10 Rekresasi Wisata Air Kolam Renang Unggulan di Cirebon

Diposting pada

Kota Cirebon memang merupakan kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Barat, namun hal ini berbanding terbalik dengan kekayaan wisata yang ada di dalam kota yang terkenal dengan terasi udangnya yang nikmat ini.

Sebut saja Makam Sunan Gunung Jati, tempat tersebut menjadi wisata regili yang wajib dikunjungi jika Anda ingin berziarah ke Makam leluhur terdahulu. Selain wisata regili, Cirebon memiliki destinasi wisata air unggulan, yakni:

1. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

foto by jejakpiknik.com

Alamat: Jl. Yos Sudarso N.1 Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat
HTM: Rp 50.000/orang
Buka/Tutup: 09-00 WIB – 19:00 WIB
Map: Klik Disini

Wisata air ini berada di Lemahwunguk, persis berada di pesisir pantai. Jika mengunjungi tempat ini Anda dapat bermain sambil menikmati eloknya panorama pantai.

Terdapat beberapa wahana yang tersedia diantaranya kolam renang Olympic, waterboom, kolam arus dan juga perahu bebek.

Untuk tempat beristirahat, tersedia 40 cottage mengapung diatas air laut dengan biaya berkisar Rp. 1 juta hingga Rp. 2,5 juta per malam, lengkap dengan café dan restoran untuk memanjakan lidah Anda dengan makanan yang lezat.

2. Pemandian Air Cibulan

foto by jejakpiknik.com

Alamat: Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan
HTM: Rp 12.000/anak & Rp 15.000/dewasa
Buka/Tutup: 08:00 – 17:00 WIB.
Map: Klik Disini

Tempat pemandian ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat tujuh sumber mata air dari tujuh sumur yang dikeramatkan.

Tujuh sumur tersebut adalah Cisadane, Cirancana, Keselamatan, Kemudahan, Kemulyaan, Pengabulan dan Kejayaan.

Selain itu, terdapat dua kolam besar berukuran 42 x 12 meter serta kedalaman 120 cm dan kolam berukuran 32 x 15 meter dengan kedalaman 2 meter.

BacaJuga:  10 Gambar Danau Marakas Bekasi + Harga Tiket Masuk Kolam Renang

Uniknya, di dalam kedua kolam ini terdapat ikan berwarna keabuan dengan panjang 20cm hingga 1 meter. Ikan jinak ini disebut Kancra Bodas atau Ikan Dewa yang sakral dan tak boleh ada yang mengambilnya.

3. Banyu Panas Palimanan

foto by jejakpiknik.com

Alamat: Jl. Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan
HTM: Rp.7000/orang
Buka/Tutup: 08:00 – 18:00 WIB
Map: Klik Disini

Berbanding terbalik dengan Pemandian Air Cibulan yang airnya dingin dan segar, Anda dapat menikmati pemandian dengan air panas di tempat ini.

Pemandian ini terletak di jantung kota Cirebon. Meskipun terletak di pusat kota, tempat ini masih sangat asri dilengkapi dengan rindangnya pepohonan yang berada di sekeliling kolam.

4. Apita Waterboom

foto by jejakpiknik.com

Alamat: Jl. Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kota Cirebon
HTM: Rp 10.000/orang
Buka/Tutup: 08:00 – 17:00 WIB
Map: Klik Disini

Berdiri di area seluas 10.000 meter persegi, tempat ini menyediakan dua waterboom setinggi 15 meter untuk dewasa dan juga 2 waterboom berukuran lebih rendah untuk anak-anak.

Melengkapi identitasnya sebagai wisata air, terdapat juga berbagai wahana seperti kolam arus untuk dewasa, kolam prestasi yang berukuran 200 meter persegi serta kolam hujan yang mempunyai 4 pilar dan dapat menyemburkan air setinggi 50 cm.

5. Jempol Waterpark

foto by youtube.com

Alamat: Desa Ciledug Kulon, Kecamatan Ciledug
HTM: Rp 25.000/orang
Buka/Tutup: 08:00 – 17:00 WIB
Map: Klik Disini

Satu lagi wisata air yang letaknya strategis karena berada di pusat Kota, yaitu Jempol Waterpark. Tempat ini memiliki beberapa kolam renang dengan level ketinggian berbeda.

Seperti waterpark pada umumnya, terdapat wahana lainnya ditempat ini seperti istana air yang dilengkapi ember tumpah, perosotan dengan berbagai ketinggian dan juga air mancur. Bagi Anda yang sudah lelah dan ingin memanjakan perut, di kawasan ini juga terdapat foodcourt.

