak_koko/

Bagi yang belum tau pasti mengiranya tiket masuk kesini mahal ya? Padahal jauh banget dari kata mahal lho. Meskipun menawarkan kecantikan tiada tara, namun untuk masuk ke kawasan wisata alam ini koceknya murah banget.

Buat para pengunjung yang ingin mengunjungi Kedung Pengilon nggak usah deh bawa uang banyak2, karena tiket masuk ke wisata alam menawan ini sangat terjangkau lho hanya 5ribu saja. Selain tiket masuk, kamu perlu menyiapkan budget ekstra untuk membayar karcis parkir.

Tarif parkir untuk kendaraan roda dua yaitu 3ribu sedangkan roda empat 5ribu. Jika ditotal tiket masuk plus biaya parkir kamu hanya membutuhkan budget sekitar 8ribu-10ribu saja, terjangkau banget kan guys.

Rute Perjalanan

foto by instagram.com/blusukanbantul/

Lokasi Kedung Pengilon berada di desa Petung, Bantul. Untuk bisa menjangkau lokasi wisata pun cukup mudah, meskipun harus melewati perjalanan melewati pedesaan dan jalanan bebatuan. Dari arah Jogja, kamu bisa jalan ke arah Bantul lurus terus sampai menemukan Pabrik Gula Madukismo.

BacaJuga:  Pantai Parangtritis Jogja Yang Mudah Dijangkau

Dari situ ambilah arah ke barat sampai dengan menjumpai perempatan menuju daerah Kasongan. Setelah sampai di daerah Kasongan, ikutilah petunjuk arah menuju Desa Bangunjiwo. Sesampainya di Desa Bangunjiwo, kamu tinggal tanya ke warga sekitar untuk bisa sampai di lokasi tempat wisata ini atau jika ingin lebih mudah ikuti petunjuk map diatas.

Fasilitas Penunjang Wisata

foto by instagram.com/nennywidi/

Kedung Pengilon ini adalah wisata yang masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Pemerintah setempat belum secara resmi mengelola kawasan wisata ini. Sehingga untuk fasilitas yang tersedia pun masih sangat terbatas dan ala kadarnya.

Beberapa fasilitas yang ada ditempat wisata ini contohnya seperti kamar mandi umum, biasanya digunakan oleh pengunjung untuk bilas. Selain itu disini juga tersedia penyewaan ban dengan banderol harga 3ribu saja. Buat yang membawa kendaraan pribadi tenang aja, disini ada lahan parkir cukup luas kok.

foto by instagram.com/siwidwi_w/

Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan sebuah saung bambu yang biasa digunakan oleh para pengunjung untuk rehat sejenak sambil menikmati makanan ataupun minuman. Selain itu buat kamu yang gemar fotografi, wisata ini juga punya spot2 foto cakep dan keren lho.

Cerita Mistis Kedung Pengilon

Bantul adalah salah satu daerah di Yogyakarta yang memiliki segudang wisata alam. Berbagai pilihan destinasi beragam dari wisata paling terkenal sampai dengan tempat yang belom banyak terekspose, salah satunya seperti Kedung Pengilon ini.

foto by instagram.com/risky_andriawan/

Sebelumnya Bantul juga memiliki Kedung yang sudah sangat terkenal hampir di seluruh penjuru Jogja yakni Kedung Pedut. Namun, ternyata bukan hanya Kedung Pedut saja nih yang disebut2 sebagai hidden gem in Bantul, Kedung Pengilon juga lho.

Pilihan destinasi wisata pedesaan yang dekat alam sepertinya cocok sekali untuk mencari ketenangan dan mengistirahatkan sejenak pikiran dan tubuhmu dari segala rutinitas sehari-hari.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Ngetun Wonosari Tepus Gunung Kidul 2019, Camping, Rute Jalan Menuju Lokasi + Alamat Peta
foto by instagram.com/arikancil/

Perlu kamu ketahui bahwa Kedung Pengilon ini bukan hanya ada di Bantul saja lho, tetapi masuk juga kedalam daftar wisata Kendal. Keduanya sama-sama menyuguhkan pemandangan alam dan juga air terjun indah.

Nama Kedung Pengilon ternyata memiliki arti yang cukup menarik lho. Dalam bahasa Jawa Pengilon itu memiliki arti sebagai tempat berkaca. Itu berarti air di Kedung ini sangat jernih sehingga bisa digunakan untuk bercermin.

foto by instagram.com/arief_rk97/

Namun ternyata Kedung Pengilon bukan hanya sebatas tempat wisata semata lho, ada cerita mistis dan legenda dibalik keindahan yang tampak. Banyak yang mempercayai bahwa Kedung Pengilon ditunggu oleh sosok mahluk gaib bernama Nini Blorong.

Keberadaan Nini Blorong ini dianggap bisa menggangu pengunjung Kedung Pengilon yang jahil. Bagi yang bisa merasakannya, tempat ini memiliki energi tak biasa. Bahkan banyak orang datang kesini hanya untuk melakoni ritual ghaib salah satunya yaitu Ritual Kenduri.

foto by instagram.com/isdijavason/

Kedalaman Kedung Pengilon ini mencapai 5 meter, sehingga pengunjung yang tidak bisa berenang diharapkan bisa berhati2. Jangan sampai ada korban jiwa tenggelam di pusaran air Kd. Pengilon ini karena tidak mengindahkan papan peringatan yang ada.

Adanya korban jiwa di Kd. Pengilon ini dianggap sebagai bentuk kemarahan dari sang penunggu tempat yakni Nini Blorong. Meskipun begitu, cerita mistis ini tidak semua orang percaya. Jadi, kami sarankan jika ingin berkunjung kesini ikuti saja apa yang menjadi aturan di Kd. Pengilon ya.

Daya Tarik Kedung Pengilon

foto by instagram.com/ariwyo/

Awalnya tempat ini belom banyak orang yang mengetahui, namun setelah bersliweran di sosial media instagram, Kd. Pengilon semakin dikenal orang bahkan dari berbagai penjuru lho. Di daerah Bangunjiwo sendiri ada beberapa air terjun selain Kd. Pengilon lho yaitu Curug Pulosari dan Air Terjun Randusari.

BacaJuga:  Yuk, Cicipi 10 Gerai Mie Ayam Lezat di Yogyakarta Ini!

Keindahan alam di sekitar Kd. Pengilon semakin menawan dengan tingginya air terjun yang mencapai 10 meter serta kedalaman kedung tersebut adalah 8 meter. Banyaknya pepohonan hijau dan semilir angin segar juga menambah pesona alam Kd. Pengilon. Datanglah saat musim penghujan di hari cerah jika ingin menjumpai air Kd. Pengilon nan cantik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Intip Pesona Kedung Pengilon Bantul, Hidden Gem Paling Menawan di Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.