BacaJuga:  10 Gambar Museum Talaga Manggung Majalengka, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Nomer Telepon + Peninggalan Kerajaan

6. Taman Wisata Siwalk

foto by situstravelmurah.Com

Alamat: Desa Satupatok, Kecamatan Mundu
HTM: Rp 3000/orang
Buka/Tutup: 08:00 – 17:00 WIB
Map: Klik Disini

Salah satu unggulan dari Cirebon yakni Taman Wisata Siwalk ini, dengan menempati lahan seluas 175 hektar, tempat ini terbagi dua menjadi waterboom dan wahana outbond.

Selain itu, pemandangan di tempat ini sungguh indah karena dikelilingi persawahan perbukitan dan pepohonan. Bagi Anda yang tak ingin berwisata air, Anda dapat memilih alternatif lain seperti pemancingan, zona petualangan, lapangan golf, flying fox dan ATV.

7. Tirtamas Gemilang Waterpark

foto by id.foursquare.com

Alamat: Jl. Raya Pantura Cirebon, Kebonturi, Arjawinangun, Cirebon
HTM: Rp 10.000/orang (weeday) & Rp 15.000/orang (weekend)
Map: Klik Disini

Meskipun terbilang baru, waterpark yang berlokasi di Arjawinangun ini memiliki fasilitas yang lengkap jika dibandingkan dengan harga tiketnya yang murah.

Waterpark ini mengusung konsep modern pada proses ticketing karena sudah tak lagi memakai karcis melainkan id card yang diaplikasikan pada pintu otomatis.

Tempat ini juga menyediakan waterboom berbagai ketinggian, kolam anak dan kolam semi Olympic, ember tumpah juga fasilitas pendukung seperti cafeteria, mushola, ruang ganti baju dan toilet.

8. Kolam Renang Catherine Surya

foto by cirebonbribin.com

Alamat: Jl. Bima, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon
HTM: Rp 20.000/ orang
Buka/Tutup: 18:00 WIB
Map: Klik disini

Kolam ini adalah tempat yang digunakan sebagai venue salah satu ajang bergengsi di Indonesia, letak persis kolam renang ini berada di Komplek Stadion Bima di Cirebon.

Kolam renang ini mengalami renovasi ketika diputuskan menjadi venue pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 pada cabang olahraga selam air yang dilaksanakan pada bulan September.

Kini, setelah mengalami perbaikan, kolam ini tak lagi melayani komersil, melainkan hanya digunakan untuk latihan rutin para atlet renang di Kota Cirebon.

9. Grage City Swimmingpool

foto by gragepolitan.com

Alamat: Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon
HTM: Rp 25.000/orang & sewa pelampung 10.000/ unit
Buka/Tutup: Buka 10:00 WIB
Map: Klik Disini

BacaJuga:  5 Tempat Rental Motor Murah Paling Terkenal di Lembang dan Sekitarnya

Letak kolam renang ini berada di kawasan belanja Grage City Mall (GCM). Dengan harga yang relatif terjangkau.

Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas seperti kolam wahana, kolam Olympic yang berukuran 25 x 12,5 meter dan juga untuk menjaga aktivitas para pengunjung, terdapat life guard terlatih yang siap sedia.

Agenda tahunan dari tempat ini yaitu mengadakan lomba berenang yang diadakan di berbagai daerah seperti Grage Sangkan di Kuningan dan Grage Majalengka dan di Grage City Swimmingpool itu sendiri.

10. Waterpark Ciperna

foto by jejakpiknik.com

Alamat: Perumahan Taman, Jalan Sudirman, Ciperna, Talun, Ciperna, Talun, Cirebon
HTM: Rp 10.000/orang
Buka/Tutup: 08:00 – 17:00 WIB
Map: Klik Disini

Objek wisata air ini berada di selatan Kota Cirebon dan tempatnya sangat mudah diakses karena hanya berjarak 15 menit dari terminal Harjamukti.

Dengan harga yang relatif sangat murah, Waterpark ini menyediakan wahana yang cukup lengkap seperti flying fox, two line, trampoline, papan panjat, mandi bola, bebek gowes, motor mini, mobil gowes dan juga mini train.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan panggung hiburan. Anda juga dapat melihat kebun binatang mini dan beberapa koleksi hewannya.

Selain itu, di tengah lokasi wisata ini juga terdapat sebuah danau yang cukup luas dan lapangan yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai setelah menikmati wahana yang tersedia.

Jadi, sudah tidak bingung lagi bukan ketika berada di Cirebon dan ingin mengunjungi berbagai airnya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